Lanskap media televisi di Indonesia terus mengalami perkembangan. Hal tersebut dimulai sejak TVRI sebagai stasiun televisi pertama lahir hingga saat ini ketika perkembangan stasiun televisi nasional telah beralih ke frekuensi platform siaran digital. Perkembangan yang senantiasa dipengaruhi oleh teknologi tersebut membuat penyelenggara siaran televisi dituntut untuk terus beradaptasi dengan perubahan zaman, terutama dengan kemunculan kecerdasan buatan atau AI. Meski demikian, stasiun televisi saat ini masih belum sepenuhnya dapat berkolaborasi dengan kecerdasan buatan tersebut. Hal ini seperti diungkapkan oleh Direktur CNN Indonesia, Desi Anwar yang menyatakan bahwa CNN Indonesia belum sepenuhnya berkolaborasi dengan kecerdasan buatan dalam memproduksi konten karena masih berpegang pada prinsip jurnalisme berupa kredibilitas dan akuntabilitas yang merupakan dua pilar penting dalam jurnalisme.
“Untuk saat ini kami belum, karena masih mengacu pada prinsip kredibilitas dan akuntabilitas untuk menjaga kepercayaan masyarakat pada media dan menjaga standar etika dalam industri ini”, ujar Desi menjawab pertanyaan mahasiswa pada Seminar “The Power of Media in Digital Era” di Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong, Rabu (25/10).
Pernyataan jurnalis senior yang memulai kariernya sebagai pembawa berita di RCTI tersebut mengarah pada pentingnya menjaga kejujuran dan kualitas dari produk jurnalistik yang dihasilkan media. Desi juga menambahkan perlunya masyarakat untuk bersikap bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi kecerdasan buatan yang semakin masif.
“Saya rasa masyarakat kita semua sekarang harus bersikap bijaksana untuk menghadapi kecerdasan buatan ini, karena teknologi memang memudahkan kita berinteraksi secara digital namun, tidak menutup kemungkinan dari beberapa kasus kecerdasan buatan ini juga dapat digunakan untuk tindakan-tindakan kriminal” ujar Desi.Seminar “The Power of Media in Digital Era” merupakan rangkaian dari Festival PsyCogi 2023 bertemakan “Human and Media Power” yang diselenggarakan oleh Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong yang membahas interaksi manusia dengan kekuatan media dalam masyarakat kontemporer.
Rangkaian festival yang dilaksanakan selama empat hari ini menyajikan berbagai kegiatan diantaranya seminar nasional, berbagai kompetisi yang melibatkan peserta dari siswa/i Sekolah Menengah Atas dan/atau Sekolah Menengah Kejuruan dan mahasiswa/i dari sejumlah sekolah dan universitas dari berbagai daerah seperti Bali, Sumatera Barat serta Sumatera Selatan. Seminar nasional sendiri akan menjadi platform utama bagi para ahli, praktisi, dan akademisi untuk berbagi wawasan tentang pengaruh kekuatan media di era digital terhadap masyarakat dan individu.
***
Tentang PsycogiFest 2023
Dalam perkembangan zaman ini, kita dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Salah satu pilihan tersebut adalah penggunaan media sosial yang semakin kemari menjadi salah satu “akar” dari berbagai problema dan/atau tantangan kehidupan. Perkembangan media sosial yang cepat dan dinamis ini pun banyak mempengaruhi perilaku juga kebiasaan para penggunanya, terutama mereka para pengguna yang mulai terkena adiksi sosial media.
Tidak terlepas dari generasi Z yang menggunakan sosial media untuk menjawab tantangan dalam perkembangan dunia (baik secara bisnis maupun non-bisnis), bahkan mereka pun menggunakan media sosial untuk update kehidupan sehari-hari. Hingga, media sosial pun menjadi platform dimana komunikasi itu berkembang mulai dari post, ke comment, ke jumlah like, who-view-my-story hingga ke siapa saja yang share. Perjalanan postingan tersebut akan memunculkan efek-efek tertentu, dimana salah satu efeknya akan mempengaruhi kondisi pengguna dari sisi psikologis-nya.
Oleh sebab itu, Universitas Bunda Mulia mengambil bagian dalam menginformasikan dan juga mengedukasi masyarakat dengan kegiatan PsyCoGi Fest 2023 yang bertemakan: “Digital Age: Human &Media Power”. Kegiatan ini adalah gabungan dari 3 (tiga) program studi kami, yakni: Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Bisnis Digital. Kegiatan ini berfokus pada lomba dan juga seminar mengenai peranan digital terutama sosial media baik itu dari sisi psikologi, komunikasi serta dari sisi bisnis digital, yang bertujuan untuk memberikan insights dan memampukan para audien seminar ini untuk mengubah pola dan cara mereka menggunakan media sosial ke arah yang lebih positif dan produktif. Karena Universitas Bunda Mulia percaya, pengetahuan dan pengalaman yang terarah terkait penggunaan media sosial, akan memberikan pengaruh yang baik dari sisi psikis manusia dan memampukan kita semua untuk mengkomunikasikan dan melakukan bisnis demi kepentingan bersama dan inilah sebuah Bridging Education to the Real World yang mau kami sampaikan.