Tanggal 14 November 2014 menjadi perkuliahan yang sangat menarik bagi prodi psikologi terutama bagi para mahasiswinya. Menarik karena hari ini diadakan perkuliahan umum namun para mahasiswa seolah diajak membaca majalah bersama-sama, memahami bagaimana halaman demi halaman disusun hingga membentuk 1 eksemplar majalah. Bila merasa bahwa psikologi hanya bisa berkarir dalam bidang HRD, atau klinis, hal itu adalah anggapan yang keliru. Karena pada hari ini, para mahasiswa dibuka lagi wawasannya mengenai perilaku konsumen yang sangat erat kaitannya dengan bidang Psikologi.
Adapun tujuan dari kegiatan mengundang praktisi untuk memberikan perkuliahan adalah untuk menambah wawasan mahasiswa di bidang perilaku konsumen dan peran psikologi di dunia media massa. Peserta yang hadir dalam kuliah tamu berjumlah 61 orang. Pada perkuliahan ini, pembicara merupakan praktisi yaitu Ibu Pangesti Atmadibrata Bernardus. Beliau adalah editor professional untuk majalah-majalah Feminagroup yaitu Women’s Health, Fit Magazine, Femina. Beliau menjelaskan mengenai sejarah, branding dari majalah Women’s health, hard selling vs soft selling, target market, dan fokus dari majalah Women’s Health.
Ilmu psikologi sangat dibutuhkan untuk mengetahui dan memahami perilaku konsumen mencakup psikografik bagaimana majalah dapat menyesuaikan dengan permintaan selera dari pembaca yang terdiri dari rentang usia 20-39 tahun hingga penentuan porsi konten dari majalah Women’s health agar dapat memenuhi kepuasan pembaca.
Data dan analisa pasar sangat berpengaruh dalam menentukan positioning brand Women’s Health tersebut, dan tentunya, dalam membaca pasar, harus ada keterlibatan langsung dari konsumen. Disinilah letak peran psikologi yaitu harus memahami betul keinginan dan pola perilaku dari konsumen tersebut.
Kuliah berjalan dengan semakin menarik dan seru karena di akhir acara, ditutup dengan persembahan lagu dari vocal grup psikologi.