DESIGNATURE 3 : LAST DAY

(27/02/19) Memasuki hari terakhir acara Designature 3 yang bertemakan “Start Your Creativity Up!” ada pula beberapa acara menarik seperti seminar dan talkshow yang diadakan di Ruang & Tempo. Hari ketiga Designature 3 ini dibuka dengan seminar bertemakan Start Your Imagination of Mythology Nusantara to Character Animation oleh Alfi Zachyelle. Seminar ini juga menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam komik atau animasi fantasi adalah Universe-Semesta. Mengkonstruksi tempat dimana ide-ide dan hal yang virtual bisa ditampung. Selanjutnya seminar Start Your Skill to Creative Work oleh Surianto Rustan. Dalam seminar ini dijelaskan bagaimana membedakan antara Classic Designer dengan Competitional Designer dan bagaimana cara untuk mengeksplorasi agar menjadi yang terbaik. “Waktu terus berlari, sampai engkau menghentikannya dalam sebuah karya. Karena karya adalah  dokumentasi bahwa engkau pernah ada.” kata Surianto Rustan. Setelah seminar selesai diadakan sesi tanya jawab, dan pemberian hadiah yang disponsori oleh Oktagon.

Adapun acara selanjutnya adalah performance oleh Jeremy Abraham dari UKM The VOU. Setelah itu dilanjutkan acara talkshow dengan Bapak G. Aditya Tedjasendjaja, S.Sn., M.Ds dan Bapak Surianto Rustan mengenai karya yang dipajang dalam acara Designature 3 ini. Hari terakhir acara Designature 3 ini berjalan dengan lancar dengan antusias peserta untuk mengikuti kegiatan pameran, seminar dan talkshow yang membuat acara Designature 3 berlangsung meriah dan diikuti baik dari mahasiswa DKV dari UBM ataupun kalangan masyarakat umum. Tidak lupa kami berterima kasih kepada Lancar Makmur, Shopee, dan Oktagon sebagai sponsor. President University, Redaksi Titik Dua, InfoDKV, dan ArtMAX Magazine sebagai media partner. Ruang & Tempo dan Kreavi yang telah mendukung acara ini dan kepada perwakilan Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual (Aidia), Universitas Tarumanegara, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pembangunan Jaya, dan STMK Trisakti yang sudah hadir dalam acara Designature 3 ini.

IMG_3519 DSCF7726 IMG_1416 DSCF7760 IMG_3454 IMG_3481 IMG_1500 IMG_1498 IMG_1467 IMG_3500 IMG_3505 IMG_3516

 

DESIGNATURE 3 : DAY 2

(27/02/19) Memasuki hari kedua acara Designature 3.0 yang bertemakan “Start Your Creativity Up!” ada pula beberapa acara menarik seperti seminar, talkshow dan workshop yang diadakan di Ruang & Tempo. Hari kedua Designature 3.0 ini diawali dengan talkshow  Dare to Dream Will to do yang dibawakan oleh Atreyu Moniga. Seminar ini juga menjelaskan bahwa kita harus berani untuk bermimpi karena mimpi ada begitu banyak petunjuk, maka kita harus tahu hal apa yang senang untuk kita jalani. “Untuk menyadari bahwa kita punya potensi, kita pasti punya usaha lebih untuk mencapai sesuatu. Berani untuk menemukan mimpi, bikin hal apapun untuk dapat mencapai apa yang kalian inginkan” kata Atreyu. Di akhir seminar, Micheal Jacksen selaku Ketua HIMA DKV UBM memberikan sertifikat kepada Atreyu Moniaga sebagai bentuk apresiasi sebagai pembicara.

Sesi selanjutnya adalah seminar dan workshop mengenai “Edukasi Bisnis Online Berbasis E-commerce” oleh Leo Kevin dari Shopee. Seminar ini menjelaskan bahwa dalam menjual bisnis online ada 7 tahap psikologi pembeli : Exposure (mempromosikan produk), Interest (ketertarikan produk), Imagination (Penggambaran/image produk yang dibutuhkan), Compare (membandingkan), Convince (meyakinkan), Decision (keputusan), dan Satisfaction (kepuasan). Setelah seminar selesai diadakan sesi tanya jawab, dan pemberian hadiah yang disponsori oleh Oktagon.

IMG_7942 Pameran 2 Pameran Shopee

DESIGNATURE 3 : DAY 1

(26/02/19) Dengan meningkatnya dunia persaingan khususnya dalam industri kreatif saat ini, dibutuhkan suatu ruang pameran untuk mengekspresikan nilai lebih pada hasil karya desain grafis dan multimedia. Pameran karya merupakan suatu kegiatan penyajian karya, dalam hal ini karya grafis untuk dikomunikasikan, sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi komunikasi antara desainer yang diwakili oleh karya nya dengan apresiator. Contohnya karya-karya tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa/i program studi Desain Komunikasi Visual di Universitas Bunda Mulia dimana berbagai macam karya diciptakan untuk menunjukkan kemampuan masing-masing mahasiswa. Untuk mengapresiasi dan menunjukkan hasil karya tugas akhir mahasiswa, untuk ketiga kalinya prodi DKV UBM mengusung acara Designature dengan tema “Start your Creativity Up”

Designature merupakan acara yang diselenggarakan oleh prodi DKV untuk memperlihatkan hasil karya tugas akhir mahasiswa ke umum, acara yang diselenggarakan di Designature 3.0 tidak hanya pameran karya mahasiswa saja, terdapat acara seminar dan talkshow bagi mahasiswa UBM maupun kalangan umum dalam menambah ilmu mengenai industri kreatif.

Pada kesempatan kali ini, tema yang diusung menceritakan perjalanan sebuah aktivitas menuju ke tingkatan yang lebih tinggi dimana sebuah kreativitas bertemu dengan peluang-peluang dalam menciptakan bisnis. Kegiatan “Designature” ini sudah berjalan selama 2 tahun hingga saat ini. Acara ini diselenggarakan mulai dari tanggal 26 – 28 Februari 2019 di kantor Ruang & Tempo, Palmerah.

Kini, acara Designature telah memasuki hari pertama. Acara ini dibuka dengan kata sambutan oleh Bapak G. Aditya Tedjasendjaja, S.Sn., M.Ds selaku Sekretaris Program Studi DKV Universitas Bunda Mulia, Bapak Andreas Palma selaku Kepala Ruang dan Tempo, Joditha Winata Jaya selaku Project Leader Kreavi, dan terakhir sambutan dari Micheal Jacksen selaku Ketua Himpunan Mahasiswa DKV Universitas Bunda Mulia. Rangkaian sambutan ini dilanjutkan dengan penandatanganan sebagai bentuk peresmian acara Designature 3.0 untuk 3 hari kedepan.

Di hari pertama Designature 3.0 ini juga ada acara seminar yang sangat menarik. Seminar pertama bertemakan The Importance of Drawing Style yang dibawakan oleh Ngurah Yudha. “Mencari style dan menemukan karakteristik pada karya itu sangatlah penting karena itu akan membuat karya kita lebih mudah untuk dikenali banyak orang dan orang lain juga tidak akan dengan mudah meniru karya kita, dan kita juga punya value yang lebih karena kita mempunyai kepuasan lebih dalam menghasilkan karya sendiri” kata Ngurah Yudha. Dalam seminar ini juga disampaikan beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk dapat menemukan style kita sendiri yaitu adalah : belajar menggambar dari basic seperti menggambar stick man dan stick figure, belajar dari style yang sudah ada, berlatih terus dan menerima pekerjaan dengan style apapun.

Ada pula seminar kedua yang bertemakan Digital Visual Story Teller oleh Enrico Jonathan. Di seminar ini juga menjelaskan bahwa kekuatan visual adalah sesuatu yang membuat semua hal menjadi tergambarkan dengan baik dan dapat digunakan dalam banyak hal. Ada pula hal yang terpenting untuk dapat mencapai ide dalam membuat suatu konten yaitu adalah dengan mempertanyakan segala hal sekecil apapun, dan mempunyai mindset dan tidak terpaku terhadap peraturan yang ada, ujar Enrico.

Setelah seminar berlangsung dilanjutkan penyerahan sertifikat kepada pembicara sebagai bentuk apresiasi oleh Bapak G. Aditya Tedjasendjaja, S.Sn., M.Ds selaku Sekretaris Program Studi DKV Universitas Bunda Mulia dan Micheal Jacksen selaku Ketua HIMA DKV UBM.

Hari pertama Designature 3.0 ini berjalan dengan lancar dengan antusiasme peserta yang besar untuk mengikuti kegiatan pameran, Seminar dan Talkshow membuat acara Designature 3.0 berlangsung meriah dan diikuti baik dari mahasiswa DKV dari UBM ataupun kalangan masyarakat dan akademisi umum.

 

Serasa Se(ribu) Ragam Hari ke-3

Selamat datang ke acara Serasa Se(ribu) Ragam  yang bertemakan Soeara Indonesia pada akhir acara, sama seperti hari sebelumnya pameran karya yang disubmisi oleh mahasiswa/i Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di bawah naungan Universitas Bunda Mulia, dengan kerjasama dari Himpunan Mahasiswa DKV dan Redaksi Garis Bawah yang  bertajuk Serasa Se(ribu) Ragam yang bertemakan Soeara Indonesia. Acara penutupan Serasa Se(ribu) Ragam yang berlangsung di The UBM Hall ini dimulai dengan kata sambutan dari ibu Shierly Everlin selaku Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual, yang dilanjutkan dengan penampilan dari VOU dan pengumuman pemenang lomba ilustrasi dengan Juara 1 Shieren Kientandi, Juara 2 Barry Handoko dan Juara 3 Jane Christine dengan juara favorit Edbert Andy Junior. Lalu pemenang lomba Garis Bawah dengan Juara 1 Angel Lamirta, Juara 2 Tomi Ronaldo dan Juara 3 Hwang Tony. Setelah rangkaian awarding selesai, acara ini kemudian ditutup oleh Kaprodi dan penampilan dari the VOU (The Voice of UBM).

IMG_9091-2 IMG_9158-2 IMG_9164-2 IMG_9176-2 IMG_9182-2

 

Serasa Se(ribu) Ragam Hari ke-2

Selamat datang ke acara Serasa Se(ribu) Ragam  yang bertemakan Soeara Indonesia pada hari kedua, sama seperti kemarin pameran karya yang disubmisi oleh mahasiswa/i Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di bawah naungan Universitas Bunda Mulia, dengan kerjasama dari Himpunan Mahasiswa DKV dan Redaksi Garis Bawah yang bertajuk Serasa Se(ribu) Ragam yang bertemakan Soeara Indonesia, yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2018 menuju hari kedua. Selain pameran karya dan pembukaan galeri DKV untuk umum di hari kedua terdapat 2 acara workshop yaitu “Soeara dalam Lettering” dengan Troy Fitchu dan “Make Your Content Works” bersama Andrean Lim dan Hendia Hansen.

Sama seperti hari pertama karya-karya yang disubmisi dipamerkan di Student Lounge Kampus UBM. Karya yang dipamerkan sendiri merupakan karya baik ilustrasi dan grafis yang bertemakan “Soeara Indonesia” sebagai tema dalam Serasa Se(ribu) Ragam. Di tempat pameran juga terdapat stand yang disediakan panitia untuk membuat custom pin langsung dengan registrasi di tempat pameran sehingga membuat para peserta pameran antusias saat datang berkunjung.

Kali ini kedua acara workshop berlangsung serempak, untuk acara workshop “Soeara Dalam Lettering” bertempat di ruang 305 dengan Troy Fitchu yang merupakan Founder & Direktur di Republik Mural dan Graffiti, beliau juga mengajak rekannya, pak Tama dari Republik Mural untuk memberikan pengetahuan seputar Lettering dan graffiti. Workshop dimulai dengan pengenalan typografi, typeface, font, kaligrafi, lettering, dan graffiti yang dilanjutkan dengan praktek bersama peserta workshop dengan teknik-teknik membuat tipografi dengan peralatan seperti brush, cat, piloks, dll. beserta trik-trik dalam membuat dimensi dan cara menggunakan warna serta cat spray. Dalam workshopnya beliau juga mengatakan, seorang seniman/desainer yang memiliki karya bagus merupakan hal biasa. Namun jika seniman/desainer itu memiliki murid yang punya karya bagus, merupakan hal yang luar biasa”. Sesi kedua dilanjutkan oleh pak Tama dengan penggenalan dan praktek membuat lettering kaligrafi (tulisan arab), peserta membuat kaligrafi bertuliskan ‘Soeara Indonesia’ dalam Bahasa Arab. Kesempatan ini disambut dengan antusiasme seluruh peserta yang maju untuk membuat kaligrafi bersama pak Tama lalu kemudian para peserta diberi kesempatan untuk membuat lettering dengan teknik dan komposisi buatan masing-masing. Pada penghujung acara beliau berpesan, “kalian generasi muda, mungkin lebih hebat dari kami, punya lebih banyak waktu, jangan buat yang seragam. Kami senang dengan mural dan menjadikan itu sebagai profesi. Selain membuat mural yg bagus, perhatikan soal hitungan”.

Selanjutnya acara workshop “Make Your Content Works”  yang berlangsung di The Premiere Classroom bersama Andrean Lim yang merupakan Vaja Creative Co-Founder dan Hendia Hansen sebagai Project Leader Kanekin.co yang dalam workshop kali ini membahas tentang profesi Content Creator dimana pekerjaan ini  sedang booming saat ini serta dapat dijadikan mata pencaharian dan pemasukan dengan mengemas suatu isu dengan cara kita sendiri dan dipublish ke berbagai media. Tahapan menjadi Content Creator yang dimulai dengan konsep, up to date topic dengan mengikuti trend saat ini, perkembangan style foto, kolaborasi untuk cross benefit, eksekusi  dengan editing semaksimal mungkin dan konsisten terhadap fokus yang sudah ditentukan. Untuk memulai tidak harus langsung memiliki gear seperti kamera karena dapat dimulai dengan kamera handphone dahulu. Dalam workshop ini Andrean juga memberikan tips persiapan membuat konten yang dimulai dengan konsep dan referensi untuk moodboard, lighting, lokasi, pemilihan property, angle, komposisi rule of third dan leading lines. Untuk post production terdapat editing, toning dan retouch dengan berbagai aplikasi. Sesi workshop selanjutnya diikuti dengan antusias oleh peserta berupa hunting foto baik outdoor dan di ruangan workshop bersama Hendia. Dalam acara workshop ini juga diadakan lomba dari foto-foto yang sudah dipraktikkan para peserta bersama pembicara yang kemudian diedit dan dipost di Instagram secara lansung dan diumumkan pemenangnya dengan kategori portrait dan flat lay yang dimenangkan oleh @ddy.cndra dan @juliasaputra94. Acara ini dilanjutkan dengan penutupan acara dan penyerahan hadiah kepada pemenang dan penanya terbaik.

Kami mewakili segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam acara. Sampai jumpa di pameran Serasa Se(ribu)Ragam hari ke tiga ! –CG

1531291733164 1531291821535 1531292061887 1531293054188 1531293171996 workshopcontent-(6) workshopcontent-(8) workshopcontent-(9) workshopcontent-(10) workshopcontent-(13) workshopcontent-(18) workshopcontent-(19)

Serasa Se(ribu) Ragam Hari ke-1

Setelah berhasilnya kegiatan pameran Tugas Akhir mahasiswa Designature 2017 yang lalu, Universitas Bunda Mulia (UBM) kembali melaksanakan sebuah projek, yakni pameran karya yang disubmisi oleh mahasiswa/i Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di bawah naungan Universitas Bunda Mulia, dengan kerjasama dari Himpunan Mahasiswa DKV dan Redaksi Garis Bawah yang  bertajuk Serasa Se(ribu) Ragam yang bertemakan Soeara Indonesia, yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2018. Selain pameran karya dan pembukaan galeri DKV  untuk umum kali ini terdapat lomba-lomba seperti Lomba Desain Cover Garis Bawah dan Manual Illustration untuk umum yang diadakan pada hari pertama.

Karya-karya yang disubmisi dipamerkan di Student Lounge Kampus UBM. Karya yang dipamerkan sendiri merupakan karya baik ilustrasi dan grafis yang bertemakan “Soeara Indonesia” sebagai tema dalam Serasa Se(ribu) Ragam. Di tempat pameran juga terdapat stand yang disediakan panitia untuk membuat custom pin langsung dengan registrasi di tempat pameran.

Awal acara dimulai dengan pembukaan pameran dan lomba Manual Illustration yang diikuti siswa/i SMP sampai mahasiswa dengan media seperti cat air, krayon dan mix media yang di gambarkan dengan cara yang berbeda. Suasana lomba sendiri berlangsung dengan kondusif.

Setelah acara lomba dan pameran yang berlangsung hingga akhir acara, terdapat pula rangkaian acara berupa seminar yang dibawakan oleh Alfi Zachkyelle yang merupakan seorang Visual Artist sekaligus Founder & Managing Director at Kampoong Monster Creative Labs. Dalam seminar “Menciptakan IP Budaya Lokal” yang diadakan di The UBM Seminar Room Lt.7, beliau memberikan kita wawasan tentang IP (Intellectual Property) yang merupakan sebuah konten/ide yang diterapkan ke berbagai media sehingga wawasan tersebut memiliki nilai. Dalam menciptakan karakter dibutuhkan identitas, ekonomis dan estetika. Selain itu beliau juga membahas tentang membawa mitologi ke dalam proses kreatif komik dan animasi yang dimulai dari hal yang ada di seputar kita sehingga terbentuklah universe karakter itu sendiri. Beliau juga berbagi tentang konsep-konsep karakter yang ia buat mulai dari sketsa hingga sudah menjadi media berikut pentingnya belajar anatomi dasar. Acara seminar berlangsung kondusif dan peserta antusias terhadap topic IP karakter animasi.

Kami mewakili segenap panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan berpartisipasi dalam acara. Sampai jumpa di pameran Serasa Se(ribu) Ragam hari ke dua! –CG

3 galeri(5) lomba-illustrasi-(5) seminar-ip(1) seminar-ip(9)

WELCOMING FRESHMEN 2017

Welcoming Freshmen 2017

Universitas Bunda Mulia (UBM) kampus Ancol kembali mengadakan Masa Orientasi Mahasiswa atau yang dikenal sebagai Welcoming Freshmen (WF) pada tahun ajaran 2017 – 2018 dengan tema “Lakukan Terobosan Hebat” dengan memecahkan Rekor Muri Indonesia “Konfigurasi Bendera Merah Putih dengan Gelas Air Mineral Terbanyak”. WF ini bertujuan untuk menyambut calon Mahasiswa/i UBM (kampus Ancol) yang diharapkan bisa mengenal lebih jauh lingkungan kampus dan sistem pembelajaran UBM sebelum memasuki masa perkuliahan.

Kegiatan WF berlangsung selama 3 hari, dimulai pada tanggal 7-9 Agustus 2017 yang menghadirkan para narasumber handal dari berbagai bidang yaitu Dirjen. Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (Dr. Ir. Ida Bagus Putera Parthama, M.Sc.), Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Pengembangan Generasi Muda dan Pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia (H. Pramu Risanto, M.M.), Koordinator Kopertis Wilayah III (Dr. Ir. Illah Sailah, M.S.), dan Brigjen. Pol. Dr. Victor Pudjiadi, SPB, FICS, DFM, Dr. Ir. Abdul Basith, M.Si dan Kabag Program dan Evalusai KLHK (Ir. Sigit Sarjuningtiyas, MP).

Pada tahun ini, program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki 68 mahasiswa baru yang ikut serta dalam kegiatan WF ini. Salah satu keunikan prodi DKV pada saat WF adalah mengharuskan setiap peserta untuk melukis baju dan totebag dengan tema futuristik. Selain itu mereka juga membuat aksesoris tubuh yang sesuai dengan tema tersebut. Hal ini ditujukan untuk mengasah kreativitas para calon desainer masa depan. Harapan para dosen DKV untuk calon mahasiswa baru untuk kedepannya supaya menjadi mahasiswa yang aktif, berprestasi serta bisa meningkatkan kreativitas mereka baik di bidang akademik maupun di bidang kemahasiswaan.

1502192821482 IMG_3722 IMG_3749

REKOR MURI bersama DKV UBM

Rekor Muri 2017 bersama DKV UBM

Hasil tak mengkhianati proses. Di tahun 2017 ini, hasil kerja keras dari segenap civitas Universitas Bunda Mulia khususnya para dosen dan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual membuahkan hasil dengan memecahkan Rekor Muri Indonesia dengan kategori “Konfigurasi Bendera Merah Putih dengan Gelas Air Mineral Terbanyak”. Kegiatan ini berlangsung bersamaan dengan kegiatan Welcoming Freshmen (WF) tahun ajaran 2017 – 2018 dengan tema “Lakukan Terobosan Hebat”. Pemecahan Rekor Muri ini akan diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus 2017 yang merupakan puncak acara Welcoming Freshmen UBM.
Proses dari pemecahan Rekor Muri dimulai dari pengumpulan ribuan gelas air mineral bekas, penyucian gelas, hingga tahap akhir yaitu penyusunan bendera. Pengerjaan berlangsung selama 2 minggu yang berlokasi di lantai 8 kampus UBM Ancol.
Selain sebagai bentuk cinta lingkungan dan tanah air, Rekor Muri ini dibuat untuk menunjukkan kreativitas para mahasiswa/i Universitas Bunda Mulia. Harapan ke depannya,
mahasiswa/i UBM terutama prodi DKV UBM selalu bersemangat lagi dalam berkarya
dan terus bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal.

IMG_5718 IMG_5744 IMG_5785

MAKRAB DKV UBM 2017

Acara Tahunan HIMA DKV kali ini berlangsung di Pasar Seni Ancol. Acara ini dilakukan setelah kegiatan Welcoming Freshmen 2017 berlangsung dengan tujuan untuk ajang pendekatan antara sesama mahasiwa baru. Dan senior agar dapat terciptanya rasa kekeluargaan di dalam kampus. Acara MAKRAB DKV ini dimulai dari Kampus DKV UBM Ancol tepatnya di lapangan untuk pembagian kelompok dan penampilan yel-yel meriah dari masing-masing kelompok beserta mentornya. Selanjutnya peserta bergabung ke Pasar Seni untuk melanjutkan kegiatan makrab di sana. Para peserta memainkan game yang berbeda-beda di setiap pos untuk mendapatkan poin. Permainan yang diberikan seperti spider web, oper bola, tali, bola air, dan botol yang dibuat agar para mahasiswa dapat saling mengenal dan bekerjasama. Acara diakhiri dengan makan bersama dan permainan dodge ball di sore hari.

20170810_190120_0415 20170810_190120_0418 20170810_190120_0433 IMG_3891.1 IMG_4079.1

ULANG TAHUN HIMPUNAN MAHASISWA DKV

Pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017, HIMA DKV mengadakan perayaan Ulang Tahun HIMA  ”11th Anniversary Celebration”. Acara ini dimulai dari jam 15.00 dengan dresscode monochrome. Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Program Studi DKV, Ibu Shierly Everlin, pembina HIMA, Ibu Nadya, dan ketua HIMA DKV, Erwin yang dilanjutkan dengan acara hiburan games, ice breaking, serta penampilan mengesankan dari VOU dan TUSCOM. Selain itu masing-masing dari perwakilan baik dari FTD dan UKM lainnya juga turut hadir dan memberikan doa dan ikut memotong kue bersama perwakilan dari HIMA DKV. Pada akhir acara HIMA DKV mengajak para tamu undangan untuk makan malam dan foto bersama.

 IMG_4596 345678 IMG_4448