Pada hari Jumat, 13 November 2020, Program Studi Manajemen UBM Kampus Serpong, berkolaborasi dengan Program Studi Bisnis Digital UBM Kampus Serpong mengadakan Kegiatan Kuliah Umum secara Virtual (Online) dengan tema ”The Best Strategy for Executing Effective Social Media Campaigns”. Adapun Bapak Irfan Prabowo selaku Senior Marketing Manager dari Lemonilo bertindak sebagai pembicara pada Kegiatan Kuliah Umum pada kali ini. Adapun Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M. selaku Sekprodi Manajemen UBM Kampus Serpong bertindak sebagai Moderator pada kegiatan Kuliah Umum pada kali ini. Adapun Kuliah Umum ini sendiri diadakan melalui media Google Meet, dan dilangsungkan selama 2 jam mulai dari pukul 15:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB.
Kegiatan Kuliah Umum ini sendiri dibuka dengan menyanyikan bersama Mars UBM, Pemaparan Kata Sambutan yang dilakukan serta diberikan oleh Ibu Lilis Susilawaty, S.E., M.M. selaku Manager Akademik-1 UBM Kampus Serpong, serta pengenalan dan pembacaan CV moderator oleh MC pada kegiatan Kuliah Umum pada kali ini. Berikutnya, Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M. pun memberikan pemaparan singkat namun mendalam terkait dengan tema ataupun topik yang diangkat pada kegiatan Kuliah Umum pada kali ini. Yang dimana, pak Nicholas memaparkan bahwa di era globalisasi serta perkembangan Internet yang canggih seperti yang sedang kita hadapi saat ini, Media Sosial telah menjadi salah satu bagian paling penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan yang dijalani oleh masing-masing Individu. Adapun pak Nicholas selanjutnya kembali memaparkan bahwa sebanyak sekitar 83.7% dari Populasi dunia menggunakan Smartphone, dan lebih dari 80% dari Pengguna smartphone tersebut menggunakan Internet yang terkoneksi dengan smartphone yang dimiliki untuk mengakses Social Media.
Dengan demikian, maka Pak Nicholas pun memaparkan bahwa penting bagi setiap Individu untuk dapat memahami betapa pentingnya peranan Media Sosial di dalam hidup kita di era saat ini, yang dimana, bukan hanya sebagai sumber hiburan untuk menghilangkan stress di tengah-tengah aktivitas yang dilakukan, namun juga guna memastikan baha koneksi ataupun hubungan komunikasi antara 1 pihak dengan pihak lainnya dapat tetap terjaga. Namun, yang menjadi permasalahan sebenarnya adalah bahwa selain sebagai media untuk mengakses berbagai media hiburan yang ada di internet, Social Media juga dapat digunakan ataupun dijadikan sebagai Media Promosi bagi perusahaan di dalam mempromosikan, mengkomunikasikan serta memperkenalkan produk/jasanya kepada masyarakat luas. Dengan demikian, maka Pak Nicholas pun memaparkan bahwa Kuliah Umum ini sebenarnya bertujuan untuk memperkenalkan seluruh mahasiswa/I secara lebih dalam lagi perihal potensi dari Social Media sebagai alat ataupun metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan exposure serta pengetahuan masyarakat terkait dengan produk/jasa/merek yang akan dipromosikan. Setelah memberikan pemaparan singkat terkait dengan pentingnya Social Media ini, Pak Nicholas pun akhirnya membacakan CV serta memperkenalkan pak Irfan Prabowo selaku Senior Marketing Manager dari Lemonilo guna memberikan pemaparan yang telah dipersiapkan terkait dengan konsepsi dasar dari penggunaan Social Media sebagai alat untuk memasarkan produk/jasa/merek ini kepada masyarakat luas
Adapun di dalam memulai pemaparan serta pembahasan yang telah dipersiapkan seputar tema yang diangkat dari Kuliah Umum ini, Pak Irfan pun memulai pembahasan dengan mengemukakan serta menjelaskan peranan penting yang dimiliki oleh Media Sosial di dalam hidup dari setiap Individu di dunia ini di abad ke-21 ini. Yang dimana, pak Irfan mengatakan bahwa sulit (atau bahkan hampir tidak mungkin rasanya) seseorang mampu bertahan hidup tanpa mengakses sosial media, meskipun hanya selama 20 menit saja. Artinya adalah mayoritas dari hidup kita dihabiskan dengan mengakses media sosial dari perangkat-perangkat elektronik yang kita miliki, baik Smartphone, Komputer Tablet, Laptop, dan perangkat elektronik lainnya. Namun, pak Irfan selanjutnya mengemukakan bahwa problematika yang sebenarnya terjadi adalah bahwa hanya sedikit orang (dari kelompok pengguna media sosial tersebut) yang telah memanfaatkan media sosial sebagai sarana atapun media guna mengembangkan usahanya, mempromosikan produknya ataupun memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas. Artinya adalah bahwa mayoritas dari masyarakat dunia (termasuk Indonesia) cenderung memanfaatkan media sosial semata-mata hanya untuk tujuan mencari hiburan (entertainment) saja. Padahal sebenarnya di era persaingan global yang sangat ketat ini, promosi ataupun strategi Marketing dengan memanfaatkan media sosial dapat menjadi salah satu hal yang krusial di dalam menentukan keberhasilan promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan terkait dengan produk/jasa yang ingin dipasarkan.
Hal ini dikarenakan selain memang mayoritas dari masyarakat cenderung jauh lebih banyak menghabiskan waktu di smartphone dan social media dibandingkan dengan mengakses media-media tradisional seperti TV, Radio ataupun Koran fisik, aktivitas Marketing yang dilakukan melalui Media Sosial ini pun jauh lebih efisien dan efektif dari segi harga, waktu serta exposure yang dimiliki oleh Media Sosial ini di dalam memperkenalkan produk/jasa/perusahaan kepada khalayak luas. Selain itu juga, design, tema ataupun jenis dari iklan yang ingin ditampilkan pun dapat menjadi bermacam-macam, tergantung dari sejauh mana kreativitas yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan di dalam merancang dan men-desain iklan yang memang sesuai dengan preferensi yang dimiliki oleh masing-masing Individu. Adapun berikutnya, “jam tayang” dari Iklan yang ditampilkan melalui Media Sosial ini pun cenderung “fleksibel”, dan dapat kita atur sesuka kita. Hal ini tentu saja berbeda dengan apabila kita mengiklankan produk/jasa/merek kita di media Konvensional, yang dimana, kita cenderung hanya mengikuti saja kapan iklan tersebut akan ditayangkan oleh pihak perusahaan Televisi ini.
Dengan demikian, dengan berbagai potensi dan kekuatan yang dimiliki oleh Media Sosial ini, pak Irfan mendorong agar setiap Individu mampu memahami pentingnya aktivitas marketing ataupun pemasaran suatu produk yang dilakukan oleh setiap individu dan suatu perusahaan guna memastikan bahwa memang pesan-pesan ataupun value dari produk/jasa yang ingin disampaikan oleh pihak perusahaan dapat terlaksana/tersalurkan dengan baik kepada masyarakat luas.
Adapun setelah memaparkan berbagai materi perihal social media marketing ini, kegiatan Kuliah Umum ini dilanjutkan dengan sesi QnA dengan para partisipan, pemberian Token of Appreciation serta Penutupan oleh MC.
Secara keseluruhan, kegiatan Kuliah Umum Online ini berjalan lancar serta interaktif, dimana, seluruh peserta mengikuti kegiatan Kuliah Umum Online ini dengan antusias. Adapun beberapa peserta juga mengajukan pertanyaaan dan diskusi seputar topik ini kepada Pak Irfan pada Kuliah Umum kali ini.