Pada hari Sabtu, 30 November 2019, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia (UBM) Kampus Serpong mengadakan kegiatan Kuliah Umum yang bertemakan “The Secrets to the Success of Jakarta Fair from a Marketing Perspectives.” Adapun kegiatan Kuliah Umum kali ini dilaksanakan sejak pukul 10.00 – 12.00 WIB. Pada kegiatan ini, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengundang Ibu Liana Wati, selaku Promotions, Sponsorsips dan Digital Marketing Manager dari PT.Jakarta International Expo (JIEXPO), selaku perusahaan yang mengelola dan menyelenggarakan Jakarta Fair. Adapun Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M. berperan sebagai moderator pada kegiatan Kuliah Umum kali ini.
Acara pun dimulai tepat pada pukul 10.00. Acara dibuka oleh Nataya Niken Thioanda selaku MC pada kegiatan Kuliah Umum kali ini. Setelah memberikan pemaparan singkat mengenai event Jakarta Fair, dan peranan JIEXPO sebagai pengelola dan penyelenggara Jakarta Fair, Nataya Niken selanjutnya membacakan profil singkat dari Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M., selaku Moderator pada acara Kuliah Umum kali ini. Setelah itu, Niken mempersilahkan Bapak Nicholas Wilson, S.E., M.M. untuk naik ke atas panggung dan memimpin jalannya acara. Setelah memberikan pemaparan sekilas mengenai aplikasi dan implementasi konsepsi Marketing pada event Jakarta Fair, Bapak Nicholas pun membacakan profil singkat dari Ibu Liana Wati selaku pembicara pada Kuliah Umum kali ini. Setelah itu, Bapak Nicholas mempersilahkan Ibu Liana Wati untuk naik ke atas panggung, dan membawakan Materi Kuliah Umum pada hari tersebut.
Ibu Liana Wati pun membuka acara Kuliah Umum ini dengan memberikan pemaparan dan video singkat mengenai PT. Jakarta International Expo selaku perusahaan yang mengelola dan menyelenggarkaan ajang Jakarta Fair. Setelah itu, Ibu Liana pun melanjutkan pemaparannya dengan memberikan pembahasan yang mendalam dan menyeluruh terhadap event Jakarta Fair yang telah diselenggarakan sejak tahun 1960. Ibu Liana pun selanjutnya memaparkan bahwa event Jakarta Fair ini merupakan event festival terbesar, terlengkap dan terlama se-Asia Tenggara. Setelah memberikan pemaparan yang menyeluruh mengenai event Jakarta Fair, Ibu Liana pun melanjutkan pemaparannya dengan memberikan analisis Marketing Mix (4P), SWOT Analysis, serta Strategi Komunikasi Pemasaran yang diimplementasikan oleh PT. Jakarta International Expo. Setelah itu, Ibu Liana pun mengemukakan bahwa meskipun telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, Asia, dan Dunia, pihak JIEXPO terus mengembangkan strategi pemasaran (marketing) nya dari tahun ke tahun, guna mengatasi berbagai macam ancaman (Threats) yang berpotensi mengancam eksistensi ataupun status Jakarta Fair sebagai salah satu event terbesar di Asia Tenggara dan dunia.
Setelah selesai memberikan pemaparan mengenai strategi dan rahasia marketing dari kesuksesan ajang Jakarta Fair, acara pun selanjutnya dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara ibu Liana dengan mahasiswa selaku peserta pada kegiatan Kuliah Umum kali ini.
Secara umum, kegiatan Kuliah Umum ini pun berlangsung dengan lancar, dimana, seluruh peserta seminar pelatihan ini secara antusias mengikuti dan berpartisipasi di dalam kegiatan Kuliah Umum kali ini.