Oleh Chintya Krisadelia (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM kampus Serpong angkatan 2020) –
Mahasiswa/i kelas 6PIK51B program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia kampus Serpong, telah berhasil mengadakan Webinar & Workshop yang di laksanakan secara hybrid melalui ZOOM pada hari Sabtu (21/05) pukul 15.00 WIB. Bertempat di Pacific Garden Alam Sutera, kegiatan ini mengusung tema The Secret of Digital Marketing : It’s More Than Creative Thinks! sebagai praktik nyata mata kuliah Brand Event and Management.
Webinar yang dihadiri oleh lebih dari 170 peserta ini mendatangkan seorang Creative Director Holywings Indonesia dan Marketing Strategy & Partnership salah satu brand skincare asal Indonesia, Somethinc Indonesia, bernama Ervin Julio dan Isabelle Estella. Acara dibuka oleh Manache Moivre selaku MC pada acara webinar hari ini. Disusul dengan kata sambutan yang diberikan oleh Ibu Supina, S.ST Par., M.Par., MM selaku Manajer Akademik 3, Ibu Christina S.I.Kom., M.Si selaku dosen pengampu pada mata kuliah Brand Event dan Management, dan diakhiri oleh Kenneth Augusta selaku ketua acara pada webinar sore hari ini.
Sesuai dengan tema yang diangkat, sesi talkshow dibuka dengan penjelasan singkat mengenai arti dari brand marketing bagi kedua narasumber yang memiliki field of experience yang berbeda. Menurut Isabelle, brand dan marketing adalah dua hal yang berbeda. Keseluruhan identitas tentang produk, pandangan/opini yang dipikirkan oleh publik tentang brand kita, dan bersifat long term dapat disebut sebagai brand. Sementara marketing adalah cara yang dilakukan untuk menarik atensi publik untuk menyukai produk yang disuka, yang dihasilkan, dan sifatnya short-term atau sementara. Menyetujui apa yang dikatakan oleh Isabelle, Ervin menambahkan kalau di dalam marketing kita harus menyesuaikan target peserta dengan semua yang dimiliki oleh produk yang akan kita tawarkan. Usahakan agar selalu selaras dalam perjalanannya agar tercipta brand awareness yang tinggi.
Sebagai Marketing Strategy & Partnership PT Somethinc Indonesia, Isabelle berpendapat bahwa digital marketing merupakan hal yang sangat penting dilakukan di saat pandemi melanda karena hanya ponsel, laptop, dan komputer bersama internet lah satu-satunya hal yang membuat kita tetap terhubung dengan dunia luar. Internet dan dunia digital menjadi platform utama yang menampung perhatian dari seluruh publik. Untuk itulah penting sekali menuangkan ide marketing secara digital melalui internet. Menambahkan apa yang telah disampaikan oleh Isabelle, Ervin berpendapat bahwa poin utama yang dilakukan dari branding adalah bagaimana membuat sesuatu yang tadinya tidak terlihat menjadi dilirik oleh publik dan memiliki harga yang jauh lebih layak dari yang seharusnya.
Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan dalam brand marketing atau digital marketing, Ervin mengaku dapat mencapai kedudukannya yang sekarang karena keinginan serta kemauannya yang kuat di masa sekolah untuk mengembangkan potensi di bidang komunikasi khususnya Master of Ceremony. Dukungan pergaulan pertemanan yang kuat juga menjadi salah satu faktor lainnya. Sementara itu bagi Isabelle yang sudah menempuh studi di bidang brand marketing, tidak ada banyak perubahan yang dirasakan sejak dirinya pertama kali bekerja sebagai beauty internship. Perubahan paling besar yang dirasakan adalah sejak shifting dari sebelum pandemi, sesudah, dan kembali new normal karena trend dan konten yang terjadi benar-benar berubah dengan pesat, ujarnya menjawab pertanyaan.
Terakhir, Ervin dan Isabelle saling menjelaskan berbagai kesulitan dan tantangan yang diraskaan oleh para digital marketer dimana salah satunya adalah perkembangan jaman dan trend yang begitu pesat hingga terkadang tidak lagi bisa diikuti. Kebijakkan, aturan, serta cara kerja yang dimiliki oleh setiap aplikasi juga menjadi salah satunya. Selain itu, dikarenakan waktu yang pasti tak akan berarti jika konten yang dibuat hanya berpatok pada trend yang selalu terjadi setiap hari, seorang digital marketer bersama KOL, content creator, dan belasan divisi lainnya harus bisa menentukan ide matang-matang agar tidak bergantung pada trend yang berlangsung.
Sesi talkshow diakhiri dengan pemberian Token of Appreciation kepada Isabelle Estella yang diberikan oleh Ibu Christina S.I.Kom., M.Si selaku dosen pengampu mata kuliah Brand Event and Management; kepada Ervin Julio oleh Bapak Abdurrahman Ryandhani selaku Manager Marketing Communications Pacific Garden Alam Sutera, dan sesi foto bersama Kenneth Augusta selaku ketua pelaksana acara. Acara ditutup dengan penampilan DJ musisi asal Jakarta bernama Dierza.
Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada sponsor dan media partner Pacific Garden Alam Sutera, Somethinc Indonesia, Sausalito Wedding Organizer, Seminar Up, Events.Ina, Journal Is Me Serpong, Biems Radio Serpong, Kawal Event, Info Seminar, Kala, Banten Raya, dan Suara Indo karena telah menmberikan dukungan dalam keberlangsungan acara webinar The Secret of Digital Marketing : It’s More Than Creative Thinks!
“Universitas Bunda Mulia, Bridging Education to The Real World!”