UBM Gelar Pameran Pendidikan 25 Perguruan Tinggi Provinsi Guangxi Tiongkok

 

Web Banner-02

Senin (17/4/2017), Universitas Bunda Mulia (UBM) untuk kedua kalinya menggelar pameran pendidikan dengan menghadirkan 25 perguruan tinggi asal Provinsi Guangxi Tiongkok di The UBM Hall, Jl. Lodan Raya No. 2, Ancol, Jakarta Utara.

Beberapa informasi terkait Guangxi, di mana Guangxi merupakan daerah otonom yang berlokasi di Tiongkok Selatan, dengan total luas wilayah 236.700 km2. Terdapat 14 kota dan 110 kabupaten, memiliki populasi 55 juta orang dengan 12 etnik, termasuk Zhuang, Han, Yao, Miao, dan lain sebagainya. Semenjak tahun 2004, China-ASEAN Expo telah diselenggarakan setiap tahun di Nanning, ibu kota dari Guangxi.

Dalam hal tingkat pendidikan, terdapat 20.200 sekolah dasar dengan 4.514.000 siswa; 1.812 sekolah menengah pertama (SMP) dengan 1.988.000 siswa, 450 sekolah menengah atas (SMA) dengan 919.000 siswa, 370 perguruan tinggi kejuruan dengan 977.000 siswa, dan 77 perguruan tinggi dan universitas dengan 811.000 mahasiswa.

Beberapa tahun belakangan ini, Departemen Pendidikan, perguruan tinggi dan juga universitas di Guangxi telah melakukan pertukaran dan juga hubungan kerja sama dengan lebih dari 500 institusi pendidikan dari 40 negara di antaranya adalah The U.S., Canada, Britain, France, Australia, New Zealand, Vietnam, Cambodia, Laos, Thailand, Japan, Korea, Singapore, Russia, dan lain sebagainya. Dan telah tercatat lebih dari 10.000 mahasiswa asing yang telah terdaftar pada tahun 2016.

Universitas dan perguruan tinggi di Guangxi memiliki kampus terbaik yang menawarkan program gelar yang komprehensif dan juga beragam program dalam bahasa Mandarin. Kualifikasi fakultas yang diberikan menjamin standar pengajaran yang tinggi dan mahasiswa asing yang belajar di Guangxi mendapatkan tingkat kehidupan yang nyaman dengan keramahtamahan masyarakat Guangxi.

Berdasarkan hal di atas, kedua kalinya Departemen Pendidikan Guangxi menjalin kerja sama dengan UBM yang pada kesempatan kali ini menghadirkan 25 Perguruan Tinggi dari Guangxi Tiongkok,  yang di antaranya;

  1. Guangxi University
  2. Guangxi Normal University
  3. Guangxi Medical University
  4. Guangxi University for Nationalities
  5. Guilin University of Electronic Technology
  6. Guilin University of Technology
  7. Guangxi University of Chinese Medicine
  8. Guangxi University of Science and Technology
  9. Guangxi Teachers Education University
  10. Guangxi Arts University
  11. Guangxi University of Finance and Economics
  12. Yulin Normal University
  13. Guilin Medical University
  14. Youjiang Medical University for Nationalities
  15. Baise University
  16. Wuzhou University
  17. Hechi University
  18. Qinzhou University
  19. Hezhou University
  20. Guangxi Normal University for Nationalities
  21. Guilin University of Aerospace Technology
  22. Guilin Tourism University
  23. Guangxi Science & Technology Normal University
  24. Guangxi Vocational and Technical College
  25. Liuzhou Railway Vocational Technical College

 

Pameran Pendidikan ini berlangsung mulai pukul 10.00-16.00 WIB. Pada kegiatan tersebut, hadir dari pihak akademik UBM Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBM untuk memberikan kata sambutan. Selain itu hadir juga koordinator Kopertis Wilayah III yaitu Dr. Ir. Illah Sailah, MS, dan dari pihak Guangxi yakni  Mr. Man Changxue selaku Deputy Secretary of the Working Committee of Institutions of Higher Learning of CPC Guangxi Committee, Guangxi Education Departement, dan hadir Konselor Kebudayaan Kedubes RRT yakni Mr. Zhou Bin yang masing-masing memberikan kata sambutan pada acara tersebut.

Pada kegiatan tersebut juga berlangsung penandatanganan MoU kerja sama antara Guangxi University dan UBM seperti pertukaran pelajar, penelitan bersama level dosen, dan lain sebagainya, yang ditandatangani oleh Wu Zhiqiang selaku Vice President for Academic Affairs dan Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik. Selain itu, diselenggarakan juga lomba pidato Bahasa Mandarin Tingkat SMA dengan hadiah uang tunai dan beasiswa.

Bahasa Mandarin (Tionghoa) kini telah menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris. Bahasa Mandarin kini digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Oleh karena itu, pengusaan bahasa Mandarin sangatlah penting untuk modal diri di dunia bisnis. Melihat hal itu, UBM dengan tagline Bridging Education to The Real World, senantiasa mengembangkan kerja sama demi menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap pakai.

Universitas Bunda Mulia, Bridging education to the real world..

12+