Program Studi Manajemen melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Non-Insidental di Sekolah SMK BPK Penabur Lampung dengan rangkaian Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk “Collabs SMK BPK Penabur Lampung”. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara bertahap ke dalam 5 kali pertemuan dimulai sejak Kamis, 27 Oktober 2022 sampai Jumat 24 Februari 2023; kepada para peserta yaitu pelajar dari SMK BPK Penabur Lampung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara daring dimana pelaksanaan dan peserta bertemu secara virtual melalui aplikasi zoom dalam 5 kali pertemuan Kamis, 27 Oktober 2022 sampai Jumat 24 Februari 2023. Setiap pertemuannya, kegiatan dimulai pukul 10.45 WIB – 12.45 WIB berupa pemaparan materi oleh para dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen kepada pelajar SMK BPK Penabur Lampung.
Pertemuan pertama dilakukan pada tanggal 27 Oktober 2022 dengan pelaksana Bapak Elkunny Dovir Siratan, S.Par., MM selaku Narasumber dan dosen prodi manajemen, serta Vania Risyona (12210127) selaku mahasiswa aktif prodi manajemen. Topik yang dibawakan adalah strategi Pemasaran (marketing strategy). Pada pertemuan pertama ini, dihadiri oleh 18 peserta yaitu kelas Ak I dan Ak II. Para peserta mendapatkan materi mengenai strategi Pemasaran (marketing strategy). Para peserta belajar bersama narasumber Bapak Elkunny mengenai apa saja yang termasuk strategi pemasaran dan bagaimana penerapan strategi pemasaran untuk diterapkan dalam bisnis maupun perusahaan. Sekaligus strategi Pemasaran (marketing strategy) penerapannya secara digital sehingga ada strategi bersifat konvensional maupun digital keduanya saling melengkapi.
Pertemuan kedua dilakukan pada tanggal 10 November 2022 dengan pelaksana Bapak Ferdinandus Winandy S. SE., MA dan Lia (12210094) selaku mahasiswa aktif prodi manajemen, juga Eva Susanti (912200027) selaku mahasiswi aktif program studi pendidikan jarak jauh manajemen. Topik yang dibawakan adalah terkait tentang Promosi. Dihadiri oleh 54 peserta yaitu kelas Ak I dan Ak II. Para peserta mendapatkan materi mengenai promosi oleh narasumber Bapak Ferdinandus Winandy S. Para peserta belajar bersama mengenai promosi yang merupakan bagian dari Pemasaran (marketing). Disamping itu, para peserta juga diberikan jenis-jenis promosi yang diterapkan dan cocok diterapkan pada saat kapan.
Kemudian pertemuan ketiga dilakukan pada tanggal 3 Febuari 2023 dengan Bapak Elkunny Dovir Siratan, S.Par., MM dan Lia (12210094) selaku mahasiswa aktif prodi manajemen. Topik yang dibawakan adalah strategi Pemasaran (marketing strategy). Pada pertemuan ketiga ini, dihadiri oleh 18 peserta. Para peserta mendapatkan materi mengenai strategi Pemasaran (marketing strategy) bersama Bapak Elkunny Para peserta belajar bersama mengenai apa saja yang termasuk strategi pemasaran dan bagaimana penerapan strategi pemasaran untuk diterapkan dalam bisnis maupun perusahaan. Sekaligus strategi Pemasaran (marketing strategy) penerapannya secara digital sehingga ada strategi bersifat konvensional maupun digital keduanya saling melengkapi.
Pertemuan keempat dilakukan pada tanggal 17 Febuari 2023 dengan pelaksana Bapak Ferdinandus Winandy S. SE., MA dan Juan Matthew Karsten (12210090) selaku mahasiswa aktif prodi manajemen. Topik yang dibawakan adalah terkait masalah promosi. Pada pertemuan keempat ini dihadiri oleh 54 peserta. Para peserta mendapatkan materi mengenai. Para peserta belajar bersama Bapak Ferdinandus Winandy S mengenai promosi yang merupakan bagian dari Pemasaran (marketing). Disamping itu, para peserta juga diberikan jenis-jenis promosi yang diterapkan dan cocok diterapkan pada saat kapan.
Pertemuan kelima dilakukan pada tanggal 24 Febuari 2023 dengan pelaksana Bapak Ongky Alex Sander, SE., MM dan Juan Matthew Karsten (12210090) selaku mahasiswa aktif prodi manajemen. Topik yang dibawakan adalah menilai perkembangan usaha. Pada pertemuan kelima, dihadiri oleh 47 peserta yaitu kelas Ak I dan Ak II. Para peserta mendapatkan materi mengenai menilai perkembangan usaha bersama Bapak Ongky Alex Sander, SE., MM. Pada pertemuan ini peserta bersama-sama belajar dari dasar terkait ap aitu bisnis maupun cara atau langkah bagaimana menilai sebuah bisnis yang kita jalankan, apa saja yang harus diperhatikan hinga titik penting (critical point) dalam melakukan pengukuran kinerja bisnis.
Dari terlaksananya kegiatan ini selama 5 kali pertemuan yang dimulai sejak Kamis, 27 Oktober 2022 sampai Jumat 24 Februari 2023; diharapkan pelajar SMK BPK Penabur Lampung dapat mempelajari konsep manajemen yang berfokus kepada bidang pemasaran (marketing) mulai dari mengetahui konsep dasar pemasaran untuk menjadi seorang maupun memupuk jiwa marketers hingga materi mengenai strategi marketing dan promosi apa saja dan bagaimana penerapannya agar peserta memiliki gambaran dan cara implementasi yang tepat. Kemudian dilanjutkan dengan bagaimana membangun sebuah bisnis dengan mempelajari konsep-konsep manajemen dan melakukan penilaian maupun pengukuran sebuah bisnis. Dengan demikian, rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bertajuk “Collabs SMK BPK Penabur Lampung”, Peserta Siswa/I SMK BPK Penabur Lampung mendapatkan dan dipupuk jiwa seorang marketers, serta mengetahui pengukuran dan penialain terhadap bisnis yang dijalankan.