Pengabdian Kepada Masyarakat ke RPTRA Dharma Suci 2016

RPTRA atau Ruang Publik Terpadu Ramah Anak adalah tempat dan/atau ruang terbuka yang memadukan kegiatan dan aktivitas warga dengan mengimplementasikan 10 (sepuluh) Program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga untuk mengintegrasikan dengan program Kota Layak Anak (PERGUB DKI No. 196 tahun 2015). RPTRA adalah wujud komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak sehingga anak dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Untuk tahun 2015, Pemprov DKI Jakarta mentargetkan untuk dapat membangun +60 RPTRA di seluruh wilayah DKI Jakarta, sedangkan di tahun 2016 direncanakan akan dibangun +150 RPTRA, dimana +32 RPTRA akan dibangun di wilayah Jakarta Utara.

Salah satu RPTRA yang sedang dibangun di tahun 2015 ini adalah RPTRA Dharma Suci yang terletak di kawasan RW. 016 Kelurahan Pejagalan Kecamatan Penjaringan Kotamadya Jakarta Utara. RPTRA ini terletak didekat kolong tol Jembatan Tiga – pintu masuk tol Jembatan Tiga. Secara geografis, lokasi RPTRA ini terletak diantara kawasan RW 016 dan RW 018 Kelurahan Pejagalan.

Universitas Bunda Mulia selaku institusi akademik bertanggung jawab dalam membantu memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi anak-anak RPTRA Dharma Suci terutama dalam hal berselancar didunia maya. Internet merupakan salah satu perkembangan teknologi yang menjadi faktor terpenting dalam kehidupan sehari-hari anak-anak pada zaman sekarang. Seringkali internet disalah gunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan sehingga berdampak buruk bagi anak-anak. Salah satunya adanya pemerkosaan yang dilakukan oleh anak-anak dibawah umur yang diakibatkan karena seringnya anak-anak mencari konten internet yang negatif atau porno. Oleh sebab itu, pentingnya Universitas Bunda Mulia memberikan penyuluhan mengenai pentingnya penggunaan internet yang sehat bagi anak-anak terutama anak-anak RPTRA.

Adapun tujuan dari Pengabdian masyarakat kepada masyarakat di RPTRA Dharma Suci, ini adalah :

  1. Meningkatkan kerjasama dengan masyarakat di RPTRA Dharma Suci
  2. Meningkatkan rasa kepedulian seluruh civitas akademik pada masyarakat, khusus nya dalam hal penggunaan internet sehat dan internet yang aman untuk anak-anak
  3. Meningkatkan pengetahuan mengenai dampak internet bagi masyarakat di RPTRA Dharma Suci baik dampak negatif dan positf terutama bagi anak sedang tumbuh berkembang atau yang menginjak dewasa

Adapun manfaat yang diharapkan dalam pengabdian masyarakat bagi RPTRA Pejagalan ini adalah :

  1. Anak-anak RPTRA Pejagalan mampu menggunakan fasilitas internet dengan baik dan sehat
  2. Adanya kerjasama dengan pihak RPTRA dalam mengubah wawasan mengenai pengawasan internet yang sehat dan yang aman untuk anak-anak
  3. Adanya stimulus bagi masyarakat di RPTRA Pejagalan untuk meningkatkan pengetahuan akan dampak positif dan negatif internet.

Tim PKM Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut :

  1. Verliana L, S.Kom, MM
  2. Julia Loisa, S.Kom., MM
  3. Indra Priyandono, S.Kom., M.Kom

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan

Hari / Tanggal : Jumat, 16 Desember 2016
Waktu : 08.00 – selesai
Tempat : RPTRA Dharma Suci
Jumlah Peserta : 10 staf pengurus RPTRA

Berikut dokumentasi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat RPTRA Dharma Suci.

1 2 3 4 5