Pada hari Jumat, 11 Desember 2020, Ibu Eliza Christabella Phuanerys, SE., MM, Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman, SE., MM, dan Ibu Jessica Christie SE.,MM selaku dosen pengampu mata kuliah keuangan Program Studi Manajemen Kampus Ancol, Universitas Bunda Mulia berkesempatan mengikuti rangkaian kegiatan webinar yang diadakan oleh Indonesia Banking School. Web seminar (webinar) yang diikuti oleh Para Dosen kali ini bertemakan “Peranan Digital Platform Untuk Penyaluran Kredit”. Acara webinar ini berlangsung pukul 14.00-15.30 WIB melalui media online Zoom. Acara webinar ini dipandu oleh Bapak Zulkifli SE., MM sebagai moderator dengan narasumber Bapak Jonathan Barki, BSc. selaku SVP-Group Head Corporate Strategy Gojek.
Acara diawali dengan pembukaan dari Bapak Ronaldo, SE. selaku MC pada kegiatan webinar kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, foto bersama dan doa. Setelah itu, Ketua Indonesia Banking School, Ibu Dr. Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono menyampaikan kata sambutannya. Dalam kata sambutannya, Beliau mengatakan bahwa dengan adanya pandemi Covid-19 ini telah membuat para pelaku bisnis, salah satunya penyedia layanan kredit berubah ke arah digitalisasi.
Setelah mendengarkan kata sambutan acara dilanjutkan dengan bridging dari moderator kepada narasumber. Untuk webinar kali ini berbentuk talk show, dimana narasumber menyampaikan materi berdasarkan pertanyaan dari moderator dan para peserta kegiatan. Dalam webinar, Bapak Jonathan menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 membawa perubahan ke arah digital yang lebih cepat, Beliau memberikan contoh Gojek dan media platform online lainnya sudah memulai transformasi digital sejak tahun 2015 namun transformasi tersebut memerlukan proses yang cukup panjang sampai akhirnya di awal tahun 2020 dengan adanya pandemi ini membuat semua bisnis, salah satunya financial technology (fintech) harus ikut melakukan transformasi digital untuk tetap bertahan. Gojek salah satunya sebagai fasilitator penyaluran kredit ke para merchant, baik UMKM, driver, dan customer memberikan data kepada pihak banking / financial company yang lebih detail mengenai behavior para pengguna sehingga proses pengajuan kredit dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat memberikan engagement yang lebih baik lagi terhadap merchant yang tergabung dalam Gojek, dengan menjadi one stop solution digital platform, karena menurut Beliau, digital platform yang sukses adalah yang mampu bertumbuh bersama dengan merchant-merchant di dalamnya. Terakhir Pak Jonathan memberikan pesan-pesan bagi para generasi Z yaitu, be aware, create your own community, dan jangan takut terhadap perubahan. Beliau juga berharap agar generasi Z nantinya bisa membawa masyarakat ke arah digitalisasi yang lebih baik lagi.
Acara kemudian ditutup dengan penyerahan plakat kepada narasumber. Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan baik dan cukup antusias yang ditunjukkan dengan pertanyaan yang diberikan oleh beberapa peserta kegiatan. jsc.