Pada tanggal 2 Maret 2024, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia Kampus Serpong menyelenggarakan Kuliah Umum “The Impact of Technological Advancement on Retail Competition in Indonesia”. Acara ini berlangsung di The UBM Lecture Hall, Lantai 5 Alfa Tower, dari pukul 09.30 hingga 13.10 WIB. Kuliah umum ini ditujukan bagi mahasiswa semester 2 yang mengambil mata kuliah Seni Bisnis Ritel (MNH14). Diikuti oleh 113 peserta, acara ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa terkait perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap persaingan di industri ritel. Narasumber yang dihadirkan adalah Bapak Ryan Alfons Kaloh, Direktur Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Beliau dipandu oleh Ibu Grace Putlia S.E., M.M., dosen Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia, sebagai moderator.
Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, Natasya Deswinta Puteri, mahasiswi aktif Program Studi Manajemen. MC membacakan aturan yang berlaku selama acara, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas Bunda Mulia (UBM). Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ibu Shierly Everlin, S.Ds., M.Sn., selaku Senior Manajer Akademik 1. Setelah itu, MC memperkenalkan moderator acara, dan moderator kemudian memperkenalkan narasumber kepada para peserta.
Kuliah umum ini membahas strategi PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (Alfamart) dalam menghadapi persaingan di bisnis retail. Alfamart berinovasi dengan menghadirkan Alfagift, platform pemesanan online yang tidak bersaing dengan toko fisik. Ada juga target market PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. untuk alfamart berada di area perumahan atau kawasan tempat tinggal, fasilitas publik, atau gedung perkantoran agar konsumen khususnya wanita atau ibu rumah tangga yang menjadi target market utama dapat dengan mudah menjangkau kebutuhan sehari – hari seperti bahan makanan dan keperluan rumah tangga. Selain itu, anak – anak dan masyarakat kelas ekonomi menengah juga menjadi target market Alfamart dengan menawarkan berbagai macam pilihan produk dengan harga yang terjangkau. Hal ini memungkinkan kelas ekonomi menengah untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.
Materi yang disampaikan narasumber mudah dipahami oleh para peserta karena disertai contoh kasus dari pengalaman narasumber di dunia nyata. Hal ini membuat materi menjadi lebih relevan dan kontekstual. Antusiasme peserta terlihat jelas pada sesi tanya jawab yang berlangsung dengan sangat lancar. Para peserta aktif mengajukan pertanyaan, dan narasumber mampu menjawabnya dengan detail dan mudah dipahami. Moderator pun memandu sesi dengan baik, sehingga sesi tanya jawab berlangsung terarah dan informatif.
Sebagai bentuk apresiasi, Ibu Shierly Everlin, S.Ds., M.Sn. memberikan Token of Appreciation kepada narasumber dan Ibu Lilis Susilawaty, S.E., M.M. memberikan Token of Appreciation kepada moderator atas kesediaan mereka untuk berbagi ilmu dan menjadi bagian penting dalam kuliah umum kali ini. Acara ditutup dengan sesi dokumentasi bersama dan MC mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir.
Secara keseluruhan, Kuliah Umum “The Impact of Technological Advancement on Retail Competition in Indonesia” telah terlaksana dengan lancar dan sukses. Antusiasme para peserta terlihat jelas selama acara berlangsung. Kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini. Semoga dengan terselenggaranya acara ini, dapat menjadi acuan untuk penyelenggaraan kuliah umum yang lebih baik di masa depan. Kami berharap dapat terus menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dan materi yang bermanfaat bagi para peserta.