Oleh Christie Carmelia (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)
Tangerang Selatan, 2 Maret 2019 – Di era yang semakin modern, tidak dipungkiri perkembangan teknologi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya ekonomi. Perekonomian dunia, khususnya negara berkembang seperti Indonesia sedang mengalami transisi dari era tradisional ke era digital.
Dalam masa transisi ini, muncul istilah Marketing 4.0 yang dibahas lebih mendalam pada seminar mahasiswa Sabtu, 9 Maret 2019 oleh Daniel Hermansyah dan Aland Sindhuarta dari Dreambox Branding Consultant. Dengan mengusung tema “Development of Marketing Through Technology”, kegiatan yang diselenggarakan di The UBM Lecture Hall ini membahas mengenai strategi pemasaran baru di era digital dan dampak yang ditimbulkan bagi perubahan pasar. Tak ketinggalan, Managing Director of Dreambox Branding Consultant, Daniel Hermansyah, juga memotivasi dan mengajarkan para mahasiswa yang hadir untuk berinovasi di era digital ini.
Marketing 4.0 merupakan strategi pemasaran baru yang menggabungkan antara interaksi offline dan online yang bertujuan untuk mendapat advokasi dari konsumen. Hal ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa yang merupakan generasi millennials untuk dapat memanfaatkan perubahan teknologi dalam strategi marketing.
Melalui seminar ini, mahasiswa belajar bagaimana langkah untuk dapat berinovasi di era digital dengan memahami perubahan customer path dari 4A menjadi 5A dan juga menciptakan branding dengan konten yang up to date menggunakan berbagai platform media sosial. Diharapkan mahasiswa generasi millennials menjadi generasi yang mandiri dan inovatif dengan menciptakan peluang-peluang usaha yang menjanjikan di era digital saat ini. (CC)