Pada Sabtu, 16 November 2024 Program Studi Manajemen mengadakan Kuliah Umum yang bertema “Driving Social Commerce Through Compelling Content.” Kegiatan ini berlangsung di The UBM Lecture Hall, Lantai 5 Alfa Tower, dari pukul 11.30 hingga 15.10 WIB yang diikuti bagi mahasiswa semester V yang menempuh mata kuliah MNH18 (Retail Operations) kelas 5PMN51E = 30 orang dan mata kuliah MNH06 (Pemasaran Retail) 5PMN51D = 42 orang, dengan total sebanyak 72 mahasiswa dan didampingi dosen pengampu, Ibu Grace Putlia, S.E., M.M., dan Bapak Eddy Supardi, B.Sc., M.B.A.
Kuliah umum ini mengundang Bapak Stefanus Jemianus Lepa, selaku General Manager of Retail Operations dan sebagai narasumber pada kuliah umum kali ini, dengan didampingi oleh moderator Bapak Budi Christanto, S.E. B.Bus. M.M. yang merupakan Dosen Program Studi Manajemen.
Acara dibuka oleh MC, Ellen Sandria, mahasiswa aktif program studi manajemen. Diawali dengan membacakan tata tertib selama berlangsungnya acara, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UBM. Setelahnya ada pula kata sambutan dari Ibu Dr. Ika Pratiwi Simbolon, S.E., M.M selaku Sekretaris Program Studi Manajemen. Acara dimulai dengan pengenalan moderator oleh MC, dan dilanjutkan dengan pengenalan narasumber oleh moderator.
Kuliah umum kali ini membahas tentang pentingnya “Driving Social Commerce Through Compelling Content” mahasiswa/i diajak untuk memahami tentang bagaimana media sosial dapat dimanfaatkan sebagai alat perdagangan melalui strategi pemasaran konten yang menarik. Dengan mengenali tren pasar, memahami kebutuhan audiens, serta mengembangkan keterampilan dalam menciptakan konten yang relevan dan kreatif, mahasiswa/i diharapkan mampu meningkatkan interaksi, membangun kepercayaan konsumen, dan mendorong keputusan pembelian yang lebih efektif
Para peserta mudah memahami materi yang disampaikan karena diberikan contoh berupa kasus nyata yang relevan dari pengalaman narasumber. Tidak lupa juga dengan sesi Q&A yang berjalan dengan sangat lancar karena peserta tidak hanya mendengarkan, namun juga aktif dalam bertanya, sehingga menciptakan diskusi yang interaktif, selain itu kecakapan narasumber yang mampu menjawab pertanyaan peserta dengan detail dan mudah dipahami, dan juga moderator yang memandu sesi dengan baik.
Sebelum penutupan acara, Token of Appreciation diberikan kepada narasumber dan moderator. Penyerahan dilakukan oleh Bapak Budi Christanto, S.E., B.Bus., M.M. dan perwakilan mahasiswa, Jason Hendry sebagai Perwakilan Himpunan Mahasiswa XCM. sebagai bentuk apresiasi sudah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi ilmu, dan menjadi komponen penting dalam kuliah umum kali ini. Setelah itu, acara kuliah umum kali ini ditutup dengan dokumentasi bersama dan penutupan oleh MC.
Secara keseluruhan, acara Kuliah Umum “Driving Social Commerce Through Compelling Content” berjalan lancar dengan antusiasme dari setiap peserta yang terlihat selama acara berlangsung. Kami berterima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung keberlangsungan dan kesuksesan acara. Semoga kuliah umum yang akan datang dapat menjadi lebih baik dan mampu menjadikan acara ini sebagai titik acuan untuk kesuksesan kuliah umum selanjutnya.