Test Berita & Pengumuman

asdasdasdasd

Kunjungan Industri PT. Astra International, Tbk

Program Studi Universitas Bunda Mulia pada tanggal 1 April 2019 kembali melaksanakan kegiatan Kunjungan Industri. Kunjungan Industri menjadi suatu kegiatan yang difasilitasi bagi mahasiswa agar lebih mendalami ilmu psikologi yang dipelajari dengan berorientasi lapangan. Tentunya mahasiswa diharapkan agar mendapatkan gambaran nyata terkait dunia kerja di perusahaan khususnya yang berkaitan dengan Psikologi.

IMG-20190401-WA0014

IMG-20190401-WA0015

Pada Kunjungan Industri kali ini mahasiswa yang diwajibkan ikut ialah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Assessment Center dan Organizational Development. Selama di PT. Astra International, Tbk, para peserta diberikan penjelasan secara langsung terkait proses Recruitment & Assessment di PT. Astra International, Tbk oleh Bp. Joviando Louis, S.Psi.

IMG-20190401-WA0012

IMG-20190401-WA0019

Pada akhir kunjungan perwakilan dari Program Studi Psikologi Universitas Bunda Mulia yaitu Bu Karentia, M.Psi pun menyerahkan plakat sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dari PT. Astra International, Tbk kepada Universitas Bunda Mulia. Oh ya, Tentunya tidak lupa juga para peserta bersama para dosen pendamping foto bersama, loh!

Wah, Kegiatan belajar yang sungguh menarik, bukan?

Irene Evita – Juara 1 Lomba Esai

Dengan bangga, Prodi Psikologi mengucapkan selamat untuk Irene Evita karena berhasil memenangkan lomba esai “LEIPZIG” atau lomba tahunan yang diadakan oleh Universitas Gunadarma. LEIPZIG merupakan singkatan dari Learning Psychology with Amazing Goal.

Dari tiga cabang lomba yang dibuka, Irene mewakili Psikologi UBM berpartisipasi dalam cabang esai dan berhasil meraih Juara 1. Sebagai informasi tambahan, lomba ini tingkat nasional juga loh!

Sungguh Prestasi yang membanggakan!

Proficiat…

IMG-20190321-WA0005

Kuliah Umum – Psycholinguistic

Pada hari Jumat, tanggal 08 Maret 2019 Prodi Psikologi telah mengadakan kuliah umum tentang “Introduction to Psycholinguistic”.

Pernahkah mendengar tentang Psycholinguistic? Istilahnya terdengar menarik bukan?

images

Nah, Psycholingusitik atau dalam bahasa indonesia disebut psikolinguistik merupakan ilmu yang mengkaji bagaimana manusia memahami, memproduksi dan memeroleh bahasa. Dalam kuliah umum kali ini, pembicara kita adalah Dr. Li. Nurdiana, S.Psi., M.Hum. Pemaparan terkait pengenalan terhadap psikolinguistik yang diberikan oleh beliau dikemas sangat menarik loh!

Kita pun belajar tentang bagaimana pemerolehan bahasa asing, input bahasa, bagaimana tahapan pemerolehan bahasa dalam rentang perkembangan seorang anak, masa pemerolehan bahasa hingga syarat memeroleh bahasa yang sempurna. Sungguh bermanfaat informasinya.

20190308_093023

Pemaparan informasi yang sangat menarik ini sungguh tak terasa dikupas hanya dalam waktu 2 jam. Sesinya pun interaktif dengan tanya jawab dan sharing session pengalaman atau kejadian yang pernah dialami terkait permasalahan bahasa. Acara kuliah umum ini pun ditutup dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat sebagai bentuk apresiasi kita kepada Bu Nurdiana yang sudah berbagi ilmunya dengan kita.

20190308_105630

20190308_105506

Sekian informasi kuliah umum yang dapat kami sampaikan. Nantikan update berikutnya dari kami ya.

Salam hangat, dari Prodi Psikologi.

Kuliah Tamu Psikologi Sosial “Social Cognition”

Pada hari Jumat, 01 Maret 2019 Prodi Psikologi Universitas Bunda Mulia mengadakan kuliah tamu di mata kuliah psikologi sosial. Pembicara kali ini adalah Benny Prawira. Ia merupakan seorang yang memiliki ketertarikan pada fenomena sosial, khususnya isu bunuh diri.

IMG-20190319-WA0000

Benny Prawira merupakan alumni dari psikologi Universitas Bunda Mulia. Ia juga merupakan pendiri “Into the Light” yaitu sebuah organisasi yang mewadahi upaya pencegahan bunuh diri.

IMG-20190319-WA0001

Pada kuliah tamu kali ini, Ia memberikan wawasan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai “Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Persepsi Individu Dalam Menilai Diri Dan Sekitarnya”. Hal ini sangat menarik ditambah lagi dengan pemberian contoh-contoh yang relevan yang dialami langsung olehnya. Mahasiswa pun tampak antusias mendengarkan dan mencatat berbagai informasi menarik seperti terkait kesalahan dalam proses kognisi yang pada akhirnya dapat membuat orang memutuskan untuk melakukan bunuh diri. Pada akhir sesi, mahasiswa pun diberikan kesempatan untuk bertanya. Setelah itu, ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

IMG-20190319-WA0004

Inilah keseruan kuliah tamu kali ini. Nantikan update kuliah tamu berikutnya yaa.

Salam hangat dari kami, Prodi Psikologi.

 

 

Kuliah Umum – Metode Penelitian Kualitatif X Kuantitatif

Pada tanggal 14 September 2018 Prodi Psikologi kembali mengadakan kuliah umum. Tema hari ini yang dibahas adalah mengenai penelitian. Dengan narasumber Ibu Ninawati. Beliau adalah seorang dosen tetap yang sudah banyak melakukan publikasi. Beliau tertarik untuk meneliti tentang etnisitas dan gaya hidup. Sehingga tentunya narasumber kali ini adalah orang yang tepat jika membicarakan tentang penelitian dan publikasinya.

IMG-20180914-WA0008-01

Mahasiswa yang secara umum akan menghadapi penelitian dalam masa kuliahnya banyak mendapatkan pencerahan baru mengenai penelitian. Mulai dari metodenya, cara mencari sample yang representatif, hingga tips-tips untuk melakukan sebuah penelitian yang baik dan benar. Dari kuliah umum ini, banyak hal baru yang di dapat oleh mahasiswa. Mulai dari ide meneliti sederhana, sampai cara mengembangkan tugas penelitian menjadi sebuah penelitian yang berskala besar.

IMG-20180914-WA0009-02

 Mahasiswa dan para dosen dengan semangat mengajukan beragam pertanyaan terkait penelitian, terutama tentang mix method dan penelitian pararel. Banyak dari mereka tertarik untuk menggabungkan kedua jenis penelitian ini karena dianggap lebih menggali suatu permasalahan yang akan diteliti.

1d992d53-0a7d-4dd5-b912-00a2d7b017b9

Setelah itu ditutup dengan sesi foto bersama. Terima kasih Bu Nina untuk ilmu metodologi penelitiannya. Sukses! :)

Welcoming Freshmen 2018 – Masa Depan Adalah Sekarang

Pada tanggal 7 agustus 2018 prodi psikologi UBM kembali menyambut teman-teman mahasiswa baru yang akan bergabung untuk belajar psikologi bersama-sama.

20180807_143707

Acara diawali dengan perkenalan dari ketua prodi psikologi, sekaligus menjelaskan apa saja yang akan dihadapi di prodi psikologi kedepannya. Mahasiswa baru diberikan informasi dasar seputar psikologi mulai dari cabang pembelajaran yang ada di UBM, sampai ke tanya jawab seputar kegiatan perkuliahan nantinya. Setelah mendapatkan informasi yang bermanfaat dari ketua prodi, kini giliran anggota hima prodi berurutan untuk memperkenalkan diri dan memaparkan sedikit apa yang dikerjakan dan menjadi program kerja setiap divisinya.

IMG-20180808-WA0067

Kemudian diadakan sesi games untuk mencairkan suasana dan supaya saling mengenal satu dengan yang lainnya. Mereka diajak bermain permainan yang mendorong untuk saling berkenalan.

IMG-20180808-WA0075

Setelah itu, diadakan sesi alumni yaitu dimana alumni dari psikologi berbagi tentang pengalamannya ketika menjadi anak perantauan namun bisa menjadi lulusan terbaik diangkatannya. Antusiasme semakin terlihat ketika ada beberapa mahasiswa baru yang mengajukan pertanyaan seputar perkuliahan dan lomba-lomba yang dipernah diikuti para mahasiswa.

Sebelum acara berakhir diadakan sesi foto bersama semua mahasiswa baru dan para dosen. Semangat teman-teman mahasiswa baru! Raih prestasi karena masa depan adalah sekarang.

 

Pengabdian Masyarakat Ke Cibesut – Super Parents Super Kids

Pada tanggal 5 Mei 2018, prodi Psikologi mengadakan pemberdayaan masyarakat ke RPTRA Cibesut yang berada di Cipinang. Pemberdayaan kali ini mengangkat tema menjadi orang tua hebat dan sosialisasi pendidikan seksual untuk anak-anak. Panitia acara ini adalah para dosen Psikologi dengan dibantu mahasiswa angkatan 2016 dan 2017.

 20180505_110110

Sesi pertama yaitu menjadi orang tua hebat membahas tentang bagaimana menjadi orang tua yang mampu mendidik anaknya di masa kini. Seperti yang diketahui, pola asuh beberapa dekade lalu berbeda dengan cara mengasuh untuk anak masa kini. Sesi ini dibawakan oleh Bapak Teguh, dengan pesertanya yaitu para orang tua yang tinggal di daerah Cipinang tersebut.

Sesi 1 ini berlangsung dengan interaktif karena terjadi diskusi yang menarik antara para peserta dengan para dosen yang hadir. Para peserta yang di dominasi kaum ibu sangat antusias menanyakan beragam hal seputar pengasuhan anak mulai dari yang memiliki anak usia anak-anak awal hingga remaja.

Sesi 1 ditutup dengan pembagian bingkisan sebagai kenang-kenangan bagi para peserta.

20180505_135113

Setelah itu diadakan istirahat dengan ramah tamah bersama. Sesi ke 2 adalah sesi dengan peserta anak-anak. Oleh karena itu pada saat ramah tamah, anak-anak yang menjadi peserta kegiatan ini diajak untuk makan siang bersama.

Setelah itu langsung lanjut ke sesi ke 2. Sesi ini dibuka dengan ice breaking yang dbawakan oleh mahasiswa angkatan 2017. Permainan yang lucu dan menarik membuat suasana menjadi cair dan saling membaur.

20180505_121704

Kemudian, bu Mutiara selaku pembawa materi langsung menyampaikan materi tentang pendidikan seksual. Materi dibawakan dengan ringan dan menarik disertai dengan gambar-gambar yang mudah dipahami oleh anak-anak. Kegiatan ini juga berlangsung dua arah yaitu anak-anak diminta menjawab respon yang tepat ketika dipaparkan suatu conton kejadian. Dengan demikian anak-anak semakin mengerti tentang materi yang diberikan.

20180505_110442

Acara ditutup dengan berfoto bersama dan sedikit tanya jawab dari peserta yang masih penasaran.

 

Kuliah Umum – Knowledge Management

Pada tanggal 26 Mei prodi Psikologi mengadakan kuliah tamu yang dibawakan oleh alumni yaitu Rey. Tema acara ini adalah knowledge management. Pada kuliah tamu ini, Rey sharing tentang pengalamannya selama berkuliah di jurusan psikologi, lalu penerapan di tempat kerjanya sekarang. Cara adaptasi dan bagaimana kita bisa sukses berkarir ditentukan oleh seberapa kita mampu mengelola ilmu yang kita dapatkan saat berkuliah.

Memang, yang kita temukan di lapangan pada saat bekerja tidak sepenuhnya di ajarkan pada saat kuliah namun, dengan kemauan mengembangkan diri dengan belajar terus menerus dan keinginan mendengar masukan, pasti bisa membawa kita ke level karir yang cemerlang.

Rey juga bercerita pentingnya mengikuti pelatihan secara soft skill misalnya seminar, kuliah tamu dsb karena melalui acara-acara ini lah, selain kita bisa menambah ilmu yang sedang trend, kita juga bisa menambah jaringan perkenalan dengan orang lain. Jaringan ini juga sangat penting mengingat kita sedang berkompetisi di area global.

Banyak hal menarik yang di dapat dari kuliah umum ini. Karena yang membawakannya adalah alumni, maka pengalamannya tentu sangat relevan dengan yang akan di jalani oleh para mahasiswa lainnya

Acara berlangsung santai namun tetap berbobot karena walaupun sesekali dihiasi dengan humor, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta selalu membuat semua mendapatkan pemikiran yang baru. Diskusi untuk saling menjawab pertanyaan juga dilakukan karena menurut Rey, ia bukanlah sumber utama dari acara ini, namun saling belajar dengan teman-teman yang masih kuliah.

Tidak ketinggalan, acara ditutup dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan.
Terima kasih Rey sudah mau berbagi pengalaman bersama mahasiswa prodi Psikologi. Sukses terus kedepannya!

Seminar Mahasiswa – Stress Management

Pada tanggal 21 Mei Prodi psikologi mengadakan Seminar dengan tema Stress manajemen. Pembicara yang di daulat untuk membawakan materi adalah Bu Jovita Ferliana. Seminar diawali dengan pemaparan beliau tentang apa saja hal-hal yang bisa membuat kita stress atau biasa disebut sebagai stressor. Setelah menjabarkan banyak factor-faktor yang mempengaruhi seseorang bisa terkena stress, beliau menjelaskan salah satu teknik manajemen stress yaitu dengan terapi relaksasi.

strrtrs

Bu Jovita langsung mempraktekan cara relaksasi sehingga para mahasiswa diminta untuk mengikuti contoh sesi terapi relaksasi tersebut. Setelah itu, Bu Jovita yang bekerja sama dengan tim komunitas tabrak warna mengadakan terapi seni.

streee strs

Terapi seni dipercaya dapat membantu mengendalikan stress yang dialami seseorang dengan cara mewarnai beragam bentuk yang menarik. Mahasiswa dengan sangat bersemangat langsung mencobanya. Beragam bentuk dan warna dihasilkan sehingga menambah harmoni kebersamaan pada hari itu.

sttsere  seeeeee

Dengan demikian, dapat disimpulkan yang di dapat dalam seminar kali ini adalah kenali stressor yang dapat membuat kita stress, relaksasi diri untuk menanggulanginya dan terapi seni bisa menjadi salah satu wadah untuk membantu meredakan stress yang dirasakan.

seeeeeeeeeer

 

Terima kasih Bu Jovita dan Komunitas Tabrak Warna :)