Dalam dunia bisnis, membangun keyakinan dan loyalitas konsumen menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai selain laba. Membangun keyakinan dan loyalitas memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa. Tentunya ada langkah-langkah yang bisa dilakukan misalnya melalui jalinan komunikasi antara pihak produsen barang atau jasa dengan pihak konsumen. Kemampuan komunikasi yang kurang akan sering membuat suatu kesalah pahaman (misscommunication). Oleh sebab itu, sangat penting dalam memahami bagaimana mestinya dapat berkomunikasi yang baik agar dapat mempertahankan konsumen lama namun dapat juga menarik konsumen baru.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Ragasakti adalah salah satu BPR yang sudah berkembang. Dalam proses perkembangannya pihak BPR Ragasakti harus memikirkan bagaimana untuk terus dapat menjaga kualitasnya. Salah satunya adalah mengadakan pelatihan-pelatihan secara berkala bagi seluruh karyawan juga pimpinannya.
Universitas Bunda Mulia – Kampus Serpong bersama BPR mewujudkan hal tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan PKM – “Membangun Loyalitas Nasabah melalui Komunikasi Interpersonal pada Prospecting Calon Debitur Bank”. Kegiatan PKM diselenggarakan pada hari Sabtu, 6 Oktober 2018 bertempat di Wisma Siti Mariam, tepatnya berada di Jl. Kedoya Raya No.101, RT.11/RW.9, Kedoya Utara, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520. Dihadiri 37 orang peserta, kegiatan ini dimulai pukul: 09.00-14.00 WIB.
Dilakukan dengan cara penyampaian materi, oleh Dr. Andreas Heryjanto, SE., MBA., M.Si (Kepala Program Studi Magister Manajemen UBM) dengan topik “Bagaimana Membangun Loyalitas Nasabah Bank Perkreditan Rakyat”, di sesi kedua oleh Grace Putlia, SE., MM (Dosen Manajemen UBM – Kampus Serpong) dengan topik “Prospecting Calon Debitur Bank”, dan di sesi terakhir oleh Fanty Pratiwi Meita, S.Ikom, M.I.kom (Dosen Ilmu Komunikasi UBM – Kampus Serpong) dengan topik “Komunikasi Interpersonal dalam Berinteraksi dengan Nasabah” dilanjutkan tanya jawab, serta simulasi kegiatan.
Seluruh peserta memberikan sambutan yang sangat baik. Hal itu terbukti dengan keaktifan seluruh peserta dalam mengikuti kegiatan dan tidak meninggalkan tempat sebelum acara berakhir. Kegiatan PKM ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, harapannya semoga di kemudian hari kegiatan serupa dapat terus terselenggara. ACE