Kuliah Umum Hospitality & Pariwisata – Food Production for Dairy Product (12 September 2017)

kandi 1

Pada tanggal 12 September 2017, Prodi Perhotelan dan Program Studi Hospitality & Pariwisata Universitas Bunda Mulia telah melaksanakan kegiatan Kuliah Umum yang bertemakan “Food Production for Dairy Product yang bertempat di The UBM Grand Auditorium (TUGA).

Kuliah umum ini dihadiri oleh para mahasiswa dari Prodi Hospitality & Pariwisata dan Prodi Perhotelan Universitas Bunda Mulia, yang bekerjasama dengan Government of Victoria Australia dengan pembicara “Chef Tim Hollands” (Owner and Head Chef of Tims Foods and Tim Hollands Catering).

Registrasi dimulai pada pukul 08.00 WIB, lalu acara dibuka dengan pemutaran Bumper dan Profile Universitas Bunda Mulia, lalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars UBM.

Acara juga dibuka dengan sebuah penampilan dari salah satu mahasiswi aktif Hospitality & Pariwisata yang menyanyikan lagu daerah “Bungong Jeumpa”. Setelah itu acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Supina, S.ST Par., M. Par selaku Ketua Program Study Hospitality & Pariwisata, dan kata sambutan oleh Chef dari Dairy Australia.

kandi 2

Dipertengahan acara Chef Tim Hollands melakukan Cooking Demo dan Interactive Talkshow bersama dengan para mahasiswa Hospitality & Pariwisata dan juga Perhotelan. Beliau menjelaskan, membuat, dan mempresentasikan 4 menu masakan yang dibuatnya secara detail, salah satu contoh masakannya yakni (Blue Cheese, Grape, and Candied Walnut Salad).

Acara selesai pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan pemberian token of appreciation kepada Chef Tim Hollands dan foto bersama.

Welcoming Freshmen (WF) Universitas Bunda Mulia 2017

Universitas Bunda Mulia (UBM) dan Akademi Pariwisata (Akpar) Bunda Mulia baru saja menyelesaikan rangkaian acara Universitas Bunda Mulia Welcoming Freshmen 2017) yang mengusung tema “Lakukan Terobosan Hebat”. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari mulai dari hari Senin, 7 Agustus 2017 sampai dengan Rabu, 9 Agustus 2017 di kampus ancol Universitas Bunda Mulia.

Acara di hari pertama diawali dengan Upacara Pembukaan yang dilakukan langsung oleh Rektor UBM dan dilanjutkan dengan Perkenalan Struktural UBM, seminar dan motivasi oleh sejumlah pembicara yang membawakan materi “Motivasi”, “Grooming dan Sex Education”, dan “Kegiatan Kemahasiswaan”.

Di hari kedua,  acara  diawali oleh acara “Sesi Fakultas (Dekan dan Senat Mahasiswa)” yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora dan Fakultas Teknik dan Desain. Lalu acara selanjutnya yakni kegiatan dari masing-masing program studi yaitu sebanyak 12 program studi.

Program studi Hospitality dan Pariwisata melakukan kegiatan di area TUPA (The UBM Plaza) beberapa kegiatan yang dilakukan yakni perkenalan dosen program studi Hospitality dan Pariwisata Universitas Bunda Mulia, perkenalan Hima Prodi Hospitality dan Pariwisata, serta sesi games dan memorable (membuat peta Indonesia dengan menggunakan batu hias).

Setiap kegiatan berjalan dengan baik dan diikuti dengan antusiasme yang tinggi dari para mahasiswa baru yang menikmati jalannya acara hingga selesai.

Di hari ketiga acara diisi oleh talkshow dan informasi dari berbagai direktorat yang ada di Universitas Bunda Mulia. Setelah sesi berakhir acara dilanjutkan oleh “Seremonial Pemecahan Rekor MURI” yaitu Konfigurasi Bendera Merah Putih terbanyak dengan menggunakan gelas plastik.

Dipenghujung acara welcoming freshmen ditutup dengan Inagurasi, Acara ini terdiri atas kegiatan performance dari fakultas dan juga universitas serta pelantikan dan pembubaran BPH Ormawa yang ada di lingkungan UBM dan Akpar Bunda Mulia. Puncak acara adalah pelantikan mahasiswa baru yang dilakukan oleh Pelaksana Harian Rektor didampingi oleh jajaran pimpinan UBM.

Selamat datang kepada para mahasiswa baru Hospitality dan Pariwisata 2017.

Biemers !!! Commitment, Accountibility, Respect, Excellent!

UBM !!! “Lakukan Terobosan Hebat!

Hospar  UBM !!! “Together, Yes We Can!

Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Kiarasari, Bogor, Jawa Barat

Pada tanggal 29 Juli Agustus kemarin program studi perhotelan dari Akademi Pariwisata Bunda Mulia melakukan kegiatan pengabdian kepada masyrakat (PKM) yang berlokasi di desa Kiarasari yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan di desa Kiarasari berlokasi di sebuah rumah warga yang cukup besar untuk melakukan kegiatan pengajaran materi. Kegiatan dimulai dari pembukaan yang dilakukan oleh Bapak Rianto selaku dosen dari program studi Hospitality dan Pariwisata dan menjelaskan maksud tujuan dari kegiatan ini dan dilanjutkan dengan penjelasan tentang materi yang bertema “sadar wisata” yang dilanjutkan  oleh Bapak Dikki yang menjelaskan tentang materi “Hygiene dan sanitasi serta penerapan housekeeping di homestay”

Rangkaian kegiatan acara berlanjut dengan materi “Praktek pengelolaan makanan berbahan dasar lokal serta tata hidang makanan” yang disampaikan oleh Chef Yudhiet.  Kegiatan hari itu diakhiri dengan materi terakhir yang disampaikan oleh Bapak Rianto yang menyampaikan materi tentang penetapan standar pelayanan homestay dan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh setiap homestay.

Acara berakhir dengan berfoto Bersama dan segenap anggota tim dari UBM berpamit pulang.

Parents Appreciation Day 2017

Akademi Pariwisata & Perhotelan Bunda Mulia mengadakan “ Parents Appreciation Day “ pada tanggal 24 Mei 2017, pada pukul 16.00-21.00 WIB yang bertempatkan di The UBM Hall (TUH)  lantai 8 gedung UBM di Jl. Lodan Raya no. 2, Jakarta Utara. Acara Parents Appreciation day ini dilaksanakan untuk mengapresiasi para orang tua dan juga dosen, dan juga untuk menunjukkan kepada Orang tua kegiatan apa saja yang selama ini di lakukan oleh para mahasiswa/i yang selama ini menjadi kegiatan para anak – anaknya.

Acara ini mengundang dan menghadirkan para orang tua, dosen dan juga para tamu undangan VIP external  maupun internal, kegiatan ini di rencanakan dan di laksanakan oleh seluruh mahasiswa/i Akademi Pariwisata Bunda Mulia semester 6 (6PPI1).

Parents Appreciation Day ini berisikan banyak sekali rangkaian acara, dari adanya Kampus Tour untuk melihat semua fasilitas Kampus yang di gunakan oleh Mahasiswa/i, juga adanya acara- acara khurus lainnya yang di sediakan untuk para orang tua dan tamu undangan yang ada di hari tersebut.

“Regal Goes to Campus” Rainbow Cake Cooking Demo

Program Studi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia dan S1 Hospitaliti & Pariwisata Universitas Bunda Mulia (UBM) ikut memeriahkan acara Rainbow Cake Cooking Demo dalam acara Regal Goes to Campus yang berlangsung pada hari Jumat (12/5/2017) lalu. Kegiatan ini bertempat di  The UBM Hall lantai 8 gedung UBM di Jl. Lodan Raya no. 2, Jakarta Utara dan dimulai dari pukul 14:30 – 16:00 WIB. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang merupakan salah satu dari peserta acara Master Chef yaitu Chef Beng Budiarso.  Acara ini juga mengajak media partner yaitu Majalah High End Teen yang ikut serta membagikan sample majalah di awal acara.

Melalui kegiatan ini para mahasiswa maupun dosen menyaksikan kreasi pembuatan rainbow cake yang tengah popular di Indonesia. Hal yang membedakan adalah penggunaan biskuit susu Marie Regal yang berfungsi sebagai garnish. Selain kegiatan cooking demo, penyelenggara acara juga mengadakan games yang diikuti oleh Program Studi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia dan S1 Hospitaliti & Pariwisata Universitas Bunda Mulia (UBM). Pada akhir acara seluruh peserta mendapatkan cupcakes Regal yang memberikan kesan manis kepada hati para mahasiswa-mahasiswi  di Universitas Bunda Mulia.

Kegiatan Kunjungan Industri Taman Wisata Mangrove

Program Studi  D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia mengikuti kegiatan kunjungan industry ke Taman Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk pada Sabtu lalu (20/5/2017) pada pukul 08:30 WIB – selesai.

Taman Wisata Mangrove dapat dimanfaatkan untuk lebih mengenal alam dan sangat cocok untuk kegiatan camping karena luas lahannya yang 99 hektar dan 40% lahannya adalah hutan mangrove. Hutan mangrove sendiri difungsikan untuk menahan abrasi dari ombak laut. Melalui kegiatan ini para mahasiswa dan mahasiswi Program Studi  D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Bunda Mulia diajarkan untuk lebih mencintai lingkungan dan lebih mengenal lingkungan sekitar.

Kegiatan Kunjungan Industri Pameran Gebyar Wisata Budaya Nusantara

Jumat lalu (12/05/2017), Program Studi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata dan Jurusan S1 Hospitaliti & Pariwisata di Universitas Bunda Mulia (UBM) mengikuti kunjungan industri pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara di Hall A, Jakarta Convention Centre Senayan. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09:00 – 13:00 WIB.

Kegiatan ini diadakan untuk membantu para mahasiswa dan mahasiswi agar lebih mengetahui keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Di dalam pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara ini, kita dapat bertanya langsung dengan narasumber-narasumber yang berasal dari daerah asalnya, kita dapat mencicipi dan juga mengetahui keberagaman hasil alam yang mereka hasilkan untuk dijadikan salah satu mata pencaharian mereka.

Tidak hanya sekedar berkunjung, mahasiswa dan mahasiswi Program Studi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata dan Jurusan S1 Hospitaliti & Pariwisata di Universitas Bunda Mulia (UBM) memiliki tugas untuk mencari tahu cara pemasaran dan teknik apa yang dipakai tiap outlet untuk menonjolkan ciri khas tiap daerahnya. Dengan adanya kunjungan indutri ini, mahasiswa dan mahasiswi Program Studi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata dan Jurusan S1 Hospitaliti & Pariwisata di Universitas Bunda Mulia (UBM) diharapkan dapat lebih mengenal dan mencintai budaya tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia serta dapat terjun langsung untuk melihat teknik-teknik pemasaran yang dipakai tiap daerah.

Statistic for Final Project

Universitas Bunda Mulia  mengadakan “ Kegiatan Kuliah Umum Statistik D3 Perhotelam & S1 Hospitality dan Pariwisata “. Kuliah Umum diadakan pada Rabu, 09 Maret 2017 pukul 11.30 – 13.10 WIB, Acara ini diselenggarakan bertempat di  “TUSR” ( The UBM Seminar Room ).

Kegiatan Kuliah umum Statistik ini menghadirkan Ibu Herlina selaku Dosen Universitas Bunda Mulia Sebagai Pembicara. Kegiatan ini bersifat wajib dikarenakan Kegiatan ini dilaksanakan untuk seluruh mahasiswa D3 Perhotelan Semester 6  dan S1 Hospitality dan Pariwisata Semester 8 yang sedang menyusun tugas akhirnya dan akan menghadapi sidang.

Akademi Pariwisata Ikuti Seminar Taiwan Tourism Career

rogram Studi Akademi Pariwisata semester 2 mengikuti seminar Taiwan Tourism Career pada senin (13/3/2017) di The UBM Seminar Room (TUSR), lantai 7 gedung UBM di Jl. Lodan Raya no. 2, Jakarta Utara.

Seminar ini mendatangkan narasumber langsung dari Taiwan yang merupakan Assistant Professor dan Kepala Prodi Taoyuan Innovation Institute of Technology yaitu Mrs  Hu, Hui-Ling.

Seminar ini diadakan dengan tujuan memberikan bekal bagi mahasiswa Program Studi Akademi Pariwisata semester 2 yang ingin training ataupun bekerja di luar negeri khususnya di Taiwan. Mrs Hu, Hui-Ling memberikan informasi seputar hotel yang berada di Taiwan dan berbagi pengalaman kepada mahasiswa tentang kehidupan di Taiwan.

Universitas Bunda Mulia,Bridging education to the real world..

Kuliah Tamu Statistik untuk Akademi Pariwisata Bunda Mulia Semester 4

Program Studi Akademi Pariwisata semester 4 mengadakan kuliah umum pada mata kuliah Tourism Statistic pada Kamis (9/3/2017) lalu, yang bertempat di ruang 508, lantai 5 gedung UBM di Jl. Lodan Raya no. 2, Jakarta Utara. Kegiatan ini berlangsung mulai dari pukul 13.30 – 15.10 WIB.

Kegiatan ini menghadirkan dosen tamu yang merupakan Manager Layanan Mahasiswa yaitu Ibu Oktafalia Marisa Muzammil, S.E., MM. Beliau juga merupakan dosen program studi management.

Didalam kuliah tamu ini, Program Studi Akademi Pariwisata semester 4 diajarkan tentang teori dan konsep berbagai jenis data, variable, dan skala pengukurannya. Mahasiswa juga diajarkan cara untuk mengambil kesimpulan dari sebuah jurnal. Melalui kuliah tamu ini, mahasiswa akademi pariwisata semester 4 diharapkan untuk lebih termotivasi untuk belajar mengenai statistik karena akan sangat bermanfaat ketika mahasiswa sudah terjun kedalam dunia kerja dan membantu dalam pembuatan final project yang akan dibuat di semester 5.

Universitas Bunda Mulia,Bridging education to the real world..