Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Kamis, 28 September 2017
Ernie Riswandari – Vice Chief Editor Jurnal Akuntansi Bisnis

Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Jurnal Akuntansi Bisnis (JAB) adalah jurnal Program Studi Akuntansi, yang berisikan kumpulan hasil penelitian para akademisi maupun kontribusi yang bersifat ilmiah dari professional di bidang akuntansi untuk kemajuan dan pengembangan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan dunia industri dan bisnis.

Jurnal akuntansi bisnis diterbitkan secara berkala 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Februari  dan Agustus.

Jurnal akuntansi Bisnis menerima tulisan dalam bentuk riset kuantitatif maupun kualitatif di bidang :

  • Akuntansi Keuangan
  • Akuntansi Manajemen
  • Auditing
  • Perpajakan
  • Sistem Informasi Akuntansi
  • Pasar Modal

Tulisan yang dikirimkan adalah tulisan orisinal yang belum pernah dipublikasikan di media lain dan menggunakan pustaka acuan mutakhir, proporsi terbitan 10 tahun terakhir.

Ketentuan mengunggah artikel:

  1. Artikel yang dikirimkan harus sudah mengikuti format Panduan Penulisan Artikel Jurnal Akuntansi Bisnis (File Panduan Penulisan Artikel JAB terlampir), tanpa perlu menyertakan identitas penulis di dalam artikel dikarenakan artikel tersebut akan melalui proses blind review oleh reviewer dalam bentuk file Ms Word.
  2. Artikel  diunggah  ke portal Jurnal Akuntansi Bisnis melalui link http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis
  3. Bagi penulis yang baru pertama kali memasukan artikel di JAB terlebih dahulu daftarkan nama dan identitas penulis (ikuti petunjuk di http://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/user/register)

Selamat menulis kami tunggu artikelnya !..

Silahkan klik tautan berikut untuk mengunduh Panduan Penulisan Jurnal Akuntansi Bisnis

Sidang Terbuka Promosi Doktor Yohanes Mardinata Rusli (05/08/2019)

Alexander Aronowitz (1)-min

Jakarta – Pada hari Senin, 5 Agustus 2019, Bapak Yohanes Mardinata Rusli, SE, M.Ak, CA yang merupakan salah satu Dosen Tetap Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor Bidang Ekonomi Konsentrasi Akuntansi di Geduang S Lantai 4, Universitas Trisakti, Jl. Kyai Tapa, Grogol, Jakarta Barat. Acara Sidang Terbuka dimulai tepat pada pukul 13.00 WIB dimana acara dibuka dengan pembacaan resume singkat dari Bapak Yohanes Mardinata Rusli dan dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Terbuka Promosi Doktor oleh Ketua Sidang yaitu Prof. Itjang D. Gunawan, M.B.A.

Selanjutnya pada pelaksanaan Sidang Terbuka ini, Bapak Yohanes Mardinata Rusli diberikan kesempatan untuk memaparkan isi disertasinya yang berjudul “Pengaruh Environmental Awareness dan Corporate Carbon Strategies terhadap Green Competitive Advantages dengan Pemoderasi Corporate Carbon Emission Disclosure” selama kurang lebih lima belas menit dengan singkat tanpa mengurangi esensi dari setiap bab disertasi yang ditulis. Setelah pemaparan yang begitu meyakinkan dari Bapak Yohanes Mardinata Rusli, maka berikutnya merupakan sesi tanya-jawab. Satu-persatu anggota penguji memberikan pertanyaan serta saran dan perbaikan atas isi disertasi tersebut.

Sesi tanya jawab berlangung sedikit menegangkan karena menjadi penentu akan hasil kelulusan dari Sidang Terbuka ini. Bapak Yohanes Mardinata Rusli dengan lancar menjawab semua pertanyaan dari tim penguji selama durasi waktu kurang lebih sembilan puluh menit. Setelah itu sidang terbuka ditunda untuk dilakukan rapat tertutup oleh Tim Penguji. Dan pada akhirnya Bapak Yohanes Mardinata Rusli diluluskan sebagai Doktor Bidang Ekonomi Konsentrasi Akuntansi.

Adapun Ketua Promotor dari bapak Yohanes Mardinata Rusli yaitu Prof. Itjang D. Gunawan, M.B.A, dan Dr. Yvonne Augustine, Ak., MM., CMA, CA selaku Co-Promotor 1 serta Dr. Istianingsih S.Ak., CA., CSRS, CSRA, CMA, CBV selaku Co-Promotor 2.

Selamat kepada Dr. Yohanes Mardinata Rusli, SE. M.Ak, CA atas usaha dan juga keberhasilan dalam menempuh Program Pendidikan Doktor di Universitas Trisakti.

Go Biemers!

 

 

Training for Trainers – Accurate Lite (30/07/2019)

 WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.35

Program Studi Akuntansi kembali menyelenggarakan Semiloka Dosen dengan tema “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Akuntansi Accurate Lite berbasis Android”. Tema pelatihan ini diangkat dalam rangka untuk memberikan edukasi kepada para dosen Program Studi Akuntansi dan juga memperbaharui keilmuan-nya dalam mendidik generasi muda bangsa untuk siap terjun di dunia kerja. Pengetahuan ini sangat penting karena mengingat slogan dari Universitas Bunda Mulia yaitu “Bridging Education to The Real World” dimana dosen bertindak sebagai mediator dalam hal menyampaikan pesan yang berisi tuntutan industri atas kompotensi lulusan Universitas Bunda Mulia yang “siap pakai” lewat proses belajar mengajar selama mahasiswa tersebut mengikuti perkuliahan di UBM.

WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.26.09 WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.26.07

Narasumber pada Semiloka ini adalah ibu Venny Lilyana. Beliau merupakan salah satu lulusan Program Studi Akuntansi UBM yang sekarang menjadi mitra UBM dalam mendukung pembelajaran Mata Kuliah Komputerisasi Akuntansi dengan menyediakan software akuntansi Accurate. Ibu Venny didampingi oleh Bapak Renaldi Pramudito yang juga sebagai perwakilan dari PT Ultima Tekno Solusindo, perusahaan pengembang software Accurate.

Semiloka dihadiri oleh 9 orang Dosen Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, yaitu Ibu Ririn Breliastiti, Bpk Herry Cornelius Hutabarat, Bpk Piter Nainggolan, Bpk Yosep Basilius Fangohoi, Bpk Refianto, Ibu Kurniawati, Ibu Merna, Ibu Theresia Bwarleling, Bpk Kenny Fernando.

Semiloka dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Juli 2019 tepatnya pada jam 13.00 dimana pelaksanaannya berupa pelatihan penggunaan Aplikasi Accurate Lite. Accurate sendiri merupakan aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan sebuah perusahaan dimana output nya berupa laporan keuangan. Karena penggunaan Accurate berbasis komputer berdasarkan pengelaman user-nya relatif lebih sulit maka dikembangkanlah Accurate Lite yang dapat digunakan di handphone dengan sistem operasi Android. Sehingga pada pelatihan ini, peserta Semiloka diberikan pengetahuan mengenai teknis mengoperasikan aplikasi pelaporan keuangan yang sederhana tersebut.

Suasana pelatihan berlangsung secara interaktif karena peserta semiloka yang antusias dalam memberi tanggapan serta ingin mengetahui lebih dalam terkait fitur yang terdapat di Accurate Lite. Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh Dosen yang hadir, namun dapat dijelaskan oleh Ibu Venny selaku trainer dengan sangat sederhana dan mudah dipahami. Pelatihan ini juga diharapkan menjadi bekal bagi Bapak dan Ibu Dosen yang nantinya lewat kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) akan mengedukasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengenai manfaat dari membuat laporan keuangan dan bagaimana UMKM tersebut dapat menyajikan laporan keuangan secara sederhana dalam rangka memperoleh pendanaan dari perbankan.

WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.35 (1) WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.39 WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.37 (2)WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.43WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.37 WhatsApp Image 2019-07-30 at 17.08.47

Workshop Pelaporan Keuangan bagi UMKM Wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara (09/08/2019)

WhatsApp Image 2019-08-21 at 07.48.34

Pada tanggal 9 Agustus 2019, bertempat di The UBM Seminar Room Lantai 7 Universitas Bunda Mulia (UBM) Kampus Ancol, telah diselenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Program Studi Akuntansi UBM. Kegiatan ini diikuti oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Utara. Acara ini merupakan bentuk dukungan dari UBM kepada dunia industry khususnya pelaku UMKM dan juga program pemerintah yaitu Peningkatan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Acara ini disusun oleh Bapak Kenny Fernando, SE.,M.S.Ak., Bapak Yosep Basillius Fangohoi, SE., dan Bapak Refianto, SE., MM. yang dihadiri oleh 24 orang pelaku UMKM, tamu undangan dan dosen program studi akuntansi UBM.

 

Acara ini dibuka oleh Bapak Drs. H. Arfian, M.Si selaku Kepala Suku Dinas Koperasi, UKM serta Perdagangan Wilayah Jakarta Utara, turut hadir pula Ibu Kandi S. S. Dahlan, MBA., PhD selaku Wakil Rektor Bidang Akademik, Bapak Dr. Chandra Wibowo Widhianto, SE., MM selaku Direktur P3M dan GA, Ibu Dr. Ririn Breliastiti, SE., MM.,  selaku Ketua Prodi Akuntansi, Bapak Refianto, SE., MM selaku Sekretaris Prodi Akuntansi, Bapak Rinaldi Pramudito dan Ibu Venny Lilyana selaku perwakilan dari PT Ultima Tekno Solusindo. Acara ini berlangsung sejak pukul 07.30 hingga 11.50.

 

Sesi pertama mereka dibekali dengan pemahaman akuntansi dan bisnis oleh Dosen Prodi Akutansi UBM yaitu Ibu Ernie Riswandari, SE., M.Si, Ibu Theresia Hesti Bwarleling, SE., M.Ak., Bapak Herry Hutabarat, SH., SE., Ak., M.Si., Ibu Merna, SE., M.S.M., Ibu Kurniawati, SE., M.Ak., dan Bapak Piter Nainggolan, SE., Ak. MM. Setelah dilakukan pengenalan tentang akuntansi dan bisnis, pelaku UMKM diajarkan bagaimana cara mencatat pembukuan dan pembuatan laporan keuangan berbasis Handphone dengan Aplikasi Accurate Lite yang dipandu oleh Ibu Venny Lilyana serta dibantu oleh Mahasiswa Prodi Akuntansi (Irine, Wenny, Winny, Yuliana, Bryan, Terry, Devi, Nofita).

 

Pada kesempatan ini pula, PT Ultima Tekno Solusindo menyerahkan dukungan berupa aktivasi data base dan 2 user senilai Rp 38.000.000,-sebagai bentuk partisipasi pada usaha pemberdayaan ini. Dukungan tersebut diterima oleh Ibu Dr. Ririn Breliastiti, SE., MM dan disaksikan oleh Drs. H. Arfian, M.Si serta Bapak Dr. Chandra Wibowo Widhianto, SE., MM. Acara diakhiri dengan foto bersama dan makan siang. Harapan dari kegiatan ini adalah agar pelaku UMKM dapat memahami arti penting dari penerapan pembukuan dan pelaporan keuangan dalam hal evaluasi bisnis dan pengajuan kredit untuk perluasan skala bisnis pelaku UMKM tersebut. Hal ini pula mendukung program pemerintah dan menjembatani dunia pendidikan dalam memberdayakan pengetahuan kepada masyarakat.

 

Go Biemers!

DSCF9423 WhatsApp Image 2019-08-13 at 09.11.37 DSCF9440 DSCF9344 DSCF9627 DSCF9612

 

Welcoming Freshmen 2019 – Kampus Serpong (03/08/2019)

Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong – Pada hari Sabtu, 3 Agustus 2019 pada pukul 07.20 – 09.20 WIB bertempatan di Ruang 601, 602, dan 603, Program Studi (Prodi) Akuntansi mengadakan acara Welcoming Freshmen untuk mahasiswa/I baru.

Acara Prodi Akuntansi di setiap ruangan dibuka dengan pengenalan diri dari para Dosen Program Studi Akuntansi. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait dengan teknik perkuliahan dan informasi tentang Prodi Akuntansi secara mendalam oleh Ibu Dr. Ririn Breliastiti,SE.,MM di Ruang 601, Miss Kezia Josephine,SE,M.Ak di Ruang 602 dan Miss Devica Pratiwi,SE.M.AK di Ruang 603.

CIMG0033  CIMG0024

Antusiasme mahasiswa terlihat dari keseriusannya dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Pada kesempatan kali ini juga diselenggarakan sesi tanya jawab yang berhadiah seputar informasi penting perkuliahan yang menambah semangat para mahasiswa baru berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan dari dosen yang mempresentasikan tentang Prodi Akuntansi, untuk mengapresiasi antusiasme mereka maka program Prodi Akuntansi memberikan hadiah yang berisi flashdisk 8/16GB, Kalkulator scientific, Binder beserta isi, dan Buku besar isi 100 lembar.

Sebelum acara dilanjutkan ke sesi berikutnya panitia pengurus Welcoming Freshmen mengajak mahasiswa baru yang sebelumnya sudah ditentukan untuk berlatih, yang mana akan menampilkan sebuah prodi dalam acara inagurasi. Pada acara inagurasi penampilan prodi akuntansi akan digabung dengan prodi manajemen.

1  P1010926

IMG-20190803-WA0034

Sesi Selanjutnya di Ruang 601, 602 dan 603, acara dilanjutkan dengan memperkenalkan tentang organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi ( HIMA ACCASIA ) oleh anggota Hima accasia. Dan ditutup dengan sesi Tanya jawab lagi seputar dengan HIMA ACCASIA dan untuk mengapresiasi antusiasme mereka maka Prodi Akuntansi memberikan hadiah yang berisi Flashdisk 8/16 GB dan Binder beserta isi.

IMG-20190803-WA0037

Pada akhir sesi acara, dilaksanakan foto bersama antara mahasiswa baru dengan panitia dan kesuksesan acara Welcoming Freshmen 2019 Program Studi Akuntansi tak luput dari campur tangan Dosen Prodi Akuntansi, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh partisipan yang terlibat atas waktu, tenaga, dan kerja samanya dalam memeriahkan Acara Welcoming Freshmen 2019.

WF 2019- Presentasi Prodi Akuntansi Kampus Serpong

Go Biemers!

Welcoming Freshmen 2019 – Kampus Ancol (30/07/2019)

1

Jumat, 30 Juli 2019 Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol - Pada hari Jumat, 30 Juli 2019 pukul 15.50 – 17.45 WIB berlokasi di The UBM Seminar Room (TUSR), Program Studi (Prodi) Akuntansi mengadakan acara Welcoming Freshmen untuk mahasiswa/i baru. Acara sebelumnya dibuka dengan foto Bersama para Dosen Prodi Akuntansi, pengurus HIMA ACCASIA 2019/2020, dan para mahasiswa baru di depan The UBM Grand Auditorioum (TUGA). Pembukaan acara terlihat begitu meriah karena antusiasme dari mahasiswa baru yang begitu tinggi, terlihat dari semangat mahasiswa/i yang masih terlihat walaupun telah mengikuti beberapa rangkaian acara Welcoming Freshmen dari beberapa hari sebelumnya.

3

Setelah sesi foto bersama, peserta memasuki ruangan The UBM Seminar Room (TUSR) untuk menjalani sesi Welcoming Freshmen Program Studi Akuntansi. Sebelum acara dimulai, panitia pengurus Welcoming Freshmen juga memilih beberapa mahasiswa baru Prodi Akuntansi tentunya untuk dilatih, yang mana mereka akan menampilkan sebuah parodi dalam acara inagurasi di hari Welcoming Freshmen ke-2. Panitia setidaknya memilih 11 mahasiswa baru untuk menampilikan perannya masing-masing dalam parodi yang ber-tema Snow White.

2 7

Selanjutnya adalah perkenalan para Dosen Prodi Akuntasi dan Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia Dr. Ririn Breliastiti,SE., MM. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait dengan teknis perkuliahan dan informasi pengenalan Prodi Akuntansi secara mendalam oleh Ibu Ririn. Antusiasme mahasiswa terlihat dari keseriusannya dalam memperhatikan materi dengan mencatat materi yang disampaikan. Pada kesempatan kali ini juga diselenggarakan kuis interaktif yang menarik, dimana pertanyaan kuis tersebut seputar informasi penting perkuliahan yang menambah semangat para mahasiswa baru bahkan mereka berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan yang ditanyakan langsung oleh Ibu Ririn. Untuk mengapresiasi usaha mereka maka Prodi Akuntansi memberikan hadiah menarik.

4 6 5

Sesi berikutnya diisi oleh Pak Temy Setiawan, SE.,Ak.,M.Ak,CA yang membawakan materi terkait program Wiley Plus dan buku teks Financial Accounting yang nantinya akan digunakan dalam Mata Kuliah Prinsip Akuntansi 1 & 2. Setelah penyampaian dari Pak Temy mengenai beberapa info teknis perkuliahan tersebut maka penjelasan selanjutnya dilanjutkan oleh Virginia Chelsea dan Alfredo Brendis selaku Ketua dan Wakil HIMA ACCASIA dengan memperkenalkan tentang organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HIMA ACCASIA). Berikutnya ditutup dengan sesi tanya jawab lagi seputar dengan HIMA ACCASIA dan untuk mengapresiasi antusiasme mereka maka Prodi Akuntansi sekali lagi memberikan hadiah lainnya yang tak kalah menarik.

Pada akhir sesi acara, dilaksanakan foto bersama antara mahasiswa baru dengan panitia dan kesuksesan acara Welcoming Freshmen 2019 Program Studi Akuntansi tak luput dari campur tangan para Dosen Prodi Akuntansi. Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh partisipan yang terlibat atas waktu, tenaga, dan kerjasamanya dalam memeriahkan acara Welcoming Freshmen 2019.

WF 2019 – Presentasi Prodi Akuntansi Kampus Ancol

Go Biemers!

 

Meet & Greet HIMA towards APA Fest 2019

Jakarta, 16 Juli 2019 – Ikatan Akuntan Indonesia mengundang perwakilan HIMA ACCASIA Universitas Bunda Mulia dalam rangka “Meet & Greet HIMA towards APA Fest 2019”. Acara temu dan sapa ini, mengundang perwakilan pengurus himpunan mahasiswa dan juga beberapa perwakilan dari organisasi dalam bidang akuntansi. HIMA ACCASIA yang dimana sebagai organisasi mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Bunda Mulia juga ikut hadir dalam acara tersebut dengan diwakili oleh Virginia Chelsea dan Chelica Gerensia yang merupakan mahasiswa aktif Universitas Bunda Mulia. Acara tersebut diadakan di Graha Akuntan lt 2 Jalan Sindanglaya No. 1 Menteng, Jakarta yang dimulai pukul 09.30 hingga pukul 12.00 WIB. Acara ini juga menjadi sarana bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk mengenal organisasi akuntansi dari kampus lain sekaligus menjalin hubungan baik dalam rangka kerjasama organisasi dalam jangka panjang, memperkenalkan program kerja masing-masing dan jargon masing- masing, serta yang paling penting dalam pertemuan ini yaitu bersama-sama membahas tentang pelaksanaan APA Festival 2019.

Aspiring Professional Accountants Festival (APA Fest) 2019 merupakan ajang rutin tahunan anggota muda IAI, mahasiswa/i akuntansi berprestasi dan seluruh Indonesia. APA Fest juga menjadi wadah kreativitas akuntan muda IAI yang akan mempertemukan perusahaan terkemuka di Indonesia dengan kandidat terbaik calon akuntan profesional. Dalam memenuhi Melalui APA Fest, akan terjalin koneksi yang kuat dan simbiosis mutualisme antara profesi, industri, serta mahasiswa dan lulusan terbaik jurusan akuntansi di Indonesia. Di dalam kegiatan APA Fest yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2019 tersebut memiliki beberapa rangkaian acara yaitu: APA Championship 2019, National APA Award 2019, APA Best Paper 2019, Beasiswa CA, Career Fair & Inspiring Session dan Startup Expo  Mahasiswa.

Dalam kesempatan ini diharapkan mahasiswa/i program studi akuntansi dapat berkenalan satu sama lain dari berbagai universitas dan dapat menambah wawasan, dapat bertukar informasi mengenai perkembangan ilmu akuntansi serta profesi dimasa sekarang dan juga di masa yang akan datang. Tidak ketinggalan, dengan adanya meet and greet ini maka mahasiswa/i akuntansi lebih mengetahui peran dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang menjadi salah satu lembaga profesi bidang akuntansi di Indonesia dalam mengembangkan standar dan juga kode etik akuntansi yang relevan bagi kebutuhan industri.

WhatsApp Image 2019-07-23 at 15.24.30 WhatsApp Image 2019-07-26 at 16.14.52

Semiloka Dosen Prodi Akuntansi: Topik Perpajakan Terkini (05/07/2019)

Isu perpajakan merupakan salah satu bagian dari pembahasan perekonomian yang kompleks karena bersifat dinamis. Peraturan perpajakan yang dinamis, menuntut agar setiap individu dan organisasi yang kegiatannya melibatkan aspek perpajakan agar tetap memperbaharui pengetahuan disesuaikan dengan isu perpajakan terkini. Dalam rangka memenuhi kebutuhan ini maka Universitas Bunda Mulia terkhususnya Prodi Akuntansi, berupaya meningkatkan kompetensi tenaga pengajar lewat penyelenggaraan Semiloka Dosen UBM yang diselenggarakan pada hari Jumat, 05 Juli 2019.

Semiloka yang dilaksanakan di UBM kampus Ancol tersebut, mengusung judul yang menarik yaitu “Topik Perpajakan Terkini”. Tidak lepas dari topik yang menarik, penyelenggaraan semiloka ini juga mengundang pembiacara yang berpengalaman di bidang perpajakan yaitu Bapak Djaka Saranta Sarwo Edhy, SE., MM yang juga merupakan dosen senior di Politeknik Keuangan Negara STAN dan juga memiliki latar belakang praktik yang luas di bidang perpajakan.

Kegiatan berlangsung sejak pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh Moderator yaitu Ibu Theresia Hesti Bwarleling, SE., M.Ak. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Akuntansi UBM yaitu Ibu Dr. Ririn Breliastiti, SE., MM. Kegiatan Semiloka ini berlangsung dengan interaktif karena tidak hanya dihadiri oleh para dosen melainkan juga staf keuangan sehingga total peserta mencapai 26 orang. Diskusi yang berlangung dalam semiloka ini bertemakan isu dan praktik perpajakan yang terkini serta bagaimana Prodi Akuntansi sebagai lembaga akademik, ikut berkontribusi dalam menciptakan iklim perpajakan yang baik dan memberikan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan terkait pajak.

Kegiatan ini diakhiri dengan kesimpulan dari Moderator dan Penyerahan Token of Appreciation oleh Ibu Dr Ririn Breliastiti., SE., MM. bersama dengan Sekretaris Prodi Akuntansi Bapak Refianto SE., MM, Ibu Kezia Josephine, SE., M.Ak dan Ibu Devica Pratiwi, SE., M.Ak serta seluruh Dosen Tetap Prodi Akuntansi Universitas Bunda Mulia.

Go Biemers!

4 5 6 1 2 3

Pertemuan Internal Peluncuran Mata Kuliah Praktikum Akuntansi dan Manajemen (26/06/2019)

Bangku perkuliahan pada umumnya menjadi tempat bagi mahasiswa/i untuk menuntut ilmu yang secara praktis diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan di dunia kerja nantinya. Universitas Bunda Mulia merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki slogan yaitu “Bridging Education to The Real World”. UBM senantiasa secara berkelanjutan melakukan dialog dengan industri baik di dalam negeri maupun diluar negeri terkait dengan kebutuhan akan tenaga profesional yang terkualifikasi dengan standar yang ditetapkan perusahaan.

Salah satu tantangan bagi UBM yaitu menjembatani kepentingan mahasiswa/i dengan industri. Kebutuhan industri pada umumnya adalah berupa lulusan perguruan tinggi yang memiliki keahlian khusus dibidang tertentu. Keahlian dari lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat memenuhi tujuan dari perusahaan di setiap industri.

Program Studi Akuntansi UBM juga memiliki kepentingan yang sama yaitu berupaya agar lulusan Prodi Akuntansi dapat menerapkan ilmu akuntansi yang diperoleh di kampus secara nyata di perusahaan. Yang menjadi kendala berikutnya adalah bagaimana mahasiswa/i terkhususnya di Prodi Akuntansi UBM dapat mengombinasikan ilmu akuntansi yang dipelajari secara terpisah yang satu dengan yang lain.

Dalam mengakomodir kebutuhan akan pemahaman menyeluruh materi akuntansi oleh mahasiswa/i Prodi Akuntansi UBM maka pada hari Rabu, 26 Juni 2019, dilaksanakan pertemuan internal oleh para dosen Prodi Akuntansi UBM untuk membahas mengenai peluncuran mata kuliah baru yaitu Praktikum Akuntansi Keuangan dan Manajemen sekaligus dilakukan pembedahan modul yang nantinya akan digunakan dalam peluncuran pertama mata kuliah ini di semester ganjil periode tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan pertemuan internal di kampus UBM Ancol ini dihadiri oleh delapan dosen dan pemaparan materi pertemuan oleh Dr. Temy Setiawan, SE., Ak., M.Ak CA.

Pelaksanaan pertemuan ini diharapkan dapat menjadi titik awal dalam pengembangan materi pembelajaran yang lebih fleksibel terhadap kebutuhan dunia industri karena menghasilkan beberapa saran dan kritik yang disampaikan oleh tim dosen yang hadir pada pertemuan tersebut. Mata kuliah Praktikum Akuntansi Keuangan dan Manajemen tersebut secara garis besar mengaitkan pembahasan antara materi akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen/biaya dalam satu kasus rill yang komprehensif di setiap modul yang dipelajari. Sehingga diharapkan nantinya mahasiswa/i Prodi Akuntansi UBM dapat memahami aspek pelaporan informasi keuangan kepada pihak internal dan eksternal sekaligus dalam satu siklus pelaporan.

Go Biemers!

312

Prodi Akuntansi Goes to SMA Budi Mulia Bogor (13/06/2019)

Kondisi perkuliahan merupakan salah satu informasi penting yang perlu diketahui oleh siswa/i SMA yang nantinya akan melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Karena penting bagi siswa/i SMA mengetahui sejak dini mengenai informasi perkuliahan seperti jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi, kegiatan mahasiswa serta peluang karir dari jurusan yang diminati oleh setiap siswa/i.

UBM merupakan salah satu kampus yang mendukung adanya penyediaan informasi terkait perkulihan tersebut. Hal itu dibuktikan oleh UBM lewat salah satu kegiatan edukasi yang dikemas dalam acara yang bertajuk “UBM Goes to SMA Budi Mulia Bogor”. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 12 sampai dengan 13 Juni 2019.

Pelaksanaan acara dalam bentuk workshop tersebut melibatkan beberapa Program Studi (Prodi) di UBM, terkhususunya Prodi Akuntansi yang sangat antusias ikut memeriahkan kegiatan tersebut. Pelaksanaan kegiatan di SMA Budi Mulia di hari kedua di buka dengan acara seminar yang dibawakan oleh ibu Young Dame Napitupulu, S.Psi., M.M selaku Direktur Pemasaran dan Pengembangan UBM.

Pengenalan mengenai Program Studi  UBM dilakukan dengan membuka stand booth yang menarik oleh masing-masing Program Studi yang ikut terlibat. Pada Stand booth Program Studi Akuntansi terdapat kuis berhadiah yang mengasah kemampuan seputar ilmu akuntansi. Prodi Akuntansi diwakili oleh Bapak Refianto, SE., MM selaku Sekretaris Program Studi Akuntansi dan Bapak Yosep Basilius Fangohoi, SE selaku Dosen Prodi Akuntansi serta satu perwakilan dari pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi. Peserta yang berdatangan ke booth dibagi dalam bentuk kelompok dan merupakan siswa/i yang duduk di bangku kelas 10 dan 11. Selain memainkan kuis berhadiah, siswa/i juga antusias dalam menanyakan informasi seputar perkuliahan di jurusan akuntansi serta peluang karir dari seorang lulusan akuntansi.

Semoga dengan adanya kegiatan edukasi yang dilakukan rutin oleh UBM setiap tahun maka diharapkan dapat memberikan kontribusi berupa pengetahun dan juga pertimbangan yang matang bagi siswa/i SMA dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Go Biemers !

1 2 3

LOWONGAN DOSEN FULL TIME DAN PART TIME DI PRODI AKUNTANSI UBM

Screen Shot 2019-05-16 at 17.51.39 Screen Shot 2019-05-16 at 17.51.47