Program Studi Manajemen melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Non-Insidental di Alfaland Group Indonesia dengan rangkaian Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk “Human Character Behaviour Series”. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara bertahap ke dalam 3 kali pertemuan kepada para peserta yaitu karyawan dari Alfaland Group Indonesia.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara daring dimana pelaksanaan dan peserta bertemu secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dalam 3 kali pertemuan. Pada setiap pertemuannya, kegiatan dimulai pukul 13.45 WIB berupa pemaparan materi oleh para dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol. Adapun peserta dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah karyawan Alfaland Group Indonesia.
Pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 06 Januari 2023 dengan pelaksana Bapak Lanang Diayudha, S.E., M.Env Mgt. (0331108104), Bapak Yustinus Yuniarto, SS., MM (0305067704), dan Ibu Sophia Reni Susilo, SE., MM (0310109501) selaku Dosen Prodi Manajemen serta Wily Dozen (12220080) selaku mahasiswa Prodi Manajemen.
Topik yang dibawakan adalah Human Character Behaviour Series: The Basics of Individual Temperament. dimulai Bapak Lanang memberikan kata sambutan dan pembacaan CV singkat narasumber. Kemudian Bapak Yustinus memaparkan materi terkait dengan cara mengenal diri sendiri, 4 jenis kepribadian (personality) manusia, dan cara kerja otak manusia.
Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Sophia Reni Susilo dengan membahas kelebihan dan kekurangan dari setiap4 jenis kepribadian (personality) manusia agar karyawan yang sudah mengenal diri sendiri mampu mengatasi tantangan yang dihadapinya. Tidak lupa pada sesi tanya jawab mendapat respon yang amat positif dari karyawan Alfaland Group Indonesia, dimana karyawan Alfaland Group Indonesia selaku peserta bertanya dengan antusias sehingga terselengaranya kegiatan abdimas yang pertama memebrikan karyawan Alfaland Group Indonesia mengenal kepribadian secara individu maupun cara kerja otak kelak membangun relasi, budaya kerja, dan meningkatkan kinerja perusahaan.
Pertemuan kedua dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2023 dengan pelaksana Bapak Brendi Wijaya, SE., MM (0326069201), Ibu Lelly Christin, SE., MM (0327028301), dan Bapak Elkunny Dovir Siratan, S.Par., MM (0331019601) selaku Dosen Prodi Manajemen serta Yastin Yangga (12220121) dan Agus Mulyana (912210057) selaku mahasiswa Prodi Manajemen. Topik yang dibawakan adalah Human Character Behaviour Series: Building Strategic “Know Your Customer”.
Dimana dalam dunia kerja, kita perlu mengetahui apa itu identitas pelanggan kita. Karena dengan kita mengetahui identitas pelanggan, kita bisa tau seperti apa jenis pelanggan kita. Penyampaian materi terkait peran dan tanggung jawab dalam perusahaan yang harus kita pastikan apakah kita sudah memberikan sesuai dengan apa yang diminta perusahaan terkait pekerjaan maupun tanggung jawab ataupun peran yang kita miliki.
Kemudian dilanjutkan dengan apa keuntungan ketika kita sudah mengenal diri kita sendiri, yang mana dapat membantu kita dalam mengetahui kemampuan kita sendiri dan mampu mengatasi persoalan maupun tantangan yang dihadapinya. Terlebih kita juga perlu mengetahui terkait sejauh mana perusahaan kita bekerja dan sejauh mana kita mengenal rekan kerja (peer) agar memiliki hubungan yang baik dan harapan kinerja yang produktif. Kemudian karyawan Alfaland Group Indonesia juga diberikan sesi tanya jawab dan Bapak Brendi menjawab dengan semangat terkait pertanyaan yang diajukan dan berjalan dengan lancar.
Pertemuan ketiga dilaksanakan pada tanggal 03 Februari 2023 dengan pelaksana Ibu Tannia, SE., MM (0325059201), Bapak Andreas Wijaya, SE., MM (0315029101) dan Ibu Oktafalia Marisa Muzammil, SE., MM (0315108302) selaku Dosen Prodi Manajemen serta Putri Cecilia (12220122), Kuo Angil (12220067), Juan Matthew Karsten (12210090) dan Lia (12210094) selaku mahasiswa Prodi Manajemen. Topik yang dibawakan adalah Human Character Behaviour Series: Building Quality Service Excellence. Dimana Bapak Andreas, Ibu Tannia, dan Kuo Angil, Juan Matthew Karsten dan Lia selaku Mahasiswa Aktif Universitas Bunda Mulia; memaparkan materi terkait tipe-tipe barang, jenis-jenis service, konsep model kualitas pelayanan, tipe-tipe konsumen hingga menjelaskan cara menangani atau menyikapi konsumen dengan berbagai tipe konsumen yang ada.
Diawali dengan membahas jenis service dan tipe barang dengan tujuan membangun kesan pada konsumen, memahami apa yang diinginkan pembeli, menyakinkan pembeli untuk melakukan pembelian, dan merespon pembeli dengan cepat dan tepat. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait proses pelanggan dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian yang menjadi titik penting bagi perusahaan meng-identifikasi ke-efektifan tahap dan pengetahuan pelanggan akan produknya. Kemudian tidak lupa dianjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para peserta yang sangat antusias dengan acara PKM, dimana dapat membantu dan menambah pengetahuan bagi para peserta mengenai petingnya membangun kualitas dalam memberikan service yang bermutu.
Pada setiap pelaksanaannya, diterapkan metode berupa pembukaan, penyampaian materi oleh narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama para peserta, dan ditutup dengan kesimpulan serta dokumentasi.
Dari terlaksananya kegiatan ini selama 3 kali pertemuan diharapkan karyawan Alfaland Group Indonesia dapat mempelajari mengenai bagaimana mempelajari mengenai dasar-dasar tingkat temperamen dari setiap individu, dimana dari hal ini dapat membantu peserta dalam memahami berbagai perilaku seseorang khususnya tamu hotel. Selain itu karyawan Alfaland Group Indonesia diharapkan juga mampu mempelajari mengenai pentingnya terlebih dahulu mengenal perusahaan tempat karyawan mengabdi dan mengenal berbagai tipe customer sebagai pihak yang setiap harinya ditemui, dimana dari hal ini dapat membantu peserta dalam memahami berbagai karakter seseorang khususnya tamu hotel. Karyawan Alfaland Group Indonesia juga diharapkan mengetahui bagaimana membangun kualitas pelayanan jasa yang baik kepada customer agar customer tidak hanya membeli produk saja namun juga merasa diberikan layanan dari para karyawan sehingga dapat membuat customer terutama tamu hotel merasa nyaman dan berniat untuk datang kembali ke hotel.