Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Kamis, 28 September 2017
Ernie Riswandari – Vice Chief Editor Jurnal Akuntansi Bisnis

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Jurnal Akuntansi Bisnis (JAB) adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari professional di bidang akuntansi untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Jurnal akuntansi bisnis diterbitkan secara berkala 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Februari  dan Agustus.

Jurnal akuntansi Bisnis menerima tulisan dalam bentuk riset kuantitatif maupun kualitatif di bidang :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pasar Modal

Tulisan yang dikirimkan adalah tulisan orisinal yang belum pernah dipublikasikan di media lain dan menggunakan pustaka acuan mutakhir, proporsi terbitan 10 tahun terakhir.

Ketentuan mengunggah artikel:

  1. Artikel yang dikirimkan harus sudah mengikuti format Panduan Penulisan Artikel Jurnal Akuntansi Bisnis (File Panduan Penulisan Artikel JAB terlampir), tanpa perlu menyertakan identitas penulis di dalam artikel dikarenakan artikel tersebut akan melalui proses blind review oleh reviewer dalam bentuk file Ms Word.
  2. Artikel  diunggah  ke portal Jurnal Akuntansi Bisnis melalui link http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis
  3. Bagi penulis yang baru pertama kali memasukan artikel di JAB terlebih dahulu daftarkan nama dan identitas penulis (ikuti petunjuk di http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/user/register)

Selamat menulis kami tunggu artikelnya !..

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

RAPAT DOSEN SEMESTER GENAP TA 2019/2020 (07/01/2020)

Selasa, 7 Januari 2020

Yosep Basilius Fangohoi – Program Studi Akuntansi

WhatsApp Image 2020-01-09 at 16.43.40 (2)

 

WhatsApp Image 2020-01-09 at 16.43.40 (1)

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol - Tahun Akademik Genap 2019/2020 resmi dibuka dengan diadakannya Rapat Dosen yang telah diselenggarakan pada hari Selasa, 7 Januari 2020, dimana Universitas Bunda Mulia secara rutin mengadakan Rapat Dosen di setiap awal semester. Semua dosen baik dosen tetap maupun dosen luar biasa (LB) wajib untuk mengikuti rapat ini. Selain dosen, rapat ini juga dihadiri oleh pimpinan mulai dari Wakil Rektor hingga Ketua Program Studi.

Kegiatan rapat ini diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ibu Henny Hartono, S.Kom., M.M kemudian dilanjutkan pembacaan visi dan misi universitas serta sambutan pembukaan rapat yang dipandu oleh Dr. Drs. Sugeng Wahyudi, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dan kemudian dilanjutkan pembacaan kinerja setiap prodi baik yang berhasil dicapai maupun yang belum tercapai diantaranya seperti kuliah pengganti, keterisian kelas, Indeks Mengajar Dosen, ketepatan waktu dalam melakukan submit nilai dan indikator lainnya oleh Ibu Rina Nur Chasana, SE., MM selaku Wakil Rektor Bidang Operasional.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan diadakannya rapat untuk setiap program studi guna untuk menyampaikan tujuan dan target yang hendak dicapai di semester yang akan datang. Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Program Studi Akuntansi yaitu Ibu Devica Pratiwi, SE., M.Ak.

Dalam rapat kali ini, beliau menghimbau agar setiap dosen tetap terus berkomitmen untuk memberikan pengajaran yang terbaik bagi seluruh mahasiswa sehingga hal-hal seperti keterlambatan dan kekosongan kelas tidak dilakukan oleh setiap dosen. Para dosen juga dihimbau untuk mulai mencari topik penelitian untuk diajukan ke P3M dalam rangka penelitian dosen. Dalam rapat kali ini juga disampaikan oleh Ibu Devica terkait dengan migrasi sistem perkuliahan yang berbasis manual ke online. Pembaharuan ini dilakukan terhadap dokumen Satuan Pembelajaran Semester (SAP) menjadi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis online.

Segala kegiatan ini, bertujuan untuk mempererat kerjasama antar dosen yang berada di Universitas Bunda Mulia untuk terus bersatu dan tetap fokus.

Go Biemers!

Diskusi Awal Tahun 2020, Prodi Akuntansi (07/01/20)

Yosep Basilius Fangohoi – Program Studi Akuntansi

Selasa, 7 Januari 2020

WhatsApp Image 2020-01-07 at 11.45.56

Universitas Bunda Mulia – Koordinasi dalam sebuah organisasi sangat diperlukan dalam menjaga hubungan setiap anggotanya. Salah satu bentuk koordinasi berupa diskusi juga rutin dilakukan oleh Prodi Akuntansi dalam menjaga komunikasi antara Bapak dan Ibu Dosen Program Studi. Diskusi yang dilaksanakan di Ruang Pascasarjana lantai 2, UBM – Kampus Ancol ini dipimpin oleh Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA  serta dihadiri oleh Dosen Tetap Prodi Akuntansi baik di Kampus Ancol maupun Kampus Serpong.

Diskusi dimulai tepat pada pukul 09.00 WIB dengan pemaparan oleh Bapak Temy mengenai mekanisme perkuliahan dan pembahasan RPS (Rencana Pembelajaran Semester) dari mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen dan Akuntansi Manajemen dalam rangka migrasi ke sistem dokumentasi perkuliahan yang berbasis online, yang dikembangkan oleh UBM dan mulai diberlakukan efektif pada perkuliahan Ganjil tahun 2020/2021.

Pelaksanaan diskusi diakui sangat menguras tenaga dan pikiran karena Bapak dan Ibu Dosen yang hadir saling memberikan pendapat terkait dengan pembenahan atas proses belajar mengajar yang efektif diterapkan di Prodi Akuntansi. Untuk itu, diskusi diakhiri dengan acara makan bersama agar dapat mengembalikan energi yang digunakan selama proses diskusi berlangsung. Acara makan bersama juga dilaksanakan sekaligus untuk merayakan ulang tahun salah satu rekan Dosen yaitu Bapak Yosep Basilius Fangohoi, SE.

Kegiatan diskusi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Januari 2019 tersebut diakhiri dengan foto bersama para Dosen Prodi Akuntansi. Diharapkan agar diskusi rutin ini dapat menjadi wadah informatif dalam hal bertukar pikiran, serta sarana dalam mempererat kekompakan Dosen Prodi Akuntansi.

Go Biemers !

 

WhatsApp Image 2020-01-07 at 11.45.56

WhatsApp Image 2020-01-07 at 11.45.58

WhatsApp Image 2020-01-09 at 16.43.38 (1)

WhatsApp Image 2020-01-07 at 11.47.39

Keseruan PKM di SMK Dhammasavana Jakarta (06/01/20)

SMK Dhammasavana, Jakarta – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMK Dhammasavana, Jakarta pada hari Senin, 6 Januari 2020. Kegiatan ini melibatkan 4 dosen yaitu, Bapak Wendy Salim Sapuitra, S.E., M.Ak., Bapak Piter Nainggolan, S.E., Ak., M.M., Bapak Budi Kurniawan, S.E., MA., M.Ak., CMA., dan Bapak Herry Cornelius Hutabarat, S.H, S.E., M.Si., Ak. Saat tiba di SMK Dhammasavana, tim dosen disambut hangat oleh Kepala SMK Dhammasavana,  Bapak Suwarno, S.E., M.M. Kemudian dilanjutkan menuju ruangan tempat PKM dilaksanakan. Peserta pada PKM kali ini ialah siswa/siswi kelas XII SMK Dhammasavana yang berjumlah 29 orang. Tema yang diangkat yaitu mengenai “Penyusunan Laporan Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan Komprehensif” Acara dimulai pukul 08:30 dengan melakukan perkenalan terlebih dahulu oleh tim dosen kepada para peserta, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai profesi akuntansi dan perkembangan profesi akuntansi yang dibawakan oleh Bapak Wendy Salim Saputra, S.E., M.Ak. Materi selanjutnya adalah penyelesaian siklus akuntansi komprehensif yang di bawakan oleh Bapak Budi Kurniawan, S.E., MA., M.Ak., CMA dan dibantu oleh Bapak Piter Nainggolan ,S.E., Ak., M.M. Tidak kalah menarik penjelasan mengenai cara menganalisis laporan keuangan melalui rasio-rasio yang disampaikan oleh Bapak Herry Cornelius Hutabarat, S.H, S.E., M.Si., Ak. Pelaksanaan kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi SMK Dhammasavana, diskusi berjalan aktif dan dimeriahkan dengan mini quiz/games berhadiah. Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah dan plakat oleh Bapak Budi Kurniawan, S.E., MA., M.Ak., CMA kepada SMK Dhammasavana yang diwakili oleh Bapak Suwarno, S.E., M.M. selaku Kepala Sekolah serta diakhiri dengan foto bersama. Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa tambahan pengetahuan baik secara softskill maupun hardskill bagi siswa-siswi serta memberikan pembekalan awal dalam menghadapi dunia industri selain itu juga dapat merasakan pengalaman mengikuti materi yang dipelajari di bangku perkuliahan terkait laporan keuangan.

Go Biemers !!!

 WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.33 (2) WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.32 (1)

WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.35 WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.34 WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.35 (1) WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.33 (1)

WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.34 (2)

WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.36 (1) WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.32

WhatsApp Image 2020-01-08 at 11.26.33

Pengabdian Kepada Masyarakat “Analisis Laporan Keuangan dan Keputusan Investasi atas Bisnis Start Up” (06/12/19)

Present Temy

SMA Kemurnian, Jakarta – Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di SMA Kemurnian, Jakarta pada hari Jumat, 6 Desember 2019. Kegiatan ini melibatkan 3 dosen yaitu, Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak CA., Ibu Kurniawati, SE., M.Ak., dan Ibu Ernie Riswandari, S.E. M.Si.

Saat tiba di SMA Kemurnian, tim dosen disambut hangat oleh Kepala SMA Kemurnian, Ibu Dra. Nurhayati Rasjid. Kemudian dilanjutkan menuju ruangan tempat PKM dilaksanakan. Peserta pada PKM kali ini ialah siswa/siswi kelas XII SMA Kemurnian yang berjumlah 15 orang. Tema yang diangkat yaitu mengenai “Analisis Laporan Keuangan dan Keputusan Investasi atas Bisnis Start Up”

Acara dimulai pukul 08:00 dengan melakukan perkenalan dari tim dosen dan para peserta yang dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Capital Budgeting yang dibawakan oleh Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak CA. Beliau menjelaskan mengenai bagaimana cara memutuskan melakukan investasi dengan melihat payback period dan keuntungannya.

Tidak kalah menarik penjelasan mengenai cara menganalisis laporan keuangan melalui rasio-rasio yang disampaikan oleh Ibu Kurniawati, SE., M.Ak dibantu oleh Ibu Ernie Riswandari, S.E. M.Si., pada sesi ini, peserta dibentuk kelompok untuk mengerjakan study case mengenai analisis laporan keuangan suatu perusahaan dan memaparkan hasil dari analisisnya.

Pelaksanaan kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi SMA Kemurnian, diskusi berjalan aktif dan dimeriahkan dengan mini quiz/games berhadiah. Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah dan foto bersama serta pemberian plakat kepada SMA Kemurnian yang diwakili oleh Ibu Dra. Nurhayati Rasjid selaku Kepala Sekolah dan Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak CA.

Terlaksananya kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat berupa tambahan pengetahuan baik secara softskill maupun hardskill bagi siswa-siswi serta memberikan pembekalan awal dalam menjalankan kegiatan belajar, selain itu juga dapat merasakan pengalaman mengikuti materi yang ada di bangku perkuliahan terkait laporan keuangan dan investasi.

Go Biemers …!!!

 

IMG_20191206_092850-min IMG_20191206_093436-min IMG_20191206_093450-min IMG_20191206_093457-min IMG_20191206_101451-min Present TemyWhatsApp Image 2019-12-11 at 15.18.18 WhatsApp Image 2019-12-11 at 15.18.17Penyerahan Plakat

Pelaksanaan Tentier Ganjil 19/20 (05/12/19)

Kamis, 05 Desember 2019

1575594913004

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi mengadakan kegiatan Tentier yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar mata kuliah tertentu. Adapun mata kuliah yang kami ajarkan adalah Ekonomi Mikro untuk Semester 1 dan Akuntansi Keuangan Menengah I untuk Semester 3. Sehubungan dengan pelaksaan Ujian Akhir Semester (UAS) yang semakin dekat, maka kegiatan Tentier ini  diharapkan dapat membantu dan membimbing para mahasiswa/i yang mengalami kesulitan dalam mata kuliah tersebut agar dapat lebih mengerti dan siap dalam menghadapi UAS guna memperoleh prestasi nilai yang memuaskan.

Pelaksanaan Tentier Ekonomi Mikro yang diadakan pada Kamis, 05 Desember 2019 terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 11.30 – 12.10 yang diajarkan oleh mahasiswa semester 3 yaitu Alfredo Brendis Yuliman. Sesi kedua berlangsung pada pukul 12.30 – 15.10 yang diajarkan oleh mahasiswa semester 3 yaitu Bella Chyntia L. W. yang dihadiri oleh 35 mahasiswa/i akuntansi semester 1.

Pelaksanaan Tentier Akuntansi Keuangan Menengah I yang diadakan pada Selasa, 03 Desember 2019 terdiri dari 2 sesi. Sesi pertama dan kedua berlangsung pada pukul 07.30 – 09.10 dan 09.30 – 11.10 yang diajarkan oleh mahasiswa semester 5 yaitu Bryan Alexander yang dihadiri oleh 14 mahasiswa/i akuntansi semester 3.

Adapun selama kegiatan tersebut berlangsung, para mahasiswa mengikuti dengan tertib dan belajar dengan bersungguh-sungguh. Materi yang diajarkan oleh pengajar dapat diikuti dengan baik oleh para mahasiswa. Ada kalanya ketika para mahasiswa kurang paham mengenai materi tertentu, mereka aktif bertanya kepada para pengajar.

Semoga berhasil dalam menghadapi UAS dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Go Biemers!

1575595738284

1575594988300 1575594983667 1575594854697 1575594740860 1575594737035

20191203_085313

1575594734757 1575594089270

Kuliah Umum Akuntansi Manajemen dan Keuangan: “E-Intellectual Capital” – Kampus Ancol (05/12/19)

WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.26(1)

Kamis, 5 Desember 2019 - Program Studi Akuntansi menyelenggarakan Kuliah Umum Akuntansi Manajemen dengan mengangkat tema “E-Intellectual Capital. Kuliah umum ini dibawakan oleh Bapak Dr. Meco Sitardja, S.Kom., M.M., M.Ak selaku narasumber dan Bapak Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak., CA selaku moderator.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 17.30 sampai dengan pukul 21.30 di Lantai 2, ruang pascasarjana Universitas Bunda Mulia Kampus Ancol dan diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 7 yang mengambil peminatan Akuntansi Manajemen dengan total peserta yang hadir sebanyak 26 mahasiswa.

Dalam Kuliah Umum tersebut, Narasumber menyampaikan bahwa saat ini bisnis mulai beranjak mengarah pada teknologi dan intellectual capital. Dimana Intellectual Capital terdiri dari human capital, structural capital dan relational capital. Perusahaan saat ini, dituntut agar mampu mengelola ketiga hal tersebut dengan baik guna untuk keberlanjutan perusahaan di masa yang akan datang.

Pada akhir acara, moderator menyimpulkan bahwa lulusan akuntansi saat ini tidak boleh terpaku hanya pada kemampuan teknis akuntansi saja, namun juga penting untuk memiliki kemampuan strategis yang dipelajari dalam pembahasan terkait intellectual capital dan harus mulai dikembangkan sebagai nilai jual perusahaan itu sendiri.

Kuliah umum pun diakhiri dengan penyerahan Token of Appreciation kepada narasumber dan diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat yang berarti bagi mahasiswa bidang peminatan Akuntansi Manajemen yang hadir. Serta diharapkan agar mahasiswa/i yang hadir juga dapat termotivasi untuk memilih Akuntansi Manajemen dan Keuangan sebagai bidang karir-nya nanti setelah menyelesaikan perkuliahan Strata satu (S1).

Go Biemers!

WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.20  WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.22(1) WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.23 WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.24(1) WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.24(2)    WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.25

WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.25(1)WhatsApp Image 2019-12-06 at 16.33.21(1)

Pelaksanaan Ujian Certified Accurate Professional CAP – Kampus Ancol dan Serpong (02/12/19)

WhatsApp Image 2019-10-10 at 15.39.21

Oleh Yosep Basilius Fangohoi

Senin, 2 Desember 2019 – Dalam rangka mempersiapkan lulusan di bidang akuntansi yang kompeten dan siap sebelum terjun ke dunia industri maka Prodi Akuntansi kali ini berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswa/i lewat ujian sertifikasi keahlian komputerisasi akuntansi. Ujian tersebut dilaksanakan untuk memperoleh gelar keahlian Certified Accurate Professional (CAP) dimana berkolaborasi dengan PT Ultima Tekno Solusindo yang merupakan perusahaan mitra penyedia Software Akuntansi Accurate.

Pelaksanaan ujian ini perdana dilakukan secara serentak baik di Kampus Ancol maupun Kampus Serpong dan sekaligus sebagai prasyarat mahasiswa yang ingin mengambil Tugas Akhir. Ujian kali ini dilaksanakan untuk mahasiswa/i semester tiga yang sedang menempuh mata kuliah Lab Komputerisasi Akuntansi namun akan dibuka untuk semua jenjang pada semester Genap 19/20.

Ujian dilaksanakan di hari Senin, 2 Desember 2019 tepatnya dari pukul 08.00 WIB s/d 12.00 WIB untuk peserta ujian shift pagi dan pukul 17.00 WIB s/d 21.00 WIB untuk peserta ujian shift malam. Total mahasiswa yang mengikuti ujian sebanyak 194 peserta dimana di Kampus Ancol sendiri terdiri dari 62 peserta shift pagi dan 50 peserta shift malam. Sedangkan di Kampus Serpong terdiri dari 66 peserta shift pagi dan 16 peserta shift malam.

Di Kampus Ancol, ujian dilaksanakan di Lab Komputer A dan B serta pengawas yang bertugas pada saat ujian berlangsung yaitu Bapak Yosep Basilius Fangohoi, SE yang juga merupakan salah satu Dosen Pengampu Mata Kuliah Lab Komputerisasi Akuntansi. Sedangkan Kampus Serpong melibatkan Ibu Devica Pratiwi, SE., M.Ak selaku Sekprodi Akuntansi Kampus Serpong sebagai pengawas ujian yang dilaksanakan di Lab 1 dan 3 Gedung Kampus UBM Serpong.

Setiap sesi ujian berakhir dengan pengumpulan database hasil ujian ke setiap pengawas untuk dikirimkan ke Tim Penilai Ujian Sertifikasi CAP. Diharapkan dengan diadakannnya ujian ini maka dapat menambah pengetahuan teknis dari setiap mahasiswa/i Prodi Akuntansi UBM agar sejalan dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu “Bridging Education to The Real World”.

Go Biemers !

Suasana Ujian UBM Kampus Ancol

WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.41 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.40 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.40(1) WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.39 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.39(1) WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.38 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.37.37 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.34.10 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.34.09 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.34.09(1) WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.34.08 WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.34.08(1) WhatsApp Image 2019-12-08 at 19.34.07

Suasana Ujian di UBM Kampus Serpong

WhatsApp Image 2019-12-02 at 09.41.14 WhatsApp Image 2019-12-02 at 09.41.04

 

Pajak Bertutur 2019 (25/11/19)

Oleh Yosep Basilius Fangohoi

WhatsApp-Image-2019-11-27-at-2.44.24-PM-2

Senin, 25 Novermber 2019 – Prodi Akuntansi menjadi salah satu tamu institusi yang menghadiri undangan dari Direktorat Jenderal Pajak dalam rangka acara Pajak Bertutur 2019. Pajak Bertutur merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh DJP dalam rangka mengedukasi masyarakat mengenai kesadaran membayar pajak. Pajak Bertutur kali ini, dilaksanakan serentak di Gedung Mar’ie Muhammad Lantai 2 Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak Jl. Jend. Gatot Subroto No. 40-42 Jakarta.

Acara pun dimulai pada pukul 08.00 dengan Sambutan dari Direktur Jenderal Pajak yaitu Bapak Suryo Utomo. Pelaksanaan kegiatan Pajak Bertutur kali ini juga lebih meriah karena bertepatan dengan perayaan Hari Guru Nasional sehingga suasana yang dibangun juga tidak lepas dari penghormatan atas jasa Guru sebagai agen pendidik putra-putri bangsa.

Dalam kegiatan ini juga peserta yang hadir diberikan bebebapa pemahaman mengenai bela negara yang juga terdapat peran pajak dalam mendukung terlaksananya inisiasi bela negara itu sendiri. Pemaparan materi bela negara tersebut diberikan oleh Dr. Sungkono, SE., M.Si yang juga selaku Marsekal Muda TNI. Selain sesi edukatif, pelaksanaan kegiatan Pajak Betutur kali ini juga dimeriahkan dengan sesi pengumuman juara dari beberapa kategori pemenang atas pihak-pihak yang membantu terlaksananya program DJP.

Perwakilan Prodi Akuntansi yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Ibu Dr. Ririn Breliastiti, SE., M.M, selaku Kaprodi Akuntansi UBM dan Bapak Yosep Basilius Fangohoi, SE selaku Asisten Dosen Prodi Akuntansi serta empat mahasiswa/i yang hadir diantaranya Tri Mahathir, Angeline, Jason Kurniawan dan Theresia. Mahasiswa/i yang ikut serta dalam acara ini juga terlibat dalam program Relawan Pajak yang diusung oleh DJP untuk membantu Wajib Pajak Orang Pibadi dalam mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan-nya.

Acara ini ditutup dengan pembacaan puisi oleh Riza Almanfaluthi yang juga merupakan pegawai di instansi DJP dan diiringi petikan gitar yang dimainkan oleh Febri Noviardi selaku pencipta lagu Sadar Pajak.

Go Biemers !

WhatsApp Image 2019-11-25 at 10.59.16

WhatsApp Image 2019-11-25 at 08.45.56(2)

WhatsApp Image 2019-11-25 at 08.46.21

 

 

KULIAH UMUM PROGRAM STUDI AKUNTANSI “TRANSAKSI DAN AKUNTANSI DERIVATIF” – Kampus Serpong (23/11/19)

Sabtu, 23 November 2019

Universitas Bunda Mulia, Kampus serpong – Pada hari Sabtu, 23 November 2019 Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA ACCASIA) mengadakan acara kuliah umum yang bertema tentang “Transaksi Dan Akuntansi Derivatif” di The UBM Lecture Hall Lt.5. Acara ini dihadiri oleh 178 mahasiswa aktif semester 1,semester 3 dan semester 5, para dosen prodi akuntansi, dan juga ibu Dr. Ririn Brealistiti, SE., MM selaku kepala program studi akuntansi. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa dalam perminatan tertentu yang tercantum dalam kurikulum program studi.

Pada pukul 08.00 WIB proses registrasi dimulai. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diawalin dengan pembukaan MC. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Miss Devica Pratiwi, SE., M.Ak. selaku Sekretaris Prodi Akuntansi UBM Kampus Serpong dan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan moderator oleh Miss Veny,S.E.,M.Ak. Perkenalan Narasumber dibacakan oleh Moderator. Setelah itu, Prof. Dr. Etty Murwaningsari,Ak., MM., CA selaku Narasumber diperkenankan untuk maju kedepan panggung untuk menjelaskan materi – materi tentang derivatif dan PSAK 50 & 55 kepada mahasiswa dan para dosen yang hadir diacara kuliah umum ini.

 P1011240 P1011301

Prof.Dr. Etty Murwaningsari, Ak., MM., CA selaku pembicara dan Miss Veny, S.E., M.Akselaku moderator

Antusiasme mahasiswa terlihat dari keseriusannya dalam memperhatikan materi yang disampaikan oleh narasumber. Pada kesempatan kali ini juga diselenggarakan sesi Tanya jawab kepada mahasiswa seputar penjelasan materi – materi narasumber.

 P1011262

Salah satu mahasiswa yang bertanya pada saat sesi Tanya jawab

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada mahasiswa yang sudah bertanya saat sesi tanya jawab dan pemberian Token of Appreciation kepada Narasumber dan Moderator .

P1011296

Pemberiaan token of appreciation kepada narasumber dan moderator

Semua rangkaian kegiatan dalam acara Kuliah Umum ini sudah dilaksanakan dan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dengan semua peserta, para dosen dan Narasumber. Akhir kata kami ucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Etty Murwarningsari, Ak., MM., AC. Selaku Narasumber, Miss Veny, SE., M.Ak. selaku Moderator, Miss Devica Pratiwi, SE. M.Ak., Panitia Kuliah Umum dan Mahasiswa semester 1, semester 3 dan semester 5 yang hadir dalam acara ini atas waktu, tenaga dan kerjasamanya dalam meriahkan acara Kuliah Umum ini.

P1011300

sesi foto bersama antara mahasiswa, narasumber, moderator, dan para dosen prodi akuntansi

 Go Biemers!

 

Kuliah Umum Perpajakan: “International Tax Update” – Kampus Ancol (23/11/19)

Sabtu, 23 November 2019 oleh Yosep Basilius Fangohoi

Perpajakan menjadi aspek penting dalam hal pendanaan setiap program pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Indonesia menjadi negara yang bergantung dari pajak dalam memenuhi setiap kebutuhan publik, sehingga pajak menjadi suatu bidang yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan sekarang ini. Untuk itu Prodi Akuntansi berusaha untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa/i terkait dengan pajak dan kemas dalam bentuk Kuliah Umum Perpajakan.

Kuliah umum perpajakan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 November 2019 dengan tema International Tax Update dengan Dosen Tamu yang sudah memiliki kiprah yang baik di bidang perpajakan. Dosen Tamu yang membawakan kuliah umum ini yaitu Ibu Christine Tjen, SE., Ak., M.Int Tax., CA yang juga merupakan salah satu Dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Ibu Christine sendiri telah berkecimpung di bidang perpajakan internasional sehingga pengalamannya di ranah perpajakan sudah tidak diragukan lagi.

Kuliah umum ini juga tidak lepas dari campur tangan pihak penyelenggara yaitu Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Ak selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Perpajakan Prodi Akuntansi serta bertindak sebagai Moderator Kuliah Umum dalam mengarahkan kuliah umum ini agar dapat terlaksana dengan baik. Terdapat Dosen Pengampu Mata Kuliah Perpajakan lainnya yang juga hadir di kuliah umum perpajakan ini yaitu Bapak Budi Kurniawan, SE., MA., M.Ak, CMA.

Sambutan dan pemaparan singkat atas riwayat hidup dari Ibu Christine oleh moderator pada pukul 13.00 WIB juga sekaligus menjadi tanda dimulainya kuliah umum. Mahasiswa/i yang hadir terlihat memperhatikan dengan begitu seksama materi yang disampaikan oleh Ibu Christine, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan mahasiswa/i yang hadir terkait isu-isu seputar perkembangan perpajakan internasional yang telah disampaikan oleh Ibu Christine sebelumnya.

Kuliah umum diakhiri dengan penyerahan token of appreciation kepada Dosen Tamu sekaligus foto bersama. Esensi dari kuliah umum ini agar mahasiswa/i yang hadir dapat memperoleh informasi mengenai isu-isu terkait perpajakan internasional. Sehingga nantinya dapat membantu mahasiswa/i yang hadir memiliki pengetahuan yang cukup dalam membuat peneliatan skripsi dengan topik perpajakan yang lebih luas dan sesuai dengan perkembangan terkini.

Go Biemers !

WhatsApp Image 2019-11-23 at 16.44.00 WhatsApp Image 2019-11-23 at 16.43.12 WhatsApp Image 2019-11-23 at 16.43.12 (1) WhatsApp Image 2019-11-23 at 16.43.11