Tingginya geliat pariwisata, semakin menarik perhatian public. Kondisi ini menjadi pemicu berbagai bisnis di bidang terkait bersaing lebih kuat. Peningkatan jumlah wisatawan selain berdampak positif pada sektor ekonomi Dalam industri hospitality, wisatawan mengharapkan untuk memperoleh pelayanan/service yang maksimal dari para penyedia jasa dengan menyediakan service yang memuaskan ekspektasi mereka atau bahkan melebihi ekspektasi mereka. Oleh karena itu, manajemen hospitality perlu adanya upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan. Melalui peningkatan kualitas pelayanan, bisnis hospitality menjadikannya sebagai salah satu kiat untuk bersaing dengan para pesaingnya. Selain daripada itu bisnis hospitality harus menyediakan sesuatu yang lain daripada yang lain yang akan selalu tertanam dan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi wisatawan dibandingkan dengan apa yang diberikan oleh pesaingnya.
Kualitas menjadi salah satu kunci sukses dari setiap bisnis. Kualitas ini diberikan kepada wisatawan untuk memenuhi ekspektasi wisatawan dengan menyediakan produk dan pelayanan pada suatu tingkat harga yang dapat diterima dan menciptakan “nilai” bagi wisatawan serta menghasilkan profit bagi perusahaan.