Universitas Bunda Mulia telah mengadakan acara The UBM Studium Generale series 008 setelah sebelumnya diadakan acara The UBM Studium Generale dari Series 001 sampai dengan 007. Pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengadakan acara The UBM Studium Generale series 008 dengan tema “Creating a Marketing Strategy as a Sustainable Value in an Organization”. Acara TUSG 008 ini dihadiri oleh sebanyak kurang lebih 522 Peserta yang berlatar belakang siswa sekolah menengah atas, mahasiswa, dosen maupun peserta luar.
Acara TUSG 008 dibuka oleh MC Tania Athaliav, selaku mahasiswi program studi manajemen semester 3 Universitas Bunda Mulia dilanjutkan dengan sesi Opening Speech dari Ibu Lelly Christin, SE., MM. selaku Dekan FISH 2 dan dilanjutkan dengan perkenalan CV moderator yaitu Ibu Dr Kandi Sofia Senastri Dahlan, PhD. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik yang dibacakan oleh Tania Athaliav selaku MC dan dilanjutkan dengan perkenalan CV Pembicara yaitu Professor Peter Verhezen yang dibacakan oleh Ibu Dr Kandi Sofia Senastri Dahlan, PhD.
Setelah pengenalan CV Pembicara, sesi berikutnya dilanjutkan dengan sesi presentasi materi tentang “Creating a Marketing Strategy as a Sustainable Value in an Organization” yang disampaikan oleh Professor Peter Verhezen selaku Visiting Professor for Global Strategy and Emerging Markets; Corporate Governance, Entrepreneurship & Sustainability at the University of Antwerp & Antwerp Management School.
Professor Peter Verhezen menjelaskan bahwa perusahaan harus mulai mengubah pola mindset dari yang awalnya hanya profit oriented menjadi value-oriented yang lebih mementingkan menciptakan nilai yang sustainable (bertahan lama) terhadap semua pihak yang berhubungan dengan perusahaan mulai dari masyarakat sekitar, lingkungan sekitar dan sampai dengan lingkungan alam.
Professor Peter juga menegaskan bahwa pada akhirnya perusahaaan yang tidak mulai memiliki mindset value-oriented akan ditinggalkan oleh para pelanggan yang saat ini sudah mulai banyak dari generasi milenial. Generasi milenial sudah banyak yang peduli terhadap keselamatan dan keamanan lingkungan dan cenderung lebih menyukai perusahaan yang mulai melakukan Green Marketing, Societal Marketing dan Corporate Social Responsibility.
Pemaparan materi yang dilakukan oleh Prof Peter Verhezen menciptakan dua quotes yang menarik yaitu: “Business is not only about making profit to your stakeholders, but also providing value to any parties that are connected to the company such as (environment, people, society)” dan “Value proposition and value that you stand for will be your company purposes definition”. Kedua quote ini menggambarkan betapa pentingnya suatu nilai kehidupan terhadap arah dan tujuan perusahaan yang pada akhirnya akan menciptakan sustainable value bagi perusahaan.
Setelah pemaparan materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias banyak mahasiswa. Kemudian, sesi berikutnya adalah pemberian Token Of Appreciation (TOA) oleh Ibu Dr Kandi Sofia Dahlan, PhD. kepada Professor Peter Verhezen selaku narasumber. Kemudian acara diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta acara TUSG 008.
Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan Kuliah Umum ini para mahasiswa/i Program Studi Manajemen serta para peserta dapat menambah ilmu serta wawasannya tentang betapa pentingnya nilai kehidupan yang dipegang dan kepedulian terhadap lingkungan, masyarakat dan alam bagi keberlangsungan nilai dan hidup suatu perusahaan serta bagaimana peran penting strategi pemasaran dalam mensukseskan sustainable value bagi perusahaan.