Serasa Se(ribu) Ragam Hari ke-2

Selamat datang ke acara Serasa Se(ribu) Ragam  yang bertemakan Soeara Indonesia pada hari kedua, sama seperti kemarin pameran karya yang disubmisi oleh mahasiswa/i Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di bawah naungan Universitas Bunda Mulia, dengan kerjasama dari Himpunan Mahasiswa DKV dan Redaksi Garis Bawah yang bertajuk Serasa Se(ribu) Ragam yang bertemakan Soeara Indonesia, yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2018 menuju hari kedua. Selain pameran karya dan pembukaan galeri DKV untuk umum di hari kedua terdapat 2 acara workshop yaitu “Soeara dalam Lettering” dengan Troy Fitchu dan “Make Your Content Works” bersama Andrean Lim dan Hendia Hansen.

Sama seperti hari pertama karya-karya yang disubmisi dipamerkan di Student Lounge Kampus UBM. Karya yang dipamerkan sendiri merupakan karya baik ilustrasi dan grafis yang bertemakan “Soeara Indonesia” sebagai tema dalam Serasa Se(ribu) Ragam. Di tempat pameran juga terdapat stand yang disediakan panitia untuk membuat custom pin langsung dengan registrasi di tempat pameran sehingga membuat para peserta pameran antusias saat datang berkunjung.

Kali ini kedua acara workshop berlangsung serempak, untuk acara workshop “Soeara Dalam Lettering” bertempat di ruang 305 dengan Troy Fitchu yang merupakan Founder & Direktur di Republik Mural dan Graffiti, beliau juga mengajak rekannya, pak Tama dari Republik Mural untuk memberikan pengetahuan seputar Lettering dan graffiti. Workshop dimulai dengan pengenalan typografi, typeface, font, kaligrafi, lettering, dan graffiti yang dilanjutkan dengan praktek bersama peserta workshop dengan teknik-teknik membuat tipografi dengan peralatan seperti brush, cat, piloks, dll. beserta trik-trik dalam membuat dimensi dan cara menggunakan warna serta cat spray. Dalam workshopnya beliau juga mengatakan, seorang seniman/desainer yang memiliki karya bagus merupakan hal biasa. Namun jika seniman/desainer itu memiliki murid yang punya karya bagus, merupakan hal yang luar biasa”. Sesi kedua dilanjutkan oleh pak Tama dengan penggenalan dan praktek membuat lettering kaligrafi (tulisan arab), peserta membuat kaligrafi bertuliskan ‘Soeara Indonesia’ dalam Bahasa Arab. Kesempatan ini disambut dengan antusiasme seluruh peserta yang maju untuk membuat kaligrafi bersama pak Tama lalu kemudian para peserta diberi kesempatan untuk membuat lettering dengan teknik dan komposisi buatan masing-masing. Pada penghujung acara beliau berpesan, “kalian generasi muda, mungkin lebih hebat dari kami, punya lebih banyak waktu, jangan buat yang seragam. Kami senang dengan mural dan menjadikan itu sebagai profesi. Selain membuat mural yg bagus, perhatikan soal hitungan”.

Selanjutnya acara workshop “Make Your Content Works”  yang berlangsung di The Premiere Classroom bersama Andrean Lim yang merupakan Vaja Creative Co-Founder dan Hendia Hansen sebagai Project Leader Kanekin.co yang dalam workshop kali ini membahas tentang profesi Content Creator dimana pekerjaan ini  sedang booming saat ini serta dapat dijadikan mata pencaharian dan pemasukan dengan mengemas suatu isu dengan cara kita sendiri dan dipublish ke berbagai media. Tahapan menjadi Content Creator yang dimulai dengan konsep, up to date topic dengan mengikuti trend saat ini, perkembangan style foto, kolaborasi untuk cross benefit, eksekusi  dengan editing semaksimal mungkin dan konsisten terhadap fokus yang sudah ditentukan. Untuk memulai tidak harus langsung memiliki gear seperti kamera karena dapat dimulai dengan kamera handphone dahulu. Dalam workshop ini Andrean juga memberikan tips persiapan membuat konten yang dimulai dengan konsep dan referensi untuk moodboard, lighting, lokasi, pemilihan property, angle, komposisi rule of third dan leading lines. Untuk post production terdapat editing, toning dan retouch dengan berbagai aplikasi. Sesi workshop selanjutnya diikuti dengan antusias oleh peserta berupa hunting foto baik outdoor dan di ruangan workshop bersama Hendia. Dalam acara workshop ini juga diadakan lomba dari foto-foto yang sudah dipraktikkan para peserta bersama pembicara yang kemudian diedit dan dipost di Instagram secara lansung dan diumumkan pemenangnya dengan kategori portrait dan flat lay yang dimenangkan oleh @ddy.cndra dan @juliasaputra94. Acara ini dilanjutkan dengan penutupan acara dan penyerahan hadiah kepada pemenang dan penanya terbaik.

Kami mewakili segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam acara. Sampai jumpa di pameran Serasa Se(ribu)Ragam hari ke tiga ! –CG

1531291733164 1531291821535 1531292061887 1531293054188 1531293171996 workshopcontent-(6) workshopcontent-(8) workshopcontent-(9) workshopcontent-(10) workshopcontent-(13) workshopcontent-(18) workshopcontent-(19)