“Create Your Thai Food” Cooking Competition by Universitas Indonesia”

Universitas Indonesia menyelenggarakan acara “Create Your Thai Food” Cooking Competition by Universitas Indonesia pada Kamis, 14 Maret 2019 yang bekerjasama dengan Tourism Authority of Thailand, Yukmakan.com, Vincenza, Quantum, Blue Diamond, Borges Olive Oil, dan Bright Gas by Pertamina. Acara ini adalah acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia dengan tujuan untuk dapat memperkenalkan kebudayaan dari Thailand, terutama dalam mengenalkan budaya kuliner yang ada disana. Dimana dengan tema kuliner Thailand tersebut terselenggaralah kompetisi masak bertemakan Thai Food yang diperuntukan untuk semua kalangan mahasiswa/I aktif. Hadiah utama dari kompetisi ini adalah mendapatkan akomodasi penuh untuk dapat melakukan trip 5Hari 4 Malam jalan-jalan ke Thailand (Bangkok-Pattaya-Kanchanaburi) untuk 4 Tim yang masing-masingnya berisi 2 Orang Mahasiswa.

Kompetisi masak ini akan dinilai oleh tiga judges yang kompeten pada bidangnya masing-masing. Juri pertama adalah Ms. Busakorn Prommanot selaku Director of Tourism Authority of Thailand, beliau langsung datang ke lokasi kompetisi untuk dapat langsung menjadi juri untuk keotentikan rasa dari masakan makanan Thailand tersebut. Juri kedua adalah Chef Stefu Santoso selaku Head Association of Culinary Professionals, beliau mejadi salah satu juri utama yang memberikan briefing dan evaluasi bagi para peserta dalam pelaksanaan kompetisi masak tersebut. Juri yang ketiga dan terakhir adalah Chef Steby Rafael, beliau adalah seorang Celebrity Chef yang sudah tampil diberbagai program kuliner di TV Nasional.

Pada kesempatan kali ini Akademi Pariwisata Bunda Mulia ikut serta dan mengirimkan dua tim untuk mengikuti kompetisi tersebut. Tim pertama yang diwakili oleh Dennis Chen Widyawan dan Michael serta Tim kedua yang diwakili oleh Han Adati dan Aldrian Gunawan dari kelas 6PPI1 Akademi Pariwisata Bunda Mulia. Kedua tim tersebut berkompetisi dengan beberapa Universitas, Sekolah Tinggi, Akademi lainya seperti, Universitas Indonesia, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Universitas Jakarta, Akademi Pariwisata Indonesia, dan beberapa kampus ternama lainnya.

Dalam kompetisinya panitia penyelenggara hanya memberikan waktu kurang lebih satu jam untuk dapat berkreasi dengan membuat Freestyle Thai Salad dan satu main course dengan berbahan dasar Ikan. Kedua tim dari AKPAR Bunda Mulia tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam proses kompetisi tersebut. Dipenghujung acara dari total 31 tim yang mengikuti kompetisi ini terpilihlah dua tim favorite dan empat tim yang akan memenangkan Grand Prize tersebut. Juara favorit pertama dari Judges adalah tim independen, dan Juara favorit kedua dari Yukmakan.com dimenangkan oleh tim nomer dua dari AKPAR Bunda Mulia, yaitu Han Adati dan Aldrian Gunawan. Lalu untuk Grand Prize Juara ke-4 dimenangkan oleh UNJ dengan point 335, Juara ke-3 dimenangkan oleh tim independen dengan point 363, Juara ke-2 dimenangkan oleh STP Trisakti dengan poin 395, dan Juara pertama dimenangkan oleh tim 1 AKPAR Bunda Mulia, yaitu Dennis Chen Widyawan dan Michael dengan poin 466. Dengan begitu kedua tim dari AKPAR dapat menyabet dua juara sekaligus dalam kompetisi ini.