Partisipasi UBM dalam Pameran Produk Lokal “Hebat Urban Community”

Oleh Gabriela Priscila dan Tesalonika Hasugian (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong) – Pada hari Sabtu, 29 Februari 2020, 11 perwakilan Mahasiswa Universitas Bunda Mulia Program Studi Ilmu Komunikasi hadir dalam acara yang diselenggarakan Hebat Urban Community di The Breeze, BSD City.

Acara ini dimeriahkan oleh Kaesang Pangarep (founder Hebat), Ansari Kadir (Chief Marketing Officer Hebat), Rani Wijaya (Senior MarCom Manager Alfamart), Dhony Rahajoe (Managing Director President Office Sinar Mas Land), dan Elmeirillia Lonna (Head of Central Resources-Corporate Communications Astra).

Sepanjang acara, Hebat Urban Community menyuguhkan rangkaian sharing session dengan para founder brand lokal ternama, seperti Kaesang Pangarep, Ansari Kadir, Donny Pramono le (Founder & CEO Sour Sally Group), Putra Dwi Karunia (CO Founder Brodo Shoes), dan beberapa pemilik usaha lainnya.

WhatsApp Image 2020-03-04 at 9.36.11 PM (1)

Acara ini merupakan ajang showcase produk-produk lokal yang menghadirkan beragam booth produk-produk dalam negeri. Hebat mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mendorong anak-anak muda untuk ikut mencintai produk-produk tersebut.

Hebat ingin produk lokal bukan hanya menjadi kesukaan, tetapi menjadi gaya hidup anak muda dan milenials. Hebat juga mendorong anak-anak milenial untuk memunculkan inovasi-inovasi dan melahirkan brand-brand lokal sendiri.

WhatsApp Image 2020-03-04 at 9.36.11 PM

Seminar Journalism 4.0: Ungkap Rahasia Media Online

Oleh Christofel Lukas (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2018) – Jumat, 28 Februari 2020, Club JournalIsMe (JIM) Kampus Serpong menyelenggarakan seminar bertajuk ‘Journalism 4.0: Sharing Session‘ di Laboratorium Radio Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong. Seminar ini diselenggarakan bagi anggota aktif Club JIM, agar para anggota dapat mengasah kemampuan menjadi jurnalis, khususnya yang berkecimpung dalam media online.

WhatsApp Image 2020-03-03 at 12.37.52 PM

Hadir sebagai speaker dalam acara, Travel Editor media online ‘Kumparan’, Aria Sankhyaadi membagikan Tips and Trick bagi para anggota terkait membuat artikel yang cocok untuk dipublikasikan di media online. Beliau juga membagikan sekumpulan ‘rahasia’ terkait bagaimana suatu artikel dapat diterima dan disebarluaskan oleh Media Online. Mulai dari mengulas topik berita yang sedang hangat (Trending Topic),  mengangkat tema artikel yang unik (Uniqueness), membuat artikel dalam bentuk daftar (Listical), hingga mengoptimalkan penggunaan kata kunci dalam judul agar muncul paling atas ketika dicari pembaca di search engine (Search Engine Optimization). Acara juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing Club JIM Kampus Serpong, Liliek Senaharjanta dan Plt. Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi, Patricia Robin.

3

Sang pembicara, Aria Sankhyaadi juga mengingatkan bahwa jurnalis harus pintar mencari topik dan narasumber, karena terkadang topik yang terlihat ‘aneh’ dapat menjadi bahan artikel yang unik. Jurnalis juga harus memperhatikan jam publikasi artikel, karena media online paling banyak diakses pengguna ketika pagi hari, jam makan siang, dan tengah malam. Ketika ditanya tentang akun media sosial dapat menjadi media online atau tidak, beliau menyarankan agar anggota untuk tidak meremehkan akun media sosial karena seringkali mereka berperan sebagai acuan bagi media online dalam memilih jenis dan topik berita apa yang layak dipublikasikan.

5

1

Cengkraman Duo Dewi UBM di Kancah Nasional

WhatsApp Image 2020-02-27 at 11.32.34

Jakarta, UBM News – Universitas Bunda Mulia (UBM) kembali menunjukan mental pemenangnya lewat keberhasilan dua mahasiswi aktif UBM yaitu, Maria Halita Dira Mareti dan Jocelline wijaya. Lewat lomba COMPRESS 2020 yang merupakan acara tahunan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Dira dan Jocelline mampu meraih masing-masing juara satu dan juara 3.

Lomba yang diadakan dari tanggal 3-7 Februari ini mempunyai banyak kategori yaitu podcasting, penulisan artikel dan news reporting, pada kategori News Reporting inilah kedua jagoan UBM mampu menyabet 2 status juara.

Bukanlah hal yang mudah untuk menaiki podium, Dira dan Jocelline harus melawan sembilan orang lainnya. Butuh kecakapan dan skill komunikasi yang sangat baik agar mampu menyingkirkan peserta lainnya.

“Tidak mudah memang untuk mengikuti lomba ini, peserta dari universitas lain terlihat siap kala mengikuti lomba ini. Namun aku percaya ilmu yang sudah aku pelajari di NCC (News Caster Club) UBM mampu membawa aku tampil lebih baik, dan dengan mendapatkan juara 3 membuat aku ingin belajar terus menerus untuk melatih kemampuan dalam dunia presenting.” Papar Jocelline.

Tidak lupa juga dengan prestasi yang diukir oleh Maria Dira, kala berhasil memboyong juara 1 dalam kategori News Reporting. Dira juga mengungkapkan harapannya bagi anggota-anggota penerus di NCC.

“Semoga dari perwakilan NCC bisa membawa nama baik dan membanggakan UBM untuk lomba-lomba selanjutnya.” Dira mengatakan dengan penuh semangat.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil, kalimat ini tampak cocok untuk menggambarkan kemenangan dari duo dewi UBM. Untuk persiapan lomba, Dira dan Jocelline telah memfokuskan diri dari dua minggu sebelum acara dan tidak pernah membolos latihan di NCC.

Kemenangan ini bukanlah keberuntungan semata namun merupakan buah dari kerja keras yang sudah dipersiapkan secara matang. Buktinya Dira dan Jocelline bisa tampil percaya diri dan minim kesalahan.

Ketujuh klub UBM lagi-lagi semakin di depan dengan terus mencetak juara dalam lomba-lomba yang diikutinya,  kualitas manusia yang ditempa oleh masing-masing klub terus bersinar seiring waktu. (Leon Wilson Andersson/Alv)

Dosen Komunikasi Universitas Bunda Mulia Siap Sambut Era 5.0

Oleh Firany Yunia ( Mahaiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong 2018 ) – Universitas Bunda Mulia (UBM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta Unggulan di Indonesia. Sebagai institusi pendidikan, tenaga pengajar atau dosen harus memiliki tanggung jawab dalam membawa bendera UBM ke kancah akademis nasional maupun internasional.

Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong, Patricia Robin S. I.Kom. M. I.Kom. mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan penelitian dalam 1st Dinasti International Conference on Digital Business and Management  ( DICDBM 2020 ) di Papandayan Hotel – Bandung, Kamis (20/2/2020). DICDBM 2020 ini mengusung tema “The New Face of Business and Management: Innovation in Practice era 5.0Tujuan dari Konferensi ini adalah untuk mempertemukan para peneliti, praktisi, maupun pembuat kebijakan untuk membahas masalah serta mencari solusi apakah yang cocok untuk menyambut penelitian bisnis di era 5.0

WhatsApp Image 2020-02-24 at 5.26.53 PM

Patricia Robin mengusung tema “The Struggle of Human Rights Diplomacy of Indonesian Citizens Death Penalty in Asia Countries“ yang di presentasikan di dalam konferensi DICDBM 2020, ia menjelaskan bahwa hubungan Indonesia dengan negara asing tidak semata-mata membahas ekonomi, bisnis, pariwisata tetapi lebih dari itu, setiap negara  perlu untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia.

 “Tentu yang didapatkan adalah pengalaman baru yang menyenangkan dikarenakan dalam konferensi ini saya dapat bertemu dengan banyak akademisi lintas ilmu” tutur Patricia Robin usai mengikuti konferensi internasional tersebut.

3

 

Belajar Komunikasi Bisnis Langsung dari Pakarnya

IMG-20200202-WA0019

Pada hari Sabtu, 1 Febuari 2020 Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia mengadakan acara Kuliah Umum dengan topik Strategi Komunikasi Bisnis Dengan Media Online Membangun Moment Of Truth Pelanggan. Acara ini untuk memperdalam materi kuliah Komunikasi Bisnis yang diadakan bagi mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi Peminatan Marketing Communication semester 6 dan 8.

Pembicaranya adalah Bapak Drs. Koerniawan Hidajat., M,SI selaku Owner PT. Global Indonesia Consulting, dan Bapak Marcel Sanca selaku Marketing dari BliBli.com, dengan moderator Ibu Henilia Yulita SE.,MM.,M.Ikom selaku dosen Ilmu Komunikasi.

IMG-20200202-WA0014

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Teguh Hidayat Rahmat S.Ikom, M.SI, MA selaku perwakilan kepala program studi Universitas Bunda Mulia dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Bapak Drs. Koerniawan Hidajat.,M,SI dan Bapak Macel Sanca. Mereka memperkenalkan mahasiswa dengan bentuk-bentuk komunikasi bisnis yang terjadi di dunia pekerjaan, seperti: komunikasi dalam meeting,negosiasi dengan klien, ataupun membangun hubungan dengan pihak dalam dan luar perusahaan.

Selain itu, untuk mencapai tujuan perusahaan, setiap anggota perusahaan  harus berjuang dan  kerap membutuhkan pengorbanan agar tujuan perusahaan yang diinginkan dapat segera tercapai. Dalam hal ini   model komunikasi menjadi hal yang sangat penting, terutama melalui media online yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi internet.

IMG-20200202-WA0012

Setelah sesi tanya jawab selesai, sertifikat untuk Pembicara dan Moderator diserahkan oleh Bapak Kho Gerson Ralph Marvel BA,,M.Ikom. Sebagai penutup acara, seluruh peserta, panitia  dan para dosen Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia berfoto bersama dengan Nara Sumber.

UBM, Bridging education to the real world!!!

SMART LEADER SMART GENERATION

Oleh Lidya Verisca (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2018) Masa kepengurusan Himpunan Mahasiswa yaitu Comrade 2019 akan segera berakhir, dan tibalah saat bagi Anggota Comrade mencari pengganti demi mengisi dan meneruskan kepengurusan. Leadership Training Communication (LTC) persembahan Comrade mempersembahkannya bagi Mahasiswa/i Angkatan 2019.

Acara LTC yang bertema Smart Leader Smart Generation ini dilaksanakan 3 hari 2 malam pada tanggal 7 – 9 Februari 2020 dan berlangsung di Pasadena Village & Outbond, Puncak. LTC sendiri dilaksanakan untuk melatih mereka menjadi pemimpin yang akan menjadi penerus Comrade. Ketahanan mental dan keluasan pengetahuan dibina dalam acara ini.

“Kegiatan LTC ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan serta tanggung jawab para peserta agar dapat menjadi pemimpin yang baik,” jelas Tahlia, salah satu panitia LTC 2020.

Hari pertama dilakukan perkenalan terlebih dahulu satu sama lain, lalu keesokkan hari nya dilengkapi dengan games per kelompok yang dimana menguji kekompakkan para peserta, tak lupa juga diberikan beberapa bekal pengetahuan yang di presentasikan oleh panitia, selain kegiatan tersebut di hari terakhir terdapat penerimaan penghargaan untuk para peserta maupun panitia.

WhatsApp Image 2020-02-10 at 3.20.17 PM

LTC kali ini juga di hadiri oleh 2 Dosen yaitu Miss Christina serta Pak Ignasius Liliek, meskipun turun hujan beberapa kali saat acara berlangsung tetapi semuanya tetap berjalan dengan lancar sampai di hari terakhir LTC dilaksanakan. Para peserta LTC 2020 pun sangat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian acara yang sudah disiapkan Comrade, sehingga dapat menyerap setiap informasi dan pembelajaran yang diberikan oleh panitia dengan baik.

WhatsApp Image 2020-02-10 at 3.20.16 PM

“Komunikasi antar kelompoknya sangat diuji sekali dimana ada prinsip, satu kena otomatis satu kelompok kena semua kak, ada juga games outbond yang dilatih keberanian kita untuk speak up dan teliti terhadap sesuatu, kemarin juga dibawain presentasi yang ga hanya  presentasi biasa, tapi kita disana juga melakukan tes kepribadian MBTI untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang.” Ucap Tesalonika Hasugian, salah satu mahasiswi ilmu komunikasi, angkatan 2020 usai mengikuti kegiatan LTC 2020.

WhatsApp Image 2020-02-10 at 3.20.16 PM (1)

Motivasi Gemilang ala Kaesang

Oleh Tahlia (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong Angkatan 2018) – Jumat, 31 Januari 2020 Universitas Bunda Mulia kedatangan tamu yang spesial yaitu Kaesang Pangarep, Founder PT Harapan Bangsa Kita (HEBAT) pada pukul 07.30 WIB, dengan tema “Generasi Kampus HEBAT”.

Dalam kegiatan seminar tersebut, Kaesang membagikan motivasi kepada mahasiswa dan mahasiswi UBM untuk mulai membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain motivasi, Ia juga membagikan pengalaman serta tips dalam merintis bisnis pertamanya yaitu Sang Pisang, dan mengajak para mahasiswa yang sudah mulai membuka bisnis kecil untuk ikut bergabung dengan HEBAT.

HEBAT merupakan sebuah program yang diciptakan oleh Kaesang dengan tujuan untuk membantu pembisnis UMKM agar dapat menciptakan produk dan lapangan kerja baru. Nantinya para pembisnis yang ikut tergabung dalam program ini akan diberikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas bisnisnya, pelatihan dalam mengelola hingga memasarkan produk, serta mendapatkan bantuan modal.

WhatsApp Image 2020-01-31 at 7.05.36 PM (1)

Saat ini, Anak ke-3 dari Presiden Joko Widodo ini lebih dikenal sebagai salah satu pembisnis muda yang telah berhasil meraih sukses. Ia menjelaskan tujuannya masuk ke dunia bisnis adalah untuk mencari uang. “Cuan adalah jalan ninja saya”, kata Kaesang saat menceritakan pengalaman berbisnisnya yang menghasilkan uang. Ia juga menjelaskan bahwa salah satu caranya mengumpulkan modal usaha adalah dengan menabung.

Kegiatan seminar yang dibuka dengan penampilan menarik dari UKM tari tradisional serta robotic dance ini berjalan dengan sangat lancar dan disambut baik oleh para peserta seminar. Pembawaan materi yang dibawakan oleh Kaesang sangat menghibur dan cocok untuk anak muda, sehingga meningkatkan antusiasme mahasiswa Universitas Bunda Mulia.

“Seminar tadi cocok sih untuk generasi milenial, karena dapat menginspirasi dan memotivasi kita sebagai mahasiswa yang ingin punya usaha sendiri. Kita juga bisa dapat informasi dan belajar bagaimana cara membangun usaha dari modal sendiri”, pesan Edy Chiang, mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UBM Kampus Serpong, angkatan 2017 yang mengikuti serangkaian acara tersebut.

WhatsApp Image 2020-01-31 at 7.05.36 PM

 

UBM dalam Kupas Tuntas Polemik Omnibus Law

WhatsApp Image 2020-02-03 at 13.02.28

Belasan mahasiswa program studi ilmu komunikasi Universitas Bunda Mulia (UBM) Ancol didampingi oleh Dosen UBM Lim Yudhi, S. I. Kom, M. I. Kom. menghadiri program acara Kupas Tuntas yang ditayangkan di CNN Indonesia pada Jumat (31/01). Dengan tema 100 hari Jokowi-Ma’ruf: Dari Investasi sampai Omnibus Law, mahasiswa UBM diajak berpikir kritis mengenai fungsi dan kegunaan Omnibus Law yang diklaim dapat memperkuat jantung indonesia yaitu sektor ekonomi.

Bersama MC dan moderator Budi Adiputro dan lima narasumber di antaranya Staf Presiden, Wakil Ketua Komisi 11 DPR RI, perwakilan dari pengusaha Ketua Kebijakan Publik Apindo, Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia, dan ekonom senior turut memberikan pendapat terkait dengan Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang nyatanya menimbulkan polemik.

WhatsApp Image 2020-02-03 at 13.02.29

Omnibus law cipta lapangan kerja memiliki tujuan utama yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi indonesia dengan cara penyederhanaan dan menghapus sejumlah undang-undang yang kontra produktif dan menjadikan UU yang ramah iklim investasi. Akan tetapi beberapa poin poin dari Omnibus law justru menimbulkan kekhawatiran yang disampaikan masyarakat sipil yang ditunjukan dengan unjuk rasa yang dilakukan para buruh. Hal ini dikarenakan undang-undang pada Omnibus law dianggap masyarakat dapat meningkatkan ketidakpastian terutama bagi pengusaha dan pekerja.

Berbagai pendapat disampaikan oleh narsumber dalam menjawab kegelisahan masyarakat terhadap omnibus law. Namun Tak hanya narasumber, penonton yaitu mahasiswa turut dilibatkan dalam diskusi dan diberikan kesempatan untuk bertanya, sekaligus menjadi segmen penutup dari acara Kupas Tuntas malam itu. (Richca Davine/Alv)

Ruki UBM Unjuk Gigi di Kompetisi Menulis Level Nasional

wesi

Jakarta, (UBM News) – Prestasi kembali diraih oleh salah satu mahasiswa smester 1 Universitas bunda Mulia oleh Wesiana Tirta mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dalam ajang cipta cerpen tingkat Nasional yang di selenggarakan oleh Jejak Publisher bersama  Antariksa yang menggangkat tema “Break Your Limit. Lomba ini mengumumkan Wesiana sebagai 50 cerpen yang terpilih yang karya tulisnya akan dibukukan.

Wesiana yang memang memiliki hobi menulis, yang biasanya hanya menulis di Wattpad memulai peruntunganya dikanca Nasional dalam lomba perdananya langsung tidak mengecewakan dengan berbagai hadiah dan penghargaan yang diterimanya dengan judul cerpenya yaitu “Terunduk Sahabat Terbaikku”.

Cerita yang menggangkat tentang seseorang yang senang melakukan self harm  dengan bantuan sahabat terbaiknya hingga lepas dari kebiasaan itu, tokoh yang menggunakan nama “Jun” dan “Chen” yang unisex sehingga para pembaca bisa merasakan laki-laki maupun perempuan. Cerpen ini dibuat dengan tujuan untuk para pembaca yang sering melakukan self harm agar membuka mata mereka  mengetahui bahwa hal itu tidak baik, dan dengan menggunakan sudut pandang orang pertama membuat cerita yang diangkat lebih menarik dan misterius.

Awalnya Wesi sempat tidak percaya diri dalam mengikuti lomba tingkat Nasional ini namun dengan bakat memiliki kemampuan menulis serta dorongan dari salah satu senior dalam Club yang diikuti oleh Wesiana (Journalisme). Semua itu tidak sia-sia , dan pada tanggal 27 januari ini akan diberikan hadiahnya  di Event Antariksa.

Pengumuman keberhasilanya pada 21 Desember kemarin tidak membuatnya berbangga hati ungkapnya “pengen ngetes kemampuan nulisku udah sampe mana, pas awal mikir ga dapat penghargaan gapapa, kalo dapat bearti ya lumayan bagus la”. Membuat keberhasilan ini menjadi motivasi untuk kedepanya lebih baik lagi,tutur Wesi. (Kususanto/Alv)

Duta News Presenter UBM Kembali Harumkan Almamater

WhatsApp Image 2020-01-22 at 16.52.30

Jakarta, UBM News – Kembali mencetak prestasi gemilang, salah satu mahasiswa aktif UBM yakni, Chelsea Andriani sekali lagi menorehkan kebanggan dengan menyabet posisi juara pada kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Kalbis Institute.

Lomba Nasional News Presenter ini merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Kalbis Institute. Di tahun 2020 ini, peserta lomba yang diperkirakan mencapai angka lebih dari 30 orang dan dari berbagai universitas di Indonesia harus melewati beberapa tahapan. Mulai dari mengunggah video “LOT” di YouTube hingga menanti pengumuman lima besar di media sosial harus dilalui oleh para peserta. Tepat pada tanggal 10 Januari 2020 pengumuman lima besar diumumkan. Hasil yang mengagumkan, dua perwakilan peserta dari UBM masuk kedalam deretan lima besar tersebut, yakni Chelsea dan Jocelline.

Tidak hanya sampai situ saja, kedua perwakilan harus melewati babak berikutnya dengan bersaing secara langsung dengan peserta lainnya untuk masuk ke dalam posisi tiga besar. Menghadapi Andre Octavianus Sinaga dan Glenys Octania, sebagai juri lomba yang sama-sama sudah lama berkiprah menjadi News Presenter di Kompas TV merupakan tantangan yang cukup menegangkan untuk dilalui.

chelsea 2

Nyatanya Chelsea harus meneruskan perjuangan menuju podium juara seorang diri. Chelsea mengungkapkan bahwa ia merasa tertantang dan ingin menguji kompetensinya kembali lewat kompetisi ini. Ia berusaha semampunya untuk latihan dengan maksimal sebelum perlombaan dan memberikan yang terbaik. Setelah berpengalaman mengikuti beberapa perlombaan, masukan dan kritik juri-juri yang selama ini ia dapatkan dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan refleksi diri.

Pengumuman pemenang lomba tiga besar dibuat terpisah pada malam penghargaan yang diselenggarakan tanggal 11 Januari 2020. Penantian dan kerja keras Chelsea ternyata tidak sia-sia namanya disebut untuk menempati posisi Juara 2 dalam kompetisi tersebut. Keberhasilan ini membuktikan bahwa kemampuan, semangat dan rendah hati merupakan kunci kesuksesan.

Dengan keberhasilannya Chelsea membagikan pesan khusus bagi para mahasiswa agar mau berani mengaktualisasikan dirinya, “Terkadang kita merasa kita tidak bisa, tapi belum mencoba dan berlatih. Kita semua ada potensi, kita akan berhasil bila kita berusaha dan tidak pantang menyerah. Segala sesuatu ada masanya, selagi ada waktu, gunakan dengan baik. Jangan malu, coba jadi pemenang bagi diri sendiri dulu. Nanti kala tiba masa itu datang di depan mata, apakah kamu siap menjadi pemenang berikutnya?” tutur Chelsea. (Abigail Gavrila Popal/Alv)