PRODUKSI KEDUA BIEMS THEATER “BANG!”

Biems Theater kembali mementaskan produksi. Ini merupakan Produksi Biems Theater Alam Sutera yang kedua dengan judul ‘BANG!’ Perencanaan untuk membahas produksi kedua kami, telah di bicarakan bersama BPH (Badan Pengurus Harian) Angkatan 2017 dan anggota theater angkatan 2018. Produksi kedua ini kembali lagi disutradarai oleh Yudhistira Wardhana S. Ikom. Kami sepakat untuk kembali mengadakan acara produksi, produksi kedua kami yang telah dilaksanakan di Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong dengan konsep yang sesingkat-singkatnya pada Kamis, 9 Mei 2019. Ini merupakan produksi pertama kami yang bekerja sama dengan UKM lain yaitu The VOU.

Waktu persiapan produksi ini hanya 1 bulan. Pertama, setiap anggota Biems Theater datang untuk mengikuti audisi karakter produksi kedua. Kemudian semua anggota theater menghadiri rapat dan berdiskusi mengenai hal teknis maupun non teknis untuk melaksanakan produksi kedua kami. Kami juga mulai merencanakan pementasan kedua kami dan mulai membagikan list pemain dan pembentukan panitia serta merencanakan pembagian jobdesk tugas masing-masing individu serta pula mengatur jadwal latihan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan Reading naskah juga sudah di lakukan bersama para pemain, assisten sutradara , pelatih sekaligus sutradara dalam naskah yang dibawakan di produksi kedua. Semua pemain mencoba karakter yang terdapat dalam naskah yang tanpa dialog dengan bimbingan sutradara, serta membedah isi makna dari naskah yang telah ditulis sutradara. Proses pembacaan & bedah naskah ini berlangsung 1 minggu full selama bulan April untuk mencocokan karakter dengan para pemain agar saat pembawaan pementasan terasa natural.

Kami memulai latihan naskah bagi para pemain di ruang kelas UBM yang kami rutin adakan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis setiap pukul jam 5 sore bersama dengan UKM The VOU setelah kegiatan perkuliahan telah selesai berlangsung. Selain itu juga kami setiap selesai latihan melakukan evaluasi untuk mempermatang konsep – konsep yang akan di gunakan dalam pemenatasan.

v2

v1

 

Tidak hanya para pemain saja yang mulai menjalankan tugas produksi, tetapi properti juga mulai mengsurvey barang – barang yang akan mendukung pelaksaanaan pementasan berlangsung, serta mulai membuat properti seperti telephone yang terbuat dari kardus, serta perlengkapan pendukung lainya. Tak hanya membuat properti sendiri, tim properti juga membeli beberapa properti pendukung lainya seperti uang mainan, tas, kartu, pistol mainan dan property lainnya. Selain tim properti, tim wardrobe juga mencari kostum di daerah Jakarta

v3

Seluruh anggota Biems Theater baik pemain maupun panitia ikut turun uji coba panggung, tepatnya di The Ubm Lecture Hall Lt 5 Universitas Bunda Mulia Alam Sutera. Para pemain sudah mulai menggunakan kostum yang akan di pakai pada pementasan dan para Panitia ikut mengatur letak tempat duduk para penonton dan pintu masuk bagi para pentonton yang akan hadir, serta mematangkan konsep yang telah kami susun selama proses pelaksanaan produksi ini

v4

Tiba pada hari pelaksanaan produksi kedua kami, kami menampilkan hasil kerja keras kami yang telah kami rencanakan dari awal. Pementasan kami di tonton oleh 5 Dosen, 108 Mahasiswa Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong dan 2 eksternal.

v5

Para pemain dan panitia sukses membuat acara produksi ini di nikmati secara meriah oleh para penonton yang mengundang emosional dari para penonton yang melihat para pemain mementaskan karakternya. Dimana terdapat moment yang mengundang gelak tawa dan juga mengundang moment sedih selama pementasan. Pementasan kami berlangsung sekitar 58 menit yang tergolong lebih cepat di bandingkan perkirakan awal kami.

v6

v7

0