Program Studi Manajemen : Kuliah Umum “Managing Talent in the New World of Work: Managing Reward for Millenial”

UntitledProgram Studi Manajemen kembali lagi mengadakan Kuliah Umum yang bertema “Managing Talent in the New World of Work : Managing Rewards for Millenial” yang dibawakan oleh narasumber yang ahli di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia yaitu Bapak Rudy Franto Manik, seorang Chief Human Resources Officer di PT. AXA Services Indonesia.

Mahasiswa/i prodi Manajemen mengikuti kuliah umum ini dengan antusias. Beliau mengatakan bahwa dalam menangani karyawan dengan generasi millenials perlu pendekatan yang berbeda dibandingkan yang lainnya. Misalnya saja, dalam pemberian kompensasi dengan karyawan generasi Millenials, perusahaan lebih menekankan kepada kompensasi non-financial seperti promosi jabatan, pengakuan dan sebagainya.

Kuliah umum ini diadakan pada Rabu, 26 April 2017 pukul 09.00 – 11.-00 di The UBM Premiere Classroom serta diikuti oleh 93 mahasiswa/i program studi Manajemen. Bagi mahasiswa/i prodi Manajemen yang belum mengikuti kuliah umum kali ini, dapat mengikuti kegiatan selanjutnya. Go Biemers !!! //oas//

Untitled

Bedah Buku Astra on Becoming Pride of the Nation Jumat, 21 April 2017

1492777087211Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen atau yang lebih dikenal dengan sebutan Excellent Community of Management (XCM), Universitas Bunda Mulia, pada hari Jumat tanggal 21 April 2017 menghadiri undangan dari Metro TV, yang mana undangan tersebut dihadiri oleh 200 mahasiswa/i dari beberapa perguruan tinggi di Jakarta serta tamu undangan dari Astra International. Acara ini diadakan untuk memperingati hari ulang tahun  Astra International yang ke 60 tahun dan penerbitan sebuah buku yang berjudul Astra on Becoming Pride of the Nation, dengan diselenggarakannya acara Bedah Buku dengan tema “Menggali Makna 60 Tahun Astra”. Acara ini pun akan tayang di saluran Metro TV pada tanggal 29 April 2017, pukul 20.30 WB.
1492777087211Dalam acara ini Metro TV menghadirkan 3 narasumber yaitu Bapak Dedi Tedja Gumara, Bapak Fauzi Ichsan (selaku Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan) dan Ibu Tira Ardianti (selaku Head of Investor Relations at PT Astra International Tbk) , serta di pandu oleh Host Metro TV yaitu Zylvia Iskandar, juga menghadirkan penyanyi Lea Simanjuntak sebagai pengisi acara. Adapun topik utama dalam acara ini adalah Strategi PPP (Portfolio Business, People, and Public Contribution) roadmap yang dibuat oleh Astra International.
Berdasarkan penjelasan dari Bapak Dedi, yang membuat perusahaan bisa bertahan selama puluhan tahun adalah paradigma yang benar, nilai-nilai yang dipercayai perusahaan, realisasi, dan kepemimpinan. Kemudian menurut bapak Fauzi adalah reputasi produk dan service, reputasi pasar, serta culture yang di bangun perusahaan. Sedangkan menurut ibu Tira yang menjadikan perusahaan dapat bertahan hingga puluhan tahun adalah budaya merupakan suatu identitas perusahaan hingga membuat perusahaan dapat berkembang hingga menjadi suskses.
Untuk P yang pertama yaitu s, Portfolio Busines Astra pernah mengalami krisis juga pada tahun 1998. Namun Astra mampu melewati krisis tersebut dengan segala daya upaya perusahaan. Salah satu cara yang dilakukan Astra adalah terbuka dan mengkomunikasikan kepada seluruh Creditor bahwa Astra tetap berkomitmen untuk membayar kewajibannya. Selain itu, Astra juga tetap menjaga kualitas produknya saat biaya produksi mulai meningkat, yaitu dengan cara mengurangi kuantitas produksi dan mengurangi produksi produk yang kurang diminati pasar.

P yang kedua adalah People, dimana Astra merupakan salah satu perusahaan yang sangat mendukung karyawannya untuk berinovasi, memberikan kesempatan karyawan untuk melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahannya, serta mempertanggungjawabkan gagasannya.
Sedangkan P yang ketiga adalah Public Contribution, kontribusi publik akan sangat membantu kelancaran sistem operasional sebuah perusahaan. PT Astra International Tbk, merupakan salah satu perusahaan yang senantiasa menjaga hubungan baik dengan publik, dan sesuai dengan motto nya yaitu “Sejahtera Bersama Bangsa”. Oleh karena itu, salah satu tujuan jangka panjang didirikannya PT Astra International Tbk adalah untuk ikut serta dalam menyejahterakan bangsa Indonesia.
Banyak CEO muda yang tertarik untuk mempelajari buku yang diterbitkan oleh PT Astra International, misalnya Billy Boen (Entrepreneur muda Indonesia), William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Nadiem Makarim (CEO Gojek), dan lainnya. Menurut mereka, dalam buku ini tidak hanya membahas sebatas teori saja melainkan membahas apa saja yang telah dilakukan oleh Astra selama 60 tahun ini dan bagaimana strategi Astra hingga mampu bertahan selama puluhan tahun. Sebagai CEO muda, mereka mendapat banyak pengetahuan dari buku ini.

Program Studi Manajemen : Pelatihan Pengolahan Data (SPSS dan PLS) Periode 2016/2017

UntitledProgram Studi Manajemen kembali mengadakan kegiatan rutin yaitu Pelatihan Pengolahan Data menggunakan software SPSS dan PLS bagi mahasiswa/i Prodi Manajemen yang sedang menempuh skripsi periode 2016/2017. Pelatihan ini diadakan sebanyak tiga sesi dimana khusus pelatihan SPSS diadakan dua sesi (pagi dan sore) dan pelatihan PLS diadakan satu sesi (sore). Semua pelatihan diadakan pada hari Rabu, 12 April 2017.

Pelatihan SPSS baik sesi pagi dan sore dibawakan oleh Bapak Fahrul Riza, SE., MSM. sedangkan pelatihan PLS dibawakan oleh Bapak Dr. Edi Purwanto, SE., MM.  Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 28 mahasiswa untuk pelatihan SPSS sesi pagi, 46 mahasiswa untuk pelatihan SPSS sesi sore dan 42 mahasiswa untuk pelatihan PLS.

UntitledPelaksanaan kegiatan ini diadakan rutin setiap semester, jadi bagi mahasiswa yang belum mengikuti pelatihan ini dapat mengikuti pada periode semester berikutnya. Go Biemers !!! //oas//

Program Studi Manajemen (School of Retail): Pelatihan “Character Building”

Untitled

Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen peminatan ritel IRC (Integrated Retail Community) mengadakan kegiatan pelatihan softskill yang bertemakan Character Building bagi 11 anggota IRC periode 2016/2017yang bertujuan untuk membentuk setiap karater sekaligus memberikan persiapan dalam berorganisasi sekaligus menghadapi dunia industri.

Untitled

 

Acara ini dimulai pk : 19.00 – 21.00. Materi pertama diberikan oleh Bapak Andreas Wijaya, SE,MM.,   dengan bertemakan “character building” dan dilanjutkan oleh Rillyana Tjahya (NIM : 18140002) dengan tema “Leadership” dilanjutkan oleh Meilisa Alvita (NIM: 18140012 ) dengan “mengelola keuangan dan Fandy Fallyanza (NIM : 18140005) dengan tema “tata cara membuat pembuatan laporan”

 

 

Dalam kegiatan tersebut ditutup oleh pemberian sertifikat oleh Bapak Andreas Wijaya SE.,MM., selaku Pembina HMP – IRC periode 2016/2017 kepada seluruh pembicara sebagai bentuk apresiasi atas materi yang telah dibawakan. Awi

 

D’EXPO 2017

D EXPO1

Pelatihan Softskill “BUILD UP A NEW GENERATION” Excellent Community of Management – Program Studi Manajemen Bandung, 15 Maret 2017

UntitledPada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen XCM (Excellent Community of Management) telah mengikuti kegiatan pelatihan softskillyang bertemakan Build Up A New Generation. Adapun pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para generasi baru dalam pembentukan karakter dan peningkatan  kemampuan dalam berorganisasi. Kegiatan ini diadakan di Ciwangun Indah Camp, Bandungpadatanggal 15Maret 2017.

Pelatihan softskill  ini diikuti oleh 47 anggota aktif XCM kepengurusan periode 2016/2017 yang dimana pembicara dalam pelatihan ini adalah Ketua, Wakil Ketua dan Kepala Divisi HMP – XCM. Acaradimulai dari jam 15.00 WIB dengan mengumpulkan anggotaXCM di Aula.

 

UntitledTopik materi pertama diisi dengan pemaparan mengenai “Komitmen dan Tanggung Jawab dalam Berorganisasi” oleh Tria Rendi Manurun (NIM : 12140219) dan Yogaswara Tetra Putra (NIM : 12150002). Inti dari materi tersebut mengajarkan para peserta bagimana menjadi pribadi yang berkomitmen dan bertanggung jawab terhadap tugas yang telah dipercayakan serta memotivasi para anggota XCM untuk berkontribusi dengan baik dalam organisasi. Kemudian materi dilanjutkan dengan topik “Simple Secrets of Great Communicators” yang dibawakan oleh Prisilia Theovany Ferdi (NIM : 12150173) selaku Wakil Kepala Divisi Marketing & Communication. Dari topik tersebut para peserta mendapatkan manfaat bagaimana menyampaikan informasi yang benar dan tepat tanpa mengabaikan etika dalam bepresentasi, para anggota juga diajak untuk mempraktekan langsung mengenai bagaimana etika dan cara menyampaikan informasi di depan kelas. Materi berikutnya dibawakan oleh Cindy Nathania (NIM : 12140131) selaku Kepala Divisi Penelitian dan Pengembangan mengenai “Kemampuan Mengolah Data Secara Terstruktur & Pengembangan Organisasi”. Adapun para anggota XCM diajarkan cara mengolah kuesioner dengan baik dan benar, membuat kesimpulan dari hasil pengolahan dan pemaparan informasi mengenai tugas – tugas yang harus dilakukan oleh para anggota XCM khususnya Divisi Penelitian & Pengembangan. Materi dianjutkan oleh Venny Andriani (NIM : 12140077) selaku Kepala Divisi Kreatif dengan topik “Memvisualisasikan Informasi dengan Photoshop”. Selain pemaparan mengenai tugas – tugas rutin divisi kreatif, dalam pelatihan tersebut para peserta diajak untuk mempraktikan langsung membuat desain dengan menggunakan photoshop. Sedangkan topik materi terakhir dipaparkan oleh Wastynoviandini (NIM : 12140106) selaku Kepada Divisi Keuangan mengenai “Pengelolaan Keuangan Organisasi, Penyusunan Laporan Keuangan & Laporan Pertanggungjawaban. Adapun manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini ialah bagaimana mengelola dan mengalokasikan keuangan para anggota XCM serta membuat laporan keuangan tiap ahir bulan.

Dalam kegiatan tersebut ditutup oleh pemberian oleh Ibu Lilis Susilawaty, SE.,MM. dan Bapak Brendi Wijaya SE.,MM., selaku Pembina HMP – XCM periode 2016/2017 kepada para pembicara sebagai bentuk apresiasi atas materi yang telah dibawakan.

Kunjungan Industri Tahu Susu Lembang, Bandung Rabu, 15 Maret 2017

UntitledKunjungan Industri Internal ke Rumah Produksi Tahu Susu Lembang yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (Excellent Community of Management/XCM) pada hari Rabu, 15 Maret 2017.  Rumah produksi Tahu Susu Lembang ini yang berlokasi di Jl. Raya Lembang 177, Kabupaten Bandung Barat. Rombongan tiba disana pukul 11.45 WIB yang disambut ramah oleh ka Ardel selaku Public Relation dari Tahu Susu Lembang.

Tahu Susu Lembang didirikan oleh Bapak Perry Tristanto pada tanggal 21 Desember 2008. Di Rumah Produksi Tahu Susu Lembang sendiri, terdapat ruang produksi dan juga outlet penjual produknya. Ketika sampai disana, tim XCM diarahkan menuju ruang produksi. Di sana dapat dilihat proses produksi tahu mulai dari persiapan bahan baku sampai proses pencetakan serta proses packing. Berdasarkan penjelasan dari ka Ardel, dapat diketahui bahwa, selain memproduksi tahu susu yang dijual dengan harga Rp 25.000/10 tahu susu, di sana juga memproduksi tahu mentega yang dijual dengan harga Rp 30.000/10 tahu mentega.

UntitledSedangkan di outlet penjualan, terdapat  banyak produk-produk mentah ataupun produk matang dari Tahu Susu Lembang ini. Semua yang berkunjung kesana dapat dengan mudah membeli produk yang dijual disana. Diakhir kegiatan kunjungan ini, penyerahan plakat diwakili oleh Bapak Brendi Wijaya, SE.,MM selaku dosen pendamping kepada pihak Tahu Susu Lembang yang diwakili oleh Kak Ardel dan peserta kunjungan industri mendapat sebuah bingkisan yang berisi tahu susu, susu kedelai dan      buku resep tahu susu serta dapat berbelanja puas di outlet penjualannya. #WNA

Kunjungan Industri Sapu Lidi Resort School of Marketing – Manajemen 15 Maret 2017

UntitledPada hari Rabu, 15 Maret 2017 program studi Manajemen peminatan School Of Marketing (SOM) dan School Of Retail (SOR)  mengadakan kunjungan industri ke Sapu Lidi Resort yang beralamatkan di Jl. Sersan Bajuri, Komplek Graha Puspa, Bandung Jawa Barat.

Bapak Irwan selaku Manager Sapu Lidi Resort berbagi mengenai strategi marketing yang digunakan oleh Sapu Lidi Resort dan bagaimana bisnis ini bisa tetap bertahan dan memasarkan produk mereka ditengah banyaknya pesaing, terutama di daerah Lemang sendiri.

Ternyata industri ini menerapkan berbagai inovasi strategu seperti menggunakan card dan beberapa cara lain untuk menarik konsumen, sehingga Sapu Lidi tetap diminati banyak konsumennya meskipun banyak pesaing yang menggunakan konsep yang sama dengan sapu lidi. Industri ini mampu bertahan selama 17 tahun untuk tetap menjadi tempat yang diminati oleh banyak konsumennya, baik dari dalam maupun luar Negri.

UntitledKunjungan industri ini dihadiri oleh mahasiswa/i dari Universitas Bunda Mulia semester 2, 4, 6 dari Jurusan School Of Marketing dan School Of Retail dan di hadiri oleh beberapa dosen. Sebagai bentuk apresiasi dari UBM, Ibu Henilia Yulita SE., MM selaku Koordinator School of Marketing (SOM) memberikan penghargaan berupa plakat kepada Bapak Irwan.

Kunjungan industri ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Pelatihan Experiental Learning School of Marketing Manajemen 15-16 Maret 2017

Untitled

Pada hari Kamis, 16 Maret 2017, Himpunan Mahasiswa/i Program Studi Manajemen, Excellent Community of Management (XCM)), Marketing Club (MC) dan Integrated Retail Community (IRC),secara bersama-sama mengadakan kegiatan softskill “Experiental Learning” di Ciwangun Indah Camp (CIC), Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 47 orang anggota aktif XCM, 25 orang anggota aktif MC dan 12 orang anggota aktif IRC. Pelatihan ini juga didampingi oleh para pembina masing-masing HMP yaitu Ibu Lilis Susilawaty, SE., MM & Bapak Brendi Wijaya, SE., MM selaku pembina HMP XCM, Ibu Henilia Yulita, SE., MM selaku pembina MC dan Bapak Andreas Wijaya, SE., MM selaku pembina IRC.

UntitledPelatihan dilanjutkan dengan team building yaitu para peserta diminta untuk menyelesaikan rintangan yang ada di tiap pos. Adapun team building ini terdiri dari 4 (empat) pos sebagai berikut :
Zig Zag Ball, para peserta harus dapat menggelindingi bola pada medan yang berbelok – belok. Adapun nilai dari pos ini adalah bagaimana berkomunikasi dan mengatur setiap anggota dalam menyelesaikan suatu masalah juga memposisikan seseorang berdasarkan kemampuannya serta menjaga kekompakan dan kerjasama dalam tim.

Drop Ball, memindahkan bola kecil dari satu bambu ke bambu lainnya. Nilai yang dapat di peroleh dari pos ini ialah kemampuan memimpin dan berkomunikasi kepada setiap individual dalam memberikan petunjuk dan informasi agar mampu menjalin kerjasama tim yang hebat, tidak egois dan mempu mencapai tujuan bersama.

Giant Pen, menggunakan pipa besar untuk mendorong bola melalui lintasan. Nilai yang dapat diperoleh dari pos ini adalah kerjasama tim, kekompakan, cara berkomunikasi, pemecahan masalah dan tidak tergesa – gesa dalam mengambil tindakan dalam berorganisasi.

Electric Rope, bagaimana setiap kelompok mampu melewati tali. Adapun nilai yang didapat dari pos tersebut adalah saling tolong menolong dan rela berkorban bilamana rekan kerja kita atau orang di sekeliling kita menghadapi masalah. Kerjasama tim juga dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama.

Untitled
Moving Ball, memindahkan bola secara bersamaan kemudian ditangkap oleh rekan disampingnya. Nilai yang dapat diperoleh dari pos ini adalah kekompakan, kerjasama tim, kepemimpinan, dan sikap tidak mudah menyerah. Nilai – nilai tersebut sangat penting dalam sebuah organisasi serta setiap invidu dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Sebagai tambahan dari pelatihan, setiap tim diberikan 1 (satu) bungkus tepung untuk diteruskan kepada anggota dibelakangnya hingga tepung tersebut dimasukan kembali ke dalam plastik. Dan sebagai penutup pelatihan, antar kelompok diperbolehkan saling menyerang dengan air.

Pelatihan tersebut diakhiri dengan outbond yaitu flyingfox dan shaking bridge. Kemudian sebelum pulang menuju Jakarta, para peserta tidak lupa untuk foto bersama.

 

 

 

Tentier UTS Semester Genap TA. 2016/2017

Pada hari Senin, 13 Maret 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen “Excellent Community of Management (XCM)” mengadakan kelas tentier bagi semester II dan IV untuk membantu dalam mempersiapkan Ujian Tengah Semester (UTS) semester Genap Tahun Akademik 2016/2017.

 

UntitledTerdapat 4(empat) mata kuliah yang diajarkan di kelas tentier yaituMNB08-Ekonomi Mikro,AKZ07-Akuntansi Biaya, MNC40-Penganggaran Perusahaan,dan MNB10-Ekonomi Manajerial.

 

UntitledEkonomi Mikro diperuntukkan bagi semester II, kegiatan ini dimulai pukul sejak pukul 09.30-12.00 WIB di ruang 307 (R307) dengan pengajar Ricky Tanjaya (NIM : 12150005) dari semester IV, kemudian kelas tentier dilanjutkan dengan mata kuliah Akuntansi Biaya diperuntukan juga bagi semester II, dimulai sejak pukul 12.30-15.00 WIB di ruang 307 (R307) dengan pengajar Dewi (NIM : 12150021) dari semester IV.

 

UntitledMata kuliah Penganggaran Perusahaan diperuntukkan bagi semester IV, dimulai pukul 09.30-12.00 WIB di ruang 308 (R308) dengan pengajar Damara Cresentya (NIM : 12140087) dari semester VI, dan dilanjutkan dengan mata kuliah Ekonomi Manajerial diperuntukkan juga bagi semester IV, dimulai pukul 12.30-15.00 WIB di ruang 308 (R308) dengan pengajar Findy Puspita (NIM : 12140071) dari semester VI.

UntitledSuasana tentier di setiap kelas berjalan dengan aktif dan kondusif , dengan adanya sesi tanya jawab, sehingga mahasiswa menjadi lebih mengerti mengenai pelajaran yang diajarkan dan semakin siap untuk menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS)Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017 nantinya. Salam biemers!