Seminar “Logosynthesis”

IMG_20170318_091310

 

 

Pada hari Sabtu, 18 Maret 2017, HIMA Prodi Psikologi mengadakan sebuah seminar bertajuk Re:Log – Reconnect in Logosynthesis yang bertempat di The UBM Premiere Classroom. Seminar ini dibawakan oleh seorang pakar Logosynthesis yaitu Sandy Kartasasmita, M.Psi., Psikolog., Psikoterapis. Beliau merupakan seorang ***. Seminar ini membahas mengenai teknik logosynthesis atau teknik yang menggunakan kekuatan kata-kata untuk mengatasi pikiran yang negatif, pelepasan rasa takut dan trauma yang difokuskan pengaplikasiannya untuk stress management. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.30 WIB ini dihadiri sekitar 100 lebih peserta baik itu mahasiswa-mahasiswi UBM maupun mahasiswa-mahasiswi universitas lain. Para dosen baik yang berkecimpung dalam bidang psikologi maupun dalam bidang lainpun turut hadir dalam kesempatan ini. Hujan deras yang turun di pagi hari itu tidak melunturkan semangat peserta untuk menghadiri seminar dengan tema yang sangat menarik dan bisa diaplikasikan dalam hidup sehari-hari ini. Sesi pertama di hari itu dijelaskan dengan gamblang oleh Bapak Sandy mengenai apa itu sebenarnya trauma dan stress. Dibahas pula mengenai treatment untuk trauma dan stress ini, di mana menurut Bapak Sandy, treatment telah berhasil ketika perasaan tentang suatu masalah awalnya, telah hilang atau. Sesi terakhir atau sesi kedua yang mulai fokus pada apa itu logosynthesis.

Logosynthesis sendiri ditemukan oleh Dr. Willem Lammers. Logosynthesis ini bertujuan untuk memindahkan energi ke tempat yang tepat, atau mengatur kembali, atau menyelesaikan masalah yang menghambat energi. Tidak hanya sekadar penjelasan mengenai logosynthesis, pada seminar ini juga dipraktekan secara nyata pengaplikasian logosynthesis yang dipandu Bapak Sandy selaku narasumber. Salah seorang pesertapun dipanggil untuk menerima terapi yang dilakukan secara langsung dan cuma-cuma oleh Bapak Sandy untuk menangani salah satu persoalan yang memberatkan peserta tersebut. Pada akhir acara kemudian dilakukan penyerahan persembahan sebagai ucapan terima kasih kepada Bapak Sandy Kartasasmita yang diwakili oleh Devi Jatmika, S.Psi., MMP selaku Sekretaris Prodi Psikologi Universitas Bunda Mulia.

Kegiatan Sharing dari Alumni Psikologi UBM

Acara temu alumni Prodi Psikologi yang digelar di The UBM Premiere Classroom pada hari Sabtu (18/3/ 2017) dilaksanakan oleh HIMA Prodi Psikologi dengan tujuan mempererat hubungan mahasiswa dengan para alumni dan juga sarana untuk berbagi pengalaman yang dimiliki oleh para alumni yang terlebih dahulu mencicipi dunia perkuliahan dan dilanjutkan di dunia kerja. Temu alumni ini dihadiri oleh beberapa dosen psikologi, mahasiswa-mahasiswi aktif prodi psikologi, dan tentunya para alumni yang 3 diantaranya berbagi pengalaman mereka pada kesempatan ini.

Alumni yang pertama berbagi pengalaman yaitu Epheneta, S.Psi dari angkatan 2011 yang sekarang terjun dalam dunia pendidikan sebagai Homeroom Teacher (Primary) di Wesley Pelita Bangsa School (A. C. E Curriculum).

IMG_20170318_135829

 

Dilanjutkan oleh Harmoni Ezra, S.Psi., CBC dari angkatan 2009 yang sekarang berkecimpung di dunia Research & Character Development dan juga Consultant at Power Character.

IMG_20170318_141201

 

Alumni ketiga yang juga turut berbagi pengalaman adalah Tifany, S.Psi yang bekerja di PT Ifocharcom yang menduduki posisi Project Development Executive.

IMG_20170318_143724

Para alumni ini berbagi pengalaman mereka di dalam dunia kerja dan juga menceritakan bagaimana perbedaan yang mereka rasakan saat masih menjadi mahasiswa dan sekarang sudah menjadi seorang pekerja. Mereka juga berbagi kiat mereka sehingga pada akhirnya mampu bekerja sesuai dengan bidang apa yang mereka tekuni semasa bangku perkuliahan. Selama acara berlangsung, terselip juga beberapa kenangan mereka saat mereka masih berstatus sebagai mahasiswa, bagaimana pengalaman yang mereka dapat saat harus mengerjakan proyek yang diberikan oleh dosen, bagaimana kehidupan sebagai seorang mahasiswa yang mereka jalani dulunya, dan sebagainya. Acara ini cukup mendapat antusiasme dari para peserta karena para alumni membawakan cerita mereka dengan cara yang sangat menyenangkan dan bukan dengan cara yang terkesan ‘menggurui’. Seselesainya acara dilakukan penyerahan persembahan sebagai ucapan terima kasih kepada masing-masing alumni yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Psikologi Universitas Bunda Mulia yaitu Devi Jatmika, S.Psi., MMP.

Semoga acara temu alumni ini dapat menjadi acara rutin bermanfaat dan mendapat antusiasme serta mempererat hubungan yang lebih lagi dari para mahasiswa aktif dan alumni lainnya!

 

Live-In 3 Hari di Kampung Pasir Angling

Pada tanggal 5 sampai 7 Desember kemarin, Himpunan Mahasiswa Prodi Psikologi mengadakan kegiatan pelatihan soft-skill mahasiswa dalam bentuk live in. Adapun live in dilakukan di Kampung Pasir Angling, Desa Sunten Jaya, Kabupaten Bandung Barat. Karena terletak di kaki Gunung Bukit Tunggul, suhu udara di sana dingin sekali.

Selama tiga hari, ke-59 mahasiswa psikologi UBM angkatan 2015-2016 dan 1 orang dosen pembimbing tinggal di rumah warga. Mereka mengikuti aktivitas warga mulai dari berkebun, memerah susu sapi, dan lain-lain. Warga nampak sangat menerima kehadiran peserta live in. Terlihat dari keramahan mereka dalam berbagai kesempatan interaksi.

Pada malam terakhir di Pasir Angling, warga pun mengadakan malam kebudayaan di mana mereka menyajikan kesenian khas Pasir Angling kepada para peserta. Adapun kesenian yang ditampilkan adalah penampilan kecapi Sunda dan tari Jaipong. Tak mau kalah, salah satu mahasiswa Prodi Psikologi UBM juga ikut menampilkan salah satu tarian budaya khas Betawi. Suasana pun menjadi meriah. Baik peserta dan warga pun bertukar kesan pesan di sini. Suasana kebersamaan begitu terasa.

Pada hari terakhir, peserta bersama warga mengunjungi salah satu obyek wisata di Pasir Angling, yakni Batu Ampar. Perjalanan menuju Batu Ampar harus dilalui dengan mendaki kaki gunung. Sepanjang perjalanan, para peserta disuguhi dengan pemandangan yang indah. Peserta dan warga pun kemudian bersama-sama menikmati keindahan alam di Batu Ampar.

Usai mengunjungi obyek wisata, peserta pun segera berkemas dan bersiap untuk kembali ke Jakarta. Tak lupa mereka berfoto-foto bersama warga sebagai kenang-kenangan. Banyak peserta yang mendapatkan pelajaran-pelajaran baru dari live in ini.

Kuliah Tamu “Strategi Persiapan, Pelaksanaan, dan Paska Training”

Pada tanggal 14 November 2016 lalu, Program Studi Psikologi UBM mengundang Bapak Yoga Hardianto, M.Psi., Psikolog untuk memberikan kuliah tamu dengan topik “Strategi Persiapan, Pelaksanaan, dan Paska Training”. Kuliah tamu ini diadakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi Psikologi UBM dalam melaksanakan training, sehingga bekal keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa pun lebih lengkap nantinya.

DSC_0792

DSC_0797

Pemberdayaan Masyarakat di RPETRA Pluit

Pada tanggal 17 September 2016, para dosen dan mahasiswa Psikologi UBM berkesempatan untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan berlangsung dari pk 10:00- 13:30

Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diberikan adalah pemberian penyuluhan mengenai “Pengelolaan Stres pada Ibu Rumah Tangga” yang membahas tentang wawasan mengenai stres dan bagaimana cara mengelola stres pada ibu rumah tangga. Hal ini dikarenakan banyak ibu rumah tangga di daerah RPETRA yang mengakui merasa jenuh dan stres, baik karena faktor ekonomi dan rumah tangga. Setelah mengikuti penyuluhan, para ibu rumah tangga diajak untuk membuat produk yang berasal dari bahan daur ulang yaitu membuat kotak pensil dan kotak pelindung stop kontak dari kardus bekas. Kegiatan ini bertujuan agar para ibu-ibu dapat memanfaat barang-barang yang telah ada agar bisa bermanfaat kembali.

Bersamaan dengan ini, kegiatan lain adalah pemberian kegiatan mengasah kreatifitas kepada anak-anak. Kegiatan yang diberikan adalah menggambar dan mewarnai, membuat celengan dari botol bekas dan membuat snack dari biskuit, coklat dan susu. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan menyenangkan, para peserta amat mengharapkan agar kegiatan serupa dapat diadakan kembali.

PKM di RPETRA PLUIT

Kuliah Umum “10 Karakter Unik Konsumen Indonesia”

Pada hari Rabu, 5 Oktober 2016 lalu, Program Studi Psikologi UBM mengadakan kuliah umum bertemakan “10 Karakter Unik Konsumen Indonesia” yang diadakan di The UBM Seminar Room, dengan Bapak Handi Irawan sebagai narasumber.

Pada kuliah umum ini, mahasiswa psikologi UBM mendapatkan wawasan tentang penerapan psikologi dalam dunia bisnis dan marketing.  Bagaimana penerapan ilmu psikologi dalam dunia marketing dan bisnis? Psikologi dapat dimanfaatkan oleh pebisnis maupun pemasar untuk lebih mengenal konsumen/pengguna jasa dan produknya. Untuk menyusun strategi pemasaran dan penjualan yang efektif , salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengenal bagaimana perilaku membeli dari suatu konsumen serta bagaimana faktor sosial maupun geografis dapat menyebabkan perbedaan pada perilaku konsumen. Bagi para pemasar, adalah sebuah kewajiban untuk lebih mengerti bagaimana produk  yang diperlukan dan sesuai dengan karakter, budaya , iklim , tingkat edukasi dan perbedaan – perbedaan lainnya.

Mahasiswa juga berkesempatan untuk memelajari bagaimana uniknya karakter konsumen dari masyarakat Indonesia yang penuh dengan keragaman suku dan budaya, sehingga sangat diperlukan strategi yang tepat untuk mendekati konsumen Indonesia. Di sinilah penerapan psikologi menjadi sangat penting. (Nat/Grv)

kuliah umum

Pelatihan Dasar Keterampilan Organisasi

Dalam rangka mengembangkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dalam berorganisasi, Prodi Psikologi Universitas Bunda Mulia mengadakan pelatihan “Basic Organizational Skills” bagi para mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Prodi (Himaprodi) Psikologi periode 2016-2017. Kegiatan ini diadakan pada hari Senin, 3 Oktober 2016 di Ruang 224 Universitas Bunda Mulia.

Adapun yang menjadi fasilitator dalam pelatihan ini adalah Garvin Goei, dosen tetap dari prodi psikologi Universitas Bunda Mulia. Materi yang dipaparkan dan diperlatihkan kepada mahasiswa merupakan hasil dari pengalaman organisasinya sejak 2003, sehingga sarat dengan pengalaman-pengalaman praktis yang bisa langsung diterapkan oleh mahasiswa dalam berorganisasi.

Pada sesi pertama, Bpk. Garvin menyajikan karakteristik utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu kemampuan untuk merangkul anggota kelompoknya dan bersama-sama bergerak menuju arah yang lebih baik. Dilanjutkan dengan pemaparan konsep situational leadership, yakni gaya kepemimpinan yang berfokus pada kesiapan dari anggotanya itu sendiri. Misalnya, ketika ingin berkomunikasi dengan anggota kelompok yang sudah sangat berpengalaman dan berkomitmen tinggi terhadap organisasi, maka pemimpin bisa mendelegasikan tugas secara langsung kepada anggota tersebut; namun berbeda bila pemipin menemui anggota kelompok yang minim pengalaman namun berkomitmen pada organisasi, maka yang harus pemimpin lakukan adalah melakukan directing kepada anggotanya. Dengan gaya kepemimpinan yang berpusat pada anggota, komunikasi dan performa organisasi pun bisa menjadi efektif dan efisien.

Pada sesi kedua, pemaparan mengenai gaya komunikasi pun disampaikan melalui games. Dengan suasana yang cair dan meriah, peserta pun memelajari bahwa dalam komunikasi antar-personal, sering terjadi satu atau lebih dari ketiga hal ini: (1) penambahan informasi, (2) pengurangan informasi, atau (3) distorsi informasi. Bila ketiga hal ini tidak disadari dan diantisipasi dengan baik, maka informasi yang beredar di dalam kelompok akan kacau dan merusak organisasi itu sendiri.

Sesi terakhir, materi yang lebih bersifat teknis, yakni tentang tatacara penulisan proposal dan laporan pertanggungjawaban (LPJ). Seringkali mahasiswa masih menemui kendala dalam menulis proposal kegiatan, sehingga proses persiapan acara pun menjadi tersendat. Dengan pelatihan cara menulis proposal, diharapkan mahasiswa bisa lebih mampu untuk mempersiapkan kegiatan dengan baik.

Acara ditutup pada sore hari, pukul 15.30 WIB. Dengan pelatihan yang berdurasi singkat ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa sehingga mereka menjadi lebih terampil dalam berorganisasi dan berkarya secara sosial. (grv)

Pelatihan Organisasi

Organizational Skills

Leadership

UBM dalam Psychopaper – Universitas Negri Malang

Pada tanggal 15, 16, dan 17 September 2016, Prodi Psikologi UBM berpartisipasi dalam perlombaan karya tulis psikologi yang diadakan oleh Universitas Negri Yogyakarta, yakni Psychopaper. Ketiga anggota tim dari Prodi Psikologi Universitas Bunda Mulia adalah: Vania Priskila (angkatan 2014), Aurelia Pratama (angkatan 2015), dan Silvia Mutiara (angkatan 2015).

Acara diawali pada tanggal 15 September dengan technical meeting dan sambutan dari Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negri Malang. Esok harinya, 16 September, presentasi bagi finalis 10 besar pun dilakukan, guna menentukan juara 1 hingga juara ketiga. Seusai presentasi finalis 10 besar, tim UBM pun mengikuti kegiatan City Tour Malang yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Psychopaper. Malam harinya, juara pun diumumkan. Juara pertama disabet oleh tuan rumah, yakni tim dari Universitas Negri Malang sendiri.

Tanggal 17 September, tim UBM menghadiri seminar “Memaknai Kolektivisme dan Individualisme dalam Menghadapi Tantangan di Era Modern” yang dibawakan oleh Prof. Kwartarini, guru besar bidang Psikologi Lintas Budaya dari Universitas Gadjah Mada. Seminar ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara psychopaper, dan dilanjutkan dengan sesi penutupan di mana sesi penyerahan hadiah kepada juara 3 besar dilakukan.

Meski tidak masuk sebagai juara, namun tim UBM berhasil menjadi finalis 10 besar dalam perlombaan ini, sehingga mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan paper hasil karya mahasiswa di depan dewan juri. Semoga pengalaman pada kegiatan kali ini akan membuka kesempatan untuk menyabet gelar juara! (grv)

IMG-20160918-WA0074

IMG-20160918-WA0076

IMG-20160918-WA0059

Pemberdayaan Masyarakat oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi untuk Anak-anak di Komunitas Bimbingan Belajar Rel Kereta Industri

Pada hari Sabtu, 30 April 2016 telah dilakukan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Himaprodi Psikologi. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilakukan pada anak-anak di Komunitas Bimbingan Belajar Rel Kereta Industri yang terletak di Jl. Rajawali Selatan 1 RT 004/02, Kelurahan Gunung Sahari, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Komunitas ini berdiri atas kesadaran dari anak-anak muda Indonesia untuk membantu pendidikan anak-anak yang tidak mampu. Mahasiswa-mahasiswa baik yang tergabung di Himaprodi Psikologi maupun yang tidak tergabung di Himaprodi Psikologi dengan sukarela turut berperan serta memberikan pengajaran kepada anak-anak di Komunitas Bimbingan Belajar Rel Kereta Industri.

pkm rt 2016-2

Dalam kesempatan kali ini, Himaprodi Psikologi membawakan dua materi kepada anak-anak dengan topik “Bullying”. Tujuan dari pemberian seminar ini adalah agar anak-anak mengetahui apa itu bullying dan dampak dari bullying terhadap teman-tman sekitar dan orang lain. Pada materi kedua, diberikan seminar dengan topik  ”Membentuk Motivasi Belajar”. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong siswa-siswi memahami motivasi internal dalam belajar dan lebih termotivasi untuk belajar tanpa mengharapkan imbalan atau hadiah. Penyampaian seminar yang diberikan melalui ceramah, pemutaran video dan mendongeng.

pkm rt 2016-3          pkm rt 2016-4

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 23 orang yang terdiri atas anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan 12 orang panitia dan satu dosen pembimbing.

pkm rt 2016

 

 

 

 

 

Kuliah umum Psikologi Sosial

Jpeg

 

Pada tanggal 20 Februari 2016, prodi Psikologi mengadakan sebuah sesi kuliah umumyang bertemakan Psikologi Sosial. Kuliah umum kali ini dibawakan oleh pembicara bernama Drs. Binsar Siregar, M.Psi. Beliau merupakan seorang konselor individu dan keluarga di lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga di kKmensos RI dan juga merupakan bagian dari tim konsultan direktorat dan tim pemberdayaan sosial, Kemensos RI.
Psikologi sosial merupakan bidang ilmiah yang berupaya memahami hakikat-hakikat, sebab-sebab, perilaku, dan pikiran individu dalam situasi sosial; atau bagaimana proses-proses individual (persepsi, kognisi, distribusi, sikap, dsb) dipengaruhi oleh sosial.
Dalam sesi kuliah umum kali ini, beliau menyampaikan seputar informasi dan bagian-bagian dari Psikologi Sosial. Mulai dari definisi Psikologi Sosial, kaitannya dengan bidang ilmu pengetahuan lain, pendekatan Psikologi Sosial, variabel-variabel Psikologi Sosial, hingga penerapan-penerapan Psikologi Sosial. Beliau menyampaikan secara detail bagaimana individu mempersepsi, berpikir, menilai, dan berperilaku terhadap lingkungan sosial.
Sesi kuliah umum kali ini berlangsung selama ±150 menit. Proses   perkuliahan kali ini berjalan dengan lancar; dan banyak informasi serta manfaat yang dapat dipetik dari sesi perkuliahan kali ini.Jpeg