Keep Exploring.
Gabriela Natalia, mahasiswa semester tujuh jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Bunda Mulia berhasil meraih Best 3 dalam ajang PackindoStar Awards 2023. Gabriela memenangkan penghargaan tersebut untuk desain kemasan tisu bambu dengan judul “Save Us”.
Konsep desain kemasan mengambil tema resesi dengan detail mengenai penggundulan hutan. Tujuan dari pembuatan kemasannya sendiri adalah penyampaian pesan mengenai lingkungan dan himbauan untuk menggunakan produk yang berbahan ramah terhadap lingkungan serta alokasi bahan baku tissue yang umumnya menggunakan kayu menjadi menggunakan bambu.
Sifat kemasannya murni dibuat untuk kampanye penyelamatan lingkungan, bukan untuk bisnis yang berfokus kepada keuntungan. Karena peran yang coba saya posisikan di sini adalah sebagai desainer yang memecahkan masalah, bukan mencari untung.
Visual kemasan adalah koala dan badak bercula satu, dimana koala sebagai perwakilan luar negeri dan badak bercula satu menjadi perwakilan dalam negeri. Alasannya adalah memberitahu audiens mengenai apa yang mereka selamatkan apabila membeli atau menggunakan kemasan ini. Bahwa mereka ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan hewan-hewan yang terancam punah karena kehilangan tempat tinggal mereka (hutan). Selain menyelamatkan hewan tersebut, tentunya juga menyelamatkan kita semua yang tinggal di bumi. Oleh karena itu nama kemasan ini adalah “Save Us”.
Gabriela Natalia mengaku sangat senang dan bangga atas pencapaiannya. Ia juga mengatakan kompetisi ini memberikan exposure yang bagus buat CVnya. Gabriela juga senang mendapatkan kesempatan kesempatan untuk melanjutkan ke tahap WorldStar. Ia berharap kemenangannya dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berkarya dan berinovasi di bidang desain kemasan.
Gabriela Natalia, a seventh-semester student majoring in Visual Communication Design at Bunda Mulia University, has won Best 3 in the 2023 PackindoStar Awards. Gabriela won the award for her bamboo tissue packaging design titled “Save Us”.
The packaging design concept takes the theme of recession with details about deforestation. The purpose of making the packaging is to deliver a message about the environment and a call to use products that are environmentally friendly and allocate tissue raw materials that generally use wood to use bamboo.
The packaging is purely made for an environmental protection campaign, not for a business that focuses on profits. The visual packaging is a koala and a rhinoceros, where the koala is a representative of overseas and the rhinoceros is a representative of the country. The name of the packaging is “Save Us”.
Gabriela Natalia said she was very happy and proud of her achievement. She also said that the competition gave her a great exposure for her CV. She is also excited to have the opportunity to move on to the WorldStar stage. She hopes that her victory can inspire other students to continue to create and innovate in the field of packaging design.
Keep Exploring.
360 Virtual Tour
Berita UBM