Jakarta, 15 Desember 2023 — Branding Club yang merupakan salah satu dari 7 club di bawah naungan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia, sukses menyelenggarakan Meet and Greet dengan tema “From Scratch to Hatch”. Narasumber yang dihadirkan pada gelaran ini adalah Addina Shafira, pemilik merek fesyen lokal bernama Sugar. Acara yang berlangsung di UBM Premiere Room ini dihadiri oleh para pengurus dan anggota Branding Club, serta dosen Pembina Branding Club, Doan Monang Yan Hero Sihombing, S.I.Kom., M.I.Kom.
Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 12.00 WIB hingga 13.30 WIB ini sengaja memfasilitasi para peserta dengan wawasan berharga terkait langkah-langkah yang diperlukan dalam membangun dan mengembangkan sebuah brand khususnya di era digital. Addina Shafira tidak hanya menyampaikan materi yang dikemas secara menarik, tetapi memberikan inspirasi dan pandangan mendalam mengenai esensi branding, strategi membangun brand, serta hal-hal yang perlu diperhatikan secara mendalam.
Dalam suasana interaktif, peserta diajak untuk memahami pentingnya mendefinisikan branding dan berpikir secara kreatif. “They see me as their role model, dan ini mungkin menjadi salah satu dari branding juga karena aku pengen banget kasih liat Sugar itu adalah pilihan yang bukan kayak olshop-olshop lain” ujar Addina Shafira saat memperkenalkan diri dan brand miliknya. Dalam paparannya, ada penjelasan konsep bahwa branding bukan hanya sekadar identitas visual, tetapi perasaan batin pelanggan terhadap produk, layanan, dan perusahaan.
Wanita lulusan ESMOD Jakarta ini juga menambahkan pemikiran relevan terkait betapa pentingnya peran konsumen yang akan membeli produk. “Percuma produk bagus tapi gak ada yang mau beli” ucapnya tegas dalam balutan blazer berwarna nude. Menurutnya, keunggulan suatu produk tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada permintaan dari konsumen. Ia menekankan pentingnya memahami target pasar dan customer journey karena kesuksesan sebuah brand tidak hanya tergantung pada kualitas produk, tetapi juga pada kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami apa yang diinginkan oleh konsumen.
Kegiatan Meet and Greet ini diharapkan mampu menjadi platform yang inspiratif dan bermanfaat dalam pengembangan dan pemahaman akan branding di kalangan mahasiswa. Dua kunci yang memegang peran penting dalam membangun dan mengembangkan sebuah merek adalah keberanian dan kreativitas dari pembangunnya. Sugar adalah contoh inspiratif yang menunjukkan bahwa, bahkan dalam situasi sulit seperti saat pandemi Covid 19, merek fesyen ini dapat tumbuh dan berkembang dengan tekad dan inovasi tanpa henti.
“Universitas Bunda Mulia, Bridging Education To The Real World!”