Rabu (22/2/2017)-UNIVERSITAS BUNDA MULIA, Mahasiswa/i program studi Manajemen peminatan School of Marketing mendapatkan seminar yang diberikan oleh Bpk.Ernest Tjahjana MBA tentang ”Product Life Cycle Strategies of Digital Product”.
Seminar dibuka dengan permainan yang berjudul “Product or Service?” pada permainan ini mahasiswa diminta untuk memisahkan antara produk dan jasa dalam waktu 30 detik. Semua sangat antusias dalam mengerjakan game ini. Pak Enest berkata.”Apa yang susah dari game ini? Tentu bukan waktu yang saya berikan terlalu singkat, tetapi alangkah sulitnya membedakan antara produk dan jasa.” Pak Ernest menambahkan, ”Semakin hari kita semakin susah membandingkan mana perusahaan yang menjual produk dan mana perusahaan yang memberikan jasa dikarenakan perusahaan mulai menambahkan pelayanan yang baik selain produk yang ditawarkan.”
Rangkaian Kegiatan seminar semakin menarik dengan penjelasan Bpk.Ernest apa itu Life Cycle dalam Digital Product dan Minimum Viable Product (MVP). Pak Ernest menerangkan bahwa Digital product adalah pusat penjualan produk dengan wujud biasanya elektronik seperti katalog dalam bentuk web seperti Uber,Gojek,Lazada dan bisa fitur fitur berupa Path ataupun Facebook.
Pada sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa menanyakan bahwa dengan semakin berkembangnya era digital, semakin banyak perusahaan menggunakan sistem digital/product digital, contohnya pembayaran menggunakan e-toll card. Pertanyaannya adalah apakah kedepannya perusahaan akan tetap mempertahankan trend digital atau semakin meninggalkan era digital? Pak Ernest meyakini bahwa untuk kedepannya, perusahaan akan mengarah untuk menggunakan segala teknologi ke arah digital.
Satu jam berlalu, Pak Ernest Tjajhana MBA mengakhiri seminarnya. Ibu Henilia Yulita SE.,MM memberikan plakat sebagai tanda terima kasih atas kehadiran Bpk.Ernest Tjajhana MBA. Sesi ini ditutup dengan foto bersama mahasiswa/i dan dosen.
Go Biemers!!!