“PERENCANAAN USAHA (BISNIS PLAN) MIKRO DALAM MEMBUAT MINUMAN RINGAN ANEKA BUAH DAN BOBA” UNIVERSITAS BUNDA MULIA – SERPONG

Kehidupan anak anak milenial harus mempunyai tuntutan kreatifitas untuk bersaing di masa depan. Dengan kreativitas yang di tuntut untuk persaingan hidup, maka dunia anak muda ini harus di isi dengan ide ide baru yang terus berkembang dan bersaing. Dengan diadakannya pelatihan dan kegiatan ini, anak anak SMA Tunas Bangsa Gading Serpong, diharapkan dapat hidup mandiri, siap akan persaingan yang kompetitif dan penuh kreatifitas sejak muda. Dimana mereka dapat merencanakan dan merancang dari awal untuk membuat subuah usaha skala kecil secara individu maupun bersama, dengan menciptakan sebuah produk FB. Program acara memberikan sebuah peragaan bagaimana membuat sebuah produk minuman yang lagi digemari anak muda saat ini, dan bagaimana membuatnya serta bahan bahan apa saja yang diperlukan sampai menghitung cost awal dan menentukan harga jual.

Acara ini disambut dengan antusias dan penuh dengan pertanyaan seperti, bahan dasar, bagaimana menghandlenya, cara buat dan yang paling banyak ditanyakan adalah biaya, modal dan harga jual. Siswa siswi SMA Tunas Bangsa dengan antusias mendengarkan dari mulai peragaan sampai cara mengembangkannya. Acara ini berlangsung selama 2 jam dan semoga berguna dan bermanfaat sebagai pengetahuan dasar.

Pengabdian Kepada Masyarakat “Penyusunan Dan Persiapan Kampung Sawah Desa Cilember Kecamatan Cisarua Sebagai Smart Village”

Teknologi digital mampu memberi dampak positif dan berkontribusi bagi keberlanjutan sumber daya, baik manusianya maupun industrinya (WEF, 2017). Perkembangan teknologi yang sangat cepat, telah mengubah perilaku wisatawan maupun pengunjung dalam menentukan pilihan destinasinya. Sumber informasi yang tepat dan akurat menjadi referensi bagi wisatawan dalam memilih tempat yang sesuai dengan selera mereka. Dari sisi pengembang destinasi yang didalamnya termasuk pengelola homestay, hal yang mendasar untuk dapat diketahui adalah bahwa bentuk usaha pariwisata melibatkan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) yaitu adanya organisasi pariwisata, wisatawan, pemasok (suppliers), perantara bisnis, pemerintah, penyandang dana, akademisi, pelayanan dan infrastruktur.

Salah satu upaya digitalisasi pariwisata adalah dengan memperkenalkan model sistem elektronik atau e-ticketing pada objek-objek wisata maupun desa wisata. Selaku akademisi, dari pihak Prodi Perhotelan bekerja sama dengan Program Studi Hospitality dan Pariwista dan Sistem Informasi Universitas Bunda Mulia menawarkan solusi praktis untuk membangun pariwisata secara digital salah satunya dengan system booking kamar secara online. Sistem ini memudahkan pengunjung untuk booking homestay ataupun paket tour dari mana saja dan kapan saja, pencatatan data yang lebih akurat dan terarsip melalui sistem. Desa pun nantinya dapat memperoleh bantuan program pemasaran yang sustainable, yang mungkin belum banyak dieksplorasi dan dipromosikan sebelumnya. Tepat pada tanggal 11 Januari 2020, tim dari Prodi Perhotelan yang diwakili oleh Ibu Regina Dewi Hanifah, SST.Par., M.Par, melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat “Penyusunan Dan Persiapan Kampung Sawah Desa Cilember Kecamatan Cisarua Sebagai Smart Village”  – Pengenalan Kebutuhan Data Dan Alur Untuk Sistem Online Reservasi Kamar Homestay Di Desa Cilember.

Kegiatan PKM ini merupakan pendampingan bagi warga di Desa Cilember yang memiliki homestay untuk nantinya dapat mengelola pemesanan kamar secara online dan tidak lagi harus mencatat dan melakukan transaksi secara manual. Selain itu tamu juga dapat dengan mudah untuk dapat melihat ketersediaan kamar yang dimiliki dari pihak Homestay serta system pembayaran yang terpercaya.