Sampai saat ini pandemi COVID-19 masih berkeliaran di tengah masyarakat sehingga membuat beberapa kegiatan dilakukan secara online. Namun hal tersebut tidak menurunkan semangat dari Bapak atau Ibu dosen Universitas Bunda Mulia untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat melalui kegiatan “Pengabdian Kepada Masyarakat”. Yang dimana kegiatan PKM ini diselenggarakan dengan sesi “Virtual Learning Session” bersama karyawan AlfaLand Group yang bertemakan “Marketing 101: TikTok Marketing For Business”.
Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada Jumat, 24 Desember 2021 oleh dosen-dosen Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol yaitu Tannia, SE., MM (0325059201), Ongky Alex Sander, SE., MM (0330109401), Lanang Diayudha SE., M.Env.Mgt (0331108104, Dr. Fahrul Riza, SE., MSM (0326127502), Andreas Wijaya, SE., MM (0315029101), Oktafalia Marisa Muzammil, SE., MM (0315108302) dan Danny Santoso, S.Kom., MM (0307108105) serta oleh mahasiswa aktif Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol Madeline Mauretta (12200004) yang merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Excellent Community of Management (XCM).
Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan yang dibawakan oleh Bapak Lanang Diayudha, S.E.,M.Env.Mgt selaku Moderator. Kemudian perkenalan diri oleh Bapak Ongky yang dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang “TikTok Marketing For Business”. Sebelum memulai pemaparan materi, Pak Ongky mengajak karyawan AlfaLand Group untuk joget TikTok bersama-sama agar having fun sebelum memulai pemaparan materinya. Selanjutnya hal pertama pak Ongky menjelaskan What is TikTok Marketing? yang dimana TikTok marketing merupakan salah satu strategi pemasaran secara digital menggunakan sosial media berupa TikTok sebagai media atau wadah. Untuk mengetahui lebih lanjut Pak Ongky menjelaskan kelebihan TikTok sebagai media melakukan promosi sehingga dapat memanfaatkan fitur-fitur atau fasilitas yang ditawarkan oleh TikTok untuk mengoptimalisasi bisnis yang dimiliki.
Dikarenakan hal tersebut yang perlu diperhatikan dalam mengoptimalisasi bisnis menggunakan TikTok sebagai media melakukan pemasaran pada bisnis yang dimiliki yaitu mengenali algoritma TikTok, mencari ide konten yang menarik, menggunakan hashtag, bekerjasama dengan influencer, menanggapi komentar pengguna, membuat hashtag challenge, menggunakan TikTok Ads, dan review data analytical TikTok Ads.
Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut dengan antusias banyak karyawan AlfaLand Group. Kemudian terdapat kahoot games yang dipandu oleh Bapak Andreas Wijaya, S.E., M.M selaku dosen Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia, yang dimana games ini disambut dengan antusias dan pemenang games ini mendapatkan hadiah dari Universitas Bunda Mulia.
Diharapkan dengan diselenggarakan kegiatan PKM ini para karyawan dari AlfaLand Group dapat menambah ilmu serta memperluas wawasan tentang TikTok Marketing for Business sehingga dapat bermanfaat bagi para karyawan AlfaLand Group.