TENTUKAN MASA DEPANMU DARI SEKARANG!

Oleh Hana Naftali (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang Selatan, 9 Maret 2019 – Semester genap sudah hampir berlalu, beberapa bulan lagi mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2017 sudah harus menentukan peminatannya antara Broadcasting atau Public Relations. Tentu bukan suatu hal yang mudah karena peminatan ini akan sangat mempengaruhi masa depan di dunia kerja nanti. Melihat hal itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (COMRADE) Universitas Bunda Mulia kampus Serpong mengadakan kegiatan Konsultasi Peminatan dengan mengangkat tema “Bijak Dalam Melangkah” yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pekerjaan di masing-masing peminatan sehingga mahasiswa sudah dapat menentukan peminatannya mulai dari sekarang.

dd

Kegiatan yang diadakan di R501 dan R502 ini dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi semester 4 yang akan menentukan peminatan di semester 5. Alumni mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia turut hadir untuk membagikan pengalaman mereka selama belajar di kampus hingga pengalaman mereka di dunia kerja. Beberapa alumni yang hadir adalah Sherly Pertiaz dan Erik Setyawan yang sudah bekerja di bidang broadcasting, serta Herline Septia dan Lydia Natalia yang sudah bekerja di bidang public relations. Selain membagikan pengalaman mereka di dunia kerja, para almni yang hadir juga membuka sesi tanya jawab kepada mahasiswa yang masih bimbang dalam menentukan peminatan.

f

Broadcasting dan Public Relations merupakan peminatan yang sama menariknya, sama menyenangkannya, dan sama sulitnya, baiknya keputusan itu benar-benar datang dari passion diri sehingga pekerjaan itu dapat dinikmati. (HN)

KERJA NYATA WUJUDKAN GENERASI BERPRESTASI

Oleh Gabriela Priscila, Tahlia, dan  Natasha Richie (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2018)

Tangerang Selatan, 8 Maret 2019 – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (COMRADE) Universitas Bunda Mulia kampus Serpong mengadakan kegiatan Kunjungan Industri ke salah satu media ternama di Indonesia, yaitu Kompas dengan bertemakan “Kerja Nyata Wujudkan Generasi Berprestasi”. Lima puluh mahasiswa beruntung dari jurusan Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong angkatan 2018 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan pada Jumat (8/3) di Kantor Pusat Kompas Gramedia yang terletak di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat.

Kegiatan Kunjungan Industri kali ini menghadirkan narasumber utama yang menjabat sebagai Public Relations Officer dari Kompas Gramedia (Media), Zola Rehana, S.I.Kom. Para mahasiswa diberikan wawasan yang baru mengenai cara kerja media massa TV milik Kompas dengan mengunjungi studio terbesar di gedung Menara Kompas TV. Selain itu, para mahasiswa pun diberikan akses untuk melihat Master Control Room, ruangan yang digunakan untuk memonitor pada saat siaran berlangsung yang disebut  “Where the Magic Happens”, dan ruangan Wardrobe Room untuk merias para pengisi acara.

IMG_6448

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk membuka lebih banyak jendela wawasan para mahasiswa dengan memperlihatkan bagaimana sistem kerja media yang profesional. Tak hanya sampai disana, mahasiswa juga ikut serta pada program CSR Kompas Gramedia, #AkuBaca dengan menyumbangkan buku bacaan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Studio 2   MCR 1

Kompas Gramedia merupakan perusahaan media dengan slogan Independen dan Terpercaya. Melalui Kunjungan Industri ini, diharapkannpara mahasiswa dapat memperoleh berbagai informasi dan pengalaman edukatif tentang gambaran proses pengolahan informasi pada media hingga nantinya dapat disajikan kepada masyarakat. (TH/NR/GP)

Berinovasi di Era Digital

Oleh Christie Carmelia (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Seminar2

Tangerang Selatan, 2 Maret 2019 – Di era yang semakin modern, tidak dipungkiri  perkembangan teknologi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, salah satunya ekonomi. Perekonomian dunia, khususnya negara berkembang seperti Indonesia sedang mengalami transisi dari era tradisional ke era digital.

Dalam masa transisi ini, muncul istilah Marketing 4.0 yang dibahas lebih mendalam pada seminar mahasiswa Sabtu, 9 Maret 2019 oleh Daniel Hermansyah dan Aland Sindhuarta dari Dreambox Branding Consultant. Dengan mengusung tema “Development of Marketing Through Technology”, kegiatan yang diselenggarakan di The UBM Lecture Hall ini membahas mengenai strategi pemasaran baru di era digital dan dampak yang ditimbulkan bagi perubahan pasar. Tak ketinggalan, Managing Director of Dreambox Branding Consultant, Daniel Hermansyah, juga memotivasi dan mengajarkan para mahasiswa yang hadir untuk berinovasi di era digital ini.

Seminar

Marketing 4.0 merupakan strategi pemasaran baru yang menggabungkan antara interaksi offline dan online yang bertujuan untuk mendapat advokasi dari konsumen. Hal ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa yang merupakan generasi millennials untuk dapat memanfaatkan perubahan teknologi dalam strategi marketing.

WhatsApp Image 2019-03-13 at 8.22.29 AM

Melalui seminar ini, mahasiswa belajar bagaimana langkah untuk dapat berinovasi di era digital dengan memahami perubahan customer path dari 4A menjadi 5A dan juga menciptakan branding dengan konten yang up to date menggunakan berbagai platform media sosial. Diharapkan mahasiswa generasi millennials menjadi generasi yang mandiri dan inovatif dengan menciptakan peluang-peluang usaha yang menjanjikan di era digital saat ini. (CC)

Ingin Menjadi Seorang Pemimpin? “DO MORE AND BE THE LEADER”

Oleh Shelly Vanessa Gunawan (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang, 9 Februari 2019 – Himpunan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (COMRADE) Universitas Bunda Mulia Serpong mengadakan kegiatan Leadership Training for Comunication (LTC) yang bertemakan “Do More and Be The Leader”. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu (9/2) hingga Minggu (10/2)

ltcc

Kegiatan LTC yang diisi dengan seminar bertajuk “Leadership for Communication” dan Proses Manajemen Konflik ini menghadirkan beberapa narasumber sebagai pembicara yaitu, Job Lim Yudhi, S.I.Kom., M.Si dan Christina Tandaju, S.I.Kom.,M.Si. Selain itu, untuk menambah kerjasama diantara para peserta, kegiatan ini juga diramaikan dengan berbagai games yang menantang, dengan tingkat kesulitan dan cara bekerjasama yang berbeda-beda sehingga hal tersebut menuntut para peserta harus membuat strategi untuk memenangkan games tersebut.

Pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan ini diharapkan dapat dipahami dan diterapkan oleh para peserta yang terdiri dari para mahasiswa semester dua dalam kehidupan keseharian di kampus. Bahkan, tidak sampai disitu para peserta juga diharapkan dapat memberikan dan membagikan ilmu yang telah didapatkannya kepada masyarakat. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Pembina Comrade yang juga menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi, Patricia Robin yang menyatakan bahwa “LTC merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa, harapan dari kegiatan ini nantinya para peserta saat ini tidak saja mengimplementasikan apa saja yang sudah didapat dari kegiatan ini didalam kehidupan sehari-hari di kampus tetapi lebih jauh harapan saya para peserta juga dapat berkontribusi dan memberikan sumbangsihnya ke masyarakat” ujarnya ketika ditemui disela-sela pelaksanaan LTC.  (SV)

Kerja Sama untuk Kualitas yang Lebih Baik

Oleh Denis Akita (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang, 8 Februari 2019 - Mahasiswa terkadang merasa kesulitan untuk menghadapi perkuliahan. Mungkin ada beberapa mata kuliah yang berat atau proses belajar mengajar yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Tugas yang sulit ditambah kegiatan diluar bidang akademik menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk melewati proses perkuliahan. Oleh sebab itu, mahasiswa membutuhkan pembimbing akademik untuk mengatasi masalah – masalah yang mungkin ditemui pada saat proses perkuliahan.

Seminar Pembimbing Akademik 2019 diadakan sebagai wujud nyata solusi tersebut. Seminar yang berlangsung di The UBM Lecture Hall ini membahas hal – hal yang berkaitan dengan program studi ilmu komunikasi. Diantara banyak hal yang dibahas seperti, tata cara peminjaman Lab TV dan Club – Club yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi diumumkan juga pembagian dosen Pembimbing Akademik (PA). Keberadaan PA ini diharapkan dapat  memberikan solusi dan mengarahkan potensi terbaik dari mahasiswa yang menghadapi beberapa kendala.

Segala macam hal dapat didiskusikan, mulai dari gaya mengajar dosen sampai dengan materi – materi yang sulit kita cerna. Diskusi diharapkan membuat para mahasiswa menemukan gaya belajar yang efektif untuk mengeluarkan potensi terbaik yang mereka miliki sesuai dengan penjurusan yang mereka pilih.

Suasana dalam seminar ini sendiri dapat dikatakan hidup dan seru, terlihat dari banyaknya mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang menyempatkan diri mengikuti seminar. Acara berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Mahasiswa juga sangat antusias, Banyak tangan yang terangkat untuk bertanya dan menggali informasi lebih dalam lagi mengenai hal – hal yang sudah disampaikan. Tanya Jawab juga berlangsung sangat dinamis karena jawaban – jawaban dari para dosen juga sangat informatif dan mudah dipahami.

Harapan kedepannya, dengan adanya seminar dan Pembimbing Akademik ini, mahasiswa dapat kembali terpicu untuk lebih giat lagi dalam menghadapi perkuliahan terutama dalam masalah akademik. Kedekatan diantara mahasiswa dan dosen juga diharapkan bisa terjalin lebih dekat lagi. Hal ini juga berfungsi untuk terwujudnya kegiatan belajar mengajar yang baik dan disenangi baik para dosen ataupun mahasiswa. Bersama – sama membangun kualitas pendidikan yang lebih baik adalah inti dari adanya hubungan Pembimbing – Mahasiswa ini. (DA)

We Learn then We Share

Oleh Christie Carmelia (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang Selatan, 15 Desember 2018 – Pada Sabtu (8/12) Himpunan Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi (COMRADE) melaksanakan kegiatan sharing komunikasi dengan tema “we learn then we share”. Kegiatan yang diketuai oleh Geraldo Valentino ini dilaksanakan di salah satu panti asuhan daerah BSD, yaitu Panti Asuhan Mekar Lestari.

yaya

Sharing komunikasi yang dilakukan COMRADE bertujuan untuk memberikan dan membagikan ilmu tentang komunikasi yang telah didapatkan oleh para anggota semasa perkuliahan kepada anak-anak disana agar mereka mengenal dan mengetahui tentang komunikasi, seperti bagaimana cara berkomunikasi yang efektif menggunakan pesan verbal dan nonverbal. Kegiatan sharing ini dilakukan dengan membagi anak-anak ke dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan umur dan tingkat pendidikan mereka serta disajikan juga dengan melakukan berbagai games yang berhubungan dengan materi komunikasi agar kegiatan sharing tidak membosankan.

yaaaa

Dengan dilakukannya kegiatan ini, COMRADE ingin menyatakan kepedulian mereka terhadap pengetahuan anak-anak panti asuhan Mekar Lestari, terutama pengetahuan mengenai komunikasi. Selain itu, kepedulian COMRADE juga disalurkan dengan berbagi bahan-bahan pokok yang dibutuhkan oleh anak-anak panti tersebut serta diharapkan kunjungan COMRADE ke panti asuhan Mekar Lestari dapat menghibur dan mengisi kekosongan anak-anak disana yang sedari kecil tidak mengetahui orang tua mereka. (CC)

 

Belajar Masak? Ikut Cooking Class Aja!

Oleh Shania (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

 

Tangerang Selatan, 14 Desember 2018 - Chef Marinka yang dikenal sebagai salah satu chef handal di Indonesia, memberikan ilmunya kepada mahasiswa Universitas Bunda Mulia dari program studi Hospitality dan Pariwisata (Hospar) pada hari Senin (3/12) di kegiatan Cooking Class. Kegiatan yang diadakan oleh prodi Hospar ini memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk belajar mengolah ikan kakap putih langsung dari ahlinya, yaitu Chef Marinka.

chef marinka

“Seru-seru aja dan oke-oke aja. Semuanya pada semangat hidup dan semangat untuk belajar sih,” ucapnya Chef  Marinka ketika ditanya kesan dam pesan selama mengajar Mahasiswa UBM.

Selain itu, melihat kemampuan para mahasiswa dalam memasak, Chef Marinka mengatakan bahwa mereka semua sebenarnya memiliki potensi yang mumpuni. Akan tetapi itu semua kembali kepada usaha mereka masing-masing apakah mau dilatih terus menerus atau tidak

Para mahasiswa prodi Hospar yang mengikuti kegiatan ini juga merasa bahwa kehadiran Chef Marinka di acara Cooking Class membawa dampak yang positif serta memberikan mereka pengetahuan dan ilmu yang baru sehingga menambah wawasan mereka dalam memasak.

“Banyak ilmu baru yang didapat terutama dibagian teknik cara pembuatan saos yang basic.” ungkap Ricky, salah satu mahasiswa Universitas Bunda Mulia jurusan Hospitality dan Pariwisata. Ia juga mengungkapkan bahwa acara Cooking Class seperti ini juga menambah pengetahuan, khususnya bagi mahasiswa baru semester awal sehingga mereka bisa mengetahui teknik memasak masakan yang tepat itu seperti apa.

chef marinka 2    chef marinka 3

Dengan diadakannya Cooking Class ini para mahasiswa berharap kedepannya dapat dilangsungkan lebih sering lagi untuk menambah pengetahuan dan juga menambah minat bakat mereka. Ditunggu kedatangan selanjutnya, Chef! (SH/NW)

Perkembangan Teknologi Dalam Organisasi Dulu, Kini dan Nanti..

Oleh Claudia Bella Yosa (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang Selatan, 28 November 2018 – Teknologi itu ada untuk membantu manusia melakukan pekerjaan. Teknologi itu ada untuk mendekatkan yang jauh dan memudahkan yang sukar. Tidak pernah lepas dari genggaman, tapi juga kadang menjadi momok dalam pergaulan. Lantas bagaimana keberadaan teknologi dalam kehidupan organisasi?

ku3

Nino Budiyanto., S.H., Training and Government Relation Managers berbagi pengalaman dan ilmunya dalam organisasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata, MRA Broadcast Media dalam sebuah seminar di Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong, dengan tema bertajuk “Pengaruh Teknologi Informasi Dalam Perubahan Landscape Komunikasi Organisasi”. 125 anak berkumpul untuk mendengarkan pemaparan tersebut, hingga bertanya dan bermain peran dengan Nino.

Perkembangan teknologi boleh merajalela tetapi kunci utama keberhasilan organisasi adalah terjalinnya komunikasi efektif, baik relasi dengan pihak internal ataupun eksternal perusahaan. Menurut beliau, kadang hal ini menjadi sulit manakala adanya pihak lintas generasi yang berbeda budaya dalam berbicara, bertindak dan berperilaku. Apabila kita menjadi individu cuek dan sekedar kerja dalam lingkungan tegang demikian, tujuan organisasi dipastikan tidak akan tercapai. Lain halnya dengan komunikasi yang bisa menjembatani perbedaan kubu lintas generasi dalam memaksimalkan keberadaan teknologi.

Dalam memberikan materi, Nino selalu mengkaitkan dengan dunia kerja di radio sehingga Mahasiswa tahu keadaan sesungguhnya di lapangan. Besar harapan bahwa dengan kegiatan ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM dapat meningkatkan skill komunikasi ketika berorganisasi atau terjun ke dunia kerja. Selain itu, mahasiswa mempunyai pemahaman yang lebih luas mengenai perkembangan teknologi informasi yang ternyata bukan ‘media hiburan’ atau ‘mesin pencari informasi’ semata, namun juga senjata utama untuk berkarya dan mampu bersaing di era kini. (CL)

ku2

Studi Banding dengan Universitas Terbaik di Jakarta, Siapa Takut?!

Oleh Shelly Vanessa Gunawan (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang, 13 November 2018 – Himpunan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (COMRADE) Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong mengadakan kegiatan studi banding ke Universitas Indonesia (UI) Fakultas Ilmu sosial dan Politik dengan tema “Berorganisasi Sambil Membangun Relasi” pada Selasa (13/11). Dalam kegiatan ini anggota COMRADE berkesempatan untuk mempelajari secara langsung bagaimana cara kerja organisasi di perguruan tinggi negeri UI khsusnya fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

UI2

Sesuai dengan tema yang diusung, COMRADE berusaha mempelajari dan membandingkan perbedaan yang terdapat dalam cara kerja organisasi antara perguruan tinggi swasta dengan perguruan tinggi negeri. Kegiatan ini berlangsung dengan perkenalan singkat mengenai kampus dan himpunan mahasiswa dari setiap kampus serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar himpunan. Selain itu, melalui kegiatan ini juga COMRADE bertujuan untuk membangun dan memperluas relasi mereka dengan himpunan mahasiswa kampus lain, salah satunya dengan HMIK FISIP UI.

UI3

Diharapkan melalui kegiatan studi banding ini setiap anggota COMRADE lebih berkembang dan dapat menerapkan hal-hal baru dalam menjalankan tugasnya, seperti menjadi lebih bertanggungjawab, disiplin dan bisa bekerjasama dalam tim. Dengan apa yang didapatkan, COMRADE diharapkan juga dapat menjadi himpunan mahasiswa yang memiliki kohesivitas tinggi, serta dapat mengatasi dan menyelesaikan setiap kendala yang dihadapi dengan tepat. (SV)

 

BELUM LULUS SD SUDAH JADI JURNALIS? MENGAPA TIDAK!

Oleh Hana Naftali (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2017)

Tangerang Selatan, 3 November 2018 – Jurnalistik? Kegiatan mencari, meliput, sampai menayangkan sebuah berita sampai kepada masyarakat. Hal ini tidak lepas dari keberadaan para jurnalis handal yang siap berhadapan dengan segala situasi dan kondisi. Lantas bagaimana bila siswa Sekolah Dasar menjadi seorang jurnalis?

Jurnalis 3

Ya! Mengusung tema ‘Mengenal Jurnalisme Sejak Dini’ Dosen Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SDN 05 Pondok Jagung Tangerang Selatan. 30 siswa Kelas 6 SD merasakan pengalaman menarik manakala mendapatkan materi pengajaran sekaligus dimentori langsung menulis berita singkat dan membacakan di depan kamera layaknya seorang reporter. Antusiasme ketika bekerja sama dalam sebuah kelompok, ditambah rasa malu dan penasaran ketika tampil di hadapan lensa kamera terpancar dari wajah para siswa.

Jurnalis

Jurnalis 4

Materi jurnalisme dasar dan foto jurnalistik dibawakan oleh Nicodemus Koli, S.Fil., M.I.Kom dan Ignatius Liliek Senaharjanta, S.Sn., M.I.Kom. Tidak ketinggalan, dua mentor yang menggawangi jalannya role play yaitu Patricia Robin, S.I.Kom., M.I.Kom., dan Nico Setiawan Susilo, S.I.Kom., MFA. membuat acara yang dilaksanakan pada Sabtu ceria ini semakin marak. Mendapatkan ilmu, berbagi pengalaman dan bermain bersama juga dilakukan dengan tidak terlepas dari partisipasi aktif perwakilan Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang menjadi pemandu acara dan games dengan ragam hadiah yang sangat menarik. (HN)