Definisi Program Studi
Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia berdiri pada tanggal 10 Juni 2003 sesuai dengan SK Penyelenggaraan Perguruan Tinggi No. 11102/D/T/K-III/2012. Program Studi Ilmu Komunikasi adalah kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan dan mengembangkan Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari konsep, metode dan pengelolaan proses informasi secara verbal dan nonverbal, penerimaan informasi, pemahaman makna melalui saluran dan media secara efektif.
Kompetensi Lulusan
Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Jakarta menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam bidang ilmu komunikasi dengan dua peminatan yaitu broadcast communication dan public relation/markering communication, serta kompetensi pendukung lainnya; kompetensi tersebut dijabarkan sebagai berikut :
- Mampu bekerja di lingkungan global, yang didukung oleh sikap, prilaku profesional, dan etika yang baik.
- Mampu merancang, membangun dan mengembangkan bisnis, yang didukung oleh pengetahuan, wawasan dan ketrampilan entrepreneur & intrapreneur.
- Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan-permasalahan dan fenomena komunikasi yang terjadi dalam masyarakat.
- Mampu melakukan penelitian di bidang Ilmu Komunikasi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
- Mampu merancang, membangun dan mengelola industri media, baik media cetak (surat kabar, majalah dan tabloid), media elektronik (televisi, radio dan film), maupun media on-line. (Broadcast Communication)
- Mampu merancang mengembangkan, dan mengelola kegiatan Public Relations untuk menangani krisis organisasi, membangun dan mempertahankan citra atau reputasi serta pengembangan investasi dan perluasan pasar produk / jasa pada lembaga pemerintah, swasta, maupun organisasi nirlaba (Public Relations/ Marketing Communication)
Mata Kuliah Ilmu Komunikasi
Berikut ini adalah daftar mata kuliah untuk program studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia.
Semester 1
- Agama & Etika
- Bahasa Inggris 1
- Pengantar Ilmu Komunikasi
- Pengantar Penyiaran
- Pengantar Komunikasi Pemasaran
- Komunkasi Interpersonal
Semester 2
- Teori Komunikasi
- Etiquette and Communication Skill
- Sosiologi Komunikasi Massa
- Pengantar Teknologi Informasi
- Pancasila & Kewarganegaraan
- Bahasa Inggris 2
Semester 3
- Dasar-dasar Logika
- Statistik Sosial
- Perkembangan Teknologi Komunikasi
- Komputer Grafis
- Bahasa Indonesia
- Media Broadcast (Mata kuliah peminatan Broadcast Comunication)
- Radio Journalism (Mata kuliah peminatan Radio Journalism)
- Digital Customer Journey (Mata kuliah peminatan Marketing Communication)
- Creative Writing (Mata kuliah peminatan Creative Writing)
Semester 4
- Entrepreneurship
- Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif
- Etika & Filsafat Komunikasi
- Multimedia Editing (Mata Kuliah Peminatan Broadcast Communication)
- News TV Production (Mata Kuliah Peminatan Broadcast Communication)
- Event Management (Mata Kuliah Peminatan Marketing Communication)
- Issues and Crisis Management (Mata Kuliah Peminatan Marketing Communication)
Semester 5
- Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif
- Komunikasi Antar Budaya
- Mata Kuliah Pilihan 1
- Sinematografi (Mata Kuliah Peminatan Broadcast Communication)
- Program TV Production (Mata Kuliah Peminatan Broadcast Communication)
- Brand Image & Identity (Mata Kuliah Peminatan Marketing Communication)
- Lobbying & Negotiations (Mata Kuliah Peminatan Marketing Communication)
Semester 6
- On The Job Training (OJT)
- Seminar Proposal Penelitian
- Digital Broadcasting (Mata Kuliah Peminatan Broadcast Communication)
- Broadcast and Digital Programming (Mata Kuliah Peminatan Broadcast Communication)
- Media Planning (Mata Kuliah Peminatan Marketing Communication)
- Digital Strategic Communication (Mata Kuliah Peminatan Marketing Communication)
Semester 7
- Mata Kuliah Pilihan 2
- Mata Kuliah Pilihan 3
- Mata Kuliah Pilihan Lintas Prodi 1
- Mata Kuliah Pilihan Lintas Prodi 2
- Mata Kuliah Pilihan Lintas Prodi 3
Semester 8
- Skripsi
Peluang Karier
Lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia disamping dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi juga dapat bekerja dalam dunia bisnis swasta, pemerintahan, maupun membuka usaha sendiri. Berikut ini adalah sejumlah peluang karir bagi lulusan S1 Ilmu Komunikasi.
- Pengamat Komunikasi Publik, Pengamat Komunikasi Politik, Pengamat Media: Pemerhati dan pengamat masalah dan fenomena komunikasi yang terjadi di masyarakat.
- Programmer Siaran Radio dan Televisi: Perancang, pengelola, dan pengembang program acara radio dan televisi.
- Editor, Reporter, Announcer, Journalism Photographer, Cameramen: Perancang, Pengelola, dan pengembang karya jurnalistik baik media cetak maupun media siaran Radio dan TV.
- Correspondent, Writer: Penulis dan koresponden di media cetak maupun media siaran Radio dan TV
- Perancang dan Pengelola Media Baru: Perancang dan pengelola media baru, khususnya media siaran dan termasuk meedia perusahaan seperti company profile, newsletters, tabloid, dan inhouse magazine, website, dan homepage.
- PR Consultant: Perancang, pengelola, dan pengembang perusahaan Public Relations.
- Internal Relations Officer, Media Relations Officer, Community Relations Officer, Customer Relations Officer: Perancang, pengelola, dan pengembang publik internal dan eksternal organisasi.
- Event Organizer: Perancang pengelola dan pengembang acara-acara khusus
- Peneliti Public Relations: Peneliti audit komunikas, kegiatan dan strategi humas, serta opini publik.
- Juru Bicara dan Negosiator: Menjadi juru bicara dan perunding dalam aktivitas PR dan bisnis.