Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen atau yang lebih dikenal dengan sebutan Excellent Community of Management (XCM), Universitas Bunda Mulia, pada hari Jumat tanggal 21 April 2017 menghadiri undangan dari Metro TV, yang mana undangan tersebut dihadiri oleh 200 mahasiswa/i dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta serta tamu undangan dari Astra International. Acara ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Astra International yang ke 60 tahun dan penerbitan sebuah buku yang berjudul Astra on Becoming Pride of the Nation, dengan diselenggarakannya acara Bedah Buku dengan tema “Menggali Makna 60 Tahun Astra”. Acara ini pun akan tayang di saluran Metro TV pada tanggal 29 April 2017, pukul 20.30 WB.
Dalam acara ini Metro TV menghadirkan 3 narasumber yaitu Bapak Dedi Tedja Gumara, Bapak Fauzi Ichsan (selaku Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan) dan Ibu Tira Ardianti (selaku Head of Investor Relations at PT Astra International Tbk) , serta di pandu oleh Host Metro TV yaitu Zylvia Iskandar, juga menghadirkan penyanyi Lea Simanjuntak sebagai pengisi acara. Adapun topik utama dalam acara ini adalah Strategi PPP (Portfolio Business, People, and Public Contribution) roadmap yang dibuat oleh Astra International.
Berdasarkan penjelasan dari Bapak Dedi, yang membuat perusahaan bisa bertahan selama puluhan tahun adalah paradigma yang benar, nilai-nilai yang dipercayai perusahaan, realisasi, dan kepemimpinan. Kemudian menurut bapak Fauzi adalah reputasi produk dan service, reputasi pasar, serta culture yang di bangun perusahaan. Sedangkan menurut ibu Tira yang menjadikan perusahaan dapat bertahan hingga puluhan tahun adalah budaya merupakan suatu identitas perusahaan hingga membuat perusahaan dapat berkembang hingga menjadi suskses.
Untuk P yang pertama yaitu s, Portfolio Busines Astra pernah mengalami krisis juga pada tahun 1998. Namun Astra mampu melewati krisis tersebut dengan segala daya upaya perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan Astra adalah terbuka dan mengkomunikasikan kepada seluruh Creditor bahwa Astra tetap berkomitmen untuk membayar kewajibannya. Selain itu, Astra juga tetap menjaga kualitas produknya saat biaya produksi mulai meningkat, yaitu dengan cara mengurangi kuantitas produksi dan mengurangi produksi produk yang kurang diminati pasar.
P yang kedua adalah People, dimana Astra merupakan salah satu perusahaan yang sangat mendukung karyawannya untuk berinovasi, memberikan kesempatan karyawan untuk melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahannya, serta mempertanggungjawabkan gagasannya.
Sedangkan P yang ketiga adalah Public Contribution, kontribusi publik akan sangat membantu kelancaran sistem operasional sebuah perusahaan. PT Astra International Tbk, merupakan salah satu perusahaan yang senantiasa menjaga hubungan baik dengan publik, dan sesuai dengan motto nya yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”. Oleh karena itu, salah satu tujuan jangka panjang didirikannya PT Astra International Tbk adalah untuk ikut serta dalam menyejahterakan bangsa Indonesia.
Banyak CEO muda yang tertarik untuk mempelajari buku yang diterbitkan oleh PT Astra International, misalnya Billy Boen (Entrepreneur muda Indonesia), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Nadiem Makarim (CEO Gojek), dan lainnya. Menurut mereka, dalam buku ini tidak hanya membahas sebatas teori saja melainkan membahas apa saja yang telah dilakukan oleh Astra selama 60 tahun ini dan bagaimana strategi Astra hingga mampu bertahan selama puluhan tahun. Sebagai CEO muda, mereka mendapat banyak pengetahuan dari buku ini.