GRAND FINALE CIMB ASEAN STOCK CHALLENGE 2

UntitledGaleri Investasi Universitas Bunda Mulia mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan dalam kegiatan CIMB ASEAN Stock Challenge yang kedua di Bursa Efek Indonesia. CIM ASEAN Stock Challenge 2 diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 6 negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapore, Thailand, Brunei Darussalam, dan Kamboja.  Diketahui bahwa kompetisi ini diikuti oleh 3.727 tim mahasiswa strata satu dari 200 perguruan tinggi dari enam negara ASEAN tersebut. Setelah seleksi tahap regional yang sangat ketat, akhirnya Indonesia diwakili oleh Management Team dari Universitas Gadjah Mada untuk masuk ke babak final. Dalam babak grand final ini para kontestan mempresentasikan strategi perdagangan yang menitikberatkan pada perencanaan strategis dan langkah investasi dengan memperhatikan prospek jangka panjang dan fundamental yang kuat kepada para dewan juri yang merupakan Direktur dari masing-masing kantor bursa pada tiap perwakilan negara yang masuk ke babak grand final.

UntitledSetelah sesi presentasi selesai, acara di lanjutkan dengan break makan siang. Tetapi dikarenakan terdapat insiden berupa jembatan penghubung gedung Tower BEI 1 roboh, maka para hadirin dipersilahkan pulang terlebih dahulu. Namun, insiden tersebut tidak mempengaruhi hasil kompetisi. Siang harinya, diumumkan bahwa Management Team dari Indonesia berhasil menduduki peringkat 1 dan memenangkan uang tunai sebesar US$12.000 dan study trip ke Tokyo Stock Exchange, peringkat 2 diduduki oleh Liquidity Capital Team dari Singapore dan memenangkan uang tunai sebesar US$ 8.000 sedangkan juara 3 diduduki oleh The Brilliant Team dari Kamboja dan mendapatkan hadiah sebesar US$5.000.

Kami ucapkan Selamat kepada para pemenang! Salam investor muda

 

SEMILOKA DOSEN : BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN RPS (RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER) BERORIENTASI KKNI (KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA)

UntitledPada hari Jumat, 5 Januari 2018, Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia mengadakan Semiloka Dosen yang bertemakan: “Bimbingan Teknis Penyusunan RPS Berorientasi KKNI” yang dihadiri oleh beberapa dosen. Acara dimulai pada pk 09.00 dengan pembukaan oleh Ibu Tisia Priskila, S.E.,Msi  dan dilanjutkan oleh narasumber yaitu Ibu Novita S.E., Msi yang menjelaskan pentingnya menyusun RPS yang berorientasi dengan KKNI agar dapat menyusun profil lulusan agar menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkar program dan jenis pendidikan tinggi.

Untitled

Materi selesai pada pk 10.30 dan acara dilanjutkan dengan pemberikan sertifikat dari Ibu Tannia, S.E.,M.M selaku Sekertaris Program Studi Manajemen kepada Ibu Novita, S.E.,Msi yang kemudian acara ditutup pada pk 11.00 dengan sesi foto bersama.

KUNJUNGAN INDUSTRI PT AMERTA INDAH OTSUKA

UntitledPada hari Kamis, 14 Desember 2017 mahasiswa/i program studi Manajemen Universitas Bunda Mulia kampus Serpong @Alamsutera telah melaksanakan kegiatan kunjungan industri ke PT Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di Jalan Siliwangi KM. 28, Kutajaya, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat 43359. Kunjungan Industri ini merupakan kunjungan industri pertama bagi mahasiswa/i program Studi Manajemen Universitas Bunda mulia Kampus Serpong @Alamsutera yang diikuti oleh 34 peserta.
PT Amerta Indah Otsuka adalah perusahaan yang bergerak di bidang produk kesehatan, produk utama yang kita temui ialah minuman isotonik yang kita kenal dengan Pocari Sweat. Kegiatan kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh setiap program studi di Universitas Bunda Mulia sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa/i dengan berorientasi pada industri sesuai dengan visi dari Universitas Bunda Mulia.
Acara dimulai dengan kata sambutan dari Bapak Yudi selaku Corporate Communication dan disambut hangat oleh perwakilan dosen pendamping kami bapak Brendi Wijaya, SE., MM. acara dilanjutkan dengan Factory Tour kepada seluruh peserta sehingga dapat melihat proses pembuatan minuman Isotonik Pocari Sweat yang dimulai dari proses pembuatan botol plastik kemasannya hingga menjadi produk yang siap di distribusikan ke setiap toko. Tidak hanya itu kami pun disuguhkan beberapa mini games serta talkshow mengenai PT Amerta Indah Otsuka dan diakhir acara KI diperlihatkan pemandangan dibawah kaki gunung salak dan tidak lupa pula kami mengabadikan momen kami disana
Kemudian acara diakhiri dengan pemberian plakat kepada PT Amerta Indah Otsuka, dan para peserta yang ikut serta dalam kunjungan ini pun mendapat bingkisan minuman Pocari Sweat.

Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia “Focus Group Discussion Galeri Investasi se-Jadetabek” 12 Desember 2017

UntitledSelasa, 12 Desember 2017 Galeri Investasi UBM mendapatkan kesempatan untuk menghadiri undangan kegiatan Focus Group Discussion se-JADETABEK Tahun 2017 di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Kegiatan ini dibuka dengan kata sambutan dari Ibu Tita Mustikarini dari Divisi Pengembangan Wilayah Bursa Efek Indonesia, beliau juga menyampaikan topik utama yang akan didiskusikan yaitu, program kerja Galeri Investasi selama 1 tahun kedepan.

Kemudian acara kembali dilanjutkan oleh Bapak Adel yang merupakan bagian dari Divisi Penelitian yang menyampaikan materi mengenai Market Outlook pada tahun 2018 dan beberapa pengetahuan tentang pasar modal yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai pasar modal di Indonesia.

UntitledAcara selanjutnya dilanjutkan oleh Bapak Dendy Faizal Amin yang merupakan bagian dari Divisi Pengembangan Wilayah yang menyampaikan tentang beberapa kekurangan dari Galeri Investasi BEI yang ada di Jadetabek  (berdiri lebih dari 1 tahun) belum memenuhi persyaratan sebagai peserta GI BEI Award serta dengan bimbingan beliau juga Focus Group Discussion kembali dilanjutkan dan dikembangkan.

 

Dari hasil diskusi yang telah diadakan pada hari Selasa, 12 Desember 2017  maka GI BEI diharapkan untuk menambah kegiatan Edukasi Pasar Modal yang dilakukan agar bisa meningkatkan jumlah pembukaan Rekening Efek dan meningkatkan nilai transaksi ; GI BEI diharapkan menjadi partner BEI tidak hanya dalam hal untuk meningkatkan jumlah investor, penyediaan SDM di pasar modal, tetapi juga meningkatkan jumlah perusahaan yang go public (Emiten) ; GI BEI diharapkan kedepannya rutin mengirimkan Laporan Bulanan, serta diharapkan kepada seluruh GI se-Jadetabek untuk lebih kreatif dalam mengembangkan serta mengenalkan pasar modal kepada warga sekitar kampus.

Tentier UAS ganjil 2017/2018 Program Studi Manajemen

UntitledUntitledSelasa, 05 Desember 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen yaitu Excellent Community of Management (XCM) telah mengadakan program kelas Tentier. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh Excellent Community of Management (XCM) sebelum ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Kegiatan tentier kali ini, diadakan dalam rangka persiapan Ujian Akhir Semester Ganjil TA 2017/2018.

Mata Kuliah yang diajarkan adalah mata kuliah yang diajukan oleh para Mahasiswa/I Program Studi Manajemen. Pada kegiatan Tentier kali ini Mata Kuliah yang diberikan adalah Manajemen Keuangan dan Ekonomi Makro.

Kegiatan tentier ini dimulai dengan mata kuliah Manajemen Keuangan berlansung pada pukul 09.30 – 12.00 WIB dan mata kuliah ini ajarkan oleh Margaretha liu (12150042) mahasiswa aktif semester 5 Program Studi Manajemen. Untuk mata kuliah Ekonomi makro berlangsung pada pukul 13.00 – 15.00 WIB dan mata kuliah ini diajarkan oleh Bapak Fahrul Riza S.E., MSM (L1128) dosen tetap Universitas Bunda Mulia.

UntitledKegiatan ini disambut dengan antusiasme dari Mahasiswa/I semester 3 Program Studi Manajemen, dibuktikan dengan hadirnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai lebih dari 35 orang. Kegiatan ini diharapkan membantu para mahasiswa/I Program Studi Manajemen untuk mempersiapakan diri untuk mengikuti Ujian Tengah Semester Ganjil 2017/2018.

 

Sinergi Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan dengan Perguruan Tinggi di Jakarta 6 & 7 Desember 2017

UntitledSosialisasi dan literisasi keuangan untuk para dosen diperlukan mengingat industri keuangan telah mengalami perubahan. Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengundang 27 Perguruan Tinggi yang ada di Jakarta untuk melakukan kegiatan Sinergi Edukasi sebagai tindak lanjut peluncuran Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi. Adapun isi dari kegiatan Sinergi Edukasi tersebut adalah pembahasan mengenai 9 topik materi dari Buku Seri Literasi Keuangan Tingkat Perguruan Tinggi yang telah diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan pada bulan Agustus 2016 lalu.
Universitas Bunda Mulia menjadi salah satu undangan dari 27 Perguruan Tinggi yang ada di DKI Jakarta dan diwakilkan oleh Lilis Susilawaty, SE., MM dan Hary S. Sundoro, SE., ME. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 6 & 7 Desember 2017 ini berlokasi di Indonesia Banking School dan diikuti oleh kurang lebih sebanyak 60 orang dosen.
UntitledAcara dibuka oleh Bapak Subarjo Sujarno selaku Ketua Indonesia Banking School dan Bapak Sarjito selaku Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan acara tukar menukar cinderamata yang dilakukan oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan sebagai pihak penyelenggara acara dan Indonesia Banking School sebagai host acara ini.
Pada hari pertama, membahas mengenai buku I, V, VII, II dan IX. Materi Buku I mengenai OJK & Pengawasan Mikroprudensial disampaikan oleh Bapak Horas Aritohang selaku Direktur Edukasi dan Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan. Materi Buku V mengenai Lembaga Pembiayaan dilanjutkan oleh Bapak Sigit Sembodo selaku Ketua Asosiasi Multi Pembiayaan. Materi Buku VII mengenai Lembaga Jasa Keuangan Lainnya disampaikan oleh Bapak Eri Mardianto. Materi buku II mengenai Perbankan disampaikan oleh Bapak Hotman Simbolon. Dan acara di hari pertama ditutup dengan pembahasan Buku IX yang disampaikan oleh Ibu Imelda Tarigan dengan topik Perencanaan Keuangan.
Hari kedua dilanjutkan dengan pembahasan topik Buku VI, IV, VIII, dan Buku III. Materi Buku VI mengenai Dana Pensiun yang disampaikan oleh Bapak Totok Subiyanto selaku Komisaris Dana Pensiun PT Telkom Tbk. Materi Buku IV – Perasuransian disampaikan oleh Bapak Anton Lie selaku Direktur Asuransi Central Asia. Materi Buku VIII tentang Industri Jasa Keuangan Syariah disampaikan oleh Bapak Hermansyah selaku Direktur Eksekutif Bank Syariah Muamalat. Topik terakhir dan penutup disampaikan oleh Bapak Rudiyanto selaku Direktur Panin Aset Manajemen dengan membahas Buku III mnegenai Pasar Modal.
Acara selama dua hari tersebut berlangsung dengan semangat positif dari para akademisi yang ditunjukkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Acara ditutup oleh Bapak Emil Akbar selaku Wakil Ketua 3 Indonesian Banking School dengan mengajak para dosen untuk membagi materi-materi yang telah disampaikan kepada para mahasiswa yang diampuh agar para akademisi dapat meningkatkan literasi keuangan di Perguruan Tinggi masing-masing.

Program Studi Manajemen : Kunjungan Industri ke PT Coca Cola Amatil Indonesia

UntitledSenin (4/12/2017), mahasiswa/i Program Studi Manajemen bersama HMP Manajemen, Excellent Community of Management (XCM), serta didampingi oleh Bapak Brendi Wijaya, S.E., M.M dan Ibu Hanilia Wilanda, S.E., M.M. melakukan kunjungan industri ke PT Coca Cola Amatil Indonesia. berlokasi di Cibitung, Bekasi.

UntitledUntitledAcara dimulai pada pukul 09.30 dan dibuka oleh Ibu Ratri Nahda Farhaty, S.H.Int selaku Corporate Affairs Executive PT Coca Cola Amatil Indonesia. Ibu Ratri menampilkan video tentang sejarah awal mula produk Coca Cola dibuat hingga sekarang, dan menjelaskan tentang proses produksi Coca Cola serta beragam produk PT Coca Cola Amatil Indonesia, seperti fanta, sprite, coca cola, minute maid pulpy, isotonic, dan frestea.

Selanjutnya pada pukul 10.30 kami diajak berkeliling pabrik untuk melihat proses produksi secara langsung. Setelah selesai mengunjungi pabrik, Peserta kembali berkumpul di aula untuk melakukan sesi tanya jawab. Acara kunjungan industri ini diakhiri dengan kata sambutan oleh Bapak Brendi Wijaya, S.E., M.M. serta pemberian plakat oleh Universitas Bunda Mulia yang diwakilkan oleh Bapak Brendi Wijaya, S.E., M.M. kepada Ibu Ratri Nahda Farhaty, S.H.Int selaku pembicara pada kunjungan industri kali ini.

PELATIHAN HMP “BUILD CHARACTER INSIDE & SUPERVISOR SOFTSKILL”

UntitledSabtu, 25 November 2017. Himpunan Mahasiswa/i Jurusan Manajemen, XCM (Excellent Community of Management), Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan pelatihan softskill gabungan dengan IRC (Integrated Retail Community). Sebelum memulai acara pelatihan bersama, diadakan sesi foto bersama terlebih dahulu.

Setelah melakukan sesi foto bersama kegiatan pelatihan ini dimulai dengan materi pertama yang disampaikan oleh Yogaswara Tetra Putra selaku Ketua XCM dan Owen Hiunata selaku Wakil Ketua XCM. Dimana mereka menjelaskan mengenai peraturan dalam XCM, Program Kerja yang telah dan akan datang,  perkenalan anggota baru dari XCM UBM Serpong,  perkenalan ketua dan wakil ketua divisi dari masing-masing divisi di XCM dan bagaimana sebagai anggota harus berkomitmen dalam XCM.

Kemudian untuk materi kedua disampaikan oleh Miss Lilis Susilawaty, SE.,MM selaku Pembina XCM. Beliau membawa materi yang bertemakan “Great Personality For The Best Community”. Beliau menjelaskan bagaimana mengembangkan kepribadian yang hebat dalam komunitas dan juga beliau berkata dalam membangun komunitas yang baik harus dimulai dari diri sendiri. Lalu untuk materi ketiga disampaikan oleh Bapak Brendi Wijaya, SE.,MM selaku Pembina XCM. Beliau membawa materi yang bertemakan “Organizational Commitment”. Beliau menjelaskan bagaimana sebagai anggota dalam suatu organisasi harus berkomitmen terhadap organisasinya.

Materi keempat disampaikan oleh Bapak Andreas Wijaya, SE.,MM selaku Pembina IRC. Beliau membawa materi yang bertemakan “DISC”. Beliau menjelaskan mengenai soft skill dan hard skill dan juga apa itu DISC. Setelah itu sesi makan bersama dan dilanjutkan sesi pelatihan perdivisi yang pembicaranya merupakan ketua divisi dari masing-masing divisi XCM maupun IRC. Dan acara diakhiri dengan pemberian plakat kepada Ketua & Wakil Ketua XCM Periode 2016/2017 yaitu Tria Rendi Manurun & Yogaswara Tetra Putra sebagai ucapan terima kasih atas kerja samanya selama satu periode di XCM .

Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini dapat membantu anggota XCM untuk semakin berkomitmen dalam suatu organisasi dan juga memahami lebih jauh mengenai karakter dalam diri sendiri hingga mampu dan siap untuk bersaing dan menjadi pemimpin yang baik untuk Negara Indonesia.

Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia “Peluncuran Layanan Rekening Saham Instan MNC Sekuritas dan Bank Sinarmas dengan Pemanfaatan e-KTP”

UntitledSenin, 27 November 2017 Galeri investasi Universitas Bunda Mulia menghadiri undangan dalam acara Peluncuran Layanan Pembukaan Rekening Saham Instan di Bursa Efek Indonesia. Acara diawali dengan kata sambutan yang diberikan oleh Ibu Susy Meilina selaku Direktur Utama MNC Sekuritas, Bapak Frenky Tirtowijjoyo Susilo selaku Direktur Bank Sinarmas, Ibu Friderica Widyasari Dewi selaku Direktur Utama KSEI, dan Bapak David Yama selaku Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan. Dalam acara tersebut juga langsung disimulasikan pembukaan Rekening Instan dan tercatat hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit dan nasabah sudah langsung mendapatkan RDI, Username, Password, dan PIN untuk melakukan transaksi pada hari itu juga. Sebelumnya diketahui bahwa untuk membuat RDN, nasabah harus menunggu waktukurang lebih selama 3 hari. Layanan  ini bertujuan untuk memudahkan calon nasabah dalam membuka RDN baru dimana data- data nasabah sudah  terintegrasi melalui NIK yang ada pada e-KTP. Verifikasi data pribadi menjadi lebih mudah dan cepat karena data pribadi yang diperoleh merupakan data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Kementrian Dalam Negeri sehingga data yang digunakan untuk keperluan pembukaan RDN menjadi lebih terverifikasi  dengan cepat dan akurat. Hal ini juga dimanfaatkan untuk membantu para Tenaga Kerja Indonesia yang ingin menjadi investor dan berinvestasi di Indonesia karena mereka yang sering mengalami kesulitan terkait verifikasi data pribadi karena berada diluar negeri untuk bekerja.

Maju terus pasar modal Indonesia! Salam investor muda!

Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia Penghargaan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia 2017

UntitledPada tanggal 14 & 15 November 2017, Ibu Lilis Susilawaty, SE., MM mewakili Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia untuk memenuhi undangan PT Bursa Efek Indonesia menghadiri “Penghargaan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia 2017”. Bapak Harry Prasetyo selaku Kepala Divisi Pengembagan Wilayah mengemukakan dari 319 Galeri Investasi yang tersebar di seluruh Indonesia, sebanyak 62 Galeri Investasi yang sesuai dengan penilaian Bursa Efek Indonesia sebagai Galeri Investasi Terbaik yaitu dengan kriteria sebagai berikut : telah berdiri >1 tahun, jumlah pelaksanaan kegiatan kegiatan edukasi > 3 kali, terdapat pertumbuhan jumlah rekening efek dan nilai transaksi. Berdasarkan kriteria tersebut, Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia merupakan salah satu peserta Penghargaan Galeri Investasi2017 dari DKI Jakarta.

Menurut Bapak Nicky Hogan dalam sambutannya mengemukakan Penghargaan ini dilaksanakan sebagai ucapan tanda terima kasih dari PT Bursa Efek Indonesia kepada Galeri Investasi yang turut aktif dan mendukung kegiatan-kegiatan yang telah memajukan Pasar Modal Indonesia. Semoga Galeri Investasi Universitas Bunda Mulia terus dapat berkontribusi atas kemajuan Pasar Modal Indonesia!