Salah satu strategi yang dilakukan oleh Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UBM untuk meningkatkan aktivitas publikasi mahasiswa, Prodi mewajibkan mahasiswa melakukan publikasi dengan mengerjakan karya ilmiah seacara berkelompok pada matakuliah Digital Culture and Society. Melalui strategi ini, adapun salah satu kelompok yang berhasil melakukan publikasi pada Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia Maju dan publish pada 31 Maret 2023. Adapun abstrak dari penelitian tersebut yaitu :
Komunikasi virtual yang terjadi antar pemain game Ragnarok X: Next Generationterjadi ketika mereka tergabung dalam sebuah guild. Keragaman budaya dan struktur sosial menciptakan banyak kesenjangan komunikasi antar pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi virtual yang terjadi antar pemain ROX yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual dengan pendekatan kualitatif dalam menjangkau dunia pemain games online.Para pemain berkomunikasi melalui whatsapp dan aplikasi discord akantetapi para pemain tidak berbicara tentang teknis permainan, mereka membahas hal-hal di luar permainanjadi tidak ada perselisihan.Pemain ROX tidak mengalami deindividuasi seperti kehilangan kesadaran diri, perubahan diri dimana pemain menjauhkan diri dari kelompok. Dapat disimpulkan bahwa tidak semua game online berdampak buruk bagi individu tergantung dari respon individu terhadappermainan game online tersebut. Saran dari penelitian ini para pemain game online agar tidak mengalami deindividuasi dapat fokus dengan pernainan akan tetapisaat di dunia nyata pemain menjadi dirinya sendiri bukan karakter dalam permainan game online tersebut.
Kata kunci:komunikasi virtual, game online, ragnarox x: next generation, deindividuasi (Naskah tersebut juga dapat didownload pada link : http://journal.stikom-ima.ac.id/jurnal- stikom/index.php/jikom1/issue/view/41)
Strategi ini sangat efektif, sehingga akan terus dilakukan guna meningkat jumlah publikasi mahasiswa di Prodi Magister Ilmu Komunikasi.
Putri R.