Pada Sabtu, 9 Desember 2023 Program Studi Manajemen Kampus Serpong mengadakan Kuliah Umum “Marketing Strategies to Win the Competitive Markets in the Disruptive Consumer Behaviour Era” pada pukul 09.30 – 13.10 di The UBM Lecture Hall, Lantai 5 Alfa Tower. Kuliah umum ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 1 yang menempuh mata kuliah Pengantar Bisnis Manajemen (MNC31) sebagai bahan pembelajaran dan penambahan wawasan yang dihadiri sebanyak 113 peserta. Narasumber pada kuliah umum kali ini adalah Ibu Frisma Sari Esra Simatupang yang merupakan Head of Marketing PT. Erajaya Swasembada Tbk dengan moderator Bapak Ongky Alex Sander S. E.,M. M. yang merupakan dosen Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia.
Acara dibuka oleh MC mahasiswa aktif program studi Manajemen, Natasya Deswinta Puteri (12230067) dengan membacakan aturan selama berlangsungnya acara, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UBM. Setelahnya ada pula kata sambutan dari Ibu Dr. Ika Pratiwi Simbolon S. E., M. M. selaku Sekretaris Program Studi Manajemen. Acara dimulai dengan pengenalan moderator oleh MC, dan dilanjutkan dengan pengenalan narasumber oleh moderator.
Kuliah umum ini membahas tentang pentingnya market research untuk mengetahui preferensi konsumen dan menentukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah melalui customer experience yang membentuk hubungan yang kuat dengan konsumen, menciptakan brand image yang sesuai, dan membangun loyalitas pelanggan.
Para peserta mudah memahami materi yang disampaikan karena diberikan contoh kasus dari pengalaman narasumber. Tidak lupa juga sesi Q&A yang berjalan dengan sangat lancar karena antusiasme para peserta yang aktif bertanya, narasumber yang mampu menjawab pertanyaan peserta dengan detail dan mudah dipahami, dan moderator yang memandu sesi dengan baik.
Sebelum penutupan acara, narasumber dan moderator diberikan Token of Appreciation oleh Ibu Dr. Ika Pratiwi Simbolon, S.E., M.M sebagai bentuk apresiasi sudah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi ilmu, dan menjadi komponen penting dalam kuliah umum kali ini. Lalu, acara ditutup dengan dokumentasi bersama dan penutupan oleh MC.
Secara keseluruhan, acara Kuliah Umum “Marketing Strategies to Win the Competitive Markets in the Disruptive Consumer Behaviour Era” berjalan lancar dengan antusiasme dari setiap peserta yang terlihat selama acara berlangsung. Kami berterima kasih pada seluruh pihak yang mendukung keberlangsungan dan kesuksesan acara. Semoga kuliah umum yang akan datang dapat menjadi lebih baik dan mampu menjadikan acara ini sebagai titik acuan untuk kesuksesan kuliah umum selanjutnya.