Setelah 2 Tahun Digelar Secara Online, IMPACT Berhasil Digelar Secara Onsite Dengan Inovasi Baru
Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia beserta Excellent Community of Management (XCM) kembali berhasil membawa IMPACT dalam masa transisi ini setelah 2 tahun digelar secara online. Seperti yang kita ketahui bahwa IMPACT atau Inspiration for Management Planning and Action merupakan kegiatan rutin tahunan dan di tahun 2023 ini memasuki tahun ke-4. Terdapat perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, IMPACT kini hadir dengan 3 rangkaian acara yaitu International Business Case Analysis Competition & Creative Content Marketing Competition yang merupakan kompetisi antar mahasiswa yang berskala Internasional dan juga International Seminar yang diadakan secara hybrid. Baik kompetisi dan seminar yang diadakan berlangsung secara internasional yang diikuti oleh antusiasme tinggi para Mahasiswa/I baik dari internal maupun eksternal untuk mengikuti IMPACT 2023.
Di Indonesia sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial sebagai channel untuk memasarkan produknya, tetapi belum bisa memanfaatkannya dengan optimal melalui pembuatan konten yang menarik, padahal content marketing merupakan salah satu poin penting untuk mempertahankan, meningkatkan bisnis serta mengenalkan produk. Hampir semua industri saat ini sudah mulai masuk ke ranah digital yang pastinya memerlukan berbagai penyesuaian dari sistem konvensional. Berdasarkan penyesuaian ini, disini IMPACT ingin mengajak para pebisnis dan kita semua tidak hanya menjual produk tetapi juga harus bisa ‘menjual konten’ yang visualisasinya dibuat eye catching, unik, dan informatif. Oleh karena itu, IMPACT 2023 hadir dengan tema “Create Creative Content Marketing through Digital Platforms”.
International Business Case Analysis Competition
Dengan tema “Creative Content Marketing Through Digital Platforms”, kompetisi ini berhasil dilaksanakan dari tanggal 15 Desember 2022 (pendaftaran) hingga penentuan pemenang pada tanggal 1 Maret 2023 (Final). IMPACT berhasil menggandeng 136 tim dari 18 universitas berbeda yang tersebar di seluruh Negeri. Dari 136 tim yang sudah mendaftar, selanjutnya diadakan seleksi tahap pertama dan didapatkan 12 tim yang lolos dalam babak Final. Pada babak Final ini, ke-12 tim yang lolos diminta untuk melakukan presentasi di hadapan para juri secara daring.
Penilaian presentasi dan tanya jawab dilakukan oleh Bapak Dennis Kumara selaku Head of Business & Co-Founder & Chief Customer Officer Aronaw, Bapak Rendy Alfuadi selaku Akademisi dan Co-Founder of Healthpro.id, dan Bapak Stephen Lim selaku Client Solution Manager at dentsu Indonesia & Co-Founder of Artbycode.id. Yang pada akhirnya menghasilkan 3 pemenang utama dan 1 pemenang favorit.
Creative Content Marketing Competition
Pada kompetisi ini berhasil dilaksanakan dari tanggal 15 Desember 2022 (pendaftaran) hingga penentuan pemenang pada tanggal 1 Maret 2023 (Final). IMPACT berhasil menggandeng 36 individu yang mendaftar dalam kompetisi ini. Dari 36 individu yang sudah mendaftar, selanjutnya diadakan pemeriksaan likes & views konten untuk mencari pemenang dari kompetisi ini.
Penilaian konten dilakukan oleh Bapak Ongky Alex Sander, S.E., MM. selaku ketua panitia dosen kompetisi. Yang pada akhirnya menghasilkan Juara umum, Juara favorit by Views and Likes, dan Juara Favorit by Whitelab
Harapannya, para mahasiswa tidak patah semangat dalam mengimplementasikan bagaimana cara memasarkan sebuah konten digital yang kreatif melalui platform yang telah disediakan.
International Seminar “Creative Content Marketing Through Digital Platforms”
Seminar bertaraf Internasional ini dilaksanakan secara hybrid dimana peserta dapat hadir secara onsite dan secara online, dimana dihadiri oleh kurang lebih 320 peserta onsite dan 230 online (melalui Zoom Meeting) yang terdiri dari peserta internal yaitu Universitas Bunda Mulia baik kampus Ancol maupun kampus Serpong, beberapa Universitas ternama, diantaranya Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Pertamina, Universitas Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Telkom university, Universitas Padjadjaran, Universitas Telkom , Universitas Trisakti, Universitas Udayana, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Institut Desain dan Bisnis Bali, Universitas Gadjah Mada, Universitas Kristen Petra, Institut Teknologi Bandung, Univesitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Tarumanagara serta beberapa peserta yang berasal dari luar negeri, yaitu Universiti Malaya dari Malaysia dan Victoria of Wellington, New Zealand.
Seminar ini diawali dengan penampilan UKM Biefindc, kemudian dilanjutkan dengan MC meminta Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, M.B.A., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia dan Ibu Oktafalia Marisa Muzammil, SE., MM. selaku Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia untuk melakukan kata sambutan. Lalu dipandu oleh Bapak Ferdinandus Winandy Soesilo, SE., MA selaku moderator dan dosen Program Studi Manajemen. Tentunya IMPACT tahun ini tidak kalah dari IMPACT pada tahun-tahun sebelumnya karena menghadirkan narasumber dari luar negeri dan selebgram Indonesia yang sangat berkompeten yaitu Nicholas Sanders selaku Marketing Lecturer at University of Westminster and Owner of Collective memory Agency, Farhan Firdaus selaku Corporate Starup Innovation NTU Tech and Innovation Scholar dan Agustinus Michel atau biasa dikenal dengan Paksugus selaku Co-Founder of Creative Capital Jakarta serta Selebgram Indonesia.
Pemaparan materi dari narasumber sangat bermanfaat untuk diaplikasikan atau diterapkan oleh para pebisnis atau penggiat marketing yang dapat membantu bisnisnya untuk berkembang dengan konten-konten yang menarik. Seminar ini membahas mengenai strategi bagaimana melakukan pemasaran dengan menampilkan konten yang menarik agar dapat membuat orang-orang tertarik terhadap produk kita dengan visualisasi yang eye catching.
Selanjutnya ada solo performence dari Nico Gea yaitu salah satu mahasiswa Manajemen dari Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol dengan suara merdunya yang membawakan dua buah lagu. Kemudian momen yang paling ditunggu-tunggu dalam Seminar IMPACT 2023 ini adalah pengumuman pemenang International Business Case Analysis Competition dengan 3 pemenang utama dan 1 pemenang favorit, antara lain Juara 1 dimenangkan oleh tim Last Mission dari Universitas Bunda Mulia, Juara 2 adalah tim DMY dari Universitas Indonesia, Juara 3 adalah tim Titans dari Institut Teknologi Bandung, dan Juara Favorit adalah tim Fantastic Two Team dari Universitas Indonesia.
Selain itu, Seminar IMPACT 2023 pun menghadirkan pengumuman pemenang Creative Content Marketing Competition dengan 1 pemenang utama dan 2 pemenang favorit, antara lain Juara umum dimenangkan oleh Felicia Gabriella dari Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol, Juara Favorit by Views and Likes dimenangkan oleh Gracela Miracle dari Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol dengan total likes 842 dan viewers 14.900, Juara Favorit by Whitelab dimenangkan oleh Yohanna Putri Prayoga dari Universitas Bunda Mulia, Kampus Serpong.
Seminar ini dapat terlaksana dengan baik juga berkat sponsor dan media partner yang bersedia untuk bekerjasama menyukseskan acara IMPACT 2023 yaitu Whitelab, Kopi ABC, Everwhite dan juga Kuaci Rebo. Keempat sponsor ini juga menyiapkan hadiah yang sangat menarik berupa produk kepada seluruh partisipan, pemenang lomba, penanya terbaik dan pemenang doorprize.
Demikianlah rangkaian acara IMPACT 2023 Creative Content Marketing Through Digital Platforms! Dengan diadakannya IMPACT, kiranya kegiatan ini dapat bermanfaat sesuai dengan namanya “IMPACT” yaitu memberikan dampak dengan memberikan inspirasi kepada para peserta. Sekian and See You in IMPACT 2024!