Seiring berkembangnya zaman, manusia mulai menjadikan liburan dan rekreasi menjadi kebutuhan pokok mereka dalam bertahan hidup. Tingginya tingkat wisatawan yang berkunjung menjadikan industri pariwisata berkembang dengan pesat. Namun, salah satu penyokong pertumbuhan dunia pariwisata dapat berkembang dengan baik terbantu dengan adanya industri perhotelan. Industri perhotelan sendiri merupakan industri yang menyediakan jasa penginapan dan akomodasi seperti makanan dalam hotel. Selain jasa penginapan dan akomodasi makanan, industri ini juga memberikan jasa pelayanan terhadap tamu yang datang. Berkembangnya industri ini dengan baik, menjadikan standar dalam pelayanan sebuah hotel diutamakan. Pelayanan dalam sebuah hotel sendiri meliputi cara berkomunikasi, cara memberikan jamuan kepada tamu, dan cara memberikan kesan positif terhadap tamu.
Berkaitan dengan hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi Hospitality dan Pariwisata UBM Kampus Serpong mengadakan webinar yang berjudul “Etika Berkomunikasi dalam Industri Perhotelnan” bersama dengan Kharisma Nazifah Tadjoedin selaku Corporate Marketing Communication Manager di Plataran Indonesia. Webinar ini diselenggarakan secara online melalui Google Meet pada hari Sabtu, 24 April 2021 dan berlangsung selama dua jam dari pukul 09.30-11.30 WIB. Acara dipandu oleh Endru Melodi (Mahasiswa angkatan 2019) sebagai MC dan Ms. Feronika Berutu, S.ST., M. Par (Dosen Pembina HMJ Hospitality & Pariwisata) sebagai Moderator.
Webinar ini ditujukan bagi para mahasiswa/i Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong untuk memperluas wawasan dan menambah pengetahuan mahasiswa/i mengenai bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dan sesuai standar industri khususnya dalam industri perhotelan. Bersama dengan Kharisma Nazifah Tadjoedin sebagai narasumber, beliau menceritakan pengalamannya selama bekerja dalam dunia perhotelan, jenis-jenis komunikasi, dan bagaimana cara menghadapi tamu dari segala keadaan. Selain itu, narasumber juga memperkenalkan Hotel Plataran yang tersebar di seluruh Indonesia.
Selama acara, para mahasiswa/i mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai etika yang baik dalam berkomunikasi dan cara menghadapi tamu dari segala sisi dan keadaan.
Semoga pengetahuan yang didapatkan dari webinar ini dapat menambah wawasan baru akan etika berkomunikasi dalam industri perhotelan, serta bermanfaat dan bisa diterapkan oleh setiap mahasiswa/i program studi Hospitality & Pariwisata Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong.