Jurusan Manajemen Universitas Bunda Mulia telah mengadakan kuliah umum mengenai service excellence in retailing dengan jadwal sbb.:
HARI/TANGGAL | : SELASA, 14 APRIL 2009 |
WAKTU | : PUKUL 17.30 S/D 20.00 WIB |
TEMPAT | : RUANG KACA LT. 7 |
PEMBICARA | : YONGKY SURYA SUSILO
(Director, Retailer Service & Business Development of ACNielsen Indonesia |
MATERI |
|
Kuliah umum in diikuti oleh para mahasiswa jurusan Manajemen UBM, pada kuliah ini Bapak Yongki selaku pembicara banyak memberikan pengetahuan mengenai service excellence dalam dunia retail. Pembahasan kuliah umum ini antara lain mengenai persaingan ketat di era globalisasi yang membuat orang tidak bisa lagi sekadar menjual produknya dengan cara-cara standar. Saat ini banyak perusahaan mulai menerapkan prinsip service excellence, dimana mereka memberi pelayanan prima sejak kedatangan pelanggan sampai layanan purna jual.
Prinsip “pelanggan adalah raja” diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Kenyataannya kecenderungan orang memilih sebuah produk berdasarkan pelayanan yang baik sejak paska hingga purna jual dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kualitas produk mungkin sama, harga mungkin beda tipis, yang membedakan adalah berbagai extra service yang diberikan untuk memuaskan konsumen. Jika sebuah perusahaan ingin sukses dalam memenangkan kompetisi, mereka dituntut untuk memberikan berbagai pelayanan tambahan untuk kemudahan dan kenyamanan konsumen. Jika dulu membuat produk dengan kualitas tinggi sudah cukup, jika dulu faktor harga bersaing sudah cukup, saat ini semua itu tidak lagi cukup tanpa service excellence atau sebuah pelayanan prima.