Ujian HSK dan HSKK Online (11 Februari 2018)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. Tempat Ujian:

Universitas Tarumanegara.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Minggu, 11 Feb 2018 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 200.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 450.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 500.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 170.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

16:30-16:51

21 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 11 Feb 2018 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

16:30-16:54

24 menit

Rp. 310.000,-

Catatan:

Ujian HSK 1,3,5 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 45 peserta.

Ujian HSK 2,4,6 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 45 peserta.

Ujian HSKK Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 45 peserta.

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran HSK dan HSKK
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Batas akhir pendaftaran pada tanggal 26 Januari 2018.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Jumat, 2 Februari 2018

Waktu          : Pukul 15.00 WIB-selesai

Tempat        : Lantai 10 Universitas Tarumanegara

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

Juara 1,2,3 Star of Chinese 2017

Star of Chinese 2017

Puisi Tiongkok kuno memiliki daya tarik yang sangat besar karena memiliki makna yang sangat beragam dan kaya. Puisi Tiongkok kuno juga menjadi salah satu bagian dalam pembelajaran bahasa dan budaya Tionghoa. Oleh karena itu, Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al-Azhar kembali menyelenggarakan Kompetisi Bahasa Mandarin “Star of Chinese 2017” dengan tema “Puisi Tiongkok Kuno”. Kompetisi dibagi menjadi tiga kategori: yaitu Kompetisi Pengetahuan Budaya Puisi Tiongkok, Kompetisi Pembacaan  Puisi Tiongkok, dan Kompetisi Komprehensif (Kompetisi Pengetahuan Budaya Puisi Tiongkok + Kompetisi Pembacaan Puisi Tiongkok).

Kompetisi Bahasa Mandarin “Star of Chinese 2017” yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 9 Desember 2017 di Auditorium Gedung D Lantai 2 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang berjumlah sekitar seratus mahasiswa. Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia berhasil membuktikan kemampuannya untuk bersaing dengan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dengan meraih tujuh penghargaan sekaligus yaitu Juara 1 dan Juara 2 Kategori Komprehensif (Yohanes dan San San Yuliana), Juara 2, 3, dan Juara Harapan Kategori Pengetahuan Budaya Puisi Tiongkok (Marina, Alvina Callista, Mery, Levana Odelia), serta Juara Harapan Kategori Pembacaan Puisi Tiongkok (Johann Constantiane Koper).

Dalam kompetisi kali ini, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia meraih mayoritas piala kompetisi, prestasi mereka sungguh luar biasa. Setelah kompetisi berakhir, banyak mahasiswa menyatakan mendapat banyak hal dari kompesiti kali ini, mereka menyatakan dengan mengikuti kompetisi “Star of Chinese 2017” ini, tidak hanya memperkaya kehidupan atau aktivitas diluar perkuliahan, namun juga memperluas cara dan bentuk pemelajaran bahasa Tionghoa, bahkan juga dapat mengenal kekurangan diri sendiri serta memotivasi mereka untuk lebih giat lagi belajar bahasa Tionghoa.

Proud to be Biemers!!!

1st RUNNER UP LOMBA DEBAT BAHASA MANDARIN TICKET STATION 2017

WhatsApp Image 2017-12-07 at 8.03.37 AM

Lomba Debat Mandarin Ticket Station merupakan lomba debat berbahasa Mandarin tingkat universitas yang diselenggarakan oleh Ticket Station setiap tahun. Lomba Debat Mandarin kali ini diadakan pada tanggal 26 November 2017 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan dengan materi lomba mengenai “Pemiskinan terhadap para Koruptor” dan “Keluarga Koruptor Layak Dipublikasikan karena Ikut Menikmati Hasil Korupsi”. Meskipun materi lomba cukup berat dimana menuntut mahasiswa mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai peraturan dan kasus-kasus korupsi di Indonesia, serta mewajibkan peserta melakukan debat dengan menggunakan bahasa Mandarin, namun mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia yang terdiri dari dua pendebat utama (Lia Angelina dan Lawi Irawan) dan 20 mahasiswa pendukung lainnya kembali berhasil menoreh prestasi dalam kompetisi bahasa Mandarin kali ini melalui diraihnya 1st Runner Up. Prestasi ini kembali menambah deretan prestasi Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia. Proud To Be Biemers!!!

Juara 2 dan 3 Lomba Cerdas Cermat Sinologi dan Juara 2 Lomba News Anchor Mandarin

Kompetisi Bahasa Mandarin UI

Pada hari Kamis, 23 November 2017, Program Studi Cina Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan kegiatan festival budaya tahunan SINOFEST. Sinofest tahun ini selain memamerkan kebudayaan Tiongkok, juga mengadakan berbagai lomba bahasa Mandarin untuk tingkat SMA dan Universitas. Adapun lomba tingkat universitas yang diadakan tahun ini adalah Lomba Cerdas Cermat Sinologi dan Lomba News Anchor Mandarin.

Tim mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia kembali meraih prestasi gemilang dalam perlombaan kali ini. Dua tim cerdas cermat yang terdiri dari mahasiswa semester 5 dan 7 yaitu Lia Angelina, Melita Sofiani, Antono Wijaya, Helen Angelina, Shinta  Sanly Putri, dan Mario Wijaya ini berhasil meraih Juara 2 dan Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Sinologi, sedangkan tim News Anchor Mandarin yang terdiri dari mahasiswa semester 3 yaitu Hanson Wibisono dan Bella Octavia juga berhasil meraih Juara 2. Sungguh suatu pencapaian yang tidak mudah karena mereka bersaing dengan berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Kristen Petra, Universitas Bina Nusantara, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan, dan lain-lain.

Selamat kepada tim mahasiswa Prodi BBT UBM, semoga dapat meraih prestasi kembali dalam ajang perlombaan berikutnya!

Proud to be Biemers!!!

Kunjungan Industri ke PT World Innovative Telecommunication (OPPO)

Kunjungan Industri ke OPPO

Pada hari Jumat 24 November 2017, program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kunjungan industri ke PT.OPPO Indonesia yang berlokasi di Landmark Pluit, Jakarta. Kunjungan ini disambut oleh perwakilan PT.OPPO Indonesia, PT. J&T Express serta perwakilan PT. e-Commerce dan diikuti oleh mahasiswa/i program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa semester 3, 5 dan 7 beserta dosen-dosen dengan jumlah 104 orang.

Dalam kunjungan industri ini, kami diperkenalkan dengan sejarah perkembangan OPPO dan produk-produk OPPO, serta perkembangan era zaman sekarang, program Management Training atau dikenal dengan MT yang diselenggarakan PT.OPPO Indonesia setiap tahun untuk membimbing dan mengembangkan potensi partisipan. Selain itu, kami juga mempelajari potensi besar dalam bidang e-commerce pada zaman kini, pentingnya kualitas dan mental untuk menjadi bibit unggul, juga peluang-peluang yang tersedia pada ketiga perusahaan tersebut. Beragam pertanyaan juga ditanyakan oleh mahasiswa/i menjelang akhir acara mengenai perusahaan OPPO, produk OPPO, program MT dan sebagainya.

Pada akhir acara, sebagai rasa apresiasi, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa memeberikan penghargaan berupa plakat kepada pihak PT.OPPO yang diserahkan oleh Ibu Juliana selaku Sekretaris Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia. Kegiatan kunjungan industri ini diakhiri dengan foto bersama di lobby PT.OPPO dengan latar belakang berupa layar LED dengan tulisan, “Selamat datang Mahasiswa/I UBM”.

Kunjungan industri ini telah membawakan banyak pengetahuan baru yang berharga bagi para mahasiswa/i yang bermanfaat untuk kelak dalam persiapan terjun dalam dunia kerja. UBM, Bringing Education to the Real World. GO BIEMERS!

Ujian HSK Online (3 Desember 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6
  2. Tempat Ujian:

Universitas Bunda Mulia, Lab Komputer A.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Minggu, 3 Desember 2017 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 200.000,-

Minggu, 3 Desember 2017 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 3 Desember 2017 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 3 Desember 2017 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 450.000,-

Minggu, 3 Desember 2017 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 500.000,-

Minggu, 3 Desember 2017 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Catatan:

Ujian HSK 1,3,5 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 30 peserta.

Ujian HSK 2,4,6 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 30 peserta.

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran HSK Des 2017
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

- Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

- Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

- Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 24 Oktober 2017 sampai dengan 15 November 2017 (akan otomatis tutup jika sudah memenuhi kuota).

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Jumat, 24 November 2017

Waktu          : Pukul 15.00 WIB-selesai

Tempat        : Lab Komputer A Universitas Bunda Mulia

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.1349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

HSK Preparation Class

Introduction

Chinese Proficiency Test (HSK) is an international standardized Chinese language test to measure Chinese language learners’ abilities in using the Chinese language in their daily, academic and professional lives. HSK consists of six levels, namely HSK 1, HSK 2, HSK 3, HSK 4, HSK 5, and HSK 6.

HSK TEST STRUCTURE

 

The result of the HSK test can be:

  • 1. 1      Your gateway to study in China

It’s regulated by the Chinese Ministry of Education that foreign students who enroll in Chinese universities to study shall pass the HSK level 4 or above exams.

  1. 2.       A must for applying for scholarships and summer camps

Learners who want to apply the Confucius Institute Scholarships should take the score reports of HSK. All test takers who take HSK abroad are eligible to apply for the Chinese Test Summer Camp to experience Chinese culture and learn the language for a short period in China.

  1. 3.       Plus for career building

Many foreign governments, multinational companies, and schools have recognized HSK and have used HSK as criteria for recruitment, performance evaluation and promotion.

 

HSK Preparation Class Schedule, Location, Price (for the the HSK test on 29 Oct. 2017)

HSK PREPARTION CLASS SCHEDULLE

All the classes will be held at Bunda Mulia University, Jl. Lodan Raya No. 2, North Jakarta, classroom will be informed later.

*The materials fee for HSK 1, 2, and 3 is for the HSK Standard Course textbook, including Student Book and Workbook; the materials fee for HSK 4 and 5 is for the copied materials.

Class will be held by at least 5 students for each level.

Cash back 15% of the taken course fee or discount 20% of the next period course fee for student who passed the HSK test in Oct. 2017 (Terms and conditions apply).

 

Registration and Contact Information

Registration open from August 15th – September 18th 2017.

Registration link click: https://goo.gl/forms/1S5YGrNBbKX7X3hU2

 

More Information please contact:

Bunda Mulia Learning & Development Centre (BMLDC)

Office Hour: Monday-Friday (07:30-16:30)

Telephone: (021) 692-9090 ext. 1323/1330

Email: bmldc@bundamulia.ac.id

Website: http://www.ubm.ac.id/category/bmldc/berita-bmldc/

WA: 0813-1446-3685 (Michael Christian), 0818-0812-5030 (Guan Nan)

 

Course and materials fee could be transferred to account below:

BCA Cabang Ancol: 211-301-2340, a.n. YAY. PENDIDIKAN BUNDA MULIA

Ujian YCT, HSK, dan BCT (28-29 Oktober 2017)

A Level, Jenis, JadwalBiaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. New Youth Chinese Test (YCT) Tulisan Level 1-4 dan YCT Lisan Level Dasar dan Menengah.
  3. Business Chinese Test (BCT) Tulisan Level A dan B, serta BCT Lisan.
  4. Tempat Ujian:

Universitas Tarumanegara (Kampus I, Jl. Letjen S.Parman No.1, Grogol, Jakarta Barat).

Ruang ujian akan diinformasikan kemudian.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 28 Oktober 2017 YCT Level 1 Ujian Tertulis

11:30-12:00

30 menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 YCT Level 2 Ujian Tertulis

09:00-09:45

45 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 YCT Level 3 Ujian Tertulis

11:30-12:25

55 menit

Rp. 200.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 YCT Level 4 Ujian Tertulis

09:00-10:20

80 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 YCT Level Dasar Ujian Lisan

14:00-14:17

17menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 YCT Level Menengah Ujian Lisan

15:00-15:19

19 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 BCT (A) Ujian Tulisan

09:00-10:05

65 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 28 Oktober 2017 BCT (B) Ujian Tulisan

11:30-13:50

140 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 200.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 450.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 500.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 170.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

17:30-17:51

21 menit

Rp. 250.000,-

Minggu, 29 Oktober 2017 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

18:45-19:09

24 menit

Rp. 310.000,-

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran BCT Okt 2017, Formulir Pendaftaran HSK Okt 2017Formulir Pendaftaran YCT Okt 2017.
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 9 Agustus 2017 sampai dengan 13 September 2017.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan untuk ujian YCT, HSK, dan BCT Lisan. Jadwal pelaksanaan Simulasi Ujian adalah sebagai berikut:

Hari/tanggal : Jumat, 27 Oktober 2017

Waktu          : Pukul 15:00-selesai

Tempat        : Universitas Tarumanegara

(Kampus I, Jl. Letjen S.Parman No.1, Grogol, Jakarta Barat).

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.
  5. Bagi peserta ujian YCT dan HSK lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 45 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 45 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

H. Contact person:

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Noval: novalfang@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.1349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

 

I. Kelas Persiapan HSK

Kami mengadakan Kelas Persiapan HSK, bagi kamu yang berminat dapat mengunjungi laman berikut:

http://www.ubm.ac.id/bt/hsk-preparation-class/

 

Juara 3 dan Juara Penampilan Keterampilan Oriental Terbaik Kompetisi Chinese Bridge 2017 Seleksi Wilayah Indonesia

WhatsApp Image 2017-05-23 at 3.23.37 PM

Setelah berhasil meraih prestasi Juara 1 (Jefvlin) dan Juara 2 (Eveny Meida Wijaya) dalam Chinese Bridge Seleksi Wilayah DKI Jakarta, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia kembali meraih prestasi yang lebih menggembirakan dalam Chinese Bridge Seleksi Wilayah Indonesia.

Kompetisi Bahasa Mandarin Chinese Bridge Tingkat Universitas Seleksi Wilayah Indonesia yang diselenggarakan oleh Confusius Headquarters, Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia, Badan Koordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin Jakarta, serta Pusat Bahasa Mandarin Universitas Al-Azhar pada tanggal 17-18 Juni 2017 ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia yaitu dari Aceh, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan lain-lain. Dalam Seleksi Wilayah Indonesia ini, ada satu bagian lomba lagi yang berbeda dengan lomba Seleksi Wilayah Jakarta yaitu ujian tertulis dalam bahasa Mandarin mengenai pengetahuan budaya Tionghoa, ekonomi, politik, dan lain-lain.

Dalam persaingan lomba yang begitu ketat ini, mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dengan bakat keterampilan oriental Traditional Dance yaitu Eveny Meida Wijaya berhasil meraih prestasi yang membanggakan yaitu berhasil meraih Juara 3 Umum, sedangkan Jefvlin juga berhasil meraih nilai tertinggi pada sesi keterampilan oriental Tiongkok sehingga meraih penghargaan Juara Penampilan Keterampilan Oriental Terbaik.

Proud To Be Biemers!!!

Ujian HSK dan HSKK Online (15 Juli 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

 

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. Tempat Ujian: Universitas Bunda Mulia, Lab Komputer A.

 

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 460.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

16:30-16:51

21 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 15 Juli 2017 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

16:30-16:54

24 menit

Rp. 310.000,-

Catatan:

Ujian HSK 1,3,5 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 40 peserta.

Ujian HSK 2,4,6 bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 40 peserta.

Ujian HSKK Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan bersamaan dalam satu lab komputer, total kuota 40 peserta.

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir pendaftaran HSK dan HSKK Juli 2017
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

- Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

- Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

- Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 17 Mei 2017 sampai dengan 9 Juni 2017.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Jumat, 7 Juli 2017

Waktu          : Pukul 15.00 WIB-selesai

Tempat        : Lab Komputer A Universitas Bunda Mulia

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

F. Contact person:

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

 

Kunjungan Industri ke PT. Saras Subur Abadi

Kunjungan Industri ke PT Saras Subur AbadiPada hari Jumat 28 April 2017 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa mengadakan acara kunjungan industri ke PT. Saras Subur Abadi yang bertempat di Jl. Agung timur X blok N1 no. 9, Sunter Jaya, Jakarta Utara. PT. Saras Subur Abadi merupakan suatu perusahaan importir obat tradisional dari Tiongkok. Kegiatan kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan yang secara kontiniu dilakukan oleh setiap Program Studi di Universitas Bunda Mulia sebagai salah satu wujud pengimplementasian visi dari Universitas Bunda Mulia yang menekankan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri.

Kunjungan kali ini diikuti oleh 20 mahasiswa yang didampingi oleh Juliana, BA., MTCSOL dan Noval Rianti S, S.Hum selaku dosen Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa.

Rombongan disambut dengan baik oleh pihak PT. Saras Subur Abadi. Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dan kata sambutan dari Bapak Yuri selaku perwakilan dari PT. Saras Subur Abadi yang dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Sekretaris Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa, Ibu Juliana, BA., MTCSOL, sebagai ungkapan terima kasih atas kesediaan dari  PT. Saras Subur Abadi dalam menerima kunjungan dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengenalan visi dan misi PT. Saras Subur Abadi, departemen-departemen yang ada di PT. Saras Subur Abadi, pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan, serta mengunjungi gudang produk obat-obatan impor di PT. Saras Subur Abadi.

Para peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan kunjungan industri ini, terlihat dari banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan terkait pekerjaan di PT.Saras Subur Abadi.

Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia kepada PT.Saras Subur Abadi berupa plakat yang ditutup dengan acara foto bersama.

Kuliah Umum Bersama Amber Liu “Learning Chinese Leads to a Successful Future”

Kuliah Umum bersama Amber Liu Pada hari Sabtu, 22 April 2017 Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kuliah umum mengenai “Learning Chinese Leads to a Successful Future”.  Topik ini diangkat sebagai topik kuliah umum dengan harapan mahasiswa program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa dapat mengenal lebih jauh seberapa pentingnya pembelajaran bahasa Tionghoa dalam era globalisasi ini. Bahasa Tionghoa sebagai bahasa Internasional merupakan suatu modal yang dapat membekali mahasiswa dalam menempuh masa depan, khususnya untuk mencari pekerjaan .

Dalam kuliah umum kali ini, Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menghadirkan Ibu Amber Liu selaku Founder dan CEO dari IF Language Center sebagai narasumber, dan beliau juga didampingi oleh seorang Alumni dari Program Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa UBM angkatan 2012 bernama Efah.

Dalam kuliah umum kali ini, Ibu Amber Liu membagikan tips&trik mengenai cara belajar bahasa Tionghoa yang efektif, serta cara untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam proses belajar. Selain itu, ibu Amber Liu juga membawa mahasiswa untuk lebih mengenal tujuan para mahasiswa belajar bahasa Tionghoa. Beliau juga menceritakan pengalaman pribadinya dalam mendirikan IF Language Center. Efah sebagai alumni juga menceritakan banyak pengalaman pribadinya dalam belajar bahasa Tionghoa dan dalam bekerja.

Peserta kuliah umum kali ini terdiri dari 93 mahasiswa serta 6 dosen program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa. Para peserta sangat tertarik dan antusias dalam mendengarkan paparan yang dibawakan ibu Amber Liu, ini terbukti dari keaktifan para peserta dalam melontarkan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada narasumber yang diberikan oleh Ibu Guan Nan selaku Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Kuliah umum ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dari Universitas Bunda Mulia untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada industri, sesuai dengan tagline Universitas Bunda Mulia yaitu Bridging Education to the Real World.

Go Biemers!

Guangxi Education Exhibition and Mandarin Speech Competition

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-2.docx

Pada hari Senin, 17 April 2017 program studi Bahasa dan Budaya Tionghoa menyelenggarakan kegiatan pameran pendidikan Guangxi,Tiongkok dan juga ajang Lomba Pidato bahasa Mandarin (Mandarin Speech Competition) tingkat SMA/K sederajat.

 Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Illah Sallah selaku Koordinator Kopertis III, Mr Zhou Bin selaku Cultural Conselor dari Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia, Ibu Kandi selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UBM, Mr.Man Changxue selaku Secretary of Commission for Higher Institutions of the Guangxi Autonomous Region, serta 25 universitas dari Guangxi dan peserta pameran yang mencapai kurang lebih 200 orang. Tujuan diadakannya pameran pendidikan ini adalah untuk mempererat hubungan kerjasama dalam bidang pendidikan antara universitas-universitas di Guangxi dengan Universitas Bunda Mulia serta memperkenalkan universitas-universitas yang ada di Guangxi kepada masyarakat Jakarta.

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-1.docx

Pembukaan pameran pendidikan ini dimulai dengan pemberian kata sambutan dari masing-masing pihak, setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Guangxi University & UBM, penukaran cinderamata antara kedua belah pihak dan diakhiri dengan pengguntingan pita serta sesi foto bersama.

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-3.docx

Setelah itu dilanjutkan dengan ajang lomba pidato bahasa Mandarin (Mandarin Speech Competition) dengan tema “汉语与我“ (Mandarin and Me) yang diikuti oleh 20 siswa/i SMA/K sederajat dari sekolah se-Jabodetabek. Berbeda dengan lomba pidato pada umumnya, lomba kali ini dibagi menjadi 2 sesi, diantaranya sesi pidato dan sesi wawancara. Dalam sesi pidato para juri memilih 10 finalis yang berhak memasuki sesi wawancara. Melalui sesi wawancara, maka dipilihlah Juara I, Juara II, dan Juara III, serta 3 Juara Harapan.

Guangxi Education Exhibition dan Mandarin Speech Competition-4.docx

Dengan diadakannya lomba pidato bahasa Mandarin ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal bahasa Mandarin dan perlombaan ini juga dapat menjadi ajang bagi para siswa/i SMA/K sederajat dalam menunjukan keahliannya dalam berbahasa Mandarin.

Kami sangat menantikan partisipasi Anda dalam acara kami selanjutnya !

Go Biemers!!!

Ujian HSK Online (22 April 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Online Level 1-6
  2. Tempat Ujian: Universitas Tarumanegara

Ruang ujian akan diinformasikan kemudian.

Hari/tanggal

Level

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 1

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 2

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 3

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 4

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 5

13:30-15:30

120 menit

Rp. 460.000,-

Sabtu, 22 April 2017 HSK Level 6

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

 

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Daftar HSK Online April 2017
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
    • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
    • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
    • Ketentuan untuk foto:

    -     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

    -     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

    -     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

    3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

    4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 24 Maret 2017 sampai dengan 3 April 2017.

 

D. Kuota Peserta Ujian

Karena keterbatasan tempat maka ujian HSK Online kali ini hanya akan memenuhi kuota 90 peserta dengan perincian sebagai berikut:

Peserta Ujian HSK 1, 3, 5: TOTAL 45 orang

Peserta Ujian HSK 2, 4, 6: TOTAL 45 orang

Jika pendaftar melebihi kuota maka akan ditolak.

Mohon segera mendaftar.

 

E. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

F. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2017, pukul 15:00 WIB, di Universitas Tarumanegara lantai 10.

 

G. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.

 

H. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

I. Contact person:

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Noval: novalfang@gmail.com

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara

Ujian YCT, HSK, dan BCT (18-19 Maret 2017)

A Level, Jenis, Jadwal, Biaya, dan Tempat Ujian

  1. New Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) Tulisan Level 1-6 dan HSK Lisan (HSKK) Level Dasar, Menengah, dan Lanjutan.
  2. New Youth Chinese Test (YCT) Tulisan Level 1-4 dan YCT Lisan Level Dasar dan Menengah.
  3. Business Chinese Test (BCT) Tulisan Level A dan B, serta BCT Lisan.
  4. Tempat Ujian:

Ujian YCT & BCT: Universitas Bunda Mulia

Ujian HSK: Universitas Tarumanegara

Ruang ujian akan diinformasikan kemudian.

Hari/tanggal

Level

Jenis

Waktu Ujian

Biaya Ujian

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 1 Ujian Tertulis

11:30-12:00

30 menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 2 Ujian Tertulis

09:00-09:45

45 menit

Rp. 130.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 3 Ujian Tertulis

11:30-12:25

55 menit

Rp. 180.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level 4 Ujian Tertulis

09:00-10:20

80 menit

Rp. 230.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level Dasar Ujian Lisan

14:00-14:17

17menit

Rp. 100.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 YCT Level Menengah Ujian Lisan

15:00-15:19

19 menit

Rp. 150.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 BCT (A) Ujian Tulisan

09:00-10:05

65 menit

Rp. 250.000,-

Sabtu, 18 Maret 2017 BCT (B) Ujian Tulisan

11:30-13:50

140 menit

Rp. 350.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 1 Ujian  Tulisan

13:30-14:05

35 menit

Rp. 170.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 2 Ujian  Tulisan

09:00-09:50

50 menit

Rp. 230.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 3 Ujian  Tulisan

13:30-14:55

85 menit

Rp. 290.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 4 Ujian  Tulisan

09:00-10:40

100 menit

Rp. 390.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 5 Ujian  Tulisan

13:30-15:30

120 menit

Rp. 460.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSK Level 6 Ujian  Tulisan

09:00-11:15

135 menit

Rp. 530.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSKK Level Dasar Ujian  Lisan

16:30-16:47

17 menit

Rp. 150.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSKK Level Menengah Ujian  Lisan

17:30-17:51

21 menit

Rp. 230.000,-

Minggu, 19 Maret 2017 HSKK Level Lanjutan Ujian  Lisan

18:45-19:09

24 menit

Rp. 310.000,-

B Cara Pendaftaran

  1. Mengisi formulir pendaftaran, silahkan unduh formulir pendaftaran yang diinginkan seperti yang tertera berikut atau mengirimkan email kepada contact person dibawah. Formulir Pendaftaran BCT Maret 2017, Formulir Pendaftaran HSK Maret 2017, Formulir Pendaftaran YCT Maret 2017.
  2. Formulir pendaftaran dikirimkan ke email contact person dibawah dengan  melampirkan:
  • Scan KTP/Paspor/Surat Ijin Menetap (SIM dan kartu pelajar tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto dan tidak kadaluarsa hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun). Jenis file scan adalah dalam format jpg, besar file maksimal 100KB. Mohon perhatikan masa berlaku kartu identitas adalah masih berlaku sampai dengan tanggal ujian berlangsung karena peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian jika tidak membawa kartu identitas asli dengan alasan apapun atau jika kartu identitas sudah kadaluarsa pada hari ujian berlangsung.
  • Pas foto formal berwarna terbaru, jenis file dalam format jpg, besar file maksimal 100KB.
  • Ketentuan untuk foto:

-     Warna baju dan warna background foto TIDAK BOLEH sama atau mirip

-     Tidak boleh memakai topi, jepit rambut, bando, kaca mata hitam.

-     Foto harus dari kepala sampai bagian dada.

3. Membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan keterangan pada email konfirmasi yang didapat.

4. Mengirimkan bukti pembayaran ke email contact person terkait.

 

C. Batas Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada tanggal 16 Januari 2017 sampai dengan 6 Februari 2017.

 

D. Pengambilan Kartu Peserta Ujian

Setelah proses pendaftaran selesai, peserta wajib mengambil Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) seminggu sebelum ujian berlangsung (waktu pengambilan Kartu Peserta Ujian akan diinformasikan melalui email) dan harus diperiksa dengan seksama apakah data yang tertera di Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) terdapat kesalahan atau tidak. Jika terdapat kesalahan harap segera melapor kepada contact person terkait.

 

E. Simulasi Ujian

Simulasi Ujian hanya akan dilaksanakan untuk ujian YCT, HSK, dan BCT Lisan. Hari, tanggal, dan jam pelaksanaan simulasi ujian akan diinformasikan kemudian melalui email.

 

F. Tata Tertib Ujian

  1. Datang minimal 1 jam sebelum ujian berlangsung untuk pendaftaran ulang, 30 menit sebelum waktu ujian peserta sudah harus berada di ruang ujian.
  2. Membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) dan kartu identitas asli pada saat daftar ulang. Apabila peserta tidak membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket) beserta kartu identitas diri yang berfoto dan tidak kadaluarsa (SIM tidak berlaku, kartu pelajar yang berfoto hanya berlaku untuk peserta dengan umur <17 tahun), tidak diperkenankan mengikuti ujian dengan alasan apapun, dan Uang Ujian yang telah dibayar tidak dapat dikembalikan.
  3. Peserta masuk ruang ujian hanya diperkenankan membawa Kartu Peserta Ujian (Admission Ticket), kartu identitas asli, dan alat tulis (pensil 2B dan penghapus), selain itu tidak diperkenankan dibawa masuk ke ruang ujian.
  4. Peserta wajib memakai pakaian rapi dan memakai sepatu.
  5. Bagi peserta ujian YCT dan BCT lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 35 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 35 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.
  6. Bagi peserta ujian HSK lisan, hanya disediakan fasilitas rekam untuk 50 orang/level, jika peserta ujian per level lebih dari 50 orang maka sisanya harus membawa peralatan rekam sendiri.

 

G. Pengambilan Hasil Ujian

Hasil ujian dapat dilihat oleh peserta ujian melalui website: www.chinesetest.cn 30 hari setelah ujian, sedangkan untuk pengambilan hasil ujian tertulis akan diumumkan kemudian melalui email (paling cepat 2 bulan setelah ujian).

 

F. Contact person:

Kumala Dewi: kumala_kumkum@yahoo.com

Noval: novalfang@gmail.com

Symphony: symphony.akelba@gmail.com

Telp hotline: 021-6929090 ext.349

Alamat: Jl. Lodan Raya No.2 Ancol – Jakarta Utara