Keep Exploring.
Pada tanggal 25 Mei 2022, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan Kuliah Umum secara Hybrid dengan tema “Tips Bertahan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Ritel di Tengah Pandemi”. Dalam kegiatan ini, dua narasumber yang hadir berasal dari PT Boga Raya Mulia (Prochiz), yaitu Ibu Yessica Yohanes selaku Head of E-commerce, OSM and Partnership dan Ibu Sherren Wivella selaku E-commerce and Partnership Division Manager. Kegiatan ini dihadiri oleh total 132 peserta dengan rincian 18 peserta hadir secara offline di ruang 804 dan 114 peserta hadir secara online baik itu dari kampus Serpong dan kampus Ancol.
Acara dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh MC mahasiswa aktif program studi Manajemen, Kefas Jonathan dengan membacakan peraturan serta lagu kebangsaan Indonesia yang dilanjutkan dengan Mars UBM. Tak lupa pula kata sambutan dari Ibu Oktafalia Marissa Muzammil, S.E., M.M. selaku Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia. Pada kesempatan kali ini, Ibu Yessica Yohanes selaku Head of E-commerce, OSM and Partnership hadir mengisi acara sebagai narasumber pertama. Kemudian disusul oleh Ibu Sherren Wivella sebagai E-commerce and Partnership Division Manager. Acara dimulai dengan Ibu Grace Putlia, S.E., M.M. sebagai moderator yang juga merupakan Dosen Program Studi Manajemen UBM Kampus Serpong yang memperkenalkan dua narasumber kepada peserta pada saat acara berlangsung.
Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan materi yang telah tersedia di PPT oleh Ibu Yessica dan Ibu Sherren dengan memaparkan perbedaan B2B dan B2C, dua channel type dengan kelebihan dan kekurangan offline dan online, dilanjutkan dengan Business Unit Online yang digunakan oleh Prochiz agar dapat terus eksis di masa pandemi termasuk pentingnya rating pada sebuah produk di marketplace. Pemaparan tentang keypoint online sales juga dipaparkan dengan sangat baik.
Pentingnya kerjasama dengan memanfaatkan momentum dan tren juga disampaikan oleh Ibu Yessica dan Ibu Sherren. Kerjasama dapat juga meningkatkan brand produk yang dapat dilakukan melalui entertainment seperti bekerjasama dengan group band yang sedang naik daun melalui salah satu business unit ataupun dengan salah satu brand vitamin yang sedang dicari oleh masyarakat pada saat masa pandemi meningkat, ataupun kerjasama lain seperti kerjasama dengan mini gold (dalam ranah investasi) dan minyak (ketika harga minyak sedang melambung tinggi). Kesimpulan dari pemaparan materi ini adalah beradaptasi dengan perubahan, berani untuk bereksplorasi, dan berusaha untuk mencoba hal baru atau menjadi trendsetter.
Selanjutnya, sesi Challenge dan Q&A dengan komunikasi yang baik (dua arah) juga berjalan dengan lancar. Dimana pada saat sesi challenge berlangsung narasumber banyak memberikan hadiah untuk peserta yang berpartisipasi, seperti voucher GoPay senilai Rp. 500.000 untuk tiga partisipan online challenge terbaik, selanjutnya hadiah berupa voucher e-wallet sebesar Rp. 25.000 dibagikan oleh Pak Ongky Alex Sander, S.E., M.M. perwakilan dari Prodi Manajemen untuk empat pertanyaan terbaik oleh partisipan online, serta tiga voucher Prochiz yang dapat digunakan di Prochiz Tokopedia store bagi yang memberikan pertanyaan offline terbaik. Beragam hadiah yang diberikan dari pihak penyelenggara membuat peserta lebih bersemangat dalam melakukan tanya jawab.
Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Token Of Appreciation yang diwakili oleh Ibu Lilis Susilawaty, S.E., M.M. kepada dua narasumber kami beserta moderator. Sebagai penutup, diadakan foto bersama dengan seluruh peserta dan penyelenggara. Kegiatan Kuliah Umum kali ini resmi berakhir.
Keep Exploring.
360 Virtual Tour
Berita UBM