Program Studi : Manajemen
Jenjang Program : Strata Satu (S-1)
Gelar Lulusan : Sarjana Ekonomi (SE)
DEFINISI PROGRAM STUDI
Program Studi Manajemen adalah suatu kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu manajemen yang merupakan ilmu tentang proses bagaimana tujuan suatu organisasi dicapai melalui pengintegrasian aktivitas manusia secara efektif. Lingkup manajemen mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.
KOMPETENSI LULUSAN MANAJEMEN
Program studi Manajemen Universitas Bunda Mulia menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam bidang Creative Management dengan enam peminatan yaitu financial management, human resource management, dan general management serta School of Marketing dan School of Retail yang dijelaskan pada bagian terpisah. ( lihat bagian School of Marketing dan School of Retail ). Kompetensi financial management, human resource management, dan general management dijabarkan sebagai berikut :
- Mampu bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional, dan etika yang baik.
- Mampu merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
- Mampu mengumpulkan, menyajikan, mengolah dan melakukan analisis untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan permasalahan bisnis dan manajemen dengan menggunakan dasar dan konsep ilmu manajemen.
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan di bidang manajemen dan bisnis yang dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
PEMINATAN:
- Mampu dan terampil mengolah, menganalisis kondisi keuangan serta menyajikan laporan keuangan yang mendukung untuk digunakan dalam pengambilan keputusan keuangan. (Financial Management)
- Mampu dan terampil mengelola sumber daya manusia yang merupakan salah satu aset perusahaan/organisasi. (Human Resource Management)
- Mampu dan terampil menganalisis kondisi manajemen dan bisnis untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan permasalahan dan pengembangan manajemen dan bisnis serta mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen. (General Management)
KOMPETENSI LULUSAN SCHOOL OF MARKETING
Program studi School of Marketing Universitas Bunda Mulia menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama sesuai dengan kompetensi lulusan program studi Manajemen dan kompetensi pemasaran yang terdiri dari manajemen pemasaran dan digital marketing yang dijabarkan sebagai berikut :
- Mampu bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional, dan etika yang baik.
- Mampu merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
- Mampu mengumpulkan, menyajikan, mengolah dan melakukan analisis untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan permasalahan bisnis dan manajemen dengan menggunakan dasar dan konsep ilmu manajemen.
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan di bidang manajemen dan bisnis yang dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Mampu merancang dan merencanaan pemasaran berdasarkan penguasaan produk, pelanggan, pesaing dan peluang bisnis melalui formulasi strategi pemasaran menggunakan teknologi informasi.
- Marketing Management
- Mampu menciptakan peluang bisnis melalui strategi dalam pembuatan merek dan proses pengembangan produk.
- Mampu mengevaluasi berbagai strategi dalam menentukan harga, promosi, komunikasi dan saluran distribusi yang efektif.
KOMPETENSI SCHOOL OF RETAIL
Program studi School of Retail Universitas Bunda Mulia menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama sesuai dengan kompetensi lulusan program studi Manajemen dan kompetensi manajemen ritel yang dijabarkan sebagfai berikut :
- Mampu bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional, dan etika yang baik.
- Mampu merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
- Mampu mengumpulkan, menyajikan, mengolah dan melakukan analisis untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan permasalahan bisnis dan manajemen dengan menggunakan dasar dan konsep ilmu manajemen.
- Mampu melakukan penelitian dan pengembangan di bidang manajemen dan bisnis yang dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Mampu menganalisis dan merancang strategi manajemen ritel perusahaan, yang meliputi pemilihan lokasi, perencanaan tata-letak, pengadaan barang, layanan, pemasaran, supply chain, keuangan ritel, waralaba, dan strategi manajemen ritel.
- Mampu mengelola dan mengevaluasi manajemen retail, yang meliputi pemilihan lokasi, perencanaan tata-letak, pengadaan barang, layanan, pemasaran, supply chain, keuangan ritel, waralaba, dan strategi manajemen ritel.