Ujian HSK dan HSKK Online (15 Juli 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

 

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. Tempat Ujian: Universitas Bunda Mulia, Lab Komputer A.

 

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 460.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

16:30-16:51

21 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

16:30-16:54

24 menit

Rp. 310.000,-

Catatan:

Ujian HSK 1,3,5 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 40 peserta.

Ujian HSK 2,4,6 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 40 peserta.

Ujian HSKK Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 40 peserta.

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir pendaftaran HSK dan HSKK Juli 2017
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

- Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

- Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

- Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 17 Mei 2017 sampai dengan 9 Juni 2017.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Jumat, 7 Juli 2017

Waktu          : Pukul 15.00 WIB-selesai

Tempat        : Lab Komputer A Universitas Bunda Mulia

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

 

Kunjungan Industri ke PT. Saras Subur Abadi

Kunjungan Industri ke PT Saras Subur AbadiPada hari Jumat 28 April 2017 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa mengadakan acara kunjungan industri ke PT. Saras Subur Abadi yang bertempat di Jl. Agung timur X blok N1 no. 9, Sunter Jaya, Jakarta Utara. PT. Saras Subur Abadi merupakan suatu perusahaan importir obat tradisional dari Tiongkok. Kegiatan kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan yang secara kontiniu dilakukan oleh setiap Program Studi di Universitas Bunda Mulia sebagai salah satu wujud pengimplementasian visi dari Universitas Bunda Mulia yang menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri.

Kunjungan kali ini diikuti oleh 20 mahasiswa yang didampingi oleh Juliana, BA., MTCSOL dan Noval Rianti S, S.Hum selaku dosen Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa.

Rombongan disambut dengan baik oleh pihak PT. Saras Subur Abadi. Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dan kata sambutan dari Bapak Yuri selaku perwakilan dari PT. Saras Subur Abadi yang dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Sekretaris Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa, Ibu Juliana, BA., MTCSOL, sebagai ungkapan terima kasih atas kesediaan dari  PT. Saras Subur Abadi dalam menerima kunjungan dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengenalan visi dan misi PT. Saras Subur Abadi, departemen-departemen yang ada di PT. Saras Subur Abadi, pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan, serta mengunjungi gudang produk obat-obatan impor di PT. Saras Subur Abadi.

Para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan industri ini, terlihat dari banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan terkait pekerjaan di PT.Saras Subur Abadi.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia kepada PT.Saras Subur Abadi berupa plakat yang ditutup dengan acara foto bersama.

Kuliah Umum Bersama Amber Liu “Learning Chinese Leads to a Successful Future”

Kuliah Umum bersama Amber Liu Pada hari Sabtu, 22 April 2017 Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kuliah umum mengenai “Learning Chinese Leads to a Successful Future”.  Topik ini diangkat sebagai topik kuliah umum dengan harapan mahasiswa program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dapat mengenal lebih jauh seberapa pentingnya pembelajaran bahasa Tionghoa dalam era globalisasi ini. Bahasa Tionghoa sebagai bahasa Internasional merupakan suatu modal yang dapat membekali mahasiswa dalam menempuh masa depan, khususnya untuk mencari pekerjaan .

Dalam kuliah umum kali ini, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menghadirkan Ibu Amber Liu selaku Founder dan CEO dari IF Language Center sebagai narasumber, dan beliau juga didampingi oleh seorang Alumni dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM angkatan 2012 bernama Efah.

Dalam kuliah umum kali ini, Ibu Amber Liu membagikan tips&trik mengenai cara belajar bahasa Tionghoa yang efektif, serta cara untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam proses belajar. Selain itu, ibu Amber Liu juga membawa mahasiswa untuk lebih mengenal tujuan para mahasiswa belajar bahasa Tionghoa. Beliau juga menceritakan pengalaman pribadinya dalam mendirikan IF Language Center. Efah sebagai alumni juga menceritakan banyak pengalaman pribadinya dalam belajar bahasa Tionghoa dan dalam bekerja.

Peserta kuliah umum kali ini terdiri dari 93 mahasiswa serta 6 dosen program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Para peserta sangat tertarik dan antusias dalam mendengarkan paparan yang dibawakan ibu Amber Liu, ini terbukti dari keaktifan para peserta dalam melontarkan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Guan Nan selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Guangxi Education Exhibition and Mandarin Speech Competition

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-2.docx

Pada hari Senin, 17 April 2017 program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kegiatan pameran pendidikan Guangxi,Tiongkok dan juga ajang Lomba Pidato bahasa Mandarin (Mandarin Speech Competition) tingkat SMA/K sederajat.

 Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Illah Sallah selaku Koordinator Kopertis III, Mr Zhou Bin selaku Cultural Conselor dari Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, Ibu Kandi selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBM, Mr.Man Changxue selaku Secretary of Commission for Higher Institutions of the Guangxi Autonomous Region, serta 25 universitas dari Guangxi dan peserta pameran yang mencapai kurang lebih 200 orang. Tujuan diadakannya pameran pendidikan ini adalah untuk mempererat hubungan kerjasama dalam bidang pendidikan antara universitas-universitas di Guangxi dengan Universitas Bunda Mulia serta memperkenalkan universitas-universitas yang ada di Guangxi kepada masyarakat Jakarta.

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-1.docx

Pembukaan pameran pendidikan ini dimulai dengan pemberian kata sambutan dari masing-masing pihak, setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Guangxi University & UBM, penukaran cinderamata antara kedua belah pihak dan diakhiri dengan pengguntingan pita serta sesi foto bersama.

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-3.docx

Setelah itu dilanjutkan dengan ajang lomba pidato bahasa Mandarin (Mandarin Speech Competition) dengan tema “汉语与我“ (Mandarin and Me) yang diikuti oleh 20 siswa/i SMA/K sederajat dari sekolah se-Jabodetabek. Berbeda dengan lomba pidato pada umumnya, lomba kali ini dibagi menjadi 2 sesi, diantaranya sesi pidato dan sesi wawancara. Dalam sesi pidato para juri memilih 10 finalis yang berhak memasuki sesi wawancara. Melalui sesi wawancara, maka dipilihlah Juara I, Juara II, dan Juara III, serta 3 Juara Harapan.

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-4.docx

Dengan diadakannya lomba pidato bahasa Mandarin ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal bahasa Mandarin dan perlombaan ini juga dapat menjadi ajang bagi para siswa/i SMA/K sederajat dalam menunjukan keahliannya dalam berbahasa Mandarin.

Kami sangat menantikan partisipasi Anda dalam acara kami selanjutnya !

Go Biemers!!!

Ujian HSK Online (22 April 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Online Level 1-6
  2. Tempat Ujian: Universitas Tarumanegara

Ruang ujian akan diinformasikan kemudian.

Hari/tanggal

Level

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 1

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 2

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 3

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 4

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 5

13:30-15:30

120 menit

Rp. 460.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 6

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Daftar HSK Online April 2017
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
    • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
    • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
    • Ketentuan untuk foto:

    -     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

    -     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

    -     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

    3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

    4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 24 Maret 2017 sampai dengan 3 April 2017.

 

D. Kuota Peserta Ujian

Karena keterbatasan tempat maka ujian HSK Online kali ini hanya akan memenuhi kuota 90 peserta dengan perincian sebagai berikut:

Peserta Ujian HSK 1, 3, 5: TOTAL 45 orang

Peserta Ujian HSK 2, 4, 6: TOTAL 45 orang

Jika pendaftar melebihi kuota maka akan ditolak.

Mohon segera mendaftar.

 

E. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

F. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2017, pukul 15:00 WIB, di Universitas Tarumanegara lantai 10.

 

G. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

H. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

I. Contact person:

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Noval: novalfang@gmail.com

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

Ujian YCT, HSK, dan BCT (18-19 Maret 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. New Youth Chinese Test (YCT) Tulisan Level 1-4 dan YCT Lisan Level Dasar dan Menengah.
  3. Business Chinese Test (BCT) Tulisan Level A dan B, serta BCT Lisan.
  4. Tempat Ujian:

Ujian YCT & BCT: Universitas Bunda Mulia

Ujian HSK: Universitas Tarumanegara

Ruang ujian akan diinformasikan kemudian.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 1 Ujian Tertulis

11:30-12:00

30 menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 2 Ujian Tertulis

09:00-09:45

45 menit

Rp. 130.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 3 Ujian Tertulis

11:30-12:25

55 menit

Rp. 180.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 4 Ujian Tertulis

09:00-10:20

80 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level Dasar Ujian Lisan

14:00-14:17

17menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level Menengah Ujian Lisan

15:00-15:19

19 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 BCT (A) Ujian Tulisan

09:00-10:05

65 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 BCT (B) Ujian Tulisan

11:30-13:50

140 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 460.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 150.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

17:30-17:51

21 menit

Rp. 230.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

18:45-19:09

24 menit

Rp. 310.000,-

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran BCT Maret 2017, Formulir Pendaftaran HSK Maret 2017, Formulir Pendaftaran YCT Maret 2017.
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 16 Januari 2017 sampai dengan 6 Februari 2017.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan untuk ujian YCT, HSK, dan BCT Lisan. Hari, tanggal, dan jam pelaksanaan simulasi ujian akan diinformasikan kemudian melalui email.

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.
  5. Bagi peserta ujian YCT dan BCT lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 35 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 35 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.
  6. Bagi peserta ujian HSK lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 50 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 50 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

 

F. Contact person:

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Noval: novalfang@gmail.com

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

JUARA 1 WUGAMES 2016 KATEGORI PEDANG DAN TENDANGAN JARAK JAUH

Juara 1 Wugames 2016WUGAMES 2016 merupakan sebuah event kejuaraan invitasi Wushu nasional di penghujung tahun 2016, tepatnya pada tanggal 19-21 Desember 2016, yang diselenggarakan oleh Tim UKM Wushu Universitas Indonesia di Balairung UI, Depok. Lebih dari 300 atlet Wushu yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatera, Kalimantan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali datang untuk bertanding dan berjuang menjadi yang terbaik.

 

Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia atas nama Jefvlin  (semester satu) kembali meraih prestasi gemilang dengan mempersembahkan Dua Medali Emas sekaligus bagi Universitas Bunda Mulia. Jefvlin meraih Juara 1 dalam dua kategori sekaligus yaitu Kategori Pedang dan Kategori Tendangan Jarak Jauh. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia tidak hanya berupa prestasi di bidang akademik, namun juga prestasi di bidang non akademik.

 

Proud To Be Biemers!!!

MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN BUDAYA TIONGHOA JUARA 1 DIZIGUI III

Juara 1 Lomba DiziguiSetelah absen selama kurang lebih empat tahun, Perhimpunan Alumni Taiwan Indonesia kembali menyelenggarakan perlombaan Dizigui III pada tanggal 10-11 Desember 2016. Perlombaan Dizigui merupakan perlombaan bahasa Mandarin yang menuntut peserta untuk tidak hanya bisa menghafalkan Prinsip-prinsip Budi Pekerti Tiongkok, namun juga dapat menjelaskannya kepada para juri dan penonton. Perlombaan Dizigui tahun ini dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari kategori anak-anak sampai dengan kategori dewasa, juga dibagi menjadi perlombaan individu dan perlombaan kelompok. Perlombaan Dizigui ke-3 ini didukung penuh oleh Kedutaan Besar Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia.

Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia sudah pernah mengikuti lomba Dizigui II pada tahun 2012 dan meraih Juara 1 untuk kategori individu dan kelompok. Tahun ini, mahasiswa Program Studi BBT kembali meraih Juara 1 untuk kategori kelompok, mengungguli peserta lainnya yang berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, dan lain-lain. Hal lain yang menambah kebanggaan bagi Program Studi BBT adalah bahwa para anggota kelompok yang berjumlah 17 orang yang meraih Juara 1 ini adalah mahasiswa semester satu. Hal ini sekaligus membuktikan pengajaran di Program Studi BBT UBM berkualitas dan dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.

 

Proud To Be Biemers!!!

1st RUNNER UP LOMBA DEBAT BAHASA MANDARIN TICKET STATION

Juara 2 Lomba Debat Ticket StationLomba Debat Mandarin Ticket Station merupakan lomba debat berbahasa Mandarin tingkat universitas yang diselenggarakan oleh Ticket Station setiap tahun. Lomba Debat Mandarin kali ini diadakan pada tanggal 16 November 2016 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan dengan materi lomba mengenai “Penerapan Hukuman Mati di Indonesia Merupakan Pelanggaran HAM” dan “Hukuman Mati bagi Pengedar Narkoba”. Meskipun materi lomba cukup berat dimana menuntut mahasiswa mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai peraturan, pelanggaran HAM, dan masalah narkoba di Indonesia, serta mewajibkan peserta melakukan debat dengan menggunakan bahasa Mandarin, namun mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia yang terdiri dari dua pendebat utama (Helen Angelina dan Meiryani) dan 20 mahasiswa pendukung lainnya kembali berhasil menoreh prestasi dalam kompetisi bahasa Mandarin kali ini melalui diraihnya 1st Runner Up. Prestasi ini kembali menambah deretan prestasi Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia. Proud To Be Biemers!!!

KULIAH UMUM BERSAMA MAGGIE CALISTA “EDUCATIONAL CIRCLE OF JOURNALISM AND COMMUNICATION”

Pada hari Sabtu, 12 November 2016 program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kuliah umum mengenai “Educational Circle of Journalism and Communication.  Topik ini diangkat sebagai topik kuliah umum dengan harapan mahasiswa program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dapat mengenal lebih jauh kualifikasi yang diperlukan dan tantangan yang akan dihadapi untuk menjadi seorang Jurnalis, Reporter, dan Presenter, khususnya untuk media televisi berbasis bahasa Mandarin. Kuliah Umum kali ini, program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menghadirkan Ibu Maggie Calista selaku Jurnalis, Reporter, dan Presenter Metro Xinwen sebagai narasumber.

Dalam kuliah umum kali ini, Ibu Maggie Calista menjelaskan pentingnya berita, tugas-tugas seorang jurnalis, reporter, dan presenter serta kemampuan yang harus dimiliki jika ingin melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan baik.

Kuliah Umum bersama Maggie CalistaPeserta yang terdiri dari 221 orang ini sangat antusias dalam mendengarkan paparan yang diberikan oleh Ibu Maggie Calista. Memasuki sesi diskusi, para peserta sangat antusias yang terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber.

Kegiatan ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Maria Caroline Cindy Iskandar selaku Sekretaris Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Kunjungan Industri ke Ciputra Artpreneur Theater-The Performance of the National Ballet of China

Kunjungan Industri ke  Ciputra Artpreneur Theater-The Performance of the National Ballet of ChinaPada hari Rabu, 2 November 2016 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa mengadakan acara kunjungan industri ke Ciputra Artpreneur Theater-The Performance of the National Ballet of China yang bertempat di Ciputra World 1, Retail Podium Level 10, Jl. Professor Doktor Satrio Kav. 3-5, Setiabudi, Jakarta.

Dalam Kunjungan Industri ini, mahasiswa/i akan diajak untuk melihat secara langsung persiapan serta penampilan dari中国国家芭蕾舞团(The National Ballet of China) yang dimana telah berdiri sejak tahun 1959 dan pernah mengadakan pertunjukan di Asia, Eropa, Amerika maupun Afrika. Bertepatan dengan diadakannya pertunjukan dari 中国国家芭蕾舞团 (The National Ballet of China) pada 2-3 November 2016 mendatang, dengan membawakan lakon 《大红灯笼高高挂》 “Raise The Red Lantern”, maka merupakan suatu kesempatan berharga bagi mahasiswa/i Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia untuk dapat melihat secara langsung dan mengenal lebih dalam tentang Tarian Tiongkok. Selain itu, mahasiswa/i juga dapat melihat bagaimana persiapan suatu pertunjukkan yang ada di balik panggung sebelum pertunjukan tersebut ditampilkan di hadapan publik (gladi bersih).

Kegiatan kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan yang secara kontiniu dilakukan oleh setiap Program Studi di Universitas Bunda Mulia sebagai salah satu wujud pengimplementasian visi dari Universitas Bunda Mulia yang menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri.

Kunjungan kali ini diikuti oleh 20 mahasiswa yang didampingi oleh Maria Caroline Cindy Iskandar, SS., MM, Juliana, BA., MTCSOL, Yovita, BA., MTCSOL, Yenty, B.Lit., MTCSOL, Kumala Dewi, S.Hum., MTCSOL, Noval Rianti Halim, S.Hum., MA., Gao Tingfei,BA., dan Zhou Yue, BA. dosen Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa.

Rombongan disambut dengan baik oleh pihak 中国国家芭蕾舞团 (The National Ballet of China). Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dan kata sambutan dari Penanggung jawab 中国国家芭蕾舞团 (The National Ballet of China) yang dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Wakil Dekan FISH2 Ibu Guan Nan sebagai ungkapan terima kasih atas kesediaan dari中国国家芭蕾舞团 (The National Ballet of China) dalam menerima kunjungan dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penampilan dan pertunjukan dari中国国家芭蕾舞团 (The National Ballet of China).

Para peserta terlihat sangat antusias dalam menonton penampilan-penampilan tersebut. Para peserta tentunya juga mendapatkan pengetahuan mengenai budaya Tionghoa khususnya dalam rangkaian pertunjukan tari tersebut.Kunjungan industri ini  diakhiri dengan acara foto bersama.

Go Biemers!!!

JUARA 3 SPEECH CONTEST NATIONAL MANDARIN COMPETITION 2016

Lin Nyuk Juara 3 Lomba Pidato NMCNational Mandarin Competition merupakan kompetisi bahasa Mandarin tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Bina Nusantara Mandarin Club (BNMC) setiap tahun. National Mandarin Competition 2016 yang diselenggarakan pada tanggal 26-29 Oktober 2016 di Kampus Anggrek Binus dibagi menjadi beberapa perlombaan yaitu lomba menyanyi lagu Mandarin, lomba pidato (speech contest) bahasa Mandarin, dan lomba bercerita (story telling) bahasa Mandarin. Tahun ini, tantangan yang dihadapi peserta lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu harus melewati beberapa babak seleksi dalam waktu yang cukup singkat.

 

Atas bimbingan dari dosen, maka mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia atas nama Lin Nyuk berhasil meraih Juara 3 dalam Speech Contest perlombaan kali ini. Lin Nyuk merupakan mahasiswa semester satu yang berhasil menunjukkan kebolehannya bersaing dengan peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Prestasi yang diraih Lin Nyuk merupakan bukti komitmen Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia yaitu menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan berorientasi pada dunia industri. Proud To Be Biemers!!!

 

Mandarin Senior High School Competition

Mandarin Senior High School Competition-1

Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia menyelenggarakan Mandarin Senior High School Competition dengan tema “汉语之光,美丽文化,走遍天下” pada tanggal 25-26 Oktober 2016.

 Perlombaan yang diselenggarakan diantaranya adalah Lomba Cepat Tepat(抢答比赛)dan Lomba Story Telling Bahasa Tionghoa (讲故事比赛). Adapun para peserta lomba tersebut merupakan siswa/siswi SMA/K sederajat dari sekolah-sekolah se-Jabodetabek.

Dalam perlombaan tersebut banyak diselingi acara-acara persembahan dari mahasiswa program studi bahasa dan budaya Tionghoa,berupa tarian dan nyanyian.

Mandarin Senior High School Competition-Happy Presentation Skills

Disamping acara perlombaan, kami juga menyelenggarakan acara seminar yang bertemakan “Happy Presentation Skill”. Pembicara yang kami undang yaitu ibu Oey Mayasari ( Maya Zee) yang merupakan Direktur manager dari Passionezee & co. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa/i Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa serta siswa/i SMA yang berjumlah 221 orang. Materi yang dibahas oleh ibu Maeya Zee juga beragam, dimulai dari latihan praktis untuk ahli presentasi,persiapan mental untuk presentasi, gaya yang tepat dalam melakukan presentasi, serta materi yang tertuju pada tema seminar kali ini yaitu cara untuk membuat audiens memahami dan juga happy dengan presentasi yang kita sampaikan. Selain itu, beliau juga sempat membagikan pengalamannya mengenai kesulitan yang dihadapi  dalam perjalanan karirnya serta bagaimana cara beliau untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Mandarin Senior High School Competition-cepat tepat

Lomba Cepat Tepat bahasa Tionghoa diikuti oleh sembilan tim dari berbagai sekolah yaitu SMA Dharma Suci, SMAK Kanaan, SMA Kasih Kemuliaan, SMA Kristen Yusuf, SMA Methodist, SMA Bunda Mulia, SMK Bunda Mulia, SMAK Pancaran Berkat dan SMAK 1 Penabur. Setelah melalui babak penyisihan dan babak final, SMA Kristen Yusuf berhasil meraih Juara 1, SMAK Pancaran Berkat berhasil meraih Juara 2, dan SMA Methodist berhasil meraih Juara 3, serta SMA Dharma Suci berhasil meraih Juara Harapan.

Mandarin Senior High School Competition-story telling

Lomba Story Telling bahasa Tionghoa diikuti oleh 22 peserta dari berbagai sekolah yaitu SMK Cinta Kasih Tzu Chi, SMA Dharma Suci, SMA Methodist, SMK Rex Mundi, SMA Bunda Mulia, SMAK Penabur 1, SMK Pancaran Berkat, SMA Pusaka Abadi, SMA Kalam Kudus (Green Garden), SMA Santa Laurensia dan SMAK Kasih Kemuliaan. Peserta lomba ini diwajibkan menceritakan cerita asal mula sebuah pribahasa Tiongkok seperti 守株待兔、盲人摸象、井底之蛙  dan lain-lain.Para peserta sangatlah antusias dalam mengikuti lomba ini, karena selain pembawaan cerita yang baik ,mereka juga mempersiapkan segala perlengkapan dan kostum yang menunjang penampilan mereka dalam bercerita. Setelah melalui babak penyisihan dan babak final, Stevie Joes dari SMA Methodist berhasil meraih Juara 1, Helen Angelina dari SMA Pusaka Abadi berhasil meraih Juara 2,  Elsa dari SMK Rex Mundi  berhasil meraih Juara 3 , serta Larissa dan Vicky Hong dari SMA Dharma Suci berhasil meraih Juara Harapan.

PENGABDIAN MASYARAKAT “AYO BELAJAR BAHASA MANDARIN” DAN “AYO BELAJAR SIMPUL TIONGKOK”

PkM RPTRA Okt 2016Salah satu misi daripada Universitas Bunda Mulia adalah melaksanakan dan mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat melalui inovasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia. Hal ini juga sesuai dengan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

 

Untuk mewujudkan misi universitas dan tridarma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat ini, maka Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pengenalan pembelajaran bahasa Mandarin untuk para siswa/i kelas 5 & 6 SD yang ada di kawasan Taman RPTRA Darma Suci Jakarta dan pengenalan, demo, dan praktik untuk membuat salah satu kerajinan tangan Tiongkok yaitu simpul Tiongkok untuk para remaja dan ibu rumah tangga di kawasan RPTRA Jakarta pada tanggal 22 Oktober 2016.

 

Pada kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin, para siswa/i kawasan Taman RPTRA Darma Suci yang berjumlah 17 anak ini terlihat sangat antusias karena mereka belum pernah belajar bahasa Mandarin sebelumnya bahkan di sekolah juga tidak ada pelajaran bahasa Mandarin. Mereka juga menyatakan keinginan mereka agar Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia dapat melaksanakan kegiatan lanjutan.

 

Kegiatan pengenalan, demo, dan praktik membuat Simpul Tiongkok juga tidak kalah serunya. Sebanyak 20 remaja dan 7 ibu rumah tangga antusias belajar membuat Simpul Tiongkok berupa gelang tangan. Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa pada kesempatan ini juga menilai hasil karya peserta dan memberikan hadiah kepada tiga karya peserta terbaik.

 

Diharapkan kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara bekelanjutan sebagai perwujudan implementasi misi Universitas Bunda Mulia dan tridarma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat. Bravo UBM !!!

Ujian YCT, HSK, dan BCT (15-16 Oktober 2016)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

 

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. New Youth Chinese Test (YCT) Tulisan Level 1-4 dan YCT Lisan Level Dasar dan Menengah.
  3. Business Chinese Test (BCT) Tulisan Level A dan B, serta BCT Lisan.
  4. Tempat Ujian: Universitas Tarumanegara (ruang ujian akan diinformasikan kemudian).

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 15 Oktober 2016

YCT Level 1 Ujian Tertulis

11:30-12:00

30 menit

Rp. 100.000,-

YCT Level 2 Ujian Tertulis

09:00-09:45

45 menit

Rp. 130.000,-

YCT Level 3 Ujian Tertulis

11:30-12:25

55 menit

Rp. 180.000,-

YCT Level 4 Ujian Tertulis

09:00-10:20

80 menit

Rp. 230.000,-

YCT Level Dasar Ujian Lisan

14:00-14:17

17menit

Rp. 100.000,-

YCT Level Menengah Ujian Lisan

15:00-15:19

19 menit

Rp. 150.000,-

BCT (A) Ujian Tulisan

09:00-10:05

65 menit

Rp. 250.000,-

BCT (B) Ujian Tulisan

11:30-13:50

140 menit

Rp. 350.000,-

BCT Lisan Ujian Lisan

16:00-16:25

25 menit

Rp. 400.000,-

Minggu, 16 Oktober 2016

HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:25

115 menit

Rp. 460.000,-

HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 150.000,-

HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

17:30-17:51

21 menit

Rp. 230.000,-

HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

18:45-19:09

24 menit

Rp. 310.000,-

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran Ujian HSK dan HSKK Okt 2016Formulir Pendaftaran Ujian YCT Okt 2016Formulir Pendaftaran Ujian BCT Okt 2016
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 9 Agustus 2016 sampai dengan 31 Agustus 2016.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan untuk ujian YCT, HSK, dan BCT Lisan. Hari, tanggal, dan jam pelaksanaan simulasi ujian akan diinformasikan kemudian melalui email.

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.
  5. Bagi peserta ujian YCT, HSK, dan BCT lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 50 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 50 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

M.C. Cindy Iskandar: kexiangli_cindy@yahoo.com

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Juliana: yunshiang168@yahoo.com

Symphony: symphony_akelba@yahoo.co.uk

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara