Dalam era globalisasi ini, peran universitas dan institusi pendidikan tidak lagi terbatas pada penyediaan pengetahuan akademis semata. Sebaliknya, keterlibatan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi sebuah tanggung jawab yang makin penting. Salah satu bentuk pengabdian yang menonjol adalah fokus pada penciptaan model bisnis yang berkelanjutan dan inovatif.
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertemakan business model creation bersama SMA Budi Mulia Bogor memiliki tujuan ganda. Pertama, memberikan kontribusi positif pada masyarakat dengan mengembangkan solusi bisnis yang dapat meningkatkan keberlanjutan dan kesejahteraan. Kedua, memberikan pengalaman langsung kepada siswa SMA dari SMA Budi Mulia Bogor untuk terlibat secara aktif dalam proses perancangan dan implementasi model bisnis yang relevan. Kegiatan Abdimas kali ini diwakilkan oleh Budi Christanto, SE., MM. yang telah memberikan pelatihan dengan topik “Business Model Creation” dengan bantuan Joenathan Leonardo Ghozali selaku mahasiswa aktif Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong. Topik yang dibawakan pada abdimas kali ini sejalan dengan Mata Kuliah Manajemen Pemasaran (MND01).
Kegiatan abdimas kali ini diberikan kepada lebih dari 100 siswa SMA Budi Mulia Bogor pada tanggal 6 Oktober 2023 pukul 13:15– 14:15 di ruang aula SMA Budi Mulia Bogor. Metode pelaksanaan yang digunakan pada Abdimas kesempatan ini adalah metode Kuliah dimana narasumber pembicara memberikan menjelaskan materi mengenai marketing mix (4P) yang bisa juga menjadi landasan untuk memulai menciptakan sebuah bisnis. Setelah itu masing-masing siswa diberikan waktu untuk menciptakan bisnis mereka sendiri menggunakan landasan teori dari marketing mix (4P) tersebut. Setelah menciptakan bisnis mereka sendiri, dosen pun memanggil beberapa siswa untuk mempresentasikan hasil business plan yang sudah mereka buat.
Secara keseluruhan abdimas kali ini berjalan dengan sangat lancar dan bisa memberikan dampak baik bagi setiap siswa-siswi untuk membantu siswa-siswi memahami cara untuk mulai membangun sebuah bisnis dari sudut pandang marketing. Selain itu juga pemahaman marketing mix sedari dini bisa membantu untuk menjadi bekal pemahaman bagi siswa-siswi yang ingin masuk ke Program Studi Manajemen.