Kegiatan Welcoming Freshmen Akademi Pariwisata Bunda Mulia

Pada tanggal 13 – 15 Agustus, Universitas Bunda Mulia termasuk dengan Akademi Pariwisata Bunda Mulia mengadakan kegiatan Welcoming Freshmen, yaitu acara dimana menyambut mahasiswa baru dan memperkenalkan kampus ke mahasiswa baru. Kegiatan berisi tentang pengenalan fasilitas dan ruangan kampus UBM dan beberapa seminar untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa baru.

Pada hari kedua yaitu tanggal 7 Agustus, ada acara program studi dimana masing – masing program studi mengadakan acara sendiri. Akademi Pariwisata sendiri mengadakan acara berupa lomba – lomba. Namun sebelum lomba dimulai, panitia mengadakan sesi foto bersama seluruh dosen yang dilanjut dengan kata sambutan dari Pak Tonny Hendratono selaku Ketua Program Studi Akademi Pariwisata Bunda Mulia, yang dilanjut oleh kata sambutan dari semua dosen Akademi Pariwisata Bunda Mulia.

Lomba yang diadakan antara lain lomba membuat bento, dimana mahasiswa membawa bahan-bahan bento untuk disusun sendiri dan akan dinilai oleh dosen yang berlaku sebagai dewan juri, lomba dilanjutkan dengan lomba cake decoration, dimana mahasiswa membawa bahan-bahan untuk mendekorasi cake sendiri yang dimana cakenya sudah disiapkan sebelumnya oleh panitia, lomba berlanjut dengan lomba mixing drink, dimana mahasiswa meracik minuman sendiri dari bahan yang dibawa oleh mahasiswa juga bahan minuman yang sudah disediakan sebelumnya. Lomba diakhiri dengan penulisan ‘surat cinta’, surat yang berisi pendapat, kesan dan pesan selama mengikuti acara Welcoming Freshmen.

IMG_8500 IMG_9227 IMG_8765 IMG_8757 IMG_8750 IMG_8730 IMG_8652

Appreciation Parents Gathering 2018

Appreciation Parents Gathering atau yang biasa kita sebut APG merupakan acara yang dihelat sebagai rasa terimakasih kita sebagai mahasiswa untuk orang tua yang telah membantu kita selama proses pembelajaran di Universitas & Akademi Pariwisata Bunda Mulia. Bentuk dari acara ini adalah Gala Dinner dengan tema Masquarade yang mewah dan luxury.

Semua kegiatan dan pelaksanan APG semua dikerjakan dan di lakukan oleh mahasiswa Akpar dan Hospar Semester 6 dan dibantu oleh BOD atau bisa disebut sebagai mentor bagi seluruh mahasiswa , dari konsep acara , konsep gala dinner , pencarian dana , proses pembuatan makanan dan minuman , semua mahasiswa disini menerapkan kegiatan seperti ala hotel bintang 5 yang memiliki beberapa divisi masing masing seperti FB Product , FB Service , Sales and Marketing , Finance , Logistic , Event , Room Division dan HR. Acara APG 2018 memiliki struktur organsasi layaknya hotel dengan memiliki General Manager , Ex Assistant Manager , Ex Secretary , Director Sales and Marketing dll.

Persiapan seperti mengundang orang tua mahasiswa yang dilakukan oleh team front office , pemilihan design dekor , pemilihan menu makanan pada acara gala dinner dan kegiatan pencarian dana adalah hal yang sangat vital dalam keberlangsungan acara APG 2018 ini. Semua pencarian dana dilakukan oleh team dari divisi Sales and Marketing dengan cara melakukan penjualan , pencarian sponsor , pencarian tenant dan melakukan kerja sama dengan perusahan perusahan ternama di Indonesia.

Tujuan Utama diadakannya acara ini adalah sebagai landasan sebelum memasuki dunia industri sebenarnya karena bukan hanya skill dan knowladge yang dibutuhkan di industri , tetapi attitude dan team work juga sangat penting untuk bekerja di industri pariwisata dan juga sebagai permulaan jenjang karir menjadi atasan dalam sebuah acara.

 

 

Musyawarah Nasional HILDIKTIPARI 2018

Pada tanggal 19-21 Juli 2018, Sekretaris Program Studi D3 Perhotelan Ibu Regina Dewi Hanifah, S.ST.Par., M.Par, mengikuti Musyawarah Nasional HILDIKTIPARI 2018 yang diadakan di STIEPRAM Yogyakarta.
Dalam kegiatan ini seluruh anggota HILDIKTIPARI datang untuk melakukan musyawarah nasional yang dilakukan 4 tahun sekali untuk Laporan Pertanggungjawaban dari Pengurus HILDIKTIPARI 2018 dan juga pemilihan Pengurus untuk periode 2018-2022. Selain itu ada 3 narasumber lainnya yaitu Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo, Pak Sugiyono dari BAN PT dan Ibu Ir Rizki Handayani MBTM Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).
Kemenristekdikti mendorong perguruan tinggi pariwisata untuk mengubah kurikulum seiring masuknya tourism 4.0. Road map kurikulum pendidikan tinggi pariwisata akan segera disusun bersama dengan Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari). Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo menjelaskan hampir semua industri saat ini sedang mengalami revolusi industri 4.0 termasuk industri pariwisata. Saat ini sudah muncul tourism 4.0 di dunia pariwisata, sehingga kebutuhan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang pariwisata ikut berubah. Terutama dengan banyaknya penerapan layanan teknologi pariwisata. Setelah Kementerian Ristek Dikti, giliran Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pun kemudian menggandengnya sebagai mitra kerja sama guna mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang andal. Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Ir Rizki Handayani MBTM, saat memaparkan materi tentang Kebijakan Pembangunan Pariwisata Nasional mengakui Kemenpar tidak bisa sendirian menangani SDM pariwisata. Bagi Kemenpar, percepatan destinasi perlu terus didorong. Artinya, tidak hanya Bali saja yang maju tapi juga sampai pelosok. Ini semua juga tidak lepas dari peran mahasiswa perguruan tinggi pariwisata.