Pada tanggal 13 Februari 2024, Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M. selaku dosen program studi Manajemen UBM Kampus Serpong mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Bunda Mulia, Kalideres, Jakarta Barat. Adapun kegiatan yang bertemakan Business Model Canvas ini berlangsung sekitar 2 jam, dan dilakukan guna meningkatkan pemahaman siswa/i perihal bagaimana business model canvas dapat membantu mereka (sebagai pengusaha) di dalam mengembangkan bisnisnya, serta membantu para siswa/i di dalam menganalisis berbagai hal yang harus disiapkan guna mampu mendirikan dan menjalankan suatu bisnis dengan baik. Adapun kegiatan PKM ini dilakukan oleh pak Nicholas bersama dengan Alexandra Natalie yang merupakan mahasiswi aktif program studi Manajemen UBM Kampus Serpong, beserta dengan tim Marketing dari Universitas Bunda Mulia.
Pemaparan materi pun dibuka dengan penjelasan perihal apa definisi dari Bisnis dan mengapa konsep bisnis tidak boleh dipahami hanya sebatas sebagai kegiatan berjualan saja. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang masih “salah kapra” dengan menganggap aktivitas bisnis hanya sebagai kegiatan berjualan saja. Padahal, sebenarnya di dalam bisnis, setiap pelaku usaha dituntut untuk tidak hanya dapat berjualan, namun juga memahami target pasar yang ingin dituju, beserta dengan apakah produk yang akan dijual sudah sesuai dengan profil dari target pasar atau belum. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa makna dari bisnis tidak saja hanya berbicara perihal bagaimana perusahaan mampu menjual suatu produk, melainkan berbicara seputar bagaimana perusahaan mampu menjual produk tersebut kepada target pasar yang sesuai guna memperoleh pendapatan sebesar-besarnya.
Selanjutnya, pak Nicholas melanjutkan pemaparan seputar business model canvas, beserta dengan berbagai hal yang harus disiapkan oleh perusahaan guna memastikan agar aktivitas bisnis dapat dieksekusi dan dikelola dengan baik. Business model canvas dapat dipahami sebagai sebuah map yang berisikan berbagai hal ataupun komponen yang harus dianalisa secara mendalam oleh perusahaan sebelum suatu bisnis dapat dijalankan. Adapun beberapa komponen yang harus disiapkan ini diantaranya adalah perihal produk apa yang ingin dijual, siapa target pasar yang ingin dituju, apa sajakah sumber penghasilan bagi bisnis perusahaan, biaya-biaya apa saja yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan, bagaimana cara perusahaan mendistribusikan ataupun menjual produknya kepada target pasar, serta apa keunikan dari produk yang dijual di pasar dibandingkan dengan produk serupa yang sudah terlebih dahulu dijual oleh kompetitor. Adapun beberapa hal diatas penting untuk dapat dianalisa dan disiapkan guna memastikan agar perusahaan dapat bersaing secara efektif dengan para kompetitornya. Adapun setelah sesi pemaparna materi berakhir, dilangsungkan sesi tanya jawab (Q&A) dengan para siswa/i kelas 10, 11 dan 12 SMA Bunda Mulia Jakarta Barat.