Kamis, 2 Desember 2021 – Industri kreatif merupakan industri yang berkembang pesat dewasa ini dan jasanya banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Dalam rangka mengetahui lebih dalam mengenai proses dan lingkup usaha ini, maka pada hari Kamis, tanggal 2 Desember 2021, Prodi Bahasa Inggris (BBI), Universitas Bunda Mulia mengadakan Kunjungan Industri secara virtual ke Production House KITA. Production House (PH) ini didirikan pada tahun 2018 oleh Rifqi Zarkasih. PH ini telah membuat iklan komersial untuk berbagai klien dengan nama besar seperti Tokopedia, Traveloka, Wardah, Samsung, Citibank, Softex, dan Gojek. PH ini juga terlibat dalam proses pembuatan film pendek. Kegiatan kali ini diikuti oleh mahasiswa dari semester 1, 3, 5, dan 7 dari Prodi Bahasa Inggris dengan total peserta 107 mahasiswa.
Acara dimulai pada kurang lebih pukul 13:00 dengan pembukaan oleh Ibu Putri Rindu Kinasih selaku MC untuk acara kali ini dan diikuti dengan pemberian kata sambutan dari Bapak Jonathan Tanihardjo selaku Sekretaris Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Bunda Mulia. Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Ibu Kezia Panambunan selaku Head of Finance Production House KITA mengenai beberapa informasi umum terkait PH KITA. Beliau juga memberikan virtual tour di mana para peserta diperlihatkan beberapa ruangan kerja dan peralatan di kantor tersebut. Setelah penjelasan dari Ibu Kezia, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi utama dari Bapak Zenno Marzoka selaku Producer di PH KITA. Beliau menjelaskan banyak hal secara mendetail, terutama terkait seluruh proses yang dilakukan mulai dari tahap awal yaitu pitching yang meliputi budget quotation dan vendor registration, lalu dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya yaitu pra-produksi, produksi, dan terakhir adalah tahap post-produksi. Setelah pemaparan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dan ditutup dengan sesi foto bersama.
Kunjungan industri yang telah dilakukan oleh Prodi BBI ke Production House KITA ini telah berjalan dengan baik dan lancar. Baik para peserta maupun pihak PH memberikan tanggapan yang baik atas kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam memberikan berbagai pertanyaan seputar proses yang terjadi dalam PH ini serta peluang lulusan Program Studi Bahasa Inggris untuk dapat bekerja di industri ini.
Akhir kata, setelah kunjungan industri ini, diharapkan para peserta dapat menambah wawasannya mengenai proses serta penggunaan bahasa Inggris di bidang industri kreatif serta mengetahui peluang-peluang bagi para lulusan Prodi Bahasa Inggris di industri ini.
“Universitas Bunda Mulia, Bridging Education to the Real World!”