Rabu, 22 Desember 2021 (pukul 13.30-16.30 WIB) – Program Studi Bahasa Mandarin, Universitas Bunda Mulia kembali mengadakan kegiatan Kuliah Umum secara virtual yang bertemakan “Branding Your Language Course”. Tema ini diangkat sebagai tema dari Kuliah Umum dengan harapan mahasiswa/i Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Bunda Mulia dapat lebih mengerti seluk beluk dalam membangun bisnis atau lembaga kursus bahasa serta bagaimana memasarkan sekaligus mengiklankan tempat kursus tersebut, khususnya Bahasa Mandarin.
Kegiatan Kuliah Umum ini dihadiri oleh 73 peserta yang terdiri dari mahasiswa/i Program Studi Bahasa Mandarin semester 7 yang berjumlah 29 peserta dan Program Studi Bahasa Inggris yang berjumlah 44 peserta, serta 4 dosen Universitas Bunda Mulia.
Acara dimulai dengan pembukaan dari moderator, Ibu Glisina Dwinoor Rembulan, S.TP., M.Si., IPP dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Dr. Chandra Wibowo Widhianto, S.E., M.M. selaku Direktur Pengembangan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) dan Quailty Assurance, Universitas Bunda Mulia. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber.
Narasumber yang mengisi pada sesi pertama yaitu Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M., dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia. Beliau menjelaskan mengenai materi brand image dan brand identity yang pastinya sangat besar sekali pengaruhnya terhadap bidang usaha bisnis lembaga kursus bahasa. Pada akhir sesi ini, beliau menutup dengan sesi tanya jawab dan beberapa penjelasan serta contoh.
Narasumber yang berikutnya yaitu Bapak Dionisius Lesmana, S.Ikom., M.Ikom., CPR, CPSP, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bunda Mulia. Beliau membagikan materi mengenai pentingnya pola komunikasi dan pemasaran dalam berbisnis, yang tentu saja ada kaitannya dengan konteks industri usaha lembaga bahasa. Selain itu, beliau juga menjelaskan beberapa contoh bentuk dan teknik pemasaran dari beberapa lembaga kursus bahasa yang cukup ternama dan membedahnya satu per satu bersama para audiens. Sesi ini kemudian ditutup dengan tanya jawab.
Narasumber yang terakhir yaitu Ibu Yana Erlyana, S.Sn., M.M., dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Bunda Mulia. Beliau dalam sesi terakhir ini mebagikan kepada peserta mengenai materi pentingnya aspek visual dalam bentuk pemasaran bisnis. Pada sesi ini, Ibu Yana menjelaskan berbagai elemen visual, efek pada logo perusahaan, seperti warna, tulisan, jenis tulisan, ukuran, serta gambar yang digunakan pada saat mendesain suatu bentuk pemasaran, yang nantinya akan digunakan pada saat ingin memasarkan, mengiklankan serta menyampaikan kesan dalam mempromosikan suatu lembaga/ tempat kursus bahasa.
Kegiatan Kuliah Umum Virtual kali ini pun diakhiri dengan sesi foto bersama sebagai pengingat betapa serunya sesi Kuliah Umum pada kali ini. Akhir kata, dengan diadakannya Kuliah Umum ini, diharapkan mahasiswa/i Program Studi Bahasa Mandarin semakin memahami terkait strategi pemasaran, komunikasi dan teknik desain dalam mengiklankan lembaga/ tempat kursus bahasa Mandarin.
Go Biemers! “Bridging Education to the Real World!”