Peningkatan publikasi mahasiswa Prodi Magister Ilmu Komunikasi UBM terus dilakukan. Salah mahasiswa yang berhasil lulus publikasi yaitu atas nama Indrawan Makmun dengan judul publikasi Tesis “POLA KOMUNIKASI VISUAL LEMBAGA PEMERINTAH DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID 19: KAJIAN ARKETIPE DAN KEPRIBADIAN MEREK”. Tesis ini berhasil dipublikasikan pada Jurnal terakreditasi SINTA 2 Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia dari Universitas Dian Nuswantoro. Adapun Abstrak dari penelitian ini yaitu :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian merek Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melalui akun media sosial Instagram dengan menggunakan perspektif Semiotika Multimodal dan menghubungkannya dengan arketipe merek untuk menentukan level The Caregiver lembaga tersebut. Dalam penelitian ini, dilakukan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis pola komunikasi Kemenkes RI terkait COVID 19 melalui media sosial Instagram. Teknik analisis data yang digunakan adalah semiotika multimodal dan pendekatan metafungsi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kemenkes RI memiliki karakteristik The Caregiver level tiga: altruisme, yang menunjukkan kepedulian terhadap dunia yang lebih besar dan memprioritaskan kepentingan masyarakat Indonesia. Tema-tema seperti mengayomi dan melindungi muncul dalam analisis semiotika multimodal. Selain itu, Kemenkes RI juga menggunakan storytelling dengan pendekatan visual seperti komik untuk mengurangi ketakutan dan kebingungan pada masyarakat.
Kata kunci : Arketipe Merek, Covid 19, Kemenkes, Keperibadian Merek, Pola Komunikasi, Semiotika Multimodal
(Naskah tersebut juga dapat didownload pada link : http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/7489/3709 )
Beberapa mahasiswa lainnya juga masih proses publikasi dan menunggu terbit dibeberapa jurnal.
Putri R.