Search Engine Optimization adalah kegiatan mengoptimasi website agar muncul di mesin pencarian. Oleh karena itu, seorang Spesialis SEO adalah mereka yang memiliki spesialisasi di bidang digital dan fokus bekerja meningkatkan performa website pribadi atau perusahaan.
Apabila kamu tertarik bekerja di bidang digital, Spesialis SEO adalah salah satu pilihan karir yang bisa kamu tempuh. Menjadi seorang Spesialis SEO, bukan hal mudah. Perlu banyak pengalaman dan kemampuan untuk beradaptasi dengan dunia digital yang terus berubah.
Yuk pahami lebih dalam mengenai SEO dan pekerjaan Spesialis SEO di artikel berikut ini.
Kalau kamu atau perusahaan kamu memiliki website, SEO adalah suatu hal yang tidak bisa kamu hindari.
Google menjelaskan SEO sebagai “upaya membantu mesin pencarian memahami konten yang kita, serta membantu pengguna menemukan situs dan menentukan apakah mereka akan mengunjungi situs kita.”
Dikutip dari Semrush, sebanyak 53% kunjungan website datang dari pencarian organik. Karena itu tugas penting seorang Spesialis SEO adalah memastikan sebuah situs bisa dikunjungi. 70% pemasar online juga berpikir bahwa SEO adalah solusi yang lebih baik untuk mengumpulkan leads.
Dan karena tugasnya yang penting, seorang profesional SEO bisa meraih keuntungan hingga $56.000 per tahunnya menurut Glassdoor.
Karir di bidang ini juga bisa membuka pintu untuk lebih banyak karir yang menguntungkan, seperti Search Engine Marketer, SEO Manager, Content Marketing Manager, Marketing Analys, Digital Marketer, Business Marketing Consultant.
Mau tahu ada peluang karir apa saja di dunia digital? Baca di sini
Peluang karir yang begitu besar dan kebutuhan yang tinggi dari industri, tentunya bikin kita penasaran, sebenarnya apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya? Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Spesialis SEO untuk mencapai tujuannya. Yuk simak di bawah ini.
Sebelum menentukan strategi yang harus dilakukan, seorang Spesialis SEO akan melakukan analisis terhadap kondisi SEO websitenya saat ini. Dilansir dari Semrush Blog, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu lalu lintas organik, ranking keyword, dan backlink.
Lalu lintas organik adalah jumlah pengunjung yang datang ke website tanpa iklan. Jumlah lalu lintas organik ini bisa dilihat melalui Google Analytics.
Ranking keyword adalah adalah sekumpulan kata kunci yang membuat website kamu muncul di halaman pertama google. Artikel-artikel yang memiliki “ranking keywords” bisa mendapat lebih banyak lalu lintas organik di google.
Backlink adalah jumlah link yang menuju situs kita. Semakin banyak situs terpercaya yang memberikan link pada website kita, maka google juga akan semakin percaya pada situs kita.
On page SEO adalah cara seorang Spesialis SEO mengoptimasi website untuk search engine dan pengguna lainnya, di dalam situs itu sendiri. Beberapa praktik on-page SEO adalah memperbaiki title tag, meta description, headings, internal link, dan url slug.
Semua ini dilakukan dengan mengedit komponen-komponen dalam situs.
Sementara itu, Off-Page SEO merupakan cara optimasi yang dilakukan di luar situs. Beberapa praktik off-page SEO adalah link-building dan meningkatkan share link website di media sosial.
Audit merupakan salah satu hal umum yang dilakukan oleh para spesialis SEO. proses ini dilakukan untuk menemukan halaman-halaman mana saja yang tidak mendatangkan kunjungan organik.
Selain itu proses audit juga dilakukan untuk memeriksa kendala teknikal yang terjadi di website.
Analisis kompetitor akan memudahkan kamu dalam menargetkan keyword, membuat konten, dan membangun backlink.
Melalui kegiatan analisis ini kamu perlu mengetahui beberapa hal, yaitu kelemahan kompetitor, apa saja yang memicu keberhasilan kompetitor, dan membantu kita mengetahui tugas SEO yang harus kita prioritaskan.
Unggul di laman pencarian google bukan hal mudah, lho! Apalagi dengan perubahan algoritma google yang cukup fluktuatif.
Oleh karena itu, strategi SEO yang dirancang seorang Spesialis SEO harus terus dievaluasi dan dikembangkan. Kamu tidak boleh berpatok pada satu strategi saja.
Apakah daftar job-desc di atas membuat kamu bersemangat? Kalau iya, Spesialis SEO adalah karir yang tepat untuk kamu!
Untuk menjadi seorang Spesialis SEO, kamu akan semakin “stand out” apabila memiliki skill-skill informatika, seperti kemampuan membuat website dan UX Writing. Meski hal ini bukan skill wajib, tapi akan sangat memudahkan kamu dalam bekerja dan menyelesaikan isu di dunia nyata.
Proses belajarnya bisa beragam. Kamu bisa memilih untuk belajar secara otodidak ataupun melalui pendidikan formal.
Bagi kamu yang ingin belajar secara otodidak, pastikan kamu bergabung dengan komunitas-komunitas SEO yang ada, agar selalu terupdate dengan perubahan algoritma google yang baru. Jaringan yang kamu bangun melalui komunitas juga akan sangat bermanfaat misal kamu ingin mengadakan kerjasama dengan website lain. Contoh mudahnya, saat ingin bertukar backlink.
Sementara itu, bagi kamu yang ingin belajar melalui pendidikan formal, salah satu pilihannya adalah mempelajari ilmu ini di perkuliahan.
Kalau bicara soal pengerjaan SEO, ilmu dan praktik harus seimbang. Karena itu di program studi S1 Bisnis Digital kamu akan belajar mengenai Search Engine Optimization ini. Pastinya kegiatan belajar kamu akan lebih optimal karena sambil mengerjakan tugas berupa project.
Dengan belajar melalui S1 Bisnis Digital, kamu juga dibekali dengan skill SEO lainnya, seperti desain UI/UX, digital content creation, hingga algoritma dan pemrograman. Ini karena program studi S1 Bisnis Digital menyajikan kurikulum yang seimbang antara manajemen bisnis dan informatika (teknologi).
Kamu bisa lihat daftar mata kuliah program studi Bisnis Digital selengkapnya di sini.
Jadi, kamu pilih yang mana? Belajar otodidak, atau lewat pendidikan formal? Agar semakin yakin, yuk lihat biaya pendidikan S1 Bisnis Digital di Universitas Bunda Mulia
Di Universitas Bunda Mulia, kamu memiliki peluang memperoleh beasiswa hingga 100%*, baik di Uang Pangkal maupun Uang Semester (BPP). Dan beasiswa ini berlaku hingga kamu wisuda!
Namun untuk memperoleh beasiswa tersebut, kamu perlu melalui beberapa tahapan pendaftaran, diantaranya sebagai berikut:
Seperti yang ditunjukkan dalam poin-poin di atas, kamu tidak perlu melakukan pembayaran apapun selama belum menerima pengumuman hasil tes seleksi (kecuali pembelian formulir pendaftaran). Dan beasiswa yang kamu peroleh bisa mencapai 100%, tergantung dari hasil tes tadi.
Selama perkuliahan UBM sendiri, terdapat beberapa biaya yang perlu kamu perhatikan.
Perlu kamu ketahui, semakin awal kamu melakukan pendaftaran kuliah, semakin besar juga potongan kuliah yang bisa kamu peroleh.
Apabila kamu mendaftar kuliah di kelas 11, kamu bisa mendapatkan beasiswa uang pangkal dan uang semester yang jauh lebih besar, ketimbang bila kamu mendaftar saat sudah kelas 12.
By the way, sekarang kamu bisa melakukan pembelian formulir pendaftaran S1 Bisnis Digital secara daring dengan mengunjungi pmb.ubm.ac.id
Dan apabila kamu masih membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran kuliah di UBM, silakan kunjungi link media sosial, hubungi no telp, ataupun kunjungi lokasi kampus di bawah ini.
*Syarat dan Ketentuan berlaku
***
Dapatkan informasi selengkapnya mengenai pendaftaran kuliah S1 di Universitas Bunda Mulia dengan mengisi formulir
KAMPUS ANCOL
Jalan Lodan Raya No.2, Jakarta Utara 14430
No Telp: 021 690 9090
KAMPUS SERPONG
Jalan Jalur Sutera Barat Kav. 7-9, Alam Sutera, Tangerang, Banten 15143
No Telp: 021 8082 1428
Temukan juga kami di berbagai platform media sosial di bawah ini:
Instagram klik di sini
Youtube klik di sini
Tiktok klik di sini
WhatsApp klik di sini
Universitas Bunda Mulia, Bridging Education to the Real World! ✨
READ MORE
Mengenal Bisnis Digital, Jurusan Jaman NOW dan Prospek Kerjanya!