DUA LULUSAN PROGRAM S1 MANAJEMEN MENEMBUS JURNAL INTERNASIONAL TERINDEKS SCOPUS

UntitledSuatu kebanggaan bagi kami untuk dua lulusan Program Studi S1 Manajemen Universitas Bunda Mulia, Jakarta yang telah berhasil menerbitkan hasil penelitian (skripsi) mereka pada jurnal internasional terindeks Scopus dan memiliki Impact Factor di Scimago Journal & Country Ranking dan Web of Science™ Core Collection – Emerging Sources Citation Index (ESCI), Thomson Reuters. Mahasiswa pertama adalah Airin Lidwina Jaury Jauw  dengan judul artikel “Moderation Effects of Cultural Dimensions on the Relationship between E-Service Quality and Satisfaction with Online Purchase” terbit pada jurnal Quality – Access to Success Vol. 18, No. 157, bulan April 2017.  Artikel tersebut dapat diakses di Proquest.com, EBSCO, Google Scholar, Researchgate.net, dan Academia.edu.

Untitled1Sejak terbit di bulan April 2017 dalam seminggu setelah diunggah pada researchgate.net, artikel ini sudah dibaca oleh 20 pembaca dari berbagai negara, dan hingga rilis hari ini, artikel sudah dibaca oleh 45 pembaca dari berbagai negara. Tingkat keterbacaan bertaraf internasional ini menunjukkan dampak nyata dari publikasi skripsi mahasiswa S1 dalam interaksi dengan para peneliti di tingkat internasional. Salah satu pembaca internasional artikel ini adalah peneliti dari Comenius University in Bratislava. Sangat diharapkan agar akhirnya artikel ini juga dapat memperoleh banyak sitasi di tingkat internasional, baik Google Scholar citation maupun Scopus citation.

Mahasiswa kedua adalah Cori Gladisya Karno dengan judul artikel “The Effect of Cooperation and Innovation on Business Performance” yang juga terbit pada jurnal yang sama, namun berbeda nomer terbitan, Quality – Access to Success Vol. 18, No. 158, pada bulan Juni 2017. Artikel tersebut juga dapat diakses di Proquest.com, EBSCO, Google Scholar, Researchgate.net, dan Academia.edu. Walaupun artikel ini baru terbit di bulan ini dan baru diunggah pada Researchgate.net, namun laporan Researchgate.net telah menunjukkan adanya beberapa pembaca untuk jurnal tersebut, salah satunya adalah peneliti dari University of Tulsa. Harapan yang sama dengan karya Airin Lidwina Jaury Jauw, artikel Cori Gladisya Karno akan memperoleh banyak sitasi di tingkat internasional.

UntitledMelalui prestasi dua lulusan Program Studi S1 Manajemen ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi yang lain sehingga banyak karya ilmiah lulusan, tentunya juga para dosen kami yang dapat menerbitkan hasil penelitian mereka pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus dan memiliki impact factor di Thomson Reuters.

 

BUKA BERSAMA DAN DISKUSI PROGRAM KERJA BERSAMA PENGURUS GALERI INVESTASI BEI SE-JADETABEK

UntitledHari Selasa, 06 Juni 2017 Galeri Investasi BEI-UBM-MNCS menghadiri undangan dari Bursa Efek Indonesia dalam rangka Buka Bersama dan Diskusi Program Kerja bersama Pengurus Galeri Investasi se-Jadetabek. Acara buka bersama dan diskusi ini dilaksanakan mulai pukul 17.00 – 19.30 WIB di Siam Square Restaurant, Gedung Bursa Efek Indonesia.
Sambil menunggu adzan maghrib, diisi dengan pemaparan mengenai Kompetisi Yuk Nabung Saham yang telah berlangsung sejak bulan Maret 2017 yang disampaikan oleh Ibu Kriswitaluri selaku Senior Manager Investor Education and Development Strategy – Investor Development PT Bursa Efek Indonesia dan kemudian penyampaian tausiyah oleh Ust. Syamsudin.

Setelah acara buka bersama dilanjutkan dengan diskusi Program Kerja bersama pengurus Galeri Investasi BEI se-Jadetabek, yang mana dalam diskusi ini beberapa perwakilan dari Galeri Investasi yang hadir sangat antusias dalam bertanya maupun memberikan saran baik untuk pihak BEI maupun Galeri Investasi lain. Pihak BEI pun yang diwakili oleh Bapak Harry Prasetyo selaku Kepala Divisi Pengembangan Wilayah PT Bursa Efek Indonesia memberikan tanggapan dan respon yang baik untuk semua pertanyaan dan sarannya. Akhirnya acara ini ditutup dengan penyampaian summary diskusi oleh Ibu Fasha Fauziah, Pengembangan Wilayah PT Bursa Efek Indonesia.

Program Studi Manajemen dan Perpustakaan UBM: Semiloka Dosen “Cara Mencari, Membaca, dan Mempublikasikan Jurnal Internasional di Emerald”

Untitled

Pada hari Jumat, 02 Juni 2017, Program Studi Manajemen bekerja sama dengan Perpustakaan UBM melaksanakan program rutinnya yaitu Semiloka (Pelatihan) untuk para dosen dengan topik yang diberikan yakni “Cara Mencari, Membaca, dan Mempublikasikan Jurnal Internasional di Emerald”. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memotivasi dan memandu para rekan dosen dalam membuat karya-karya ilmiah terutama karya ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional.

22 dosen dari Prodi Manajemen mengikuti kegiatan Semiloka (Pelatihan) ini yang dilaksanakan di ruang Pasca Sarjana 203 UBM. Kegiatan ini berlangsung selama sekitar 2,5 jam mulai dari pukul 09.00 – 11.30 WIB. Pembicara pada Semiloka kali ini yaitu Bapak Irwan Sukardi yang merupakan Business Manager Indonesia di Emerald Group Publishing.

Pedoman yang dapat digunakan untuk membuat karya ilmiah khususnya karya ilmiah yang akan dipublikasikan di Emerald yaitu sebagai berikut:

a. Think and Plan

b. Discover

c. Gather and Analyze

d. Submit paper

Kegiatan Semiloka (Pelatihan) ini diikuti dengan antusias oleh para rekan dosen dimana hal ini terbukti dengan adanya keaktifan pada saat sesi tanya jawab. Pihak Emerald Indonesia juga memberikan hadiah kepada para dosen jika mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh mereka

UntitledSemiloka ini ditutup dengan pemberian sertifikat oleh Ibu Lelly Christin SE., MM. selaku Ketua Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia dan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

UntitledDengan demikian kegiatan Semiloka (Pelatihan) ini diharapkan dapat membantu dan memotivasi para rekan dosen untuk lebih sering membuat karya ilmiah khususnya karya ilmiah yang dimuat di jurnal internasional. HS

DIGITAL MARKETING COMPETITION (D’EXPO) 2017

UntitledPada hari Jumat, 19 Mei 2017 program studi Manajemen peminataan School of Marketing mengadakan lomba tahunan yaitu DIGITAL EXCLUSIVE COMPETITION (D’EXPO) 2017. Lomba ini ditujukan untuk siswa/i SMA dan juga mahasiswa/i Universitas dengan mengungsung tema Menuju Generasi Emas Indonesia”. Dalam lomba kali ini para peserta diminta untuk membuat video mengenai kepedulian membangun generasi muda Indonesia.

Para peserta membuat video yang di unggah ke akun Instagram mereka dan kemudian akan dipresentasikan di depan para juri. Para juri yang terdiri dari 2 juri internal yaitu Ibu Henilia Yulita,SE., MM selaku Pembina Marketing Club (MC) dan Ibu Novita,SE., MSI selaku dosen Manajemen Universitas Bunda Mulia. Juri tamu adalah selaku direktur

Bapak membagikan ilmunya mengenai bisnis virtual yang tengah di gemari oleh masyarakat Indonesia. Tentunya banyak sekali keuntungan dari bisnis virtual terutama karena usaha ini sangat memakan modal yang terbilang kecil.

Acara selajutnya adalah pengumuman pemenang lomba D’EXPO 2017 yaitu:

Juara 1 – Shidfi Irbah dan Doddy Dwi Wahyuwono dari Universitas Negeri Malang

Juara 2 – Dicky Salim dan Sakkananda Mitta dari Universitas Bina Nusantara

Juara 3 – Kevin Tan Nugraha dan Lambertus Steven dari Universitas Bunda Mulia

The Best Vidgram – Albert dan Frisca Josephine dari SMK Tarsisius Vireta

Juara favourit – Shidfi Irbah dan Doddy Dwi Wahyuwono dari Universitas Negeri Malang

Juara Harapan 1 – Prisilia Theovanny Ferdi dari Universitas Bunda Mulia

Juara Harapan 2 – Willy Lajoko dan Endy Vandrea dari SMK Imanuel Pontianak

Juara Harapan 3 – Rendi dan Venny Andriani dari Universitas Bunda Mulia

Juara Harapan 4 – JT Team dari Universitas Bunda Mulia

Juara Harapan 5 – Tim Retail Production dari Universitas Bunda Mulia

 

Teruslah berkarya anak bangsa! Go Biemers!!!

PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS BUNDA MULIA MENJADI CO-HOST SEMINAR NASIONAL KEWIRAUSAHAAN & INOVASI BISNIS VII

Foto HS 5Program Studi Manajemen Universitas Bunda Mulia berkesempatan menjadi CO-HOST dalam kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan & Inovasi Bisnis VII yang diadakan oleh Universitas Tarumanegara. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Sinergi Nilai-nilai Keluarga dan Bisnis Keluarga di Kancah Persaingan Global”.

Pada SNKIB VII ini, Ibu Kandi Sofia Senastri Dahlan, MBA., Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Bunda Mulia menjadi salah satu reviewer atas beberapa makalah.

Kegiatan yang berlangsung di Yogyakarta pada 24-25 Mei 2017 ini diikuti oleh 4 pemakalah dari Universitas Bunda Mulia yaitu Bapak Hary Saputra Sundoro, SE., ME., Ibu Ruth Oktavia Kusumawardani, SE., MM., Ibu Cindy Utama, BA., MBA., dan Ibu Janny Rowena, SE., MM. Selain 4 pemakalah, juga terlibat sebagai moderator dari salah dosen Universitas Bunda Mulia yaitu Ibu Oktafalia Marisa Muzammil, SE., MM.

Pelatihan Solidarity and Leadership (Integrated Retail Community)

UntitledPada hari Sabtu, tanggal 20 Mei 2017.Himpunan Mahasiswa/i Program studi manajemen IRC (Integrated Retail Community), Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan pelatihan gabungan dengan  XCM (Excellent Community of Management).Sebelum melakukan kegiatan pelatihan bersama, IRC melakukan evaluasi terlebih dahulu mengenai program kerja selama periode 2016/2017 oleh Rillyana Tjahya selaku ketua. Kemudian acara dilanjutkan pada sesi pemilihan ketua peridode selanjutnya dan  hasil pemilihan jatuh kepada Bella Jovista Kamu dan Selly Rosa Meiliana sebagai ketua, beserta Loedry Kinder selaku wakil. Setelah kegiatan evaluasi dan pengumuman ketua/wakil ketua baru terpilih, selanjutnya diadakan acara makan siang bersama pada pukul 11.30.

Setelah makan siang bersama berlangsung, di lanjutkan dengan kegiatan pelatihan gabungan yang di ikuti anggota IRC dan XCM, yang mana kegiatan ini di pandu oleh Event Organizer (EO) yaitu Bpk. Jerry dan tim dalam mengadakan pelatihan gabungan yang bertemakan “Solidarity and Leadership”. Kegiatan pelatihan yang diisi dengan permainan yang bertujuan membangun kekompakan, kebersamaan, sportifitas dan paling utama adalah solidaritas sesama tim dan bagaimana cara membangun jiwa kepemimpinan di setiap anggota organisasi. Dimana kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) sesi :

UntitledSesi 1 (satu) :

  • Team Building Challenge I

o    Empaty Ball bertujuan melatih peserta agar dapat bekerjasama dengan baik

o    Traffic Jam bertujuan melatih peserta agar dalam tim memiliki kerendah hatian dan penumbuhan rasa inisiatif untuk memimpin tim.

o    Star Poligon, bertujuan menumbuhkan sikap kreatif dalam menemukan solusi dari satu masalah dengan motivasi diri yang baik.

PROGRAM STUDI MANAJEMEN: GALERI INVESTASI UNIVERSITAS BUNDA MULIA PELUNCURAN STRATEGI PERLINDUNGAN KONSUMEN KEUANGAN OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN

Kamis, 18 Mei 2017 Galeri Investasi UBM mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Peluncuran Strategi Perlindungan Konsumen Keuangan dengan Tema Membangun Perilaku Cerdas Keuangan Untuk Kesejahteraan Rakyat di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Acara dimulai dengan kata sambutan selamat datang dari Direktur Pengembangan PT Bursa Efek Indonesia, Bapak Nicky Hogan. Dilanjutkan dengan Pengantar Pembukaan Perdagangan Bursa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani sekaligus peluncuran strategi Perlindungan Konsumen Keuangan (SPKK) yang ditandai dengan Pembukaan Perdagangan Bursa.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, yang mengatakan strategi yang akan diterapkan merupakan upaya dalam menjawab tantangan serta isu strategis perlindungan konsumen sektor jasa keuangan, baik di masa sekarang maupun masa mendatang, dalam ruang lingkup nasional, regional, dan internasional. OJK membagi tiga tahapan tiap lima tahun target yang ingin dicapai seiring dengan berkembangnya industri jasa keuangan. Tahapan tersebut meliputi tahap pembangunan periode 2013-2027, tahap pengembangan 2018-2022, dan tahap akselerasi 2023-2027. Tahapan selanjutnya mengacu pada empat pilar utama perlindungan konsumen, yakni infrastruktur, regulasi perlindungan konsumen, pengawasan market conduct, serta edukasi dan komunikasi.

Usai sambutan dari Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, dilanjutkan dengan penayangan video peran & kegiatan edukasi dan perlindungan konsumen Keuangan OJK, dan penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 kepada layanan konsumen OJK yang diterima oleh ADK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen dan penanda tanganan perjanjian kerjasama dengan ombudsman RI tentang koordinasi penyelenggaraan pelayanan publik di sektor jasa keuangan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis SPKK kepada perwakilan pemerintah, konsumen dan industry keuangan, penyerahan buku simpanan pelajar kepada anak sekolah, penyerahan tabungan emas kepada ibu majelis Ta’lim dan foto bersama.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono dalam sambutannya, menjelaskan pihaknya bersama dengan industri keuangan telah menyediakan produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Di antaranya menabung saham mikro, reksadana retail, asuransi mikro, dan asuransi tani, termasuk mendekatkan dengan layanan tanpa kantor (Laku Pandai) dan pemanfaatan layanan keuangan digital. Selain itu, muncul isu-isu strategis yang perlu menjadi perhatian antara lain perkembangan financial technology (fintech), pentingnya pengawasan market conduct, peningkatan intensitas transaksi lintas negara (cross-border transaction), dan pentingnya keamanan data pribadi konsumen. Upaya edukasi dan perlindungan konsumen yang dilakukan OJK tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan dengan berbagai pihak, di antaranya kementerian, lembaga negara, industri jasa keuangan, World Bank, The Australia Indonesia Partnership for Economic Governance (AIPEG), Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), perwakilan konsumen seperti YLKI, serta mitra strategis lain.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke gerai edukasi dan penghujung acaranya adalah talkshow “Peningkatan Fungsi Dan Peran LAPS bagi Konsumen Keuangan dalam Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan yang Adil, Murah Dan Efisien” oleh Kepala Departemen Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anto Prabowo.

Pelatihan Solidarity and Leadership

Sabtu, 20 Mei 2017.Himpunan Mahasiswa/i Jurusan Management, XCM (Excellent Community of Management), Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan pelatihan gabungan dengan IRC (Integrated Retail Community).  Sebelum melakukan kegiatan pelatihan bersama, XCM melakukan evaluasi singkat terlebih dahulu mengenai program kerja selama kepemimpinan ketua Tria Rendi Manurun dan sekaligus melakukan pemilihan ketua baru, yang dimana hasil pemilihan anggota jatuh kepada Yogaswara Tetra Putra sebagai ketua yang baru. Setelah kegiatan evaluasi dan pengumuman ketua/wakil ketua baru terpilih, selanjutnya diadakan acara makan siang bersama pada pukul 12.00.

Untitled

Untitled

Setelah makan siang bersama berlangsung, di lanjutkan dengan kegiatan pelatihan gabungan yang di ikuti XCM dan IRC, yang mana kegiatan ini di pandu oleh Event Organizer (EO) yaitu Bpk. Jerry dalam mengadakan pelatihan gabungan yang bertemakan “Solidarity and Leadership”. Kegiatan pelatihan yang diisi dengan permainan yang bertujuan membangun kekompakan, kebersamaan, sportifitas dan paling utama adalah solidaritas sesama tim dan bagaimana cara membangun jiwa kepemimpinan di setiap anggota organisasi. Dimana kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) sesi :

Sesi 1 (satu) :

  • Team Building Challenge I
    • Empaty Ball bertujuan melatih peserta agar dapat bekerjasama dengan baik
    • Traffic Jam bertujuan melatih peserta agar dalam tim memiliki kerendah hatian dan penumbuhan rasa inisiatif untuk memimpin tim.
    • Star Poligon, bertujuan menumbuhkan sikap kreatif dalam menemukan solusi dari satu masalah dengan motivasi diri yang baik.
  • Team Building Challenge II
    • Impulse, bertujuan agar membentuk komunikasi yang baik antara setiap anggota dalam tim yang akhirnya dapat menerjemahkan komunikasi dengan baik.
    • Opposite, bertujuan menciptakan keberhasilan memerlukan kebersamaan, dengan adaptasi yang cepat dengan sesama yang mana akan mempengaruhi hasil secara bersama.
    • Final Project : Unity Rope, bertujuan mencoba dan menganalisa semua yang sudah kita lakukan sebagai sesuatu yang sudah dimengerti dan siap menjadi nilai kehidupan selanjutnya.

XCM: Bakti Sosial ke RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Budi Mulya

UntitledUntitledMinggu (14/5/2017), Himpunan Mahasiswa Manajemen (Excellent Community of Management) Universitas Bunda Mulia mengadakan kegiatan Bakti Sosial ke RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Budi Mulya di Jalan Budi Mulya Raya No.11, RT.11/ RW.11, Pademangan Barat, Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14420.

Kegiatan Bakti Sosial yang diselenggarakan tersebut bertujuan untuk melakukan ramah-tamah dan berbagi kasih dengan anak-anak serta pengunjung RPTRA Budi Mulia. Kegiatan Bakti Sosial dimulai pukul10.00 WIB. Ketika para panitia serta dosen pendamping sampai di lokasi, mereka langsung diberi sambutan hangat oleh Koordinator RPTRA Budi Mulia, Kak Alvin Filiyano, dan Pengurus RPTRA, Kak Marwah.

UntitledKegiatan Bakti Sosial tersebut diawali dengan pembukaan oleh Koordinator RPTRA Budi Mulia, dan dosen pendamping. Lalu dilanjutkan dengan pemberian sumbangan kepada RPTRA Budi Mulia berupa bingkisan dan mainan-mainan anak sebagai bentuk wujud kasih kepada sesama.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan bernyanyi dan bermain bersama anak-anak. Disana terlihat antusias anak-anak dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung, lagu-lagu yang dinyanyikan pun dapat memberikan semangat nasionalis mereka, contohnya : Indonesia Raya, Halo-halo Bandung, Ibu Kita Kartini, dll.

UntitledPermainannya pun cukup beragam, yaitu: tebak gaya, tebak lagu, dan tebak kata. Permainan tersebut cukup mendidik dan dapat mengasah kemampuan anak dalam memecahkan suatu jawaban.

Selanjutnya, disambung dengan pernyataan kesan dan pesan oleh perwakilan orang tua anak di RPTRA, terlihat sekali bahwa orang tua disana cukup puas dengan dibangunnya RPTRA, sebab sebelum adanya RPTRA, banyak anak-anak yang melakukan aktivitasnya dijalanan, bermain hal-hal yang tidak baik, dan bergaul dengan orang yang tidak baik, sehingga dapat membahayakan anak-anak. Semenjak RPTRA ini dibangun, anak-anak sudah memiliki tempat untuk bermain, belajar, dan berkreasi bersama didalam satu tempat yang strategis, nyaman, dan ramah.

UntitledKegiatan Bakti Sosial pun selesai pada pukul 12.00 dan ditutup dengan kegiatan foto bersama serta pembagian hadiah untuk anak-anak.

Excellent Community of Management (XCM) Cup

Untitled

Juara I Ganda Putri

Untitled

Juara I Ganda Putra

Pada hari Jumat, 12 Mei 2017, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen “Excellent Community of Management (XCM)” telah mengadakan kegiatan XCM Cup untuk seluruh anggota XCM yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan antar sesama anggota sehingga semakin erat dan terjalin dengan baik.

Untitled

Juara II Ganda Putra

Untitled

Juara II Ganda Putri

Kompetisi yang diadakan berupa pertandingan bulu tangkis menggunakan sistem ganda putra dan ganda putri, pasangan dari masing- masing tim dipilih secara acak dan jadwal perlombaan ditentukan dari pengundian urutan main. XCM CUP dimulai dengan pertandingan ganda putri yang dilaksanakan pada pukul 16.00 hingga pukul 17.30. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pertandingan ganda putra yang dilaksanakan pada pukul 17.30 hingga pukul 20.30. Kemudian acara terakhir dilaksanakan dengan pemberian penghargaan kepada juara pertama, kedua, dan ketiga untuk kategori ganda putra dan ganda putri yang diberikan oleh Bapak Brendi Wijaya, SE., MM dan Ibu Lilis Susilawaty, SE., MM selaku Pembina XCM. Kegiatan ini berjalan dengan baik dari awal hingga akhir terlihat dari antusiasme para peserta mengikuti acara XCM Cup baik pria maupun wanita, dan diharapkan kedepannya acara seperti ini bisa terus berlangsung dan menciptakan suasana keakraban dan kerjasama didalam anggota XCM.

Untitled

Juara III Ganda Putri

Untitled

Juara III Ganda Putra