Dalam era yang serba cepat sebagai akibat penggunaan sosial media yang masif seringkali membuat sebuah bisnis tidak dirancang dengan baik dan hanya mengikuti tren yang ada. Dengan kata lain bisnis tidak memiliki perencanaan yang baik dan hanya dibangun atas dasar fenomena Fear Of Missing Out (FOMO). Sebagai akibatnya bisnis tidak dapat berkelanjutan dan bahkan tidak jarang hanya berumur pendek. Oleh karena itu guna dapat membangun sebuah bisnis dengan perencanaan yang baik maka pada kesempatan kali ini program studi manajemen yang diwakilkan oleh Budi Christanto, SE., MM. telah memberikan pelatihan dengan topik “Create Your Own Business in Marketing Perspective (4P Marketing Mix)” dengan bantuan Nadia Elysia (12210238) selaku mahasiswa aktif Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong. Topik yang dibawakan pada abdimas kali ini sejalan dengan Mata Kuliah Manajemen Pemasaran (MND01).
Kegiatan abdimas kali ini diberikan kepada 24 siswa SMA Santo Leo 2 pada tanggal 8 September 2023 pukul 09:30 – 11:30 di ruang kelas Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong. Metode pelaksanaan yang digunakan pada Abdimas kesempatan ini adalah metode pemaparan materi mengenai marketing mix (4P) yang bisa juga menjadi landasan untuk memulai menciptakan sebuah bisnis. Setelah itu masing-masing siswa diberikan waktu untuk menciptakan bisnis mereka sendiri menggunakan landasan teori dari marketing mix (4P) tersebut. Setelah menciptakan bisnis mereka sendiri, narasumber pun memanggil empat orang peserta untuk mempresentasikan hasil business plan yang sudah mereka buat.
Secara keseluruhan abdimas kali ini berjalan dengan sangat lancar dan bisa memberikan dampak baik bagi setiap siswa-siswi untuk membantu siswa-siswi memahami cara untuk mulai membangun sebuah bisnis dari sudut pandang marketing. Selain itu juga pemahaman marketing mix sedari dini bisa membantu untuk menjadi bekal pemahaman bagi setiap peserta yang ingin masuk ke jenjang studi Manajemen.