Serasa Se(ribu) Ragam Hari ke-1

Setelah berhasilnya kegiatan pameran Tugas Akhir mahasiswa Designature 2017 yang lalu, Universitas Bunda Mulia (UBM) kembali melaksanakan sebuah projek, yakni pameran karya yang disubmisi oleh mahasiswa/i Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di bawah naungan Universitas Bunda Mulia, dengan kerjasama dari Himpunan Mahasiswa DKV dan Redaksi Garis Bawah yang  bertajuk Serasa Se(ribu) Ragam yang bertemakan Soeara Indonesia, yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2018. Selain pameran karya dan pembukaan galeri DKV  untuk umum kali ini terdapat lomba-lomba seperti Lomba Desain Cover Garis Bawah dan Manual Illustration untuk umum yang diadakan pada hari pertama.

Karya-karya yang disubmisi dipamerkan di Student Lounge Kampus UBM. Karya yang dipamerkan sendiri merupakan karya baik ilustrasi dan grafis yang bertemakan “Soeara Indonesia” sebagai tema dalam Serasa Se(ribu) Ragam. Di tempat pameran juga terdapat stand yang disediakan panitia untuk membuat custom pin langsung dengan registrasi di tempat pameran.

Awal acara dimulai dengan pembukaan pameran dan lomba Manual Illustration yang diikuti siswa/i SMP sampai mahasiswa dengan media seperti cat air, krayon dan mix media yang di gambarkan dengan cara yang berbeda. Suasana lomba sendiri berlangsung dengan kondusif.

Setelah acara lomba dan pameran yang berlangsung hingga akhir acara, terdapat pula rangkaian acara berupa seminar yang dibawakan oleh Alfi Zachkyelle yang merupakan seorang Visual Artist sekaligus Founder & Managing Director at Kampoong Monster Creative Labs. Dalam seminar “Menciptakan IP Budaya Lokal” yang diadakan di The UBM Seminar Room Lt.7, beliau memberikan kita wawasan tentang IP (Intellectual Property) yang merupakan sebuah konten/ide yang diterapkan ke berbagai media sehingga wawasan tersebut memiliki nilai. Dalam menciptakan karakter dibutuhkan identitas, ekonomis dan estetika. Selain itu beliau juga membahas tentang membawa mitologi ke dalam proses kreatif komik dan animasi yang dimulai dari hal yang ada di seputar kita sehingga terbentuklah universe karakter itu sendiri. Beliau juga berbagi tentang konsep-konsep karakter yang ia buat mulai dari sketsa hingga sudah menjadi media berikut pentingnya belajar anatomi dasar. Acara seminar berlangsung kondusif dan peserta antusias terhadap topic IP karakter animasi.

Kami mewakili segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam acara. Sampai jumpa di pameran Serasa Se(ribu) Ragam hari ke dua! –CG

3 galeri(5) lomba-illustrasi-(5) seminar-ip(1) seminar-ip(9)