Pada hari Selasa, 26 Oktober 2021 Excellent Community of Management (XCM) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan SOFTSKILL dengan tema “How to Increase Our Copywriting Skill”. Kegiatan ini dibuat khusus untuk para anggota XCM guna melatih keterampilan copywriting dan mempersiapkan diri mereka di masa depan. Kegiatan Softskill
ini merupakan kegiatan gabungan dari kampus Ancol dan Serpong yang berisikan 89 peserta termasuk para panitia dan 2 pembina yaitu Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman, S.E., M.M dan Bapak Budi Christanto, S.E., M.M. Pembicara dalam Pelatihan Softskill kali ini adalah Kak Rifky Ramadhan Amin, S.Sos. yang merupakan senior copywriter of Lazada.
Kegiatan ini dilakukan tepat pada jam 19:00 WIB dan dibuka oleh Tania Athaliav selaku MC. Setelah melakukan pembukaan dan pembacaan tata tertib, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Maria Josepha Cendry Sudirman, S.E, M.M selaku pembina XCM. Kemudian sesi berikutnya adalah sesi foto bersama yang dilakukan sebelum pemaparan materi. Setelah foto bersama, acara dilanjutkan dengan pembacaan latar belakang narasumber oleh Vina Pramana selaku moderator acara.
Masuk ke inti acara, narasumber yang akrab disapa Kak Vicky memulai sesi pemaparan materi yang diawali dengan membahas apa itu copywriter. Copywriter pada dasarnya adalah kalimat persuasif atau kalimat ajakan pada target agar membeli sebuah produk ataupun jasa yang ditawarkan. Yang kedua adalah skill dasar dari copywriting yaitu, mengetahui dasar mengenai peletakkan kata yang baik untuk menghasilkan copywriting yang menarik. Lalu cara melakukan research terhadap trend pasar yang berguna untuk menyusun copywriting dari produk itu sendiri.
Yang ketiga yaitu pendekatan copywriting, terdapat 2 pendekatan yaitu hard-selling (penjualan yang langsung to the point) seperti langsung memberikan poin penjualan kepada customer dan soft-selling (penjualan secara halus) seperti memberikan pesan tersirat terlebih dahulu sebelum melakukan poin penjualan. Yang terakhir adalah rumus-rumus untuk melakukan copywriting. Terdapat 5 rumus dalam copywriting yaitu AIDA (attention, interest, desire, action); PAS (problem, agitate, solve); FAB (features, advantages, benefit); BAB (before, after, bridge); THE 4U’S (useful, unique, urgent, ultra-specific). Aturan dalam rumus ini adalah rumus ini berlaku untuk berbagai macam pendekatan ataupun gaya copywriting dan kita tidak harus terpaku pada rumus-rumus ini, jadi kita bisa mengembangkannya sesuai konsep.
Setelah sesi pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang masih dipimpin oleh moderator. Sampailah kita di sesi penutupan acara yang kembali dipimpin oleh MC. Semoga dengan terselanggaranya kegiatan Pelatihan Softskill ini bisa dimengerti dan dapat memberikan banyak manfaat untuk para peserta yang telah berpartisipasi.