Selasa, 16 November 2021, Universitas Bunda Mulia, Kampus Ancol – Organsisasi Mahasiswa UBM E-Sports mengikuti tournament PMCC atau yang lebih dikenal dengan PUBG Mobile Campus Championship. PMCC ini tentunya diadakan langsung oleh Tencent Games. PMCC ini mengadakan beberapa rangkaian acara seperti Tournament PUBGM, Caster, dan juga Brand Ambassador. Campus Qualifier Tournament berlangsung pada hari Senin, 08 November 2021 yang diadakan secara daring. Dari 15 tim yang mendaftar untuk bermain di kualifikasi internal, kami mengirim 10 tim terbaik sebagai perwakilan UBM untuk mengikuti tournament ini. Tentunya, anggota tim kali ini adalah mahasiswa aktif UBM Kampus Ancol-Serpong yang memiliki semangat dan antusias dalam bidang E-sports terutama dalam game PUBGM. Tournament ini diadakan dengan tujuan untuk memfasilitasi para mahasiswa dalam pertandingan E-Sports dan membuka kesempatan bagi para peserta yang memiliki potensi untuk melanjutkan karirnya di dunia E-Sports professional. Kampus UBM sendiri selalu mengikuti ajang perlombaan E-Sports untuk meraih prestasi dan membesarkan nama UBM di bidang E-sport khususnya di tingkat universitas serta mengasah mental tim yang mengikuti pertandingan dan memperoleh pengalaman di bidang E-sports.
Tournament nasional kali ini dihadiri sebanyak 981 tim PUBGM dari seluruh penjuru Indonesia. Kesepuluh tim yang menjadi perwakilan UBM, semuanya lolos tahap filtering. Dari 10 tim yang lolos, sebanyak 3 tim bertanding pada hari Senin(08/10) dan 7 tim bertanding pada hari Selasa(09/10). Hanya 1 tim saja yang lolos ke tahap campus qualifier phase 2 yaitu tim UBM Ade-ade ( Rico Rivaldo (14190044) dari prodi Ilmu Komunikasi, Abelt Pradigta (12190322) dari prodi Manajemen, Dylan Simeon (19210103) dari prodi Hospitality & Pariwisata, Tegar Bambang Sudrajat (01210010) dari prodi Perhotelan (D3), Geraldo Nathanael Setiawan (14180029) dari prodi Ilmu Komunikasi )dengan posisi point tertinggi yaitu sebanyak 45 points. Pada phase pertama penyelanggara hanya mengambil 4 urutan pertama untuk mengikut phase ke 2. Sangat disayangkan, ada beberapa tim yang pointnya sangat berbeda tipis dengan lawan yang akan maju ke phase selanjutnya. Tentunya, untuk mengikuti phase ke 2, tim UBM adeade memiliki semangat juang yang tinggi untuk bertanding melawan musuh dan mempunyai keinginan untuk bertahan agar bertanding ditahap selanjutnya. Akan tetapi, sangat disayangkan tim UBM adeade hanya bisa berhenti di tahap campus qualifier phase ke 2 dengan posisi ke 9 dengan score sebanyak 12 point. Pada phase ke 2, penyelenggara hanya mengambil 2 tim dengan score tertinggi untuk mengikuti tahap selanjutnya.
Selanjutnya untuk lomba Caster , kami hanya mengirimkan 1 orang saja yaitu Paulus Shanon Jordy Santosa (12180081) dari prodi Manajemen Kampus Serpong. Pada website PMCC, ada sebanyak 105 peserta dari seluruh kampus yang ada di Indonesia mengikuti Caster. Paulus Shanon J.S berhasil memasuki Top 32. Ia juga sudah mempersiapkan diri, dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengikuti Challenge dari penyelenggara yaitu Fast Cast. Tetapi sayang perjuangannya di PMCC kali ini terhenti dibabak 32 besar.
Lomba terakhir yang kami ikuti adalah Campus Ambassador. kami mengirimkan 3 peserta, yaitu Venicxel (11200094) dari prodi Akuntansi, Silviana Sagita (11210073) dari prodi Akuntansi, dan Chelsie Michelle Gabrielle Liwe (35200015) dari prodi Bisnis Digital. Keikutsertaan lomba ini juga merupakan kolaborasi dengan UKM Talent Kampus Ancol. Berdasarkan website PMCC, Total peserta yang mengikut Brand Ambassador adalah 104 peserta dari seluruh kampus yang ada di Indonesia. Ketiga perwakilan UBM masuk kedalam seleksi TOP 64. Akan tetapi, dari perwakilan UBM hanya Venixcel dan Silviana saja yang lolos menuju ke Top 32 dengan Challenge foto yang bertema Halloween. Tentunya, mereka berdua memiliki semangat juang yang tinggi untuk ke TOP 16. Akan tetapi, sangat disayangkan mereka harus gugur pada saat Challenge menuju TOP 16 yaitu Voting.
Seluruh rangkaian acara PUBG Mobile Campus Chapionship yang diadakan oleh Tencent Games tentunya dilaksanakan dengan baik tanpa adanya kecurangan terjadi. Akan tetapi, acara tersebut belum selesai. Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada panitia atas waktu dan kerja samanya yang telah membantu dalam keikutsertaan tournament ini berjalan dengan sukses, serta para tim yang menjadi perwakilan dari tim UBM Esport.
Harapan kami setelah mengikuti kompetisi ini adalah bisa mengenalkan Universitas Bunda Mulia di dunia E-Sports, memberikan pengalaman bertanding yang sportif dan kompetitif, mengasah kemampuan dan bakat yang dimiliki para peserta, dan menemukan bibit unggul yang bisa berprestasi di bidang E-Sports, Caster maupun Ambassador.
Universitas Bunda Mulia
Bridging Education To The Real World